Skip to content
Tentang iklan-iklan ini

Tata cara lomba burung murai batu di Singapura dan tips dari Shama Splash

Lomba burung murai batu atau White-Rumped Shama di SingapuraTertarik dengan foto-foto di FB yang dipasang Om Shama Splash berkaitan dengan pelaksanaan lomba burung murai batu yang diadakan malam hari di Singapura pada tanggal 26 November 2011, saya pun berkirim pesan ke Om Shama Splash agar menuliskan serba ringkas lomba burung di Negeri Singa tersebut.

Responnya sangat menyenangkan. “Om Duto, please let have sometime to gather the right infomation of Singapore Competition full detail and reply you after I manage to compound.”

Dan beberapa saat kemudian, Om Shama berkirim pesan lagi (tidak saya edit sama sekali) , “Saya tidak tahu apakah hal ini membantu Anda tentang bagaimana Singapura Hakim pada poin. Tapi di bagian yang berbeda dari singapura mereka akan memiliki berbagai jenis poin 5, 5, 5, 5 = 25 poin atau 8, 8, 8, 1 =  25 poin. Tetapi saya memiliki penuh detail bagaimana mereka melatih mereka untuk kompetisi shama. Silakan lihat artikel tentang pijat.”

Nah sobat, di bawah ini adalah artikel yang Om Shama Splash kirim untuk Om Kicau dan saya bagikan untuk sobat yakni tentang kompetisi burung murai batu (White-Rumped Shama) dan beberapa tips pelatihan dan rawatan.

Shama Kompetisi oleh Shama Splash

Biasanya, di bawah Bagian Syamah, orang dapat melihat burung-burung 90-120 bersaing untuk enam piala atas dan sembilan piala penghiburan bagi 7 sampai 15 posisi. Burung-burung dinilai sepanjang periode dua jam oleh tim dari empat hakim yang merotasi tugas mereka, sehingga menilai sampai 30 burung pada interval setengah jam.Penjurian didasarkan pada kualitas dan berbagai lagu, kenyaringan, menampilkan stamina, dan fisik dari burung yang poin-poin berikut ini diberikan: -

Poin kualitas

1. Ragam Song 20
2. Kenyaringan Song 40
3. Stamina 20
4. Tampilan 10
5. Fisik 10
Total 100

Seleksi

Berkembang biak Shamas liar dari April sampai Juli, sehingga seseorang dapat membeli burung muda dari dealer atau toko-toko setelah Mei setiap tahun.

Kebanyakan peternak umumnya pilih burung muda mereka dengan menilai tubuh mereka panjang, kaki, ekor, kereta sayap, kualitas bulu, ukuran kepala, mata, posisi berdiri, kesehatan burung, dll, tetapi meskipun ketelitian ini banyak akan berakhir kecewa. Tidak ada metode dijamin untuk menilai apakah burung memiliki kualitas kompetisi atau tidak pada tahap awal karena fakta bahwa bahkan burung-burung dari sarang yang sama dapat berbeda dalam kualitas.
Beberapa peternak membeli hanya dari sumber terpercaya, sehingga kemungkinan memiliki potensi yang baik anak-anak dari pasangan diidentifikasi pemuliaan liar lebih besar. Burung-burung muda tersebut kemudian disimpan di bawah pengamatan selama setidaknya enam sampai sembilan bulan atau bahkan lebih lama sebelum mereka dipilih lagi. Sangat sering, sebuah “itik buruk rupa” dapat berubah menjadi Shama tampan setelah meranggas pertama.

Kesan kualitas baik

Anak-anak yang sehat akan berubah menjadi bulu dewasa mereka dalam waktu 6 sampai 7 bulan. Seekor burung dengan kepala, leher, tubuh, sayap, kaki dan ekor dalam proporsi simetris dan gerakan terus-menerus menampilkan ditambah dengan kelap-kelip ekornya akan menangkap perhatian dari para hakim yang akan penghargaan poin untuk ‘menampilkan’ dan ‘fisik’.

Cukup sering seekor burung menarik sehingga dapat mengesankan para hakim yang diberikan poin lebih meskipun poin yang kuat sebenarnya bukan lagu-terkait.

Lomba burung murai batu di SingapuraSuasana lomba burung murai batu di SingapuraDeretan burung murai batu siap tempurPara majikan burung peserta lomba, tertib dan tenang

Lagu dari Shama
Hal ini sangat sulit untuk menemukan yearlings yang dapat bernyanyi dengan cara yang mendebarkan. Burung dengan baik lagu-lagu alam yang jelas ditambah kemampuan untuk meniru nyanyian burung-burung lain yang biasanya ‘berbagai’ songsters.
Kenyaringan dari lagu dan kemampuan untuk mencapai catatan bulat dapat meningkatkan dengan waktu.Burung-burung akan melakukan yang terbaik mereka setelah mereka 2 sampai 4 tahun.Umumnya, burung dengan kualitas tonal yang sangat baik mungkin tidak memiliki keunggulan dalam kompetisi karena yang menilai diadakan di lingkungan yang bising dengan burung yang ditempatkan terlalu berdekatan.
Ini adalah tugas yang sulit untuk memilih penyanyi merdu dari paduan suara.Seorang pemain bertarung yang baik biasanya memiliki suara yang sangat keras bernada tinggi yang terdiri dari banyak catatan bergulir. Burung yang bisa menyanyi dengan bebas selama empat putaran tanpa takut kerumunan, kebisingan atau burung aneh lainnya akan memenuhi amanat para hakim’.

