CURHAT/FAQ

Selamat datang kawan.

Untuk yang baru saja bergabung, mari gunakan halaman Curhat/FAQ  (Frequently Asked Questions – pertanyaan yang sering disampaikan dan jawabannya) ini sebagai sarana untuk Anda yang pengin curhat soal burung, perawatan burung, penangkaran burung dan  berbagai hal tentang burung. Silakan tulis pertanyaan atau tanggapan.

Sementara untuk yang sudah biasa main ke halaman ini, mohon maaf kalau Anda merasa wajah halaman jadi kurang seksi. Ya karena alasan maintenance web, sementara wajah halaman saya buat tidak seksi… hehehe, tetapi yang penting isi tidak berkurang tetapi akan terus bertambah. Untuk mengecek artikel terbaru, bisa dilihat di sidebar  ya.

Curhatkan problem burung Anda

Curhatkan problem burung Anda

Nah mangga, namanya cuhat,  jadi ya belum tentu bahwa apa yang disampaikan sebagai tanggapan atas pertanyaan yang masuk merupakan kebenaran. Jadi forum ini semata-mata memang sebagai ajang ngobrol bareng dan jangan dianggap sebagai sebuah solusi  final.

Berikut ini adalah pertanyaan-pertanyaan yang paling sering diajukan pengunjung OmKicau.com:

1. Bagaimana cara membuat burung menjadi gacor.

Jawaban:

Syarat utama burung gacor adalah sehat, baik fisik maupun mental. Sehat itu ada dua. Sehat mental dan sehat fisik. Burung yang mentalnya drop, pasti macet atau kalau bunyi sangat-sangat tidak memuaskan. Itu sama juga dengan burung yang tidak sehat secara fisik. Pasti bermasalah sebagai kicauan dan juga bermasalah di kandang penangkaran.

Agar burung Anda sehat mental, jauhkan dari hal-hal yang membuat dia tertekan. Misalnya perilaku kasar pemelihara, burung lain yang lebih superior, dan predator bagi burung di sekeliling rumah, misalnya kucing, anjing dan juga tikus. Agar burung Anda sehat fisik, hilangkan segala gangguan dan ancamannya. Untuk detail jawawan atas pertanyaan di atas, bisa dibaca pada tulisan di tautan ini (klik saja tautannya):

http://omkicau.com/rahasia-burung-jawara/

2. Bagaimana menangani BURUNG BAKALAN agar segera bunyi?

Murai batu bakalan

Murai batu bakalan

Jawaban:

Burung bunyi sebagaimana penjelasan pada pertanyaan nomer 1, adalah burung yang sehat. Untuk burung bakalan (baru saja didapat melalui penangkapan di hutan), maka burung tersebut adalah burung yang tidak sehat secara mental. Dia tertekan karena berada pada lingkungan baru. Agar burung menjadi terbiasa dengan lingkungan manusia, maka lakukan PROSES PENJINAKAN. Bagaimana cara menjinakkan bisa dibaca di tulisan pada tautan ini (klik saja):

http://omkicau.com/2008/10/cara-membuat-burung-jadi-jinak/

3. Mengapa burung saya tiba-tiba macet bunyi?

Jawaban:

Pertanyaan ini sesungguhnya sama dengan pertanyaan nomer 1. Hanya saja biasanya ini adalah pertanyaan berkaitan dengan burung yang semula gacor, kemudian pindah tempat dan sebagainya. Untuk jawaban atas pertanyaan ini, Anda bisa membaca pada tautan ini:

http://omkicau.com/2009/10/faktor-faktor-penyebab-perubahan-performa-burung/

4. Mengapa burung saya yang gacor sering turun tangkringan dan tidak mau bunyi lagi?

Cara cegah murai batu turun dari tangkringan

Burung suka turun tangkringan?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

http://omkicau.com/2009/05/kalau-burung-berhenti-bunyi-dan-turun-tangkringan/

5. Bagaimana menangani burung yang sedang mabung?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

1. http://omkicau.com/2009/02/a-q-molting-mabung-ngurak-nyulam-pada-burung/.

