CURHAT/FAQ

Selamat datang kawan.

Untuk yang baru saja bergabung, mari gunakan halaman Curhat/FAQ  (Frequently Asked Questions – pertanyaan yang sering disampaikan dan jawabannya) ini sebagai sarana untuk Anda yang pengin curhat soal burung, perawatan burung, penangkaran burung dan  berbagai hal tentang burung. Silakan tulis pertanyaan atau tanggapan.

Sementara untuk yang sudah biasa main ke halaman ini, mohon maaf kalau Anda merasa wajah halaman jadi kurang seksi. Ya karena alasan maintenance web, sementara wajah halaman saya buat tidak seksi… hehehe, tetapi yang penting isi tidak berkurang tetapi akan terus bertambah. Untuk mengecek artikel terbaru, bisa dilihat di sidebar  ya.

Curhatkan problem burung Anda

Curhatkan problem burung Anda

Nah mangga, namanya cuhat,  jadi ya belum tentu bahwa apa yang disampaikan sebagai tanggapan atas pertanyaan yang masuk merupakan kebenaran. Jadi forum ini semata-mata memang sebagai ajang ngobrol bareng dan jangan dianggap sebagai sebuah solusi  final.

Berikut ini adalah pertanyaan-pertanyaan yang paling sering diajukan pengunjung OmKicau.com:

1. Bagaimana cara membuat burung menjadi gacor.

Jawaban:

Syarat utama burung gacor adalah sehat, baik fisik maupun mental. Sehat itu ada dua. Sehat mental dan sehat fisik. Burung yang mentalnya drop, pasti macet atau kalau bunyi sangat-sangat tidak memuaskan. Itu sama juga dengan burung yang tidak sehat secara fisik. Pasti bermasalah sebagai kicauan dan juga bermasalah di kandang penangkaran.

Agar burung Anda sehat mental, jauhkan dari hal-hal yang membuat dia tertekan. Misalnya perilaku kasar pemelihara, burung lain yang lebih superior, dan predator bagi burung di sekeliling rumah, misalnya kucing, anjing dan juga tikus. Agar burung Anda sehat fisik, hilangkan segala gangguan dan ancamannya. Untuk detail jawawan atas pertanyaan di atas, bisa dibaca pada tulisan di tautan ini (klik saja tautannya):

http://omkicau.com/rahasia-burung-jawara/

2. Bagaimana menangani BURUNG BAKALAN agar segera bunyi?

Murai batu bakalan

Murai batu bakalan

Jawaban:

Burung bunyi sebagaimana penjelasan pada pertanyaan nomer 1, adalah burung yang sehat. Untuk burung bakalan (baru saja didapat melalui penangkapan di hutan), maka burung tersebut adalah burung yang tidak sehat secara mental. Dia tertekan karena berada pada lingkungan baru. Agar burung menjadi terbiasa dengan lingkungan manusia, maka lakukan PROSES PENJINAKAN. Bagaimana cara menjinakkan bisa dibaca di tulisan pada tautan ini (klik saja):

http://omkicau.com/2008/10/cara-membuat-burung-jadi-jinak/

3. Mengapa burung saya tiba-tiba macet bunyi?

Jawaban:

Pertanyaan ini sesungguhnya sama dengan pertanyaan nomer 1. Hanya saja biasanya ini adalah pertanyaan berkaitan dengan burung yang semula gacor, kemudian pindah tempat dan sebagainya. Untuk jawaban atas pertanyaan ini, Anda bisa membaca pada tautan ini:

http://omkicau.com/2009/10/faktor-faktor-penyebab-perubahan-performa-burung/

4. Mengapa burung saya yang gacor sering turun tangkringan dan tidak mau bunyi lagi?

Cara cegah murai batu turun dari tangkringan

Burung suka turun tangkringan?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

http://omkicau.com/2009/05/kalau-burung-berhenti-bunyi-dan-turun-tangkringan/

5. Bagaimana menangani burung yang sedang mabung?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

1. http://omkicau.com/2009/02/a-q-molting-mabung-ngurak-nyulam-pada-burung/.

