CURHAT/FAQ

Selamat datang kawan.

Untuk yang baru saja bergabung, mari gunakan halaman Curhat/FAQ  (Frequently Asked Questions – pertanyaan yang sering disampaikan dan jawabannya) ini sebagai sarana untuk Anda yang pengin curhat soal burung, perawatan burung, penangkaran burung dan  berbagai hal tentang burung. Silakan tulis pertanyaan atau tanggapan.

Sementara untuk yang sudah biasa main ke halaman ini, mohon maaf kalau Anda merasa wajah halaman jadi kurang seksi. Ya karena alasan maintenance web, sementara wajah halaman saya buat tidak seksi… hehehe, tetapi yang penting isi tidak berkurang tetapi akan terus bertambah. Untuk mengecek artikel terbaru, bisa dilihat di sidebar  ya.

Curhatkan problem burung Anda

Curhatkan problem burung Anda

Nah mangga, namanya cuhat,  jadi ya belum tentu bahwa apa yang disampaikan sebagai tanggapan atas pertanyaan yang masuk merupakan kebenaran. Jadi forum ini semata-mata memang sebagai ajang ngobrol bareng dan jangan dianggap sebagai sebuah solusi  final.

Berikut ini adalah pertanyaan-pertanyaan yang paling sering diajukan pengunjung OmKicau.com:

1. Bagaimana cara membuat burung menjadi gacor.

Jawaban:

Syarat utama burung gacor adalah sehat, baik fisik maupun mental. Sehat itu ada dua. Sehat mental dan sehat fisik. Burung yang mentalnya drop, pasti macet atau kalau bunyi sangat-sangat tidak memuaskan. Itu sama juga dengan burung yang tidak sehat secara fisik. Pasti bermasalah sebagai kicauan dan juga bermasalah di kandang penangkaran.

Agar burung Anda sehat mental, jauhkan dari hal-hal yang membuat dia tertekan. Misalnya perilaku kasar pemelihara, burung lain yang lebih superior, dan predator bagi burung di sekeliling rumah, misalnya kucing, anjing dan juga tikus. Agar burung Anda sehat fisik, hilangkan segala gangguan dan ancamannya. Untuk detail jawawan atas pertanyaan di atas, bisa dibaca pada tulisan di tautan ini (klik saja tautannya):

http://omkicau.com/rahasia-burung-jawara/

2. Bagaimana menangani BURUNG BAKALAN agar segera bunyi?

Murai batu bakalan

Murai batu bakalan

Jawaban:

Burung bunyi sebagaimana penjelasan pada pertanyaan nomer 1, adalah burung yang sehat. Untuk burung bakalan (baru saja didapat melalui penangkapan di hutan), maka burung tersebut adalah burung yang tidak sehat secara mental. Dia tertekan karena berada pada lingkungan baru. Agar burung menjadi terbiasa dengan lingkungan manusia, maka lakukan PROSES PENJINAKAN. Bagaimana cara menjinakkan bisa dibaca di tulisan pada tautan ini (klik saja):

http://omkicau.com/2008/10/cara-membuat-burung-jadi-jinak/

3. Mengapa burung saya tiba-tiba macet bunyi?

Jawaban:

Pertanyaan ini sesungguhnya sama dengan pertanyaan nomer 1. Hanya saja biasanya ini adalah pertanyaan berkaitan dengan burung yang semula gacor, kemudian pindah tempat dan sebagainya. Untuk jawaban atas pertanyaan ini, Anda bisa membaca pada tautan ini:

http://omkicau.com/2009/10/faktor-faktor-penyebab-perubahan-performa-burung/

4. Mengapa burung saya yang gacor sering turun tangkringan dan tidak mau bunyi lagi?

Cara cegah murai batu turun dari tangkringan

Burung suka turun tangkringan?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

http://omkicau.com/2009/05/kalau-burung-berhenti-bunyi-dan-turun-tangkringan/

5. Bagaimana menangani burung yang sedang mabung?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

1. http://omkicau.com/2009/02/a-q-molting-mabung-ngurak-nyulam-pada-burung/.