Selain itu, Anda perlu juga membaca tulisan ini (klik saja):

http://omkicau.com/2009/12/15/mengapa-metionin-dan-sistin-perlu-diberikan-selama-burung-molting/

6. Kapan burung saya bisa dan siap bunyi lagi atau dilombakan atau juga ditangkar?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

http://omkicau.com/2009/02/grafik-performa-burung-penangkaran-dan-lomba/

7. Bagaimana menangani kenari yang kegemukan?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

http://omkicau.com/2009/01/kenari-jatuh-treatmen-mentimun-dan-pakan/

8. Bagaimana menangani kacer mbagong atau nguda laut?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

http://omkicau.com/2009/02/lagi-lagi-kacer-mbagong/

9. Burung saya jantan atau betina?

Jawaban:

-Untuk burung secara umum lihat tulisan ini (klik saja):

http://omkicau.com/2009/01/lagi-soal-perbedaan-burung-jantan-dan-betina/

-Untuk lovebird, bisa dilihat tulisan ini (klik saja):

http://omkicau.com/2009/12/membedakan-jenis-kelamin-lovebird/

- Berkaitan dengan masalah ini, perlu juga dibaca bagaimana cara meraba supit urang untuk menentukan jenis kelamin burung. Klik saja di sini:

http://omkicau.com/2010/01/di-mana-tempat-supit-urang-penanda-jenis-kelamin-burung-berada/

10. Bagaimana melatih burung makan voer dan  makan buah.

Jawaban: = Untuk melatih makan voer, jika burung pemakan buah, maka buah (pepaya atau pisang) dikupas dan dimasukkan ke wadah pakan. Penyet-penyetkan sedikit voer ke atas buah dan tabur secukupnya di atasnya. Burung akan makan buah dan sesekali terkena voer. Sekitar seminggu kemudian burung suidah hafal bau voer dan ketika kita coba tidak diberi buah, biasanya sudah mau makan voer-nya.

= Untuk melatih burung makan buah, lakukan hal yang sama di atas dan ketika nanti voernya diambil, burung sudah mau makan buah.

= Untuk pemakan serangga agar mau makan voer, maka campurkan voer dan kroto. Semakin lama jatah kroto dikurangi dan selama pelatihan jangan diberikan makanan tambahan lain (seperti jangkrik dsb), maka nantinya burung akan segera mau makan voer.

Anda bisa juga mencari artikel tertentu dengan melihat daftar seluruh artikel omkicau.com di sini:

http://omkicau.com/isi-omkicau-com/

Jika Anda mengalami masalah dalam merawat burung, sebaiknya Anda sudah membaca artikel-artikel di kategori referensi, dengan tautan di sini:

http://omkicau.com/category/burung/tips-dan-referensi/

Salam sukses untuk Anda.


Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain. Agar tidak tertipu, pastikan Anda membaca artikel ini (klik saja).

diskusi di siniAda pertanyaan atau pesan, sobat? Mohon sampaikan di sini (klik saja).

Navigasi Utama:

Tentang iklan-iklan ini

There are 17.226 comments

  1. MR24

    Om, sy hari ini baru beli CI yng umurnya sdh tua..tapi om, suararanya nggak ada, kayaknya sih mau bunyi (paruh terbuka)tapi suaranya tidak ada, kalaupun ada sesekali pelan banget. nanya om
    1. Apakah bisa disembuhkan penyakitnya?
    2. Sy kemaren sdh beli bird twiter, apakah bisa dg obat itu atau ada obat yg lain? Soalanya kn Bird Twiter untuk serak sdngkn CI ndak bunyi kayak ada yg nyendat dikerongkangn
    3. Rencana mau digurah sekalian. Apakah terapi gurah nanti dilakukan setelah terapi Bird Twiter/obat yg lain baru digurah atau gurah dulu baru diberi obat?
    trm ksh bnyak om!

  2. Edgar

    Om saya punya kenari gacor banget walau ga terlalu ngeplong, nah itu kenari selalu bunyi biasanya pagi, siang atopun sore om..tp udh 2 minggu ato lbh kayanya mogok asli g ada bunyinya bahkat cuiiit aja kaga, tnya sprti kegemukan stelah terapi timun dan pakan + mandi jemur rutin sudah normal lg kliatan, dan ga taunya itu balik lagi ternyata itu kata org bukan gemuk tp nyrukuk/ ngembangin bulu..itu knapa ya om pdhl rawatan saya rutin 2x sminggu mandi cuma waktu itu smpet bolos seminggu sih karna sibuk…dan skarang tambah parah, gigitin ekor jd bulunya ga beraturan/ rusak jd jelek dahh, apa yang salah om saya udh puyeng bgt rasanya pengen dibuang/dilepasin aja tp sayang duit..mohon sarannya om jgn link ya soalnya saya udh muter2 nyari link juga penjelasan singkat aja om, hahaha..

      1. Edgar

        Brati aktifitas mandi jemur saya hentikan sekarang gitu om? Masalahnya blum ada bulu rontok satupun, galau pisan euy..
        Eh iya om kenari muda saya juga umur hampir 2 bulan bulu lengkap kapan jadi bulu dewasa ya? Soalnya asal disemprot lgsg becek dia beda sama yg atu lagi umur 2,5 bulan udah berminyak bulunya ga sekali semprot becek..apa ada keterlambatan untuk yang kecil ini? Soalnya yg atu lagi udh ngeplong malah walau masi pendek kalo si kecil ini ngeriwik super rajin, sama persis sama sodara tirinya yg 2.5 bulan td cuma yg ini lebih ceriwis.. Prospek2 cerah..

  3. taufik

    om anakan CI habis mabung..selama mabung kan ga bunyi sama sekali…burung sya taruh di ruang dekat kamar mandi..ketika saya nyalakan mesin air untuk mandi…sya dengar suara burung kencang dan itu suara gelembungan dan ketrekan murai om..sya kaget ko da suara murai..pas sya intip ternyata itu suara dri anakan CI yg habis mabung gak bunyi selama 1bln lebih….tpi pas mesin air mati tuh burung diem..saya nyalain lg mesin air dia bunyi lg om…gimana nih om baiknya

    1. redaksiomkicau

      Karakter cucak ijo memang senang disuasana yang ramai apalagi mendengar suara air, bisa tempel dengan burung masteran yang gacor sekaligus untuk melatih ocehannya om.

  4. Conan edogawa

    Waktu pemasteran kira” berpa lama ya om untuk bisa mndapatkn hasil spt yg diinginkan,, dn apakah sbenernya tanpa pemasteran pun, seekor burung itu bisa berkicau dg khasnya sendiri om ?

  5. J Kevin

    Om LB saya yg sekarang jantan jenisnya salem, kebetulan tarikannya panjang2 dan lumayan gacor bunyinya juga keras2 *tadinya pas di kios tp skrng lagi macet pas nyampe rumah*. yang mw saya tanyain, jika ntr saya pas punya uang mau beli lagi nyari betina yg gacor dan nariknya panjang juga tapi jenisnya kacamata *skalian buat latberan/lomba2*, apa suatu saat bisa di kawinin om?perkawinan beda jenis gitu??..nah satu lagi stelah nnti LB jantan saya kembali gacor stelah dpt stelan apa bisa di lombakan? Soalnya yg ada di lapangan smua kacamata? Takut malu *seandainya memang peraturan sekarang LB salem dilarang masuk arena*

    1. redaksiomkicau

      1. Bisa om dan anakannya menjadi lovebird berkacamata tipis.
      2. Selama ini memang tidak ada aturan tertulis lovebird non klep dilarang ikut dalam kelas lovebird, jadi masih bisa diikutkan om.

  6. J Kevin

    omkicau, saya kan punya jalak malaysia isiannya banyak dan saya sudah pernah denger di lagukan semua, yg aneh sudah hampir 2 minggu ini bisu cuma clung..clung gitu aja bunyinya itupun skrng jarang. EF sudah saya coba tambah yang semula Jangkrik 3/3 + UH 2/2 jadi 5/5 +4/4 tapi tetep aja om ga bunyi juga bahkan setelah denger jalak tetangga yg aga gacor juga g kepancing biasanya mah di bales (* yah walau memang ini belum gacor bgt juga sih tadinya, tp materi suaranya bagus), saya juga pernah coba iseng EF saya ganti jadi UH doang 7biji cuma ttp juga..
    om mohon di jawab ya, bingung juga nih kalo bisu terus..jadi strees sendiri ane..haha

    1. redaksiomkicau

      bisa jadi burung akan memasuki masa mabung, coba diamati dalam beberapa waktu kedepan om jika ada bulu halus yang rontok pertanda burung mabung.

  7. hary

    mau tanya nih om,saya baru beli kacer nih om tapi lagi ambrol bulunya terus sekarang malah cuma malem ajha ngeriwiknya om apa masalahnya tuh om!!!
    minta pencerahannya om…
    makasih…

Om dan Tante, tanya masalah burung? Gunakan Halaman Curhat. Mohon maaf karena keterbatasan waktu dan ilmu jika banyak pertanyaan yang tidak/belum terjawab. Terima kasih.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s