Selain itu, Anda perlu juga membaca tulisan ini (klik saja):

http://omkicau.com/2009/12/15/mengapa-metionin-dan-sistin-perlu-diberikan-selama-burung-molting/

6. Kapan burung saya bisa dan siap bunyi lagi atau dilombakan atau juga ditangkar?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

http://omkicau.com/2009/02/grafik-performa-burung-penangkaran-dan-lomba/

7. Bagaimana menangani kenari yang kegemukan?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

http://omkicau.com/2009/01/kenari-jatuh-treatmen-mentimun-dan-pakan/

8. Bagaimana menangani kacer mbagong atau nguda laut?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

http://omkicau.com/2009/02/lagi-lagi-kacer-mbagong/

9. Burung saya jantan atau betina?

Jawaban:

-Untuk burung secara umum lihat tulisan ini (klik saja):

http://omkicau.com/2009/01/lagi-soal-perbedaan-burung-jantan-dan-betina/

-Untuk lovebird, bisa dilihat tulisan ini (klik saja):

http://omkicau.com/2009/12/membedakan-jenis-kelamin-lovebird/

- Berkaitan dengan masalah ini, perlu juga dibaca bagaimana cara meraba supit urang untuk menentukan jenis kelamin burung. Klik saja di sini:

http://omkicau.com/2010/01/di-mana-tempat-supit-urang-penanda-jenis-kelamin-burung-berada/

10. Bagaimana melatih burung makan voer dan  makan buah.

Jawaban: = Untuk melatih makan voer, jika burung pemakan buah, maka buah (pepaya atau pisang) dikupas dan dimasukkan ke wadah pakan. Penyet-penyetkan sedikit voer ke atas buah dan tabur secukupnya di atasnya. Burung akan makan buah dan sesekali terkena voer. Sekitar seminggu kemudian burung suidah hafal bau voer dan ketika kita coba tidak diberi buah, biasanya sudah mau makan voer-nya.

= Untuk melatih burung makan buah, lakukan hal yang sama di atas dan ketika nanti voernya diambil, burung sudah mau makan buah.

= Untuk pemakan serangga agar mau makan voer, maka campurkan voer dan kroto. Semakin lama jatah kroto dikurangi dan selama pelatihan jangan diberikan makanan tambahan lain (seperti jangkrik dsb), maka nantinya burung akan segera mau makan voer.

Anda bisa juga mencari artikel tertentu dengan melihat daftar seluruh artikel omkicau.com di sini:

http://omkicau.com/isi-omkicau-com/

Jika Anda mengalami masalah dalam merawat burung, sebaiknya Anda sudah membaca artikel-artikel di kategori referensi, dengan tautan di sini:

http://omkicau.com/category/burung/tips-dan-referensi/

Salam sukses untuk Anda.


diskusi di siniAda pertanyaan atau pesan, sobat? Mohon sampaikan di sini (klik saja).

Navigasi Utama:

Tentang iklan-iklan ini

There are 17.173 comments

  1. wahyu

    Om ……..
    jalak kebo saya tidak mau berkicau
    Sudah 3 hari hanya dian membisu
    setelah mengalami kejadian tragis
    terjatuh dri sangkae dan dy terbang
    Lalu langsung saya tikam
    Al hasil brung trsbut tergenjet tangan saya
    apa yg hrus saya lkukan om agar dy mau berkicau kmbli

  2. Conan edogawa

    Sore om.. Mo share ni om,, apa iya cucak jenggot betina bisa gacor ? Pernah denger katanya yang biasa dilombain buat cucak jenggot itu yg betina.. Mksih sbelumnya om.

  3. Afan Grandonk

    tinggal di madura sumenep om,, tiap hari usaha cari2 kok tp susah banget,, oh iya om skalian nanya AM saya pangkal paruh yg atas bengkak om,, deket hidung,, kayaknya habis di trek kmaren sempet gerabakan ato giras,, gimana cara sembuhinnya tuh om,,, makasih

    1. redaksiomkicau

      Coba gali tanah didearah yang agak lembab seperti bibir sungai, pematang sawah, dan sebagainya. Atau bisa beli di kios perlengkapan pacing biasanya juga menyediakan cacing tanah. Pangkal paruh yang bengkak bisa dioles dengan bird cream om.

