CURHAT/FAQ

Selamat datang kawan.

Untuk yang baru saja bergabung, mari gunakan halaman Curhat/FAQ  (Frequently Asked Questions – pertanyaan yang sering disampaikan dan jawabannya) ini sebagai sarana untuk Anda yang pengin curhat soal burung, perawatan burung, penangkaran burung dan  berbagai hal tentang burung. Silakan tulis pertanyaan atau tanggapan.

Sementara untuk yang sudah biasa main ke halaman ini, mohon maaf kalau Anda merasa wajah halaman jadi kurang seksi. Ya karena alasan maintenance web, sementara wajah halaman saya buat tidak seksi… hehehe, tetapi yang penting isi tidak berkurang tetapi akan terus bertambah. Untuk mengecek artikel terbaru, bisa dilihat di sidebar  ya.

Curhatkan problem burung Anda

Curhatkan problem burung Anda

Nah mangga, namanya cuhat,  jadi ya belum tentu bahwa apa yang disampaikan sebagai tanggapan atas pertanyaan yang masuk merupakan kebenaran. Jadi forum ini semata-mata memang sebagai ajang ngobrol bareng dan jangan dianggap sebagai sebuah solusi  final.

Berikut ini adalah pertanyaan-pertanyaan yang paling sering diajukan pengunjung OmKicau.com:

1. Bagaimana cara membuat burung menjadi gacor.

Jawaban:

Syarat utama burung gacor adalah sehat, baik fisik maupun mental. Sehat itu ada dua. Sehat mental dan sehat fisik. Burung yang mentalnya drop, pasti macet atau kalau bunyi sangat-sangat tidak memuaskan. Itu sama juga dengan burung yang tidak sehat secara fisik. Pasti bermasalah sebagai kicauan dan juga bermasalah di kandang penangkaran.

Agar burung Anda sehat mental, jauhkan dari hal-hal yang membuat dia tertekan. Misalnya perilaku kasar pemelihara, burung lain yang lebih superior, dan predator bagi burung di sekeliling rumah, misalnya kucing, anjing dan juga tikus. Agar burung Anda sehat fisik, hilangkan segala gangguan dan ancamannya. Untuk detail jawawan atas pertanyaan di atas, bisa dibaca pada tulisan di tautan ini (klik saja tautannya):

http://omkicau.com/rahasia-burung-jawara/

2. Bagaimana menangani BURUNG BAKALAN agar segera bunyi?

Murai batu bakalan

Murai batu bakalan

Jawaban:

Burung bunyi sebagaimana penjelasan pada pertanyaan nomer 1, adalah burung yang sehat. Untuk burung bakalan (baru saja didapat melalui penangkapan di hutan), maka burung tersebut adalah burung yang tidak sehat secara mental. Dia tertekan karena berada pada lingkungan baru. Agar burung menjadi terbiasa dengan lingkungan manusia, maka lakukan PROSES PENJINAKAN. Bagaimana cara menjinakkan bisa dibaca di tulisan pada tautan ini (klik saja):

http://omkicau.com/2008/10/cara-membuat-burung-jadi-jinak/

3. Mengapa burung saya tiba-tiba macet bunyi?

Jawaban:

Pertanyaan ini sesungguhnya sama dengan pertanyaan nomer 1. Hanya saja biasanya ini adalah pertanyaan berkaitan dengan burung yang semula gacor, kemudian pindah tempat dan sebagainya. Untuk jawaban atas pertanyaan ini, Anda bisa membaca pada tautan ini:

http://omkicau.com/2009/10/faktor-faktor-penyebab-perubahan-performa-burung/

4. Mengapa burung saya yang gacor sering turun tangkringan dan tidak mau bunyi lagi?

Cara cegah murai batu turun dari tangkringan

Burung suka turun tangkringan?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

http://omkicau.com/2009/05/kalau-burung-berhenti-bunyi-dan-turun-tangkringan/

5. Bagaimana menangani burung yang sedang mabung?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

1. http://omkicau.com/2009/02/a-q-molting-mabung-ngurak-nyulam-pada-burung/.

