CURHAT/FAQ

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain. Agar tidak tertipu, pastikan Anda membaca artikel ini (klik saja).

Selamat datang kawan.

Untuk yang baru saja bergabung, mari gunakan halaman Curhat/FAQ  (Frequently Asked Questions – pertanyaan yang sering disampaikan dan jawabannya) ini sebagai sarana untuk Anda yang pengin curhat soal burung, perawatan burung, penangkaran burung dan  berbagai hal tentang burung. Silakan tulis pertanyaan atau tanggapan.

Sementara untuk yang sudah biasa main ke halaman ini, mohon maaf kalau Anda merasa wajah halaman jadi kurang seksi. Ya karena alasan maintenance web, sementara wajah halaman saya buat tidak seksi… hehehe, tetapi yang penting isi tidak berkurang tetapi akan terus bertambah. Untuk mengecek artikel terbaru, bisa dilihat di sidebar  ya.

Curhatkan problem burung Anda

Curhatkan problem burung Anda

Nah mangga, namanya cuhat,  jadi ya belum tentu bahwa apa yang disampaikan sebagai tanggapan atas pertanyaan yang masuk merupakan kebenaran. Jadi forum ini semata-mata memang sebagai ajang ngobrol bareng dan jangan dianggap sebagai sebuah solusi  final.

Berikut ini adalah pertanyaan-pertanyaan yang paling sering diajukan pengunjung OmKicau.com:

1. Bagaimana cara membuat burung menjadi gacor.

Jawaban:

Syarat utama burung gacor adalah sehat, baik fisik maupun mental. Sehat itu ada dua. Sehat mental dan sehat fisik. Burung yang mentalnya drop, pasti macet atau kalau bunyi sangat-sangat tidak memuaskan. Itu sama juga dengan burung yang tidak sehat secara fisik. Pasti bermasalah sebagai kicauan dan juga bermasalah di kandang penangkaran.

Agar burung Anda sehat mental, jauhkan dari hal-hal yang membuat dia tertekan. Misalnya perilaku kasar pemelihara, burung lain yang lebih superior, dan predator bagi burung di sekeliling rumah, misalnya kucing, anjing dan juga tikus. Agar burung Anda sehat fisik, hilangkan segala gangguan dan ancamannya. Untuk detail jawawan atas pertanyaan di atas, bisa dibaca pada tulisan di tautan ini (klik saja tautannya):

http://omkicau.com/rahasia-burung-jawara/

2. Bagaimana menangani BURUNG BAKALAN agar segera bunyi?

Murai batu bakalan

Murai batu bakalan

Jawaban:

Burung bunyi sebagaimana penjelasan pada pertanyaan nomer 1, adalah burung yang sehat. Untuk burung bakalan (baru saja didapat melalui penangkapan di hutan), maka burung tersebut adalah burung yang tidak sehat secara mental. Dia tertekan karena berada pada lingkungan baru. Agar burung menjadi terbiasa dengan lingkungan manusia, maka lakukan PROSES PENJINAKAN. Bagaimana cara menjinakkan bisa dibaca di tulisan pada tautan ini (klik saja):

http://omkicau.com/2008/10/cara-membuat-burung-jadi-jinak/

3. Mengapa burung saya tiba-tiba macet bunyi?

Jawaban:

Pertanyaan ini sesungguhnya sama dengan pertanyaan nomer 1. Hanya saja biasanya ini adalah pertanyaan berkaitan dengan burung yang semula gacor, kemudian pindah tempat dan sebagainya. Untuk jawaban atas pertanyaan ini, Anda bisa membaca pada tautan ini:

http://omkicau.com/2009/10/faktor-faktor-penyebab-perubahan-performa-burung/

4. Mengapa burung saya yang gacor sering turun tangkringan dan tidak mau bunyi lagi?

Cara cegah murai batu turun dari tangkringan

Burung suka turun tangkringan?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

http://omkicau.com/2009/05/kalau-burung-berhenti-bunyi-dan-turun-tangkringan/

5. Bagaimana menangani burung yang sedang mabung?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

1. http://omkicau.com/2009/02/a-q-molting-mabung-ngurak-nyulam-pada-burung/.