  4. Faried

    Siang omkicau.. Langsung aja..

    Saya baru beli cucak ijo bakalan di depok 3 hari yg lalu. Ekor bondol, kepala botak, bulu awut-awutan. Tp pas saya pantau dia rajin ngriwik & njegrik tarung sama sebelahnya.

    Stelan 2 hari stlh beli, jangkrik p/s 3/3, baru tadi pagi saya coba jangkrik 5ekor langsung di makan lahab habis. Jangkrik di tangan dia mau nyamperin nyambar. Mandi pagi saya sprayer lembut.

    Pertanyaannya:

    1. Menurut omkicau, ef nya p/s 3/3 ato p/s 5/3 ya? Pikir saya tak ksh 5 pagi biar dpt protein yg banyak biar bulunya cpt tumbuh & mulus.

    2. Kok cucak ijo saya bnyak diam nya ya om? Kaya ngalamun gt tp kalo di goda dia giras mapan. Tak cek tiap pagi gada bulu jatuh tanda mabung. Burung jg tampak sehat tdk nyekukruk. Apa karakternya memang gt?

    3. Stlh mandi & angin2kan, saya jemur. Tp baru 30menit kog udah buka paruh ky kepanasan kenapa ya om? Sy mulai jemur jam 7.50 pagi.

    Makasih omKICAU..

    1. redaksiomkicau

      1. Merawat burung tidak bisa disama ratakan, jika memang burung menjadi lebih fit dan rajin bunyi dengan setelan yang om berikan maka lakukan pola rawatan tersebut secara konsisten. Rawatan tepat cucak hijau: Bijak memilih pakan dan konsisten dalam mandi-jemur
      2. tempel dengan burung masteran yang gacor untuk memancing supaya cucak ijo cepat ngeplong dan rajin bunyi.
      3. Tidak masalah om, penjemur dilatih secara bertahap saja hingga burung terbiasa jemur lebih lama.

  5. Giuri Doemitha

    om admin mau nayak masalah CI yang gak bisa bunyi, kalau di kacain cuman bunyi krek krek padahal uda di pelihara 3bulan..seperti ada masala di pernapasannya, saya mau coba perah tapi daun perah seperti omkicau posting saya tidak tau kalau admin tau namanya selain anting2 untuk kawasan saya tolong infokan lokasi saya belitung. atau ada alternatif lain selain daun adakah obatnya trmksih.

  6. Agus Hs

    om selamat malam sebleumnya,saya mau nanya masalah MB.saya punya MB awalnya bunyi selalu ngplong,tetapi sehabis kejadian teman saya nitip MB selama 3 minggu +-.bunyi nya kok jadi ngeriwik,…minggu pertama dua-duanya pada sahut-sahutan pas minggu ke 2 saya beli cucak jenggot gacor buat isian karena MB saya belum ada suara jenggot,selang 5 hari MB saya kok jadi ngeriwik terus gak pernah ngeplong.yang mau saya tanyakan apakah mungkin MB saya ngedrop oleh MB temen saya/MB saya lagi menghapal suara CJ.terimakasih om dan mohon solusinya.

    1. redaksiomkicau

      Selama tidak ada kencenderungan saling menyerang hingga membuat salah satunya cedera tidak masalah om, tapi kalau dalam seharian terjadi perkelahian sebaiknya pisahkan dan jodohkan ulang bisa jadi birahinya masih belum sama.

  7. Conan edogawa

    Mlm om, numpang share.. Gini om, cendet saya akhir” ni ko’ jd lbh galak dr biasanya, kalo liat saya kayaknya nyerang” gitu, apa ini efek mabung dr cendet? Soalnya saya liat ada bulu” yg rontok, apa dr stelan EF, apa gimna y om? Mksh

Om dan Tante, tanya masalah burung? Gunakan Halaman Curhat. Mohon maaf karena keterbatasan waktu dan ilmu jika banyak pertanyaan yang tidak/belum terjawab. Terima kasih.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s