CURHAT/FAQ

Selamat datang kawan.

Untuk yang baru saja bergabung, mari gunakan halaman Curhat/FAQ  (Frequently Asked Questions – pertanyaan yang sering disampaikan dan jawabannya) ini sebagai sarana untuk Anda yang pengin curhat soal burung, perawatan burung, penangkaran burung dan  berbagai hal tentang burung. Silakan tulis pertanyaan atau tanggapan.

Sementara untuk yang sudah biasa main ke halaman ini, mohon maaf kalau Anda merasa wajah halaman jadi kurang seksi. Ya karena alasan maintenance web, sementara wajah halaman saya buat tidak seksi… hehehe, tetapi yang penting isi tidak berkurang tetapi akan terus bertambah. Untuk mengecek artikel terbaru, bisa dilihat di sidebar  ya.

Curhatkan problem burung Anda

Curhatkan problem burung Anda

Nah mangga, namanya cuhat,  jadi ya belum tentu bahwa apa yang disampaikan sebagai tanggapan atas pertanyaan yang masuk merupakan kebenaran. Jadi forum ini semata-mata memang sebagai ajang ngobrol bareng dan jangan dianggap sebagai sebuah solusi  final.

Berikut ini adalah pertanyaan-pertanyaan yang paling sering diajukan pengunjung OmKicau.com:

1. Bagaimana cara membuat burung menjadi gacor.

Jawaban:

Syarat utama burung gacor adalah sehat, baik fisik maupun mental. Sehat itu ada dua. Sehat mental dan sehat fisik. Burung yang mentalnya drop, pasti macet atau kalau bunyi sangat-sangat tidak memuaskan. Itu sama juga dengan burung yang tidak sehat secara fisik. Pasti bermasalah sebagai kicauan dan juga bermasalah di kandang penangkaran.

Agar burung Anda sehat mental, jauhkan dari hal-hal yang membuat dia tertekan. Misalnya perilaku kasar pemelihara, burung lain yang lebih superior, dan predator bagi burung di sekeliling rumah, misalnya kucing, anjing dan juga tikus. Agar burung Anda sehat fisik, hilangkan segala gangguan dan ancamannya. Untuk detail jawawan atas pertanyaan di atas, bisa dibaca pada tulisan di tautan ini (klik saja tautannya):

http://omkicau.com/rahasia-burung-jawara/

2. Bagaimana menangani BURUNG BAKALAN agar segera bunyi?

Murai batu bakalan

Murai batu bakalan

Jawaban:

Burung bunyi sebagaimana penjelasan pada pertanyaan nomer 1, adalah burung yang sehat. Untuk burung bakalan (baru saja didapat melalui penangkapan di hutan), maka burung tersebut adalah burung yang tidak sehat secara mental. Dia tertekan karena berada pada lingkungan baru. Agar burung menjadi terbiasa dengan lingkungan manusia, maka lakukan PROSES PENJINAKAN. Bagaimana cara menjinakkan bisa dibaca di tulisan pada tautan ini (klik saja):

http://omkicau.com/2008/10/cara-membuat-burung-jadi-jinak/

3. Mengapa burung saya tiba-tiba macet bunyi?

Jawaban:

Pertanyaan ini sesungguhnya sama dengan pertanyaan nomer 1. Hanya saja biasanya ini adalah pertanyaan berkaitan dengan burung yang semula gacor, kemudian pindah tempat dan sebagainya. Untuk jawaban atas pertanyaan ini, Anda bisa membaca pada tautan ini:

http://omkicau.com/2009/10/faktor-faktor-penyebab-perubahan-performa-burung/

4. Mengapa burung saya yang gacor sering turun tangkringan dan tidak mau bunyi lagi?

Cara cegah murai batu turun dari tangkringan

Burung suka turun tangkringan?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

http://omkicau.com/2009/05/kalau-burung-berhenti-bunyi-dan-turun-tangkringan/

5. Bagaimana menangani burung yang sedang mabung?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

1. http://omkicau.com/2009/02/a-q-molting-mabung-ngurak-nyulam-pada-burung/.