Selain itu, Anda perlu juga membaca tulisan ini (klik saja):

http://omkicau.com/2009/12/15/mengapa-metionin-dan-sistin-perlu-diberikan-selama-burung-molting/

6. Kapan burung saya bisa dan siap bunyi lagi atau dilombakan atau juga ditangkar?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

http://omkicau.com/2009/02/grafik-performa-burung-penangkaran-dan-lomba/

7. Bagaimana menangani kenari yang kegemukan?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

http://omkicau.com/2009/01/kenari-jatuh-treatmen-mentimun-dan-pakan/

8. Bagaimana menangani kacer mbagong atau nguda laut?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

http://omkicau.com/2009/02/lagi-lagi-kacer-mbagong/

9. Burung saya jantan atau betina?

Jawaban:

-Untuk burung secara umum lihat tulisan ini (klik saja):

http://omkicau.com/2009/01/lagi-soal-perbedaan-burung-jantan-dan-betina/

-Untuk lovebird, bisa dilihat tulisan ini (klik saja):

http://omkicau.com/2009/12/membedakan-jenis-kelamin-lovebird/

- Berkaitan dengan masalah ini, perlu juga dibaca bagaimana cara meraba supit urang untuk menentukan jenis kelamin burung. Klik saja di sini:

http://omkicau.com/2010/01/di-mana-tempat-supit-urang-penanda-jenis-kelamin-burung-berada/

10. Bagaimana melatih burung makan voer dan  makan buah.

Jawaban: = Untuk melatih makan voer, jika burung pemakan buah, maka buah (pepaya atau pisang) dikupas dan dimasukkan ke wadah pakan. Penyet-penyetkan sedikit voer ke atas buah dan tabur secukupnya di atasnya. Burung akan makan buah dan sesekali terkena voer. Sekitar seminggu kemudian burung suidah hafal bau voer dan ketika kita coba tidak diberi buah, biasanya sudah mau makan voer-nya.

= Untuk melatih burung makan buah, lakukan hal yang sama di atas dan ketika nanti voernya diambil, burung sudah mau makan buah.

= Untuk pemakan serangga agar mau makan voer, maka campurkan voer dan kroto. Semakin lama jatah kroto dikurangi dan selama pelatihan jangan diberikan makanan tambahan lain (seperti jangkrik dsb), maka nantinya burung akan segera mau makan voer.

Anda bisa juga mencari artikel tertentu dengan melihat daftar seluruh artikel omkicau.com di sini:

http://omkicau.com/isi-omkicau-com/

Jika Anda mengalami masalah dalam merawat burung, sebaiknya Anda sudah membaca artikel-artikel di kategori referensi, dengan tautan di sini:

http://omkicau.com/category/burung/tips-dan-referensi/

Salam sukses untuk Anda.


PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

18.833 Comments on CURHAT/FAQ

  1. Malam Om……….
    Om mau tanya nih MB sy pertama aku beli udh hmpir 2 bulan udh muali bunyi meskpun msh belajar, nah trus terserang serak atau lendir sy coba tangkap om…..eeeeh malah ekornya kena tangkap ahirnya lepas semua tuh ekornya sediiiiiiiiih baanget om, nah sdh sy tangkap sy liat di lidah nya ada sedikit benjolan kaya sariawan hehehe, skrng udh sembuh om. terus bulu ekornya udah mulai tumbuh lagi sekitar 3 cm om, nah tapi sampai sekarang gak mau bunyi bunyi om, mohon penjelasan nya oooom knp ya ? tq om atas saran nya

    Suka

  2. malam om,,,,,,ma’f mau tanya om, untuk MB trotolan harga nya sktr brp,,???
    mkch om sblm nya,,,,,,

    Suka

  3. Om sya mau tanya nih!!
    problem masalah CI,sya sdh baca artikel CI ala om rusdy..
    yg sya ingin tanyakan,sya baru beli cucak ijo,tp bulunya tuh sdh kusam dan berantakan gitu dah,trs jg serinng ada bulu yg rontok kayak nyulam gt..trs kan sya sdh baca artikel CI ