HOT

CURHAT TANYA JAWAB BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.


Selamat datang kawan.

Untuk yang baru saja bergabung, mari gunakan halaman Curhat/FAQ  (Frequently Asked Questions – pertanyaan yang sering disampaikan dan jawabannya) ini sebagai sarana untuk Anda yang pengin curhat soal burung, perawatan burung, penangkaran burung dan  berbagai hal tentang burung. Silakan tulis pertanyaan atau tanggapan.

Sementara untuk yang sudah biasa main ke halaman ini, mohon maaf kalau Anda merasa wajah halaman jadi kurang seksi. Ya karena alasan maintenance web, sementara wajah halaman saya buat tidak seksi… hehehe, tetapi yang penting isi tidak berkurang tetapi akan terus bertambah. Untuk mengecek artikel terbaru, bisa dilihat di sidebar  ya.

Curhatkan problem burung Anda

Curhatkan problem burung Anda

Nah mangga, namanya cuhat,  jadi ya belum tentu bahwa apa yang disampaikan sebagai tanggapan atas pertanyaan yang masuk merupakan kebenaran. Jadi forum ini semata-mata memang sebagai ajang ngobrol bareng dan jangan dianggap sebagai sebuah solusi  final.

Berikut ini adalah pertanyaan-pertanyaan yang paling sering diajukan pengunjung OmKicau.com:

1. Bagaimana cara membuat burung menjadi gacor.

Jawaban:

Syarat utama burung gacor adalah sehat, baik fisik maupun mental. Sehat itu ada dua. Sehat mental dan sehat fisik. Burung yang mentalnya drop, pasti macet atau kalau bunyi sangat-sangat tidak memuaskan. Itu sama juga dengan burung yang tidak sehat secara fisik. Pasti bermasalah sebagai kicauan dan juga bermasalah di kandang penangkaran.

Agar burung Anda sehat mental, jauhkan dari hal-hal yang membuat dia tertekan. Misalnya perilaku kasar pemelihara, burung lain yang lebih superior, dan predator bagi burung di sekeliling rumah, misalnya kucing, anjing dan juga tikus. Agar burung Anda sehat fisik, hilangkan segala gangguan dan ancamannya. Untuk detail jawawan atas pertanyaan di atas, bisa dibaca pada tulisan di tautan ini (klik saja tautannya):

http://omkicau.com/rahasia-burung-jawara/

2. Bagaimana menangani BURUNG BAKALAN agar segera bunyi?

Murai batu bakalan

Murai batu bakalan

Jawaban:

Burung bunyi sebagaimana penjelasan pada pertanyaan nomer 1, adalah burung yang sehat. Untuk burung bakalan (baru saja didapat melalui penangkapan di hutan), maka burung tersebut adalah burung yang tidak sehat secara mental. Dia tertekan karena berada pada lingkungan baru. Agar burung menjadi terbiasa dengan lingkungan manusia, maka lakukan PROSES PENJINAKAN. Bagaimana cara menjinakkan bisa dibaca di tulisan pada tautan ini (klik saja):

http://omkicau.com/2008/10/cara-membuat-burung-jadi-jinak/

3. Mengapa burung saya tiba-tiba macet bunyi?

Jawaban:

Pertanyaan ini sesungguhnya sama dengan pertanyaan nomer 1. Hanya saja biasanya ini adalah pertanyaan berkaitan dengan burung yang semula gacor, kemudian pindah tempat dan sebagainya. Untuk jawaban atas pertanyaan ini, Anda bisa membaca pada tautan ini:

http://omkicau.com/2009/10/faktor-faktor-penyebab-perubahan-performa-burung/

4. Mengapa burung saya yang gacor sering turun tangkringan dan tidak mau bunyi lagi?

Cara cegah murai batu turun dari tangkringan

Burung suka turun tangkringan?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

http://omkicau.com/2009/05/kalau-burung-berhenti-bunyi-dan-turun-tangkringan/

5. Bagaimana menangani burung yang sedang mabung?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

1. http://omkicau.com/2009/02/a-q-molting-mabung-ngurak-nyulam-pada-burung/.

Selain itu, Anda perlu juga membaca tulisan ini (klik saja):

http://omkicau.com/2009/12/15/mengapa-metionin-dan-sistin-perlu-diberikan-selama-burung-molting/

6. Kapan burung saya bisa dan siap bunyi lagi atau dilombakan atau juga ditangkar?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

http://omkicau.com/2009/02/grafik-performa-burung-penangkaran-dan-lomba/

7. Bagaimana menangani kenari yang kegemukan?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

http://omkicau.com/2009/01/kenari-jatuh-treatmen-mentimun-dan-pakan/

8. Bagaimana menangani kacer mbagong atau nguda laut?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

http://omkicau.com/2009/02/lagi-lagi-kacer-mbagong/

9. Burung saya jantan atau betina?

Jawaban:

-Untuk burung secara umum lihat tulisan ini (klik saja):

http://omkicau.com/2009/01/lagi-soal-perbedaan-burung-jantan-dan-betina/

-Untuk lovebird, bisa dilihat tulisan ini (klik saja):

http://omkicau.com/2009/12/membedakan-jenis-kelamin-lovebird/

– Berkaitan dengan masalah ini, perlu juga dibaca bagaimana cara meraba supit urang untuk menentukan jenis kelamin burung. Klik saja di sini:

http://omkicau.com/2010/01/di-mana-tempat-supit-urang-penanda-jenis-kelamin-burung-berada/

10. Bagaimana melatih burung makan voer dan  makan buah.

Jawaban: = Untuk melatih makan voer, jika burung pemakan buah, maka buah (pepaya atau pisang) dikupas dan dimasukkan ke wadah pakan. Penyet-penyetkan sedikit voer ke atas buah dan tabur secukupnya di atasnya. Burung akan makan buah dan sesekali terkena voer. Sekitar seminggu kemudian burung suidah hafal bau voer dan ketika kita coba tidak diberi buah, biasanya sudah mau makan voer-nya.

= Untuk melatih burung makan buah, lakukan hal yang sama di atas dan ketika nanti voernya diambil, burung sudah mau makan buah.

= Untuk pemakan serangga agar mau makan voer, maka campurkan voer dan kroto. Semakin lama jatah kroto dikurangi dan selama pelatihan jangan diberikan makanan tambahan lain (seperti jangkrik dsb), maka nantinya burung akan segera mau makan voer.

Anda bisa juga mencari artikel tertentu dengan melihat daftar seluruh artikel omkicau.com di sini:

http://omkicau.com/isi-omkicau-com/

Jika Anda mengalami masalah dalam merawat burung, sebaiknya Anda sudah membaca artikel-artikel di kategori referensi, dengan tautan di sini:

http://omkicau.com/category/burung/tips-dan-referensi/

Salam sukses untuk Anda.


Aplikasi Android omkicau.com gratis

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS

SCAN SAJA ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

19.976 Comments on CURHAT TANYA JAWAB BURUNG

  1. Selamat Sore Om.. mau tanya tntang racikan pakan untuk pleci agar stamina tetap terjaga.. Apa aja racikannya om..?mohon pencerahannya
    trmkasih.. salam kicau.

    Suka

  2. slamat siang om duto,sya punya murai batu jambi tangkapan hutan yg sudah sya rawat hampir 1 tahun ini,dan kondisi murai sehat,stelan jangkrik 5 P/S,kroto seminggu 3X,tapi sampai sekarang masih sebatas ngeriwik saja,dan seumpama mau bunyi juga semaunya,kalo ada suara mesin mobil,helikopter,suara hujan itu pasti dia mau bunyi,tapi ya cuma sebatas ngeriwik,sya sampai menggunakan akuarium untuk menimbulkan suara tetesan air khusus untuk kamar murai batu sya,siapa tau dengan terapi suara air murai sya bisa ngeplong,tapi sampai sekarang belum ada perkembangannya,kira2 ada masalah apa dengan murai batu sya om?mohon bimbingannya,trimakasih