Selain itu, Anda perlu juga membaca tulisan ini (klik saja):

http://omkicau.com/2009/12/15/mengapa-metionin-dan-sistin-perlu-diberikan-selama-burung-molting/

6. Kapan burung saya bisa dan siap bunyi lagi atau dilombakan atau juga ditangkar?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

http://omkicau.com/2009/02/grafik-performa-burung-penangkaran-dan-lomba/

7. Bagaimana menangani kenari yang kegemukan?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

http://omkicau.com/2009/01/kenari-jatuh-treatmen-mentimun-dan-pakan/

8. Bagaimana menangani kacer mbagong atau nguda laut?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

http://omkicau.com/2009/02/lagi-lagi-kacer-mbagong/

9. Burung saya jantan atau betina?

Jawaban:

-Untuk burung secara umum lihat tulisan ini (klik saja):

http://omkicau.com/2009/01/lagi-soal-perbedaan-burung-jantan-dan-betina/

-Untuk lovebird, bisa dilihat tulisan ini (klik saja):

http://omkicau.com/2009/12/membedakan-jenis-kelamin-lovebird/

- Berkaitan dengan masalah ini, perlu juga dibaca bagaimana cara meraba supit urang untuk menentukan jenis kelamin burung. Klik saja di sini:

http://omkicau.com/2010/01/di-mana-tempat-supit-urang-penanda-jenis-kelamin-burung-berada/

10. Bagaimana melatih burung makan voer dan  makan buah.

Jawaban: = Untuk melatih makan voer, jika burung pemakan buah, maka buah (pepaya atau pisang) dikupas dan dimasukkan ke wadah pakan. Penyet-penyetkan sedikit voer ke atas buah dan tabur secukupnya di atasnya. Burung akan makan buah dan sesekali terkena voer. Sekitar seminggu kemudian burung suidah hafal bau voer dan ketika kita coba tidak diberi buah, biasanya sudah mau makan voer-nya.

= Untuk melatih burung makan buah, lakukan hal yang sama di atas dan ketika nanti voernya diambil, burung sudah mau makan buah.

= Untuk pemakan serangga agar mau makan voer, maka campurkan voer dan kroto. Semakin lama jatah kroto dikurangi dan selama pelatihan jangan diberikan makanan tambahan lain (seperti jangkrik dsb), maka nantinya burung akan segera mau makan voer.

Anda bisa juga mencari artikel tertentu dengan melihat daftar seluruh artikel omkicau.com di sini:

http://omkicau.com/isi-omkicau-com/

Jika Anda mengalami masalah dalam merawat burung, sebaiknya Anda sudah membaca artikel-artikel di kategori referensi, dengan tautan di sini:

http://omkicau.com/category/burung/tips-dan-referensi/

Salam sukses untuk Anda.


diskusi di siniAda pertanyaan atau pesan, sobat? Mohon sampaikan di sini (klik saja).

Navigasi Utama:

Tentang iklan-iklan ini

There are 17.138 comments

  1. rediaja

    Masbada pertanyaan dari teman yg awan kenari,dan kebetulan saya ndak bisa jawab.
    Jadi gini,untuk membedakan besar kecilnya kenari loper, af,afs,f1 sampai f4. Tanpa tau silangannya (di kasih tau juga temenq juga g paham)
    Mungkin ada trik khusus dgn cara di pegang, atau ada ukuran stndarisasi burung tsb. …trima kasih sebelumnya….

    1. redaksiomkicau

      Tidak ada ukuran standardnya karena dalam satu periode tetesan sering terjadi ukuran anakan tidak sama, untuk membedakannya bisa dilihat dari ukuran kepala, leher, dan tubuh burung. F1&F2 memiliki bentuk kepala yang cenderung lebih besar dan seakan menyatu dengan lehernya (menyerupai punuk), serta ukuran badannya lebih besar dan lebih tegap. Sedangkan AF ukuran kepala lebih kecil dan leher tidak terlalu besar.

  2. wawan

    mohon pencerahan om,
    saya punya 2 ekor kenari umur 6 blnan yg sudah lumayan gacor klo ga saling lihat, tapi begitu 2 kenari saya coba gantang bareng, ko ke 2 kenari saya diam membisu.

    1. redaksiomkicau

      Wajar om hal ini disebabkan karena mental masih kurang mapan atau belum terbiasa bertemu dengan kenari lain serta kenari bukan tipe burung fighter jadi kenari akan bunyi saat bertemu kenari lain karena faktor birahi yang stabil, solusinya bisa sering diketemukan saja misalnya seminggu 2-3x untuk mengasah mental kenari dan akan lebih efektif jika ada 1 kenari yang sudah mapan baik secara mental dan umur untuk memancing kenari muda nya.