Selain itu, Anda perlu juga membaca tulisan ini (klik saja):

http://omkicau.com/2009/12/15/mengapa-metionin-dan-sistin-perlu-diberikan-selama-burung-molting/

6. Kapan burung saya bisa dan siap bunyi lagi atau dilombakan atau juga ditangkar?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

http://omkicau.com/2009/02/grafik-performa-burung-penangkaran-dan-lomba/

7. Bagaimana menangani kenari yang kegemukan?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

http://omkicau.com/2009/01/kenari-jatuh-treatmen-mentimun-dan-pakan/

8. Bagaimana menangani kacer mbagong atau nguda laut?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

http://omkicau.com/2009/02/lagi-lagi-kacer-mbagong/

9. Burung saya jantan atau betina?

Jawaban:

-Untuk burung secara umum lihat tulisan ini (klik saja):

http://omkicau.com/2009/01/lagi-soal-perbedaan-burung-jantan-dan-betina/

-Untuk lovebird, bisa dilihat tulisan ini (klik saja):

http://omkicau.com/2009/12/membedakan-jenis-kelamin-lovebird/

- Berkaitan dengan masalah ini, perlu juga dibaca bagaimana cara meraba supit urang untuk menentukan jenis kelamin burung. Klik saja di sini:

http://omkicau.com/2010/01/di-mana-tempat-supit-urang-penanda-jenis-kelamin-burung-berada/

10. Bagaimana melatih burung makan voer dan  makan buah.

Jawaban: = Untuk melatih makan voer, jika burung pemakan buah, maka buah (pepaya atau pisang) dikupas dan dimasukkan ke wadah pakan. Penyet-penyetkan sedikit voer ke atas buah dan tabur secukupnya di atasnya. Burung akan makan buah dan sesekali terkena voer. Sekitar seminggu kemudian burung suidah hafal bau voer dan ketika kita coba tidak diberi buah, biasanya sudah mau makan voer-nya.

= Untuk melatih burung makan buah, lakukan hal yang sama di atas dan ketika nanti voernya diambil, burung sudah mau makan buah.

= Untuk pemakan serangga agar mau makan voer, maka campurkan voer dan kroto. Semakin lama jatah kroto dikurangi dan selama pelatihan jangan diberikan makanan tambahan lain (seperti jangkrik dsb), maka nantinya burung akan segera mau makan voer.

Anda bisa juga mencari artikel tertentu dengan melihat daftar seluruh artikel omkicau.com di sini:

http://omkicau.com/isi-omkicau-com/

Jika Anda mengalami masalah dalam merawat burung, sebaiknya Anda sudah membaca artikel-artikel di kategori referensi, dengan tautan di sini:

http://omkicau.com/category/burung/tips-dan-referensi/

Salam sukses untuk Anda.


Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain. Agar tidak tertipu, pastikan Anda membaca artikel ini (klik saja).

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

diskusi di siniAda pertanyaan atau pesan, sobat? Mohon sampaikan di sini (klik saja). Navigasi Utama:

There are 17.672 comments

  1. budhie

    utk melanjutkan pertanyaan sy kemarin om.. dari informasi penjualnya banyak pembeli yg berhasil menangkarkan murai batu hasil tangkapan hutan asal burung memang benar2 pasangannya dari tangkapan di hutan jd tidak perlu menjodohkan lg dan pola penangkarannya hrs di kandang ukuran besar dan lokasi bebas dari aktifitas yg dpt mengganggu ketenangan burung tersebut, yg mau sy tanya apa pendapat itu benar om??

  2. budi

    Mlm om. Om perbedaan MB sumatra katanya lampung? itu pa ekornya yg putih itu ada yg separo hitam putih bagian ekor yg putih hitam atas sendiri.
    Sementara yg borneo ekor putihnya putih semua. Menurut om gmn perbedaan asal tadi (mmg aq jg lihat ada yg punya ekor putihnya separo hitam) mksh om

    1. redaksiomkicau

      Identifikasi murai batu dengan pola ekor belum tentu akurat 100% namun hal ini menjadi patokan paling simpel karena mudah terlihat, namun cara paling paten ialah dengan mengamati gaya tarungnya untuk memastikan mb tipe ngeplay, ngembung, atau macul. Sebagai pelengkap silakan cek beberapa refrensi berikut Tiga jenis murai batu asal Sumatera: Deskripsi dan video dan Beda murai batu borneo dan murai batu “medan” ketika beraksi, bandingkan via video

  3. Pendekar Tanpa Bayangan

    siang om,,
    burung kacer saya prilakunya suka makan bulu sendiri jika kondisi sudah panas baik panas akibat dijemur,habis tanding ataupun efek dari EF seperti UH maupun pemberian vitamin lomba seperti e**d j**s..yang saya perhatikan seperti mau mencabut bulunya tapi nggak bisa jadi kalo sudah demikian bulu ekornya seperti kemoceng berantakan tidak karuan,yang jadi sasaran bulu ekornya sebelah kiri,..apa penyebab dan bagaimana solusinya om..terima kasih..

  4. Tri

    Om sya mo tanya?
    sya punya kenari betina,cuma kurang tau umurny..sya pngen jodohin dgn kenari jantan sya yg sudah gacor,tp sya liat ventnya kenari betina,awalny mengkerut trs lama” agak kecang ventny,tp blm bengkak loh..
    nah pas it sya coba mandiin bareng dkeramba,eh it kenari jantan sya smpet naiki betinanya..sya kira sdh jodoh,tapi pas sya gabungin disatu kandang dia malah kyk terbang terbangan smbil buka paruh,kyk mau saling ciuman..tp sya kurang tau,kenari sya mau ciuman apa berantem..
    mohon solusinya Om.

  5. riki

    om kenapa kok kacer saya yg smula ngriwik ..jd diem trs..stlah saya kasih TBB ..pdhl dosisny pun ngikutin petunjuk..dan pemakaiany sudah mggu k dua ini..tp kok mlah jarang bunyi.

    1. redaksiomkicau

      Hasil pemberian TBB setiap burung berbeda ada yang dalam 2 minggu sudah terlihat hasilnya, namun ada yang hingga 2 bulan baru terlihat hal ini disebabkan oleh tingkat toleransi hormon testeron pada burung. Jika belum mebuahkan hasil, terapi tetap bisa dilanjutkan dan tentunya burung juga sudah tidak terlalu gesit.

  6. budhie

    slm kenal om.. sy mau tanya nih.. bisa nggak burung murai batu pasangan hasil tangkapan hutan di tangkarkan? kondisi burung sehat makan kuat om tp msh liar, mohon pencerahannya ya.. tks.

    1. redaksiomkicau

      Burung yang ditangkarkan sebaiknya sudah dalam kondisi jinak atau sudah tidak terlalu takut dengan kehadiran manusia, untuk menghindari burung menjadi stress saat di tangkarkan.

  7. ariel

    Siang om..sy pny kenari 2 pasang..yg sepasang sudah siap untk bertelur..apakh indukan masih harus dijemur tiap pagi sampe dia bertelur atau tidak.Tiap pagi sy berikan birdvit .apakh perlu juga diberikan birdmature.mohon jawabannya om.trm kasih.

  8. jefry

    pagi om, mau tnya…apakah cendet yg sdh umur dan isian tembakan itu2 saja , contoh cendet saya tembakan’nya cuma love bird aja….dan apakah beliau’nya ini masih bisa di tambah’i lagu ya om..? mengingat umur tua alias sdh nyisik pol..
    thx om..

    1. redaksiomkicau

      Jika burungnya tipe cerdas tentu masih bisa dan dilakukan saat burung mabung, meski hanya punya satu-dua tonjolan namun dibawahkan secara panjang dan berulang hasilnya juga bagus om.