Selain itu, Anda perlu juga membaca tulisan ini (klik saja):

http://omkicau.com/2009/12/15/mengapa-metionin-dan-sistin-perlu-diberikan-selama-burung-molting/

6. Kapan burung saya bisa dan siap bunyi lagi atau dilombakan atau juga ditangkar?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

http://omkicau.com/2009/02/grafik-performa-burung-penangkaran-dan-lomba/

7. Bagaimana menangani kenari yang kegemukan?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

http://omkicau.com/2009/01/kenari-jatuh-treatmen-mentimun-dan-pakan/

8. Bagaimana menangani kacer mbagong atau nguda laut?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

http://omkicau.com/2009/02/lagi-lagi-kacer-mbagong/

9. Burung saya jantan atau betina?

Jawaban:

-Untuk burung secara umum lihat tulisan ini (klik saja):

http://omkicau.com/2009/01/lagi-soal-perbedaan-burung-jantan-dan-betina/

-Untuk lovebird, bisa dilihat tulisan ini (klik saja):

http://omkicau.com/2009/12/membedakan-jenis-kelamin-lovebird/

- Berkaitan dengan masalah ini, perlu juga dibaca bagaimana cara meraba supit urang untuk menentukan jenis kelamin burung. Klik saja di sini:

http://omkicau.com/2010/01/di-mana-tempat-supit-urang-penanda-jenis-kelamin-burung-berada/

10. Bagaimana melatih burung makan voer dan  makan buah.

Jawaban: = Untuk melatih makan voer, jika burung pemakan buah, maka buah (pepaya atau pisang) dikupas dan dimasukkan ke wadah pakan. Penyet-penyetkan sedikit voer ke atas buah dan tabur secukupnya di atasnya. Burung akan makan buah dan sesekali terkena voer. Sekitar seminggu kemudian burung suidah hafal bau voer dan ketika kita coba tidak diberi buah, biasanya sudah mau makan voer-nya.

= Untuk melatih burung makan buah, lakukan hal yang sama di atas dan ketika nanti voernya diambil, burung sudah mau makan buah.

= Untuk pemakan serangga agar mau makan voer, maka campurkan voer dan kroto. Semakin lama jatah kroto dikurangi dan selama pelatihan jangan diberikan makanan tambahan lain (seperti jangkrik dsb), maka nantinya burung akan segera mau makan voer.

Anda bisa juga mencari artikel tertentu dengan melihat daftar seluruh artikel omkicau.com di sini:

http://omkicau.com/isi-omkicau-com/

Jika Anda mengalami masalah dalam merawat burung, sebaiknya Anda sudah membaca artikel-artikel di kategori referensi, dengan tautan di sini:

http://omkicau.com/category/burung/tips-dan-referensi/

Salam sukses untuk Anda.


18.781 Comments on CURHAT/FAQ

  1. om kenapa di indonesia banyak sekali kecurangan juri lomba yang selalu meng ikut sertakan burung nya dalam lomba…suatu misal gantangan polder air hitam samarinda …peserta di tipu oleh juri yang terlalu sering makan suap dan penitipan burung…pernah saya sengaja membawa burung juara 1 semarang ke kelas gantangan ringan di polder…hahaha sekedar tes aja…alhasil…juri sedikit pun tidak melirik…tapi suatu saat saya titipkan teman yang sering menang…alhasil burung dapat gelar…apa kah juri memandang faktor orang lama dan baru….

    Suka

    • Masih banyak tempat lomba yang lebih baik, jika memang teridentifikasi ada kecurangan juri sebaiknya lomba ditempat lain om. Sudah bukan rahasia umum pelomba senior yang sudah dikenal kalangan juri atau EO ‘mendapat’ perhatian lebih, walaupun memang burungnya sudah berkualitas.

      Suka

  2. mau tanya om tentang burung pleci dakun,,apakah warna burung pleci dakun kalo dewasa berubah warna menjadi abu – abu..dan warna tersebut apakah bisa kembali seperti warna awal (kuning),,,,terima kasih om,,,mohon penjelasannya

    Suka

    • Tidak bisa om, karena warna merupakan gen dasar, perubahan hanya akan menjadi kusam akibat asupan pakan yang kurang baik dan seimbang.