Pelatihan

Hal ini disarankan untuk membeli yang terbesar (21 inci diameter) Syamah kandang untuk Shama muda. Ruang ini bermanfaat bagi perkembangan fisik burung.

Kandang harus ditempatkan di sebuah sudut nyaman ruang yang bebas dari angin dan sinar matahari langsung.

Pelatihan burung lagu sangat tergantung pada preferensi pribadi. Beberapa orang mungkin ingin mengajari burung-burung mereka bersiul bagian dari lagu-lagu sementara yang lain mungkin seperti burung untuk pick-up beberapa catatan dari burung liar di kebun.

Saya berpendapat bahwa kemampuan bernyanyi yang baik diwariskan. Seorang penyanyi monoton dapat sedikit ditingkatkan dalam kemampuannya untuk menyanyikan berbagai lagu setelah pelatihan tetapi tidak pernah dapat dikembangkan menjadi biduanita yang sangat baik.

Disarankan bahwa songsters potensial harus dibiarkan berkembang lagu sendiri alami mereka dalam tahap awal tanpa pelatihan khusus. Seekor burung sehat dapat twitter melodiously selama berjam-jam. Untuk menghindari gangguan, kandang bisa setengah-ditutupi dengan kain penutup selama 2 sampai 3 jam per hari. Kotak suara burung sehingga dapat berkembang dengan baik sebelum meranggas pertama.

Dengan bulan dari Oktober sampai Desember, burung-burung muda akan mulai meranggas. Karena jenis rolling lagu yang sedang disukai oleh kebanyakan orang, kenari bernyanyi sedikit atau Shamas dengan lagu-lagu bergulir dapat digunakan sebagai tutor selama periode ini. Kaset songsters beredar juga dapat digunakan sebagai alat bantu pelatihan.

Biasanya, seorang anak muda yang terawat baik akan bereaksi agresif terhadap burung aneh lainnya setelah meranggas pertama (6 sampai 10 bulan). Frekuensi dan volume lagu akan meningkat secara bertahap. Ketika burung berada pada kondisi puncak, langit-langit mulut akan berubah dari merah pucat hingga merah gelap atau warna hitam. Ini kemudian akan menjadi waktu terbaik untuk menilai biduanita pada lagu atau potensinya sebagai pemain yang baik dalam kontes menyanyi.

Tahap berikutnya dari pelatihan adalah untuk kondisi burung agar terbiasa dengan lingkungan yang aneh, orang banyak dan burung lainnya. Praktek normal adalah untuk membawa burung itu keluar sering ke tempat-tempat di mana peternak burung berkumpul untuk melatih mereka. Sebuah Shama terlatih akan memulai bernyanyi segera setelah mendengar lagu-lagu Shamas lain dan dalam beberapa kasus bahkan lagu-lagu spesies burung lainnya.

Alam perilaku Shama

Burung-burung yang pemalu dan tenang sebelum masa bersarang. Mereka akan keluar dari pandangan setelah musim kawin. Selama Juni, Juli dan Agustus, burung-burung dengan nestlings agresif dan responsif terhadap orang-orang yang pindah ke batas-batas mereka. Nyanyian burung-burung jantan yang keras dan kuat pada tahap ini.

Dalam kasus lagu burung kompetisi kandang, mereka biasanya mengambil 2 hingga 3 bulan untuk menyelesaikan meranggas mereka dan akan mencapai kondisi puncak mereka secara bertahap setelah 2 sampai 5 bulan waktu. Mereka dapat melakukan baik di kompetisi lagu selama periode ini.
Penyebab burung tidak berkinerja baik dalam kompetisi biasanya karena overfeeding makanan kaya, perubahan makanan, overtraining dll

Shama di masa depan

Seperti burung dengan lagu-lagu yang luar biasa dan karakteristik fisik jarang, perlu untuk mempertahankan strain dari songsters halus melalui penangkaran.

Begitu sobat, artikel yang menarik dari Om Shama Splash. Semoga semakin menambah wawasan kita tentang aneka kiprah penghobi burung kicauan di negara lain.
Salam White-Rumped Shama, salam dari Om Kicau.

Ada pertanyaan atau pesan, sobat? Mohon sampaikan di sini (klik saja). Navigasi Utama:

Tentang iklan-iklan ini

5 Comments »

  1. Secara global hampir sama dengan perawatan burung muraibatu yg ada di iklim negara kita (indonesia).cuma mungkin kurang spesifik mengenai EF . Tapi sekali lagi terima kasih buat Om Shama Splash atas sharing info nya,juga buat Om Duto yg sudah memfasilitasi di forum ini,salam kicau mania.

    Suka

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 156.117 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: