PROFIL OMKICAU.COM

Website pertama di Indonesia yang menggunakan layanan WordPress.com Enterprise

Website omkicau.com adalah web berita, artikel, dan informasi mengenai dunia hobi burung, breeding/penangkaran burung, dan agrobisnis dalam arti luas. Saat ini omkicau.com menjadi referensi dan panduan utama bagi para penggemar dan penangkar burung di Tanah Air dengan kunjungan (page view) rata-rata 141.732/hari dari unique visitor sekitar 50.000 – 60.000 /hari.

Logo Website OmKicau.Com

Visi:

Visi omkicau.com adalah “Menjalankan hobi secara bermartabat untuk kesejahteraan dan kelestarian lingkungan”

Misi:

  1. Mendorong para penggemar/penghobi burung untuk memanfaatkan burung hasil penangkaran (breeding) untuk menekan pemanfaatan burung tangkapan hutan, demi menjaga kelestarian plasma nutfah asli Indonesia.

  2. Memberikan pemahaman mengenai perawatan serta penangkaran burung secara baik dan benar, sebagai manifestasi rasa sayang manusia terhadap makhluk lain ciptaan Tuhan Maha Pencipta.

  3. Memberikan informasi dan panduan mengenai penangkaran/pemuliabiakan flora dan fauna sehingga bisa membuka peluang lapangan kerja khususnya bagi generasi muda.

  4. Menjadi media komunikasi dan silaturahmi antar-penggemar burung yang merupakan salah satu komunitas potensial di Indonesia, dan diharapkan bisa membawa kemanfaatan bagi masyarakat Indonesia pada umumnya.

Sejarah Omkicau.com

Gagasan membangun omkicau.com dimulai ketika Duto Sri Cahyono, penggemar burung yang juga praktisi pers, membuat uji coba dengan membuat website gratisan dengan nama kicauan.wordpress.com (Mei 2008). Pada bulan pertama, jumlah kunjungan rata-rata baru 85/hari. Tidak buruk untuk sebuah blog baru, meski kemudian menjadi sangat timpang dibandingkan dengan jumlah kunjungan saat ini yang sudah mencapai rata-rata 141.732/hari.

Dari kunjungan rata-rata yang hanya 85/hari, kicauan.wordpress.com mampu menjaring ribuan pembaca setia dalam waktu satu tahun. Pada April 2009, jumlah kunjungan sudah mencapai 3.084/hari. Dengan penuh optimistis, Duto Sri Cahyono selaku admin web mengembangkan kicauan.wordpress.com menjadi omkicau.com, tepatnya pada tanggal 23 April 2009. Perubahan nama sempat membuat jumlah kunjungan anjlok di bawah angka 2.000 / hari, dan ini berlangsung selama 11 bulan, sampai akhirnya pulih kembali pada Maret 2010 (saat itu jumlah kunjungan rata-rata sudah mencapai 6.585/hari).

Melalui berbagai teknik optimasi website, diimbangi dengan penyajian berita, artikel, dan informasi yang lebih berkualitas, serta  rekruitmen sumberdaya manusia (SDM) dalam penulisan dan editing, akhirnya omkicau.com mengalami perkembangan pesat dari waktu ke waktu.

Berdasarkan pemeringkat website internasional – alexa.com, omkicau.com menjadi website nomer 1 di dunia untuk kategori burung dan agrobisnis berbahasa Indonesia. Bukan hanya itu, sejumlah website pemeringkat seperti Top of Blog, Blog Top Sites, serta Pets Top 100 Add, semuanya menempatkan omkicau.com di urutan pertama.

Klien WordPress.com Enterprise Pertama di Indonesia

Mengingat perkembangan pesat pengunjung blog, keperluan optimasi website dan kepastian keamanan dan keberlangsungan website, sejak awal 2013 omkicau.com menjadi klien Wordpres.com Enterprises. Dengan demikian, di Indonesia, omkicau.com adalah website pertama pengguna layanan premium (VIP) dari wordpress.com tersebut. Bermula dari blog gratisan, kini omkicau.com berhosting pada host powerfull dengan full support dari WordPress.com karena membayar layanan jasa ini sebesar $500 (atau sekitar Rp. 6.500.000) per bulan.

Keperluan akan sebuah website yang andal inilah yang menyebabkan banyak perusahaan media massa dan/atau perusahaan kelas dunia yang merasa perlu menggunakan jasa layanan VIP dari WordPress.com semisal CNN, TIME, New York Observer, Samsung, TV MSNBC, Metro News Canada, MP3.com, dan lain-lainya.

Keunggulan Omkicau.com

Omkicau.com bisa menjaring puluhan ribu pembaca setia di Indonesia karena:

  • Menjadi referensi utama bagi sebagian besar penggemar burung kicauan di Indonesia yang saat ini diperkirakan mencapai 15 juta orang lebih.
  • Gaya tulisan ringan, informatif, inspiratif, dan mencerdaskan, namun dari hari ke hari selalu diusahakan tetap memenuhi kaidah penulisan dalam bahasa Indonesia secara baik dan benar, karena dikelola secara profesional oleh sejumlah SDM yang berbasis jurnalis, editor, dan ahli peternakan.
  • Memberikan ruang khusus bagi penggemar burung untuk beriklan mencari dan menjual burung secara gratis.
  • Menyedikan layanan konsultasi gratis (Kolom Curhat) kepada pembaca.
  • Para pembaca bisa minta dibuatkan artikel mengenai perawatan dan penangkaran burung tertentu, tanpa dipungut biaya.
  • Menyediakan aneka suara burung, atau suara lain untuk memaster burung kicauan, secara gratis.
  • Para pembaca juga bisa minta dibuatkan suara burung, atau suara lain, untuk memaster burung kicauan di rumah. Layanan ini juga gratis.
  • Bekerja sama dengan sejumlah event organizer (EO) penyelenggara lomba burung dari berbagai daerah di Indonesia, omkicau.com juga sering dipercaya untuk mempublikasikan brosur lomba dan menulis hasil lomba. Bahkan setiap pekan omkicau.com dipercaya menjadi official website bagi sejumlah EO yang mengadakan lomba burung berkicau di seluruh Tanah Air.

Data dan Fakta omkicau.com

Berikut ini data mengenai jumlah kunjungan harian yang dicatat hingga hari Kamis, 26 September 2013, pukul 11.46.

Page view harian Om Kicau

Rincian angka untuk kunjungan rata-rata harian dalam 1 bulan terakhir adalah sebagai berikut :

Page view harian dalam 1 bulan terakhir

Sedangkan rincian angka kunjungan rata-rata harian sejak Mei 2008 hingga September 2013 bisa dilihat di bawah ini:

Rata-rata page view harian

Adapun jumlah kunjungan mingguan yang dicatat pada kurun waktu yang sama bisa dilihat pada grafik di bawah ini. Diagram batang pada minggu terakhir masih rendah, karena pencatatan dilakukan pada hari Kamis (26 September 2013), sedangkan diagram batang lainnya dicatat sampai Minggu. Di dekat tulisan minggu 33 juga agak rendah, karena itu adalah musim lebaran (5 – 11 Agustus 2013) yang setiap tahun memang mengalami penurunan jumlah pembaca.

Page view mingguan omkicau

Jumlah kunjungan bulanan juga menunjukkan grafik yang terus meningkat, sebagaimana terlihat pada gambar di bawah ini. Rekor bulanan sebelumnya terjadi pada Juli 2013 (3.198.499 klik), yang pada gambar ditunjukkan melalui diagram batang ketiga dari kanan.

Tetapi rekor tersebut sudah terpecahkan pada September 2013, meski sebenarnya masih ada 4 hari pada bulan tersebut. Hingga Kamis tanggal 26 September 2013, pukul 11.46, klik bulanan sudah mencapai 3.207.823 klik, alias rekor tertinggi bulanan sejak omkicau.com berdiri.

page view bulanan omkicau

Detail jumlah kunjungan bulanan dan tahunan sejak 2008 bisa dilihat di bawah ini:

rata-rata pageview per bulan - omkicau

Nah, berikut ini profil pembaca omkicau.com berdasarkan negara, dalam 1 tahun terakhir ini :

page view menurut negara asal - omkicau

Omkicau.com: Solusi Jitu Promosi Produk Anda

Melihat deskripsi di atas, tidak salah jika Anda menggunakan omkicau.com sebagai media promosi produk dan jasa. Produk dan jasa ini bisa berkaitan dengan dunia burung dan agrobisnis, tetapi bisa juga di luar kedua bidang tersebut.

Ada beberapa perusahaan di luar burung dan agrobisnis yang memasang iklan di omkicau.com, misalnya Pondok Daun (produk herbal untuk kesehatan manusia), Margo Kaos (sablon kaos), dan sebagainya.

Mengingat pembaca omkicau.com memiliki latar belakang sosial, ekonomi, dan profesi yang beragam, sebagaimana sifat dari hobi burung itu sendiri maka Anda bisa mencapai sasaran/audience promosi ke segmen yang Anda tuju. Pembaca omkicau.com sangat beragam. Ada buruh, karyawan kantor, pegawai negeri, pelajar, mahasiswa, manager, pengusaha, polisi, tentara, hingga pejabat pemerintah.

Selain promo langsung mengenai produk dan jasa, omkicau.com juga menyediakan jasa pembuatan website (personal web, corporate web, business web, professional web, portal web, dan lain-lain) yang nantinya akan di-link dan/atau dipromosikan di website omkicau.com.

Untuk informasi iklan produk dan jasa Anda, silakan hubungi langsung bagian marketing omkicau.com, melalui email ke marketing@omkicau.com atau kontak langsung ke admin di 085727391224.

Demikian paparan profil omkicau.com, semoga hari ini atau besok bisa terjalin kemitraan yang saling menguntungkan.

Salam sukses, Salam dari Om Kicau.

Tentang iklan-iklan ini

There are 23 comments

  1. sulaiman

    selamat dan sukses selau buat om kicau semoga kedepan makin jaya ,produk Big powernya memang hebat om benar benar bisa buat stamina murai jadi stabil dan masih banyak produk lain yang bener bener buat saya puas di bandingkan merk lain yang pernah saya coba dengan Big Power murai saya ( Raja aceh ) mulai ada kemajuan di beberapa avent besar selalu masuk 3 besar awalnya hanya murai bahan/ rumahan tapi sekarang hebat dengan Big power terima kasih salam kicau mania / sulaiman palembang

  2. malik

    Om malam saya mohon pencerahan ny om pemain baru di dunia bird,sy puny kacer masi muda sudah sy rawat sekitar 4 bln,tp belakangan ini kacer saya perhatikan hanya diam sj di tangkirangangan nu saja,dan sudah mau bunyi lagi.di tumitnya ad benjolan,apkah ini termaksud gejala bagong or ap.mohon pencerahaanya thanhks

  3. Ternak kenari yukz!

    met malem om,,dah lma nga nyari pencerahan sma om neh, om minta tips klo mo bawa burung dari jawa timur ke jakarta naik kreta, apa saja yg harus dipersiapkan om…mohon petunjuknya om…thxs after before om….

  4. qntrinknie

    Mlm om,,,gni om sya pnya kacer,bsa d bilang stngah jdi…gmna ya cra y m’ngatasi KC pnya sya klo ga lg bunyi dy ska salto om…ap bsa d bilang OB ap gmna ya om ??? Mhon p’cerahan om,maklum pemula om…hehehe…Thanx om

  5. sutrisno

    tanya om. kenari saya mulai bayi diatas mata muncul benjolan kecil.sekarang udah umur 1 bulan.kalu benjolan disentuh, burungnya spt kesakitan/terkejut. disekitar benjolan tidak tumbuh bulu. kira2 gmn pengobatannya,apa diiris aja ma silet,ato ada obat oles?

    1. indraz baelink

      om mau tanya..saya punya prenjak dakun ,saat ini kakinya kaku sehingga dia sulit mengambil makanan di cepuk..kadang kadang satu kaki yg kaku..kadang kaki yang lain ..bisa juga keduanya .klo di jemur biasanya kakunya berkurang ..pertanyaan saya om gimna cara menyembuhkannya..apa mungkin hbs di gigit nyamuk?soalnya malam hari kadang saya gak kerodong..maklum burung nya masih jinak lalat..terima kasih om sebelumnya..

Om dan Tante, tanya masalah burung? Gunakan Halaman Curhat. Mohon maaf karena keterbatasan waktu dan ilmu jika banyak pertanyaan yang tidak/belum terjawab. Terima kasih.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s