  9. Havyn

    Omkicau, saya mw tanya.. Sapa punya kenari gacor bgt dirumah, skrng masih ttp gacor tp tiba2 menurun dr biasanya, trus napsu makanya berkurang, kakinya di angkat sejak kmarin saat berbunyi juga diangkat, dan ada garis seperti urat warna merah 1 panjang, tp kalau di pegang ga nonjol (* keluhan kaki ini dulu pernah kena, karna serangan nyamuk dan luka kena tangkringan), dan baru saja saya liat dia masukin kepalanya kedalem sayap. Sakitnya apa ya? Tolong jawabannya dong om saya udh liat semua link omkicau yg berhubungan, ada yg bilang malah kakinya yg merah itu avian infuenza, pdhl wktu itu gitu juga karna serangan nyamuk sprti yg saya bilang, habis saya kasih miyak tawon dia sembuh..

    *perawatan saya:
    - Pagi di angin2kan, kalo terang saya lgsg jemur sekitar 1-2 jam (#untuk mandi untuk saat ini ga saya bikin tiap hari karna sekarang cenderung cuacanya ga stabil kadang ujan kadang terik) sambil dibersihkan aksesoris serta sangkarnya..
    - Pakan seperti biasa bijian mix, kasih apel, sawi selang seling..2 hari sekali saya kasih CD
    - sebulan sekali kasih kroto(karna yg ini bukan burung lomba hanya rumahan orng tua) kalau yg lomba H-1 kasi kroto , setelah kelar kasi larutan..

    Saya rasa g ada yg salah tp knp bgini ya, memang saya belum lama main burung kicau jd kalo tiba2 ada yg begini saya agak pusing juga..dr kmrn2 kalo ada yg error nanya sini terus??
    Maap panjang sekalian curhat gapapa ya om :)

  10. oka

    Pagi om
    Saya mau tanya boleh?
    Saya punya murai sedang mabung (rontok) & kacer sering bunyi
    Pertnyaan :
    1.Apakah suara kacer yg lumayan kencang bisa mengganggu murai yg sdng mabung?
    2.Murai ngeriwik saat dengar kacer bunyi apa itu hal yg normal?
    3.Apa efek murai mabung saat mendengar suara kacer?
    Sudah 1 bulan lebih murai rontok bulu tp ekor blm jg lepas
    Settingan tanpa kroto

    1. redaksiomkicau

      1. Jika burung mb nya memiliki karakter fighter tinggi, tentu sendikit banyak berpengaruh di mbnya. sebaiknya diungsikan salah satu untuk sementara waktu.
      2. Wajar om, karena keduanya burung petarung dan penjaga teritorial selama mbnya tidak membalas dengan suara lantang dan gacor selama mabung tidak masalah.
      3. Kemungkinan mb bisa menirukan suara kacer, masa mabung mb secara normal 3-4 bulan jadi sabar saja om. nanti ekor juga akan lepas dengan sendirinya.

  11. agus putrawan

    Selamat Pagi om…. mohon pencerahannya.
    Saya punya KC dirumah, rencananya saya mau plihara crucukan apa gak masalah om. Krna setau saya kalo kutilang katanya gak baik untuk KC. Mohon penjelasannya om. Trims

  12. dika

    Selamat malam Om Kicau,,
    Mampir nanya lagi Om,
    sangkar kenari kan saya beri alas koran supaya mudah membersihkan,murah dan praktis Om,,tp masalahnya selalu di sobek-sobek oleh kenari nya,kdang sampai hampir habis di sobek2,,
    itu kenapa ya Om?
    solusinya gmn Om Kicau?
    Trims jawabannya om..

  13. abdul salam

    Tanya lagi ah.. saya punya kandang liar uk.2 x 2 x 1 mtr rencana saya mau masukan burung-burung ini seperti kenari jenis F1.F2..AF.betinanya 10 ekor jantannya 5 ekor.
    apa baik kalau disatukan semua?
    apa bisa berkembang biak nantinya?
    kira2 burung apa lagi yg bisa saya campur dengan kenari…karena saya masih punya 1 ekor Blackstrout,3 ekor branjangan.mohon petunjuk dari OM.terima kasih

  14. wandie

    Om kicau, , qu bru beli burung kacer yg awlnya gacor n tarung ngebyak/ngobra tiba” macet gag mw tarung sma sekali, bunyi jga jrang, coba sya trek dgn kacer lain cman diem aja, truz bulunya juga trlihat kusam, nafsu makan pun menurun, brung jga trlihat kurang bersemangat, ,Ap mw mabung ataukah lg sakit???
    Knpa n ap solusinya om??
    Oh iya, kotorannya jga kyak encer kyak kapur
    Trimakasih om. . .

