Murai batu CR-7 mabung, dimaster dengan suara ciblek gunung Om Kicau

Murai batu CR-7 sebenarnya burung bagus. Tetapi keterbatasan waktu membuat sang pemilik, Om Kelana Lana, hanya bisa melombakan jagoannya di wilayah Jambi dan sekitarnya. Beberapa gelar juara 1 pernah diraihnya, terutama dalam latihan bersama di Taman Asoka Jambi. Saat ini CR-7 sedang mabung. Untuk memperbaiki kualitas suaranya, terutama ketajamannya, Om Kelana memasternya dengan suara ciblek gunung dari Om Kicau. “Suaranya benar-benar edan,” ujarnya.

Komaril (Kentung) saat membawa CR-7 di sebuah even di Jambi.
Komaril (Kentung) saat membawa CR-7 di sebuah even di Jambi.

Sebelum mabung, isian CR-7 dan kerap ditampilkan di berbagai lomba antara lain cililin, cucak jenggot, kenari, lovebird, dan gereja tarung. Dengan isian itulah, murai batu ini sering menjuarai even lomba maupun sekadar latber di Jambi: salah satu gudang burung jawara di Indonesia.

“Tetapi saya belum puas, Om. Apalagi menjelang mabung, CR-7 sempat tampil di Bulian. Penampilan awalnya bagus, tetapi menjelang akhir lomba, kinerjanya melorot, sehingga hanya menjadi juara tujuh. Ternyata saya baru menyadari, bahwa itulah masa awal CR-7 mau ngurak,” kata Om Kelana.

Sesi murai batu di Taman Asoka Jambi.
Sesi murai batu di Taman Asoka Jambi.

Perawatan masa mabung

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Periode mabung inilah yang dimanfaatkannya untuk meningkatkan ketajaman suara CR-7. Masa mabung merupakan salah satu waktu ideal untuk memaster, karena burung dalam masa istirahat total. Burung mabung lebih sering diam. Ketika dimaster, dia akan lebih sering mendengar dan mengolah suara-suara disekelilingnya, terutama suara burung master, baik berupa audio MP3 atau burung master asli.

“Apabila suara yang didengarnya sesuai dengan karakter suara murai batu, maka burung akan merekam dalam memorinya, dan akan menirukannya” kata Om Kelana. Dia berharap, sebulan setelah proses dorong ekor selesai, CR-7 akan kembali ditampilkan. Saat ini proses mabung hampir selesai. Isian sudah mulai masuk, namun program pemasteran belum selesai sepenuhnya.

“Yang jelas ketajaman suaranya sudah mulai terlihat. Penasaran juga untuk segera menguji CR-7 dengan isian baru berupa suara ciblek gunung dari Om Kicau,” tambahnya.

Untuk perawatan harian selama masa mabung, Om Kelana memberikan jangkrik 10 ekor, kroto secukupnya, dan full kerodong. Mandi hanya dua kali dalam seminggu.

Sebelum dan saat mabung, ternyata beberapa kicaumania Jambi sempat memberikan tawaran menggiurkan. Mereka ingin take-over CR-7. Tetapi Om Kelana masih sayang dengan jagoannya, meski kalau melihat nilai penawarannya terkadang sempat goyah juga. “Biarlah saya rawat dulu, terutama ingin melihat kestabilan prestasinya dengan isian baru dari Om Kicau,” tuturnya.

Mau dengar suara ciblek gunung edan betul dari Om Kicau. Silakan pencet tombol Play di bawah ini:

Dengan volume bagus, suara tajam melengking, dan tembakan yang panjang, audio ini cocok untuk memaster murai batu, kacer, dan beberapa jenis burung kicauan lain.

Untuk mendownloadnya, silakan masuk ke halaman aslinya di sini. Selain bisa mendownload suaranya, Anda juga melihat aksi burung tersebut dalam tayangan video.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

4 Comments

  1. Om mau tanya ni,,, untuk mempertahankan MB agar tetap fighter apakah harus terkadang di temukan sesama jenis atau brg laen tetapi bersifat fighter … Terimakasih

    • saat diberikan kroto lepaskan voernya, pilih kroto yang bersih dan segar karena terkadang mb enggan makan voer yang tidak segar.

Komentar ditutup.