  3. sardi

    numpang nanyak om.aku ada mb nias.burung udah mapan,udah anteng nggak liar.kalo tak hidupi musik mp3 agak keras mau bunyi om,tapi kalo nggak dengar musik kok diam aja,kayak nggak semangat gitu om,dimana solusinya om.maturnuwon om.

    1. redaksiomkicau

      Coba naikan porsi EF nya dan kroto bisa diberikan 3-4x/minggu supaya kondisinya fit, jika burung selalu dalam kondisi prima tentu akan menjadi rajin bunyi.

  4. abuy

    om apa bedanya kenari birahi dan galak? soalnya kenari saya sering matukin tangan saya tiap kali saya masukin tangan ke kandang buat ganti cepuk makan/minumnya, ada temen yang bilang itu karena birahi, ada juga yang bilang itu galak, umurnya baru 7 ke 8 bulan, apa itu disebabkan masalah hormonal dalam tubuh burung itu? makasih

    1. redaksiomkicau

      kemungkinan kalah umur, kalah mental, atau bisa juga kondisi birahinya belum stabil sehingga cenderung takut dengan betina yang sudah birahi. sebaiknya dipisahka atau jodohkan dengan pasangan lain.

  5. Andika

    Permisi om, mau tanya ya..
    saya baru adopsi burung dalam kondisi wingclip, nah pertanyaan saya, apabila kita ingin recovery agar burung tersebut bisa terbang lagi, apakah kita harus mencabut bulu terbang hingga akar (tumbuh baru) baik oleh VET atau sendiri, atau yang sudah di potong tersebut dengan sendirinya akan tumbuh normal kembali ?.
    mohon infonya

    terimakasih.

    1. redaksiomkicau

      Bulu sayap utama baru akan tumbuh saat mabung, jadi tunggu waktu mabungnya saja. jika dicabut paksa akan membuat burung menjadi stress dan bakal lama keluar bulu sayap barunya.

  6. muhammad ikbal

    Assalamulaikum.wr.wb
    selamat malam Om Kicau. mohon maaf kalau saya mengganggu keistrahatan Om Kicau malam ini. Mohon ijin curhat Om :).
    saya pemula dan baru memelihara burung (kacer) serta ingin belajar memahami merawat burung kacer . dan baru beli di pasar (kemarin saya belinya). mngkin kira-kira umur 5/6 bulan burung kacer jantan, (kata orang2 pasar).
    ciri – cirinya: dada hitam dan ada samar-samar agak kekuningan, bulu lebat dan ekorny belum tumbuh.
    dan kacer saya masih giras luka lecet pada hidung kalau sya memberi jangkrik sudah makan voer serta bersuara cer..cerr..cer.. griwik.. gitu :D.

    Ciri -ciri Aktifitas burung kacer saya :
    1. kalau saya memberi makan voer/jangkrik dia slalu nabrak kandang, lecet hidung.
    2. diwaktu saat sepi dia bersuara cerr..cerr.. griwik.

    aktifitas sehari-hari saya merawatny yaitu sebagai berikut :
    1. pagi jam 08.00 saya keluarkan burung diangin2kan lalu saya beri jangkrik 5/6, sblum saya mandikan.08.15 lalu saya mandikan brung tersebut. semprot basah kuyup. lalu saya jemurkan burung tersebut sampai jam 09. -+saya pindahkan ketempat sejuk. ( saya lihat burung tersebut cepat nguap mulutny). lalu digantungkan, tidak saya kerodongkan burung tersebut saya gantungkan burung ditempat yang ramai, kira2 diatas kepala saya kandangya. jam 10.00 – 15.00 saya setelkan masteran burung murai. jam 15.30 saya beri jangkrik 5/6. voer dan cepuk air. selalu siapkan dikandang setiap hari dan selalu saya ganti airny. setiap pagi dan sore saya bersihkan kandangny. jam 17.00 saya kerodongkan. sekitar jam 22.00 – 05.00 saya dengarkan lagu masteran murai.