    Suka

  3. Met malm om.. saya pemula nih di dunia kicau.. saya punya pleci om tapi masih belum paham cara perawatan harian agar cepat gacor.. dan apakah perlu dikasih vitamin..? vitamin merk apa yang bagus buat si pleci..? makasih om

    Suka

    • Silakan buka beberapa tips berikut om
      1. Seluk-beluk perawatan burung pleci untuk pemula
      2. Tips dan trik menarik seputar perawatan burung pleci
      3. Video pleci Putra Mandala, plus tips perawatan ala Om Bagoes

      Suka

  4. om mau tanya,sudah 6 bulan saya menjadi konsumen bird vit untuk koleksi burung2 saya,ketika saya campur bird vit ke dalam cepuk minum si burung,ternyata ada bau seperti bau gas elpiji,apakah memang aroma bird vit ketika dicampur dengan air seperti itu?

    Suka

    • Ya memang ada bau tertentu Om, cuma kalau seperti bau elpiji, saya malah belum tahu persis seperti apa bau gas elpiji hehehe.
      Begitu Om. Semoga sukses selalu.

      Suka

  5. Om mau tanya, maaf saya pemula.
    Dirumah saya ada kenari dan cucak rante. Umur keduanya masih mudah om, belum ada setahun. nah, saya ingin beli jalak suren yg udah gacor ne. Apakah nantinya JS ini bisa membuat burung lain diam om? Makasi om.

    Suka

    • Apabila burung jalak surennya benar-benar gacor sebaiknya di gantang agak jauh supaya tidak membuat burung muda lainnya drop.

      Suka

  6. Om mau tanya MB saya kok kotorannya berwarna kuning kehijauan dan tidak nafsu makan tapi masih mau bunyi itu solusinya gimana ya om?

    Suka

    • Silakan buka SELUK BELUK PENYAKIT

      Suka

  7. Ass Om saya maunaya paruh lb bagian bawah dipotong atau engga?

    Suka

    • Silakan buka Teknik merapikan paruh lovebird dan burung parrot lainnya

      Suka

  8. ass, om saya mau tanya saya puya murai batu yang sedang dorong ekor.. tiga hari belakangan ini saya perhatikan burung saya bulunya sering medok, kelihatan kurus, dan tidak mau bunyi..
    gimana cara mengatasinya?
    mohon sarannya om. trims

    Suka

    • om,saya punya kenari dulu saat saya berikan asinan kenari saya jarang sekali mau makan asinan tapi sekarang saya amati kenari saya malah nggak maumakan asinnan tapi saat saya jemur didinding tanpa dilapisi semen/tanpa aci kenari saya malah makan semen di antara batu batanya,yang saya tanyakan apa boleh kenari saya di kasih semen di antara batu bata itu sbg asinan/bagaimana agar kenari saya mau makan asinan lagi……

      Suka

      • Semen memiliki beberapa campuran kimia yang bisa membahayakan burung, kemungkinan besar yang dimakan ialah pasirnya. silakan buka Pemberian grit dan tulang sotong untuk burung pemakan biji

        Suka

    • Samakan gejala klinisnya di SELUK BELUK PENYAKIT

      Suka

  9. mau tanya om,inseminasi buatan pada kenari itu ada dampak negatifnya apa nggak?

    Suka

    • Selama ini masih belum ada laporan dampak negatif penggunaan sistem kawin dengan inseminasi selama prosesnya dilakukan secara benar dan tepat, yakni kedua calon indukan sudah dalam kondisi birahi dan sehat.

      Suka

  10. om, ane punya kacer bunyi terus udah dikrodong masih juga bunyi
    apkah terlalu banyak ngasi UH gak ya.. dan bunyinya monoton

    Suka

    • Sebaiknya Ulat hongkong tidak diberikan setiap hari kecuali untuk persiapan lomba atau cuaca dingin.

      Suka

  11. Asslamualaikum om dimana beli tempat bertelur burung seperti gambar http://www.tinyurl.com/o6x8t2s apa di omkicau jual perlengkapan tersebut, Terima kasih..

    Suka

    • Coba hubungi ke Om Arif / Trisakti BF
      0812 8615 9518 || 0815 7435 6889 || Pin BB 5124AD71
      Alamat: Jl Dwijaya 4, Radio Dalam, Jakarta Selatan.
      Web : trisakti-birdfarm.com

      Suka

  12. Om..dalam menjinakan burung pleci saya sudah memandikan burung sampai basah kuyup (20 menit) lalu mau nyoba mengelus kepalanya agar jinak kok masih kelayapan ya kalo tangan saya masuk kandang?

    Suka

    • Proses penjinakan memang butuh kesabaran dan konsistensi, wajar jika burung masih takut karena belum terbiasa dengan kehadiran orang. Tetap lanjutkan terapinya hingga burung mau mengambil makanan langsungd dari tangan.

      Suka

  13. misi om mau nanya ni, MB betina yang masih giras apakah bisa ditangkarkan apa nggak?

    Suka

    • Burung yang akan diternak sebaiknya harus dijinakan dulu supaya tidak mudah stress dan pengaturan birahinya lebih mudah.

      Suka

  14. Asalamualaikum om kicau.. gini om, saya punya burung MB medan penampilanya sering nyekukruk mengembangkan semua bulunya tetapi burung rajin bunyi..yang saya tanyakan:
    1.burung saya terkena penyakit ap om?
    2.klo ad obatnya ap om?
    Terimakasih om …

    Suka

    • Burung nyekukruk dan ngembangkan bulu tapi masih rajin bunyi bisa jadi kurang porsi penjemuran sehingga kurang fit, sebaiknya lakukan penjemuran secara rutin untuk multivitamin bisa diberikan birdvit dan birdmineral secara rutin.

      Suka

      • mantep om saranya..MB saya udah kelihatan sehat dan lincah.untuk pengunaan obatnya bisa dilakukan bersamaan atau tidak?

        Suka

        • Penggunan obat atau suplemen sebaiknya berselang hari om.

          Suka

  15. saya beli mb bakalan sdh 2 minggu dan sudah keliatan kotoran dri makan voer lembut pas saya campur sedikit voer kasar kok sering d hamburkan voer kasar nya itu ? gmn nih pak/om tolong saya biar ga mubajir itu voer kasar

    Suka

    • Bagaimana jika murai batu mogok makan voer?

      Suka

  16. mw tanya om, saya punya tledekan, beli dipasar burung. tiap pagi nyuling2 beberapa kali habis to diem sampai malam. hampir sebulan kemudian saya kasi obat TBB yg di jual om kicau, sekarang nyuling2nya gak pernah kedengaran tapi tiap pagi sampe siang bunyi gak henti2 tapi kurang keras karena setelah diperhatiin burungya tidak buka paruh, itu apa penyebabnya ya om? mohon bantuannya… terima kasih

    Suka

    • Burung masih belum benar-benar mapan, tetap lanjutkan pola rawatan yang selama ini diterapkan dan setelah burung adaptasi atau jinak akan rajin bunyi, jangan lupa tempel dengan burung pemaster supaya burung memiliki variasi bunyi.

      Suka

      • TL umur brp biasanya sudah buka paruh? sekarang mungkin umurnya 8 bulanan. alna kemarin pas beli burungnya sudah dewasa kata penjualnya tapi belum pernah denger suaranya. burungnya jinak dikasi jangkrik lewat tangan. mohon bantuannya om…

        Suka

        • Tergantung kondisi mental, kemapanan burung dan pola rawatannya om, jadi tidak bisa disama ratakan umur berapa burung menjadi gacor. silakan buka Oplosan apel dan kroto untuk menggacorkan tledekan

          Suka

  17. Om mau tanya waktu pemasteran burung pleci yg baik itu kapan yaa…sama sekalian request suara burung langa longo bambu buat masteran pleci saya om…thanks

    Suka

    • Tips pemasteran secara lengkap silakan buka Seluk beluk PEMASTERAN

      Suka

      • om mau tanya,,MB aq setiap tumbuh bulu sayap bagian paling luar selalu rontok lagi karena dipatuk ma MB nya,,padahal kemaren tu pas abis mabung da bagus, tp dicabutnya lagi,,,apa penyebabnya dan apa obatnya,,,trims atas pencerahannya

        *Dewezet76*

        Suka

        • Solusi murai batu yang mencabuti bulunya ala SKL

          Suka

  18. om sy pny kacer posisi skrg serak. dlu smpt macet bnyi. skrg harian ttp bnyi hny klo bnyi msh serak. sy sdh pke birdtwitter tp msh blm smbuh. kira2 pke obt ap y om biar kacer sy bs smbuh total. kndisi kacer sehat mkan lahap tp sering bersin2. prnah jg sy perah smpe kluar lendir ckp bnyk. mohon saran’y om kacer sy biar bs pulih lg. maturnuwun.

    Suka

    • Penggunaan bird twitter berapa hari om dan bagimana perawatannya selama pengobatan?

      Suka

      • pertma 6hr berturut2 4ttes via jgkrik pg dn sre om. stlh itu stop smp 4hr psisi msh serak. dlanjut lg 6hr dosis sma spt yg prtma msh serak jg. stlh itu stop dcoba perah 2x slisih 1mggu tiap x perah. skrg sy cb pgi birdtwitter mlm sy oles madu. kira2 ap y om obat yg cocok?.

        Suka

        • Perhatikan lima hal ini agar burung Anda terhindar dari serak!

          Suka

          • sy mw coba pke birdfresh dlu om.. soal’y gejala kacer tiap hr bersin2 tiap bnyi suara’y parau.. harian mkan lahap, hidung jg kering tdk ad lendir, mata jg normal tdk berair/bngkak, feses jg normal tdk mncret, blu jg rapi.. smoga mmg tungau ku pnyebab’y..

            Suka

  19. om, saya punya murai, belum lama selsai mabung. lalu saya lombain, sehari setelah lomba bulu sayapnya rontok, dan keesokan harinya rontok lagi. itu karena apa ya?
    penanganannya bagaimana?

    Suka

    • Masa prakondisi murai batu selepas mabung

      Suka

  20. saya mau tanya om cara membedakan poksay genting jantan dan betina gimana soalnya suara burungku hanya criiiiiitt ciiiiiiiiuuuuuuuuuuh itu saja mohon penjelasanya

    Suka

    • Tiga jenis poksay lokal: Tips perawatan dan ragam suaranya

      Suka

  21. Selamat lebaran mohon maaf lahir batin. Salam kicau mania

    Suka

  22. Om. Pleci aq sdh gacor dor owor2.
    Gni om pertanyaanq pleciq d dekatkan / d tempel dgn pleci laen kok cm diam cit cit tok.
    Gmn om resepnya biar pleciq mau tampil d gantangan biar g diam cit cit tok. Aq tggu om komennya. Mksh

    Suka

    • Silakan cek Rangkuman perawatan burung pleci

      Suka

  23. Asslamualaikum om, maaf jika sudah dibahas.
    kacer poci jawaraku sedang mabung, apesnya sangkar kmasukan tikus dan kacer pun sempat bertarung dengan tikus, alhasil ujung paruh atas patah dan pendarahan hebat bulu pun berceceran,
    setelah ditangani alhamdulillah pendarahan berhenti,,
    Apakah paruh bisa tubuh kembali seperti semula?
    dan pengaruhah terhadap volume dan mentalnya om?
    mohon masukannya,
    Terima kasih..

    Suka

    • Bentuk paruh sedikit banyak berpengaruh pada kualitas suara burung, cukup kecil kemungkinan untuk bisa tumbuh paruh secara normal. Selama burung masih bisa makan sebaiknya tetap dirawat dengan baik dan bisa ditangkarkan.

      Suka

1 384 385 386

1 Trackbacks & Pingbacks

  1. anis merah « Indonesiaku menangis

Om dan Tante, tanya masalah burung? Gunakan Halaman Curhat. Mohon maaf karena keterbatasan waktu dan ilmu jika banyak pertanyaan yang tidak/belum terjawab. Terima kasih.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.

Bergabunglah dengan 160.620 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: