Agus Arizon: Sukses sebagai pelomba, penangkar murai dan lovebird, serta EO latber

Entah predikat apa yang layak dialamatkan kepada Agus Arizon, salah seorang kicaumania senior di Kota Jambi. Apa yang dilakukannya selama ini mirip dengan Mr Bagya, ketua umum PBI Pusat. Keduanya sama-sama pelomba dan penangkar. Bedanya, Mr Bagya fokus di penangkaran kenari, sedangkan Om Agus spesialis dalam penangkaran murai batu dan lovebird. Perbedaan lainnya, Mr Bagya dikenal seorang organisatoris ulung, adapun Om Agus merupakan salah satu event organizer (EO) yang cukup aktif di Jambi.

Agus Arizon (kanan) bersama puluhan piala dan trofi hasil lomba burung. (Foto: Kelana Lana)

Agus Arizon (kanan) bersama puluhan piala dan trofi hasil lomba burung. (Foto: Kelana Lana)

Secara kebetulan juga (eh, banyak juga ya kebetulan di dunia ini), kedua tokoh ini juga sama-sama memulai aktivitasnya sebagai pelomba pada tahun 2002. “Jagoan saya waktu itu murai batu Sniper. Bertahun-tahun menjadi juara, bahkan sampai tahun lalu, sebelum akhirnya di-take-over salah satu sobat saya,” kata Agus.

Di rumahnya, Jalan Kimaja RT 21 / RW 06 No s5s, Kecamatan Kotabaru, Kota Jambi, tersimpan puluhan trofi hasil lomba sejak 2002. Beberapa burung jawara kemudian dikembangbiakkan di belakang rumah. Ternyata berhasil, bahkan beberapa anaknya setelah dewasa juga moncer di berbagai even latber dan lomba.

Sejak itulah Agus Arizon “naik kasta”, dari pelomba menjadi pelomba sekaligus penangkar. Dia fokus ke penangkaran murai batu dan lovebird, karena peminatnya sangat banyak. Pendapatan lumayan dari penangkaran MB dan LB membuatnya makin serius, sehingga kini dia mempunyai bendera usaha sendiri: Agus Arizon Bird Farm.

Kandang penangkaran Agus Arizon Bird Farm. (Foto: Kelana Lana)

Kandang penangkaran Agus Arizon Bird Farm. (Foto: Kelana Lana)

Saat ini, Agus Arizon BF memiliki 13 pasang indukan murai batu dan 25 pasang indukan lovebird. Sebagian besar produk murai batu memiliki kualitas istimewa. Posturnya gagah, dengan volume keras, tajam dan Kristal, serta gaya tarung memukau.

Berikut ini beberapa gambar ciamik anakan murai batu hasil penangkaran Agus Arizon BF :

mb-arizon

mb-agus1

mb-agus2

Beberapa produk digunakannya sendiri untuk berlomba, dan sering melejit di latberan maupun lomba. “Semua ini berkat dukungan keluarga, sahabat, dan teman-teman kicaumania di Jambi,” kata Om Agus kepada Om Kelana Lana yang menuliskannya untuk omkicau.com

Kandang penangkaran lovebird Agus Arizon BF. (Foto: Kelana Lana)

Kandang penangkaran lovebird Agus Arizon BF. (Foto: Kelana Lana)

Anakan lovebird yang baru menetas. (Foto: Kelana Lana)

Anakan lovebird yang baru menetas. (Foto: Kelana Lana)

Berkat dorongan teman-teman kicaumania di Jambi pula, Om Agus mulai menggeluti dunia baru sebagai EO latber burung. Di Jambi, keramaian latber tidak kalah dari lomba di daerah lain. Hampir semua pelomba tingkat nasional seperti Akia / Herjohan, Yongka, Andre Sutanto, Zoel Bakung, Aphing, Ahong Kadachi, dan sebagainya masih sering turun di even latberan.

Latber Arizon rutin digelar setiap Jumat mulai pukul 16.00. Even ini cukup ramai, karena sobat-sobat kicaumania dari Jambi Selatan, Jambi Timur, dan beberapa kecamatan lain selalu hadir meramaikan lomba, sekaligus menjadi ajang silaturahmi di antara mereka.

Latber Arizon digelar setiap Jumat, mulai pukul 16.00. (Foto: Kelana Lana)

Latber Arizon digelar setiap Jumat, mulai pukul 16.00. (Foto: Kelana Lana)

Di Kota Jambi, keramaian latber tak kalah dari lomba di daerah lain.

Di Kota Jambi, keramaian latber tak kalah dari lomba di daerah lain.

Trofi dan piala sudah banyak bicara, tak perlu lagi kata-kata. (Foto: Kelana Lana)

Trofi dan piala sudah banyak bicara, tak perlu lagi kata-kata. (Foto: Kelana Lana)

Dunia kicaumania terkadang banyak memberikan hasil tak terduga. Dari sekadar memelihara, kemudian aktif berlomba, Anda bisa saja diarahkan Sang Kuasa menjadi penangkar, bahkan EO latber seperti apa yang dilakoni Agus Arizon saat ini. Dari semula sekadar hobi, tanpa disadari malah menjadi sumber rezeki.

Oke, bagi sobat kicaumania yang ingin berinteraksi dengan Om Agus Arizon, silakan kontak beliau di 0813 669 22 345. Anda bisa menanyakan berbagai masalah penangkaran burung murai batu dan lovebird, cara perawatan burung, dan sebagainya.

Semoga bermanfaat.

Salam sukses, Salam dari Om Kicau.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain. Agar tidak tertipu, pastikan Anda membaca artikel ini (klik saja).

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

diskusi di siniAda pertanyaan atau pesan, sobat? Mohon sampaikan di sini (klik saja). Navigasi Utama:

Tentang iklan-iklan ini

There are 2 comments

  1. gheofany

    misi om duto, mau tanya nih om terkait AM, saya punya AM yang bulu di lingkar matanya terdapat bulu bulu warna putih meski tidak banyak. apakah bulu tersebut menandakan AM saya betina atau kurang bagus ya Om ?
    lain itu saya sedang belajar breeding kacer dan lovebird (MB juga rencananya Om), kacer saya sekarang sudah 3 pasang dan produktive. tapi tadi saya mendapati telur infertil setelah dicek sesuai tuisan Om,padahal sudah dierami 15 hr. kalau saya kasih birdmature apakah nanti akan mempengaruhi pada fertilitas indukannya Om ? mohon petunjuknya ya Om Duto…

    gheo,
    Pasuruan

Komentar ditutup.