    Yang saya ingin tanyakan:
    1. apakah benar perawatan saya diatas? *mohon dibantu/koreksi Om kicau :) *
    2. umur berapa anak kacer saya tersebut?
    3. bagaimana merawat burung kacer saya dengan baik dan benar?
    4. jadwal pemandian dan penjemuranny bagaimana?
    5. pemberian makanan/minuman jadwalnya bagaimana, makanan apa supaya cepat lebat bulunya yang lengkap dan cepat berbunyi gacor.
    6. cara pemasterany bagaimana jadwalnya?
    7. pengerodongany bagaimana jadwalnya?
    8. cara menjinakkany bagaimana?
    9. apakah boleh saya latberkan ke lapangan burung yang masih bakalan?.

    Mohon maaf sebelumnya Om Kicau, kalau pertanyaan saya begitu banyak, karna saya pemula dan baru merawat burung kacer dan juga burung yang lainnya, harap maklum Om kicau. begitulah curhatan saya kepada Om Kicau. :) wasalam.wr wb

    email saya : imam.miat@gmail.com

    Salam Kicau Mania Indonesia :)

    1. redaksiomkicau

      Secara umum perawatan sudah benar om yang penting lakukan pola rawatan secara konsisten supaya mental burung cepat mapan. pemasteran sebaiknya gunakan suara burung masteran seperti kenari, pleci, cabean, rambatan, lovebird, dan sebagainya jangan dengan suara murai batu. Sebagai refrensi silakan buka beberapa tips berikut
      1. Perawatan kacer bakalan agar rajin bunyi
      2. Bagaimana melatih mental kacer bakalan?
      3. Kumpulan tips untuk perawatan burung bakalan
      4. Prakondisi agar burung bakalan rajin bunyi
      5. Merawat kacer trotolan hingga mabung pertama
      6. Merawat burung bakalan: Jinak dulu? Bunyi dulu?

      1. Muhammad Ikbal

        alhamdulilah dibalas pesan saya oleh Om Kicau :), Terima Kasih banyak infonya Om Kicau. mungkin dengan panduan ini insya allah saya terapkan panduannya. saya kirim kan contoh burung kacer saya, kira- kira itu umur berapa Om?, bulu sayapnya tebal tapi ekornya belum ada. wasalam wr.wb

  7. arif_poshboy

    om … mau nanya solusi to MB BT saya,
    MB BT saya akhir2 ni sering cabuti bulunya(sekitar paha smpe dada),
    siap mabung kemaren,bulu2 bagus,beberapa minggu kemudian….saya coba gantung di luar. eh…. penyakitnya kambuh lagi om,
    “mohon sangat solusinya om”
    dah saya stop jangkriknya om….tpi ttp ja gtu!

  8. Cenayang

    Om sya mau tanya :
    1. Bagaimana cara lainnya untuk menurunkan OB Murai Batu?karena yang telah sya lakukan adalah berikut: porsi jangkrik sudah dipangkas P/S 2-2, mandi sudah pagi dan sore ditambah seminggu dua kali mandi malam, Jumlah kroto dikurangi sudah 1 sendok teh dua hari sekali, jemuran juga sudah hanya stgh jam saja per hari. namun masih OB…..tolong cara jitu dan cepat nya om kicau……(atau memang jalan satu2nya dikawinkan?) karena ini murai prestasi namun skrng kondisi OB sangat susah mengembalikan ke kondisi stabilnya…
    2. apakah ada produk om Kicau utk menurunkan/menstabilkan burung yang OB?jika belum ada, sya sangat sarankan untuk memproduksinya karena dijamin banyak peminatnya, Tks.

      1. saad

        om ku mau krim gambar murai borneo trotolan tngkapan hutan bagaimana cara nya,? soalnya ku nga bisa bedakan jantan sma betina .. skarang masi mabung trus klau murai ku yg 1 bnyi kretekan nya yg trotol bnyi juga bulu nya lebih hitam skarang dri pda sbelum mabung om. . ku uda bka d intrnet tpi blum tau smpai skarang membedakan nya . . ?

  9. angga

    Mohon pencerahannya om. Saya baru beli burung seukuran kenari lokal, mirp bgt kenari tp paruhnya runcing, warnanya biru muda, dadanya putih, diubun-ubunya isi warna hitam bulet, suara dan gayanya mirip cucak jenggot (buka ekor kayak kipas) kata dagangnya tledekan (sulingan biru). Bener ga om ? Trus perawatannya gimana om ? Matur nuhun pisan om

Om dan Tante, tanya masalah burung? Gunakan Halaman Curhat. Mohon maaf karena keterbatasan waktu dan ilmu jika banyak pertanyaan yang tidak/belum terjawab. Terima kasih.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s