12 Audio suasana hutan tropis, hutan pesisir, dan sungai untuk burung stres

Untuk membantu penyembuhan burung yang stres atau drop mental, baik saat dan setelah lomba, stres akibat belum siap ditrek, maupun stres akibat pengaruh cuaca dan lingkungan, Om Kicau kembali menyajikan sejumlah audio (12 jenis) suasana hutan tropis, hutan pesisir, dan sungai. Dalam setiap audio selalu ada suara burung dan/atau satwa lain, sehingga burung bisa menjadi lebih tenang.

audio-stres

Masalah burung stres belakangan ini kerap ditanyakan sobat kicaumania baik dalam boks komentar, email, Facebook Burung, Kolom Curhat, bahkan tidak sedikit yang melalui SMS. Yang sering dikeluhkan antara lain kacer dan pentet, meski stres bisa terjadi pada semua jenis burung (bahkan pada manusia, he… he…).

Untuk stres akibat penyakit atau gangguan kesehatan, audio ini tetap membantu. Tetapi yang lebih penting selesaikan penyebab stresnya. Setelah itu baru diperdengarkan salah satu dari 12 audio ini.

Misalnya, burung stres akibat bulu-bulu dan kulitnya dipenuhi kutu / tungau sehingga macet bunyi, sembuhkan dulu, misalnya dengan FreshAves. Burung yang stres akibat kutu / tungau mudah diamati dari perilakunya yang sering mematuk bulu-bulunya. Selain malas bernyanyi, burung juga akan lebih sering berdada di dasar kandang dan terlihat gelisah.

Jadi, silakan disingkirkan dulu kutu / tungau yang ada pada bulu dan kulitnya. Apabila kutu / tungau sudah hilang, dan burung tetap tidak mau berbunyi, silakan gunakan salah satu dari 12 audio ini agar burung terpancing untuk kembali bersuara.

Kalau burung stres akibat cuaca terlalu panas, atau lingkungan sekitar sangkar terlalu ramai, dan hal itu dialaminya berhari-hari, pindahkan dulu ke tempat sejuk dan tenang. Berikan multivitamin khusus untuk burung macet bunyi, seperti BirdShout, untuk menguatkan kondisi fisiknya dan merangsangnya kembali bunyi,  sambil diperdengarkan salah satu dari 12 audio ini.

Burung yang stres akibat cuaca terlalu panas juga bisa dilihat dari paruhnya yang sering terbuka, tapi tanpa bunyi. Jika stres akibat lingkungan sangkar terlalu ramai, burung biasanya sering ngeruji, juga lebih sering berada di dasar sangkar.

Selain burung, audio ini juga bagus Anda dengarkan di pagi hari sebelum berangkat kerja, atau pada malam hari ketika pikiran suntuk. Bagi sobat kicaumania yang dulu lahir dan besar di pedesaan yang sering diwarnai kicau burung, lalu hijrah ke kota, audio ini juga bisa menjadi media nostalgia suasana kampung halaman.

Ok, berikut ini 12 audio suasana hutan tropis dan hutan pesisir untuk burung stres / drop mental.

  • Asian Meadow

Download

  • Emerald River

Download

  • Forest Nocturne

Download

  • Gibbon Forrest

Download

  • Indian Woodland

Download

  • Jungle Dawn

Download

  • Jungle Sea

Download

  • Moonlight Pebble Bay

Download

  • Sheltered Valley

Download

  • Sunbird Forest

Download

  • Thai Rain Forest

Download

  • Timeless Land

Download

Semoga bermanfaat.

Salam sukses, Salam dari Om Kicau.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain. Agar tidak tertipu, pastikan Anda membaca artikel ini (klik saja).

diskusi di siniAda pertanyaan atau pesan, sobat? Mohon sampaikan di sini (klik saja).

Navigasi Utama:

Tentang iklan-iklan ini

There are 9 comments

    1. redaksiomkicau

      Tasikmalaya : Bp. Abdillah Firdaus Mutahar, Toko Hobby Kicau, Jl. Cieunteung No 47 (belakang Mayasari Plaza) Kota Tasikmalaya 46123. HP. 081312603061 / 0817264695 / 02657001009 (dulu Bp. Hendri, Jl. Cieunteung 53 (belakang Mayasari Plaza), Tasikmalaya 46123, Telp. 08112126019).

  1. ilham

    Om dudung,mohon petunjuk alamat yg jual produk om kicau yg di daerah yogjakarta kota,maaf,soalnya saya dam cari sampai putus asa produk om kicau
    FreshAfes
    PowerBird
    BirdVit
    Dan produk yg lainnya om,,,,
    Mohon petunjuk alamat yg jual dengan jelas,
    Maturnuwon om,,,,,,,,,,,,

    1. Dudung Abdul Muslim

      Jogja/Yogyakarta: Kios Pak Yanto (Kios No. 7) Pasar Satwa dan Tanaman Hias Yogyakarta (Pasty), Jl. Bantul KM 1, Dongkelan, Yogyakarta, Telp. 081 9040 99566 atau 087 7386 55511;

      Sleman : DT BirdFarm (Nutrilove – Bp. Dwi Wahyudi), Griya Taman Asri Sleman Blok D 301 Sleman, Telp. 085729406875;

  2. atmo

    saya punya burung kacer poci, matanya satu agak putih, kenapa ya om ? apa bisa sembuh ? lalu kalo deket orang takut, gimana biar jadi berani ? lalu ngocehnya pas hujan aja, gimana caranya biar ngoceh terus ? Makasih banyak atas perhatiannya om, smoga cepet dibalas.

    1. Dudung Abdul Muslim

      Soal mata putih, itu pertanda burung sudah katarak. Masih bisa disembuhkan, misalnya dengan KitolotPlus, produk herbal khusus burung, yang kebetulan juga produksi Om Kicau.
      Kalau takut sama orang, ya berarti burung belum jinak. Untuk menjinakkan burung, silakan buka panduannya di sini: http://omkicau.com/2008/10/07/cara-membuat-burung-jadi-jinak/.

      Kalau ngoceh pas hujan, sebagian besar burung memang seperti itu. Mungkin perlu dipancing dengan suara kacer di alam liar. Anda bisa mengunduhnya di sini: http://omkicau.com/2013/09/07/kicauan-murai-kacer-ciblek-burger-di-alam-liar/.

      Ada juga panduan agar kacer rajin bunyi. Silakan lihat artikelnya di sini: http://omkicau.com/2013/08/29/perawatan-kacer-bakalan-agar-rajin-bunyi/.

      Ada satu artikel yang bisa menjadi referensi bagus untuk Om Atmo. Ini dia: http://omkicau.com/2013/08/03/kesabaran-adr-menangani-kacer-dewa-racun/.

      Semoga bisa membantu. Salam sukses.

Komentar ditutup.