  15. Hasan

    Om misi nih mau nanya, emng bener yah kalo cendet priangan/Jabar gk ada yg bersinar di dlm sebuah kontes & kata’y gk da yg pernah juara karna slalu klh ama cendet jawa atau madura, & knp alesan’y?
    Tpi kalo ada mnt audio kalo gk video’y Om
    Trimakasih sebelum’y! (◦ˆ ⌣ ˆ◦)

    1. redaksiomkicau

      Rata-rata memang cendet jawa timur dan madura yang kerap menjadi juara, kemungkinan memang berasal dari faktor alam yang cukup keras dan tandus om sehingga membentuk mental burung lebih stabil. Tapi bukan berarti cendet daerah lain kurang bagus om.

  16. wahyu

    Om knapa y
    Sudah 2 pekan saya mmlihara cigun
    Namun sampai saat ini blum juga berkicau
    pdahal mndi jmur rutin 2 hari skali
    jangkrik pg sre 10 ekor
    UH 10 ekor setiap hari
    kroto 2 sendok teh 2 hari skali
    Dan saya gantang berdampingan dngan ciblek alang yg sudah gacor

  17. الهادي سفيان

    Selamat pagi buat semua.. :)
    Permisi om aq pemula mau tnya..
    1. #Kacer q udah dlm masa mabung ap blom? dgn tanda2 bulu halus mulai rontok, buluny tampak kusam, bulu besarnya acak2an, pecah2, n kadang patah, tapi tetep ngotot ngicau kalo dnger suara2 burung q yg laen atau suara audio masteran (sayup2 or ga terlalu keras) walau kondisi full kerodong…gimana mau masukin isian ke burung kalo respon burungnya koyo ngunu, apa perlu di isolasi paruh e.. wkakkakk * parah.. :(

    2. #Cucak Ijo mini / Cucak daun q kog sering keliat kayak “cekukan” or kek keselek biji salak, ckikikikk..
    anteng ae di tangkiran kek tukang ojek ngetem plusss mayun ga bunyi2 ckikikiki.. *kaciaaaaaawww….

    maaf pertanyaannya sambil “guyon” sdkit tp spenuhnya serius..
    mohon pencerahan dari para senior2, kasih solusi terbaik..
    sblmnya suwoooonn..
    salam kicau mania.. \(^_^)

      1. الهادي سفيان

        Pagi om kicau n semua senior para kicau mania..
        udah minum kopi / teh blm?? klo blm monggo ngopi bareng, tp bikin ja sndiri.. wkwkwkkk.. *guyon sek ;)

        oke om lanjut,
        1. bner kacer ny mau mabung om, bulu halus makin rajin rontok, bulu sayap n ekor udah ad yg copot..
        *settingan msih harian JK 6 /hari, KR 1 sndok teh 2x /mnggu, UH 2 1x /minggu, BirdVit 3x /mggu, masih pake TBB 1x /mggu.
        dari settingan tsb, ap ad yg harus di ubah, ditambah, kurangi or di hilangkan??
        untuk memperlancar masa mabung biar cepat tuntas n gak ribet gak smpe 3 bln lamanya, ad kah tips paten ny om??

        2. untuk CI mini ny, ad tips or ramuan alami/tradisional dari bhan rempah2 untuk ngilangin “cekukan” ny biar bisa berkicau??
        kalo pake obat2an baikny pake obat ap?? jalani terapi pake TBB iso ora om?? n butuh brpa lama..

        mohon penjelasan ny lagi om.. :)
        suwooooonnn..
        salam kicau mania..

Om dan Tante, tanya masalah burung? Gunakan Halaman Curhat. Mohon maaf karena keterbatasan waktu dan ilmu jika banyak pertanyaan yang tidak/belum terjawab. Terima kasih.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s