CURHAT/FAQ

Selamat datang kawan.

Untuk yang baru saja bergabung, mari gunakan halaman Curhat/FAQ  (Frequently Asked Questions – pertanyaan yang sering disampaikan dan jawabannya) ini sebagai sarana untuk Anda yang pengin curhat soal burung, perawatan burung, penangkaran burung dan  berbagai hal tentang burung. Silakan tulis pertanyaan atau tanggapan.

Sementara untuk yang sudah biasa main ke halaman ini, mohon maaf kalau Anda merasa wajah halaman jadi kurang seksi. Ya karena alasan maintenance web, sementara wajah halaman saya buat tidak seksi… hehehe, tetapi yang penting isi tidak berkurang tetapi akan terus bertambah. Untuk mengecek artikel terbaru, bisa dilihat di sidebar  ya.

Curhatkan problem burung Anda

Curhatkan problem burung Anda

Nah mangga, namanya cuhat,  jadi ya belum tentu bahwa apa yang disampaikan sebagai tanggapan atas pertanyaan yang masuk merupakan kebenaran. Jadi forum ini semata-mata memang sebagai ajang ngobrol bareng dan jangan dianggap sebagai sebuah solusi  final.

Berikut ini adalah pertanyaan-pertanyaan yang paling sering diajukan pengunjung OmKicau.com:

1. Bagaimana cara membuat burung menjadi gacor.

Jawaban:

Syarat utama burung gacor adalah sehat, baik fisik maupun mental. Sehat itu ada dua. Sehat mental dan sehat fisik. Burung yang mentalnya drop, pasti macet atau kalau bunyi sangat-sangat tidak memuaskan. Itu sama juga dengan burung yang tidak sehat secara fisik. Pasti bermasalah sebagai kicauan dan juga bermasalah di kandang penangkaran.

Agar burung Anda sehat mental, jauhkan dari hal-hal yang membuat dia tertekan. Misalnya perilaku kasar pemelihara, burung lain yang lebih superior, dan predator bagi burung di sekeliling rumah, misalnya kucing, anjing dan juga tikus. Agar burung Anda sehat fisik, hilangkan segala gangguan dan ancamannya. Untuk detail jawawan atas pertanyaan di atas, bisa dibaca pada tulisan di tautan ini (klik saja tautannya):

http://omkicau.com/rahasia-burung-jawara/

2. Bagaimana menangani BURUNG BAKALAN agar segera bunyi?

Murai batu bakalan

Murai batu bakalan

Jawaban:

Burung bunyi sebagaimana penjelasan pada pertanyaan nomer 1, adalah burung yang sehat. Untuk burung bakalan (baru saja didapat melalui penangkapan di hutan), maka burung tersebut adalah burung yang tidak sehat secara mental. Dia tertekan karena berada pada lingkungan baru. Agar burung menjadi terbiasa dengan lingkungan manusia, maka lakukan PROSES PENJINAKAN. Bagaimana cara menjinakkan bisa dibaca di tulisan pada tautan ini (klik saja):

http://omkicau.com/2008/10/cara-membuat-burung-jadi-jinak/

3. Mengapa burung saya tiba-tiba macet bunyi?

Jawaban:

Pertanyaan ini sesungguhnya sama dengan pertanyaan nomer 1. Hanya saja biasanya ini adalah pertanyaan berkaitan dengan burung yang semula gacor, kemudian pindah tempat dan sebagainya. Untuk jawaban atas pertanyaan ini, Anda bisa membaca pada tautan ini:

http://omkicau.com/2009/10/faktor-faktor-penyebab-perubahan-performa-burung/

4. Mengapa burung saya yang gacor sering turun tangkringan dan tidak mau bunyi lagi?

Cara cegah murai batu turun dari tangkringan

Burung suka turun tangkringan?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

http://omkicau.com/2009/05/kalau-burung-berhenti-bunyi-dan-turun-tangkringan/

5. Bagaimana menangani burung yang sedang mabung?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

1. http://omkicau.com/2009/02/a-q-molting-mabung-ngurak-nyulam-pada-burung/.

Selain itu, Anda perlu juga membaca tulisan ini (klik saja):

http://omkicau.com/2009/12/15/mengapa-metionin-dan-sistin-perlu-diberikan-selama-burung-molting/

6. Kapan burung saya bisa dan siap bunyi lagi atau dilombakan atau juga ditangkar?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

http://omkicau.com/2009/02/grafik-performa-burung-penangkaran-dan-lomba/

7. Bagaimana menangani kenari yang kegemukan?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

http://omkicau.com/2009/01/kenari-jatuh-treatmen-mentimun-dan-pakan/

8. Bagaimana menangani kacer mbagong atau nguda laut?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

http://omkicau.com/2009/02/lagi-lagi-kacer-mbagong/

9. Burung saya jantan atau betina?

Jawaban:

-Untuk burung secara umum lihat tulisan ini (klik saja):

http://omkicau.com/2009/01/lagi-soal-perbedaan-burung-jantan-dan-betina/

-Untuk lovebird, bisa dilihat tulisan ini (klik saja):

http://omkicau.com/2009/12/membedakan-jenis-kelamin-lovebird/

- Berkaitan dengan masalah ini, perlu juga dibaca bagaimana cara meraba supit urang untuk menentukan jenis kelamin burung. Klik saja di sini:

http://omkicau.com/2010/01/di-mana-tempat-supit-urang-penanda-jenis-kelamin-burung-berada/

10. Bagaimana melatih burung makan voer dan  makan buah.

Jawaban: = Untuk melatih makan voer, jika burung pemakan buah, maka buah (pepaya atau pisang) dikupas dan dimasukkan ke wadah pakan. Penyet-penyetkan sedikit voer ke atas buah dan tabur secukupnya di atasnya. Burung akan makan buah dan sesekali terkena voer. Sekitar seminggu kemudian burung suidah hafal bau voer dan ketika kita coba tidak diberi buah, biasanya sudah mau makan voer-nya.

= Untuk melatih burung makan buah, lakukan hal yang sama di atas dan ketika nanti voernya diambil, burung sudah mau makan buah.

= Untuk pemakan serangga agar mau makan voer, maka campurkan voer dan kroto. Semakin lama jatah kroto dikurangi dan selama pelatihan jangan diberikan makanan tambahan lain (seperti jangkrik dsb), maka nantinya burung akan segera mau makan voer.

Anda bisa juga mencari artikel tertentu dengan melihat daftar seluruh artikel omkicau.com di sini:

http://omkicau.com/isi-omkicau-com/

Jika Anda mengalami masalah dalam merawat burung, sebaiknya Anda sudah membaca artikel-artikel di kategori referensi, dengan tautan di sini:

http://omkicau.com/category/burung/tips-dan-referensi/

Salam sukses untuk Anda.


Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain. Agar tidak tertipu, pastikan Anda membaca artikel ini (klik saja).

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

diskusi di siniAda pertanyaan atau pesan, sobat? Mohon sampaikan di sini (klik saja). Navigasi Utama:

Tentang iklan-iklan ini

There are 17.755 comments

  1. Kevin P

    Omkicau, apa kacer yang bisa dilombakan hanya yang sudah berumur 3 tahun/ yang sudah 2-3 kali mabung? saya ada kacer gacor isian cililin, rio-rio, kenari tapi blom ada 2 tahun kayanya masih bersih banget kakinya, mau nurunin tp liat sini jadi bingung..

    1. redaksiomkicau

      Kacer ialah burung petarung dan mengenal sifat senioritas, rata-rata burung yang turun memang sudah cukup umur dan bermental mapan. jika memang ingin digandeng sebaiknya cari lawan yang sebanding dulu dengan 5-7 burung om untuk sekedar melatih mental.

  2. gindo

    Salam kicaumania..salam redaksi omkicau.
    Kacer saya umur 17 bulan, sudah 2x mabung, dua minggu lalu untuk pertama kali saya turunkan di latber, dapat juara 2, burung tampil ngotot tanpa jeda sambil terus buka ekor. Sudah bolehkah saya turunkan di even besar?, yang notabene dihadiri burung2 mapan dari dalam dan luar kota.
    hari minggu lusa ada even besar, kawan2 juga mendukung untuk menurunkan kacer tersebut..
    mohon pengarahan..

    1. redaksiomkicau

      Apabila om sudah yakin dan mantab dengan kemampuan burung ya tidak masalah, biasanya dalam event nasional burung yang ditampilkan benar-benar sudah siap dan mapan.

  3. iqbal

    om CI saya kemaren2 mulai rontok satu dua bulu tp tetap saya mandi jemur,tdi pagi rontoknya agak banyak om, apa harus distop mandi jemur + full krodong ato tetep mandi jemur seperti biasa om?brung masih bakalan baru mulai keluar trotol hitamnya om

  4. Aji pangestu

    Nanya om …
    Sy punya sepasang perkutut klw
    sy mau mengawinkan
    kandangnya di dalam rmh mau gak om, soalnya klw sy taro dalam rmh tmptnya tidak memungkinkan, terlalu bnyk gangguan dari manusia dan binatang” yg laen nya..

      1. Aji pangestu

        Sebelumnya sudah sy coba di luar rmh om perkutut sering kawin tpi sy takut burungnya tidak mau nelor apa klw tidak kena matahari burung nya tidak mau birahi om, dan kalau sy taro dalam rmh sy kasih obat pro breeding perkutut sy apa bisa birahi mau kawin lgi??

  5. Havyn

    Omkicau, saya baca prediksi harga burung ahir taun. Disitu ditulis kacer 500-700rb itu MH?? Apa yg udh ngevoor ato bunyi walau dikit? Trus yg yg mw saya tanya lagi, apa perbedaan MH sama hasil tangkaran?kenapa ko semua pemain juara milihnya MH? Kenapa g tangkaran? Kalo emang lebih bagus MH kenapa yg di tangkar harganya selangit bukan sebaliknya? Makasih om, jawabin yg masalah harga nya yaa, niat nambah momongan tp kalo melonjak tinggi bingung juga:(

    1. redaksiomkicau

      MH merupakan burung hasil hutan atau muda hutan sehingga butuh proses lebih lama untuk bisa membuat burung gacor dan bisa dilombakan, sedangkan tangkaran hasil peternakan dimana burung cenderung jinak dan mudah dalam perawatan. harga setiap kota bisa berbeda-beda karena tergantung stok pasar serta peminatnya. memang tidak dipungkiri masih banyak pemain lebih menyukai burung mh karena secara mental dan kualitas dipercaya lebih bagus serta harga relatif terjangkau namun kini di beberapa event lomba juga mulai dibuka kelas ring (burung hasil ternakan), sedangkan untuk hasil ternakan memang agak mahal dikarenakan kualitas indukan. Jika indukannya burung prestasi dan ternama tentu piyikannya juga berharga lebih mahal.

  6. Riyan

    Om kira2 cendet trus2an miyik sampe umur brapa ya?saya piara dari anakan mungkin skrang udah 4 blnan dan udah mulai belajar bunyi tpi msh aja miyik pdahal tidak pernah saya manjakan dan rajin dan rajin saya mandikn mlm seminggu skali dan saya ngasih jangkrik selalu saya taruh di tempatnya om,gmana ya cranya supaya cendet saya gak trus miyik

  7. Tri

    Om,,sya mo tnya..
    mav klo kbanyakan nannya..sya pemula om..
    sya mo nanya,sya punya kenari sedang sya coba ternakkin..trs tuh kenari sya sdh sempet sya campurin 1 kandang dan sya beri sarang buat bertelurnya..
    slama 2hari sya campur,stiap malam yg betina tidur di sarang betelurny,nah td pagi sya pisahin tuh,sya ambil jantannya..
    pas malem harinya tuh kenari betina msih tidur didlm sarang betelurnya..
    klo kyk gini kenari sya ini tanda” nya knp ya Om?
    mohon solusi & jwbannya!
    makasih Om Guru.

  8. Pendekar Tanpa Bayangan

    malam om..
    gara2 OB,bulu ekor kacer saya patah 2 helai om,saya pengen cabutin untuk memperbaikinya om dengan harapan nanti tumbuh bulu baru,tp saya rada2 takut kalo nanti ada efek jelek kedepannya,kalo nunggu dia mabung kan masih lama om..kalo mesti dicabutin ada nggak om tata cara atau artikel yang terkait untuk referensi..terima kasih

  9. Roy

    Hallo Om-Tante semua, maaf saya pendatang baru di dunia burung.
    Satu hal yang ingin saya tanyakan adalah istilah CD (CeDe) untuk pakan burung kenari, sebenernya artinya apa sih CD itu? Kalau ada yang tau please share dong..tq.

      1. titis

        Maaf numpang. Gak bisa dikirim kalau nulis sendiri.
        Om, makasih atas saran meloloh anakan cendet. Sekarang cendet saya udah bisa mematuk makanan. Seperti yang dijelaskan dalam tips ala om andri, setelah cendet bisa mematuk, lolohan harus dihentikan dan diganti vorr kering kasar dan halus. Yang mau saya tanyakan, apakah cendet tidak akan mati kekurangan air jika diberi voer kering? Cendetnya kan belum bisa minum om. Makasih.

        1. redaksiomkicau

          Tentu burung akan minum dan itu sudah naluri alaminya, meskipun burung sudah makan voer tetap rutin diberikan EF untuk menjaga kondisinya tetap sehat.

Om dan Tante, tanya masalah burung? Gunakan Halaman Curhat. Mohon maaf karena keterbatasan waktu dan ilmu jika banyak pertanyaan yang tidak/belum terjawab. Terima kasih.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s