      Suka

  3. terimakaksih omkicau birdfine nya… murai ku yg mogok makan voer, jd mau makan voer lagi setelah diterapi birdfine…. nice produk,

    Suka

    • om knapa murai batu saya kalau nampak lawan sayapnya jd turun,….tp kl sendiri nembaknya mantap kali om,…

      *Dewezet76*

      Pada 26 Januari 2015 11.27, KLUB BURUNG menulis:

      > Althesa commented: “terimakaksih omkicau birdfine nya… murai ku yg > mogok makan voer, jd mau makan voer lagi setelah diterapi birdfine…. nice > produk,”

      Suka

      • silakan om buka Tujuh perilaku “memalukan” murai batu di arena lomba dan solusinya

        Suka

  4. malam om….sy pnya burung kacer dan td sy coba gantang dilatberan.burungnya mau kerja ngotot g hnti2 walo kdang sambil lari kesana kesini (gak turun tangkringan).yg ingin sy tanyakan bgmn agar kacer sy bisa buka ekor,krn td sy perhatikan kacer sy kadang buka ekor tp g sepenuhnya.
    EF jangkrik p:6 s:6, mandi 1x sehari
    trimakasih om……

    Suka

    • Utak-atik jangkrik jelang lomba bisa dongkrak prestasi kacer

      Suka

      • Lha kalo pas burung lg ngotot2nya kerja tp tiba2 menggesek2kan paruhnya ke tangkringan abis itu kerja lg itu knp om..

        Suka

        • Ada beberapa faktor burung membersihkan sisa makanan yang diparuhnya, ada gejala serangan air sacmite sehingga burung merasa tidak nyaman, pastikan sebelum lomba sangkar dalam kondisi bersih tidak ada satupun sisa EF yang tertinggal.

          Suka

  5. Om kl kenari lg mabung di ksh BFA ama TBB boleh ga?

    Suka

    • Burung mabung jika berjalan lancar cukup berikan Birdvit dan birdmineral, atau birdmolt. sedangkan BFA berfungsi untuk pengobatan burung yang kurang sehat, sedangkan TBB untuk menstabilkan hormon testeron burung yang bisa diberikan setelah burung mabung.

      Suka

    • Trma ksh om…

      Suka

  6. Ass..
    Om saya mau tanya seputar murai batu, yang saya miliki ini hanya mau berkicau dan ngeriwik kasar kalaw denger suara air, pada saat saya sedang mandi ata anggota kluarga lain mandi, karna posisi kandang saya taru di dinding luar kamar mandi biar g repot” saya terapi air untuk murai drop, mohon tips-tips untuk meningkatkan kicau ngriwik kasar tersebut sampai berkicau lepas, mohon respon srius karna saya mencarai artikel membahan tentang ini tidak perna nemu cara dan penanganan’y hingga menemukan hasilnya

    Suka

  7. Hendrawan R. Saputra // 25/01/2015 pukul 10:46 pukul 10:46 // Balas

    pagi om saya pemula dalam kicau… tetapi saya tertarik memelihara burng lovebird… saya ingin sekali membeli lovebird trah juara,,, yang menjadi kendala apakah bisa moncer burung kalau dipagi hari hanya diangin-anginkan jam 4 subuh sampai jam 4.30.. dikarenakan saya kerja om pulang jam 15.30 sampai rumah.. karna saya baca artikel burung juara dijemur sampai 1, 2 bahkan 3 jam. mohon bantuanya om

    Suka

  8. misi om,,,kalau mau kirim video tentang masalah burung itu gimana???bisa apa tidak?

    Suka

  9. om mau tanya…kira” secara umum setelan EF untuk ciblek bagaimana ya…selama ini ciblek saya dikasih jangkrik pagi 2 sore 2…kira” kebanyakan atau tidak ya?

    mohon solusinya

    Suka

  10. Mlm om mau nanya nie kacer saya klo ngeplong nya cuma klo di kerodong aja gimna yah om solusi nya biar ngeplong nya bisa stabil,,makasih om

    Suka

  11. salam kicaumania om, ma tanya om, saya punya 2 kacer dada hitam,,rawatan dari kecil (hasil penangkaran)..
    umur 2-4 bulan kacer saya gantang berdekatan terus, n pas mabung tetep saya jemur loos om…
    skrng terpantau umur 7 bulan om,,masih ngeriwik terus,,,digantang dengan kacer lain kok gak da respon,,,ya om…
    apa ada hubungannya dengan kesalahan perawatan ya om?
    mksih,,,salam sukses..

    Suka

  12. om saya baca artikel masalah penjodohan murai dengan cara di godi ? permasalahannya sampai satu bulan burung tidak angkut sarang ? dan saya beli bird mature dan bird mineral ? yg saya tanyakan gimana cara pengaplikasiannya supaya murai saya segera angkut sarang dan bertelor ?

    Suka

1 363 364 365

1 Trackbacks & Pingbacks

  1. anis merah « Indonesiaku menangis

Om dan Tante, tanya masalah burung? Gunakan Halaman Curhat. Mohon maaf karena keterbatasan waktu dan ilmu jika banyak pertanyaan yang tidak/belum terjawab. Terima kasih.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 157.614 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: