CURHAT/FAQ

Selamat datang kawan.

Untuk yang baru saja bergabung, mari gunakan halaman Curhat/FAQ  (Frequently Asked Questions – pertanyaan yang sering disampaikan dan jawabannya) ini sebagai sarana untuk Anda yang pengin curhat soal burung, perawatan burung, penangkaran burung dan  berbagai hal tentang burung. Silakan tulis pertanyaan atau tanggapan.

Sementara untuk yang sudah biasa main ke halaman ini, mohon maaf kalau Anda merasa wajah halaman jadi kurang seksi. Ya karena alasan maintenance web, sementara wajah halaman saya buat tidak seksi… hehehe, tetapi yang penting isi tidak berkurang tetapi akan terus bertambah. Untuk mengecek artikel terbaru, bisa dilihat di sidebar  ya.

Curhatkan problem burung Anda

Curhatkan problem burung Anda

Nah mangga, namanya cuhat,  jadi ya belum tentu bahwa apa yang disampaikan sebagai tanggapan atas pertanyaan yang masuk merupakan kebenaran. Jadi forum ini semata-mata memang sebagai ajang ngobrol bareng dan jangan dianggap sebagai sebuah solusi  final.

Berikut ini adalah pertanyaan-pertanyaan yang paling sering diajukan pengunjung OmKicau.com:

1. Bagaimana cara membuat burung menjadi gacor.

Jawaban:

Syarat utama burung gacor adalah sehat, baik fisik maupun mental. Sehat itu ada dua. Sehat mental dan sehat fisik. Burung yang mentalnya drop, pasti macet atau kalau bunyi sangat-sangat tidak memuaskan. Itu sama juga dengan burung yang tidak sehat secara fisik. Pasti bermasalah sebagai kicauan dan juga bermasalah di kandang penangkaran.

Agar burung Anda sehat mental, jauhkan dari hal-hal yang membuat dia tertekan. Misalnya perilaku kasar pemelihara, burung lain yang lebih superior, dan predator bagi burung di sekeliling rumah, misalnya kucing, anjing dan juga tikus. Agar burung Anda sehat fisik, hilangkan segala gangguan dan ancamannya. Untuk detail jawawan atas pertanyaan di atas, bisa dibaca pada tulisan di tautan ini (klik saja tautannya):

http://omkicau.com/rahasia-burung-jawara/

2. Bagaimana menangani BURUNG BAKALAN agar segera bunyi?

Murai batu bakalan

Murai batu bakalan

Jawaban:

Burung bunyi sebagaimana penjelasan pada pertanyaan nomer 1, adalah burung yang sehat. Untuk burung bakalan (baru saja didapat melalui penangkapan di hutan), maka burung tersebut adalah burung yang tidak sehat secara mental. Dia tertekan karena berada pada lingkungan baru. Agar burung menjadi terbiasa dengan lingkungan manusia, maka lakukan PROSES PENJINAKAN. Bagaimana cara menjinakkan bisa dibaca di tulisan pada tautan ini (klik saja):

http://omkicau.com/2008/10/cara-membuat-burung-jadi-jinak/

3. Mengapa burung saya tiba-tiba macet bunyi?

Jawaban:

Pertanyaan ini sesungguhnya sama dengan pertanyaan nomer 1. Hanya saja biasanya ini adalah pertanyaan berkaitan dengan burung yang semula gacor, kemudian pindah tempat dan sebagainya. Untuk jawaban atas pertanyaan ini, Anda bisa membaca pada tautan ini:

http://omkicau.com/2009/10/faktor-faktor-penyebab-perubahan-performa-burung/

4. Mengapa burung saya yang gacor sering turun tangkringan dan tidak mau bunyi lagi?

Cara cegah murai batu turun dari tangkringan

Burung suka turun tangkringan?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

http://omkicau.com/2009/05/kalau-burung-berhenti-bunyi-dan-turun-tangkringan/

5. Bagaimana menangani burung yang sedang mabung?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

1. http://omkicau.com/2009/02/a-q-molting-mabung-ngurak-nyulam-pada-burung/.

Selain itu, Anda perlu juga membaca tulisan ini (klik saja):

http://omkicau.com/2009/12/15/mengapa-metionin-dan-sistin-perlu-diberikan-selama-burung-molting/

6. Kapan burung saya bisa dan siap bunyi lagi atau dilombakan atau juga ditangkar?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

http://omkicau.com/2009/02/grafik-performa-burung-penangkaran-dan-lomba/

7. Bagaimana menangani kenari yang kegemukan?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

http://omkicau.com/2009/01/kenari-jatuh-treatmen-mentimun-dan-pakan/

8. Bagaimana menangani kacer mbagong atau nguda laut?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

http://omkicau.com/2009/02/lagi-lagi-kacer-mbagong/

9. Burung saya jantan atau betina?

Jawaban:

-Untuk burung secara umum lihat tulisan ini (klik saja):

http://omkicau.com/2009/01/lagi-soal-perbedaan-burung-jantan-dan-betina/

-Untuk lovebird, bisa dilihat tulisan ini (klik saja):

http://omkicau.com/2009/12/membedakan-jenis-kelamin-lovebird/

- Berkaitan dengan masalah ini, perlu juga dibaca bagaimana cara meraba supit urang untuk menentukan jenis kelamin burung. Klik saja di sini:

http://omkicau.com/2010/01/di-mana-tempat-supit-urang-penanda-jenis-kelamin-burung-berada/

10. Bagaimana melatih burung makan voer dan  makan buah.

Jawaban: = Untuk melatih makan voer, jika burung pemakan buah, maka buah (pepaya atau pisang) dikupas dan dimasukkan ke wadah pakan. Penyet-penyetkan sedikit voer ke atas buah dan tabur secukupnya di atasnya. Burung akan makan buah dan sesekali terkena voer. Sekitar seminggu kemudian burung suidah hafal bau voer dan ketika kita coba tidak diberi buah, biasanya sudah mau makan voer-nya.

= Untuk melatih burung makan buah, lakukan hal yang sama di atas dan ketika nanti voernya diambil, burung sudah mau makan buah.

= Untuk pemakan serangga agar mau makan voer, maka campurkan voer dan kroto. Semakin lama jatah kroto dikurangi dan selama pelatihan jangan diberikan makanan tambahan lain (seperti jangkrik dsb), maka nantinya burung akan segera mau makan voer.

Anda bisa juga mencari artikel tertentu dengan melihat daftar seluruh artikel omkicau.com di sini:

http://omkicau.com/isi-omkicau-com/

Jika Anda mengalami masalah dalam merawat burung, sebaiknya Anda sudah membaca artikel-artikel di kategori referensi, dengan tautan di sini:

http://omkicau.com/category/burung/tips-dan-referensi/

Salam sukses untuk Anda.


diskusi di siniAda pertanyaan atau pesan, sobat? Mohon sampaikan di sini (klik saja).

Navigasi Utama:

Tentang iklan-iklan ini

There are 16.620 comments

  1. akhtar sanjova

    Selama knl dlu om,sy mau tnya mslh burung kacer sy,knp klu hbs d mandikan sore hari bulunya bnyak berjatuhan,tp klu tdk d mandikan sore hari bulunya tdk ada yang jatuh,apakah burung sy ni rontok atau gmn,tlng jlskan cra penanganannya om,mksh…

  2. heru

    om..gmna cara membuat burung ngedrop, untuk mempermudah pemasteran..saya sdah coba cari d dftar slruh artikel omkicau tpi gk dpet…mhon pencerahanya…trims..salam kicau mania….

  3. MR24

    om, tanya..
    1. mengapa kenari ku, selalu mengembangkan bulu-bulunya?…padahal sehat yaitu ditandai dengan rajin bunyi.
    2. apakah anak MB yang kira-kira umurnya 4/ 5 bulanan lebih, diikasih ulat jerman yang putih setiap hari 1 ekor?
    tkb om..

    1. redaksiomkicau

      1. tambahkan porsi jemurnya dan jika cuaca kurang bagus sebaiknya dikerodong.
      2. boleh saja om untuk melengkapi nutrisi gizinya, karena mb usia muda butuh asupan gizi serta protein lebih banyak untuk mengoptimalkan masa pertumbuhannya.

  4. rian

    Ass om kicau, saya punya burung kenari muda usia 3 bulan saya adalah pembaca setia artikel om setiap ada update nya. Saya mau makai testobird booster (tbb) tapi tidak ada yang jual di daerah saya yaitu di padang sumatra barat. Kl om tau kira2 kios burung yang ada jual produk om kicau di daerah sya tolong kasih tau atau mngkin om ada jual produk nya d pasar online seperti bukalapak trims om kicau

    1. redaksiomkicau

      Batu Sangkar : Bp. Mamu Ps, Jl. Hamka (Parak Juar) No. 70 Batu Sangkar – Sumbar 27218, Telp. (0752) 71269 dan 73124, HP. 08126723393. atau bisa juga beli secara online di omkicau.com

  5. jefry

    pagi om, mau tanya ..untuk anis merah kalo buat lomba2 apakah usia sangat pengaruh, karna saya baru dapat usia muda gacor + teler..lha rencana mau di coba latberan om…kira2 pengaruhnya bagaimana ya om??…maksih.

    1. redaksiomkicau

      Apabila burung sudah gacor dan teler, bisa dicoba ditrek dilatberan kelas kecil dulu om. AM yang bermental bagus meski masih muda tentu akan tampil optimal.

  6. Ichal

    Anakan kenari saya lambat tumbuh bulu, kadang hanya bagian badan yang tumbuh, kepala lambat, kadang hanya kepala sama sayap dan ekor yang tumbuh. mohon solusinya

  7. windri

    kenari saya barusan kandangnya jatuh.. posisi lagi tidur kenarinya.. kandangnya berisi sepasang kekasih kenari..yang sudah membuat sarang.. terus pas jatuh,kenari yang cowo anteng bgt kaya kena strok..aku jawil2 ngga gerak..ak elus2 diem aj..langsung ak ambil terus ak kasih minum d mulutnya.. kira2 kenari aku bisa sehat apa engga..

    1. redaksiomkicau

      Periksa apakah ada cedera atau tidak, jika tidak ada cedera kemungkinan burung masih shock. sementara gantang ditempat yang aman dan sepi, serta berikan EF yang digemari supaya kondisinya cepat pulih.

  8. Iful

    Mlm om.. Kenapa ya om burung cucak ijo mini paling susah mau makan voer,, sedang kan burung q cucak kurincang cuma seminggu diajarin dah mau makan voer.. Pendapat om kicau diterusin ajarin makan voer atau pisang aja,, soal nya burung nya jadi macet bunyi.. Makasih sblumnya om.

  9. anwar

    thx alot 4 you omkicau..download nye bener2 mudah dan cepat ( GA BERTELE-TELE alias GA RIBET ) ..semuanye ada disini.. Tar ane kasih tau kawan ane semua dh perihal download paling gampang di WEB anda..skali lgi THX ALOT…

  10. Moch Guntur Nugraha

    selamat siang omkicau, untuk menghilangkan overbirahi LB gmn yah semua terapi sudah di coba dari mandi rutin, penjemuran sudah d kurangin jd 15 menit, jagung+kangkung sudah di stop, cuma miled putih saja yg di kasi.madi malam jg sudah di coba tp hampir 2bln birahinya gk ilang2.solusinya gmn omkicau

  11. aMy

    salam kicua
    om mau tanya nih…apakah burung yang diimport dari china (robin, pancawarna, wambie, pksay) bisa di ternak di tanah air?
    karena saya dapet kabar kalo burung2 yg diimport dari china tidak dapat di ternak di indo karena beda iklim…tolong pencerahannya om yah..
    makasih sebelumnya

Om dan Tante, tanya masalah burung? Gunakan Halaman Curhat. Mohon maaf karena keterbatasan waktu dan ilmu jika banyak pertanyaan yang tidak/belum terjawab. Terima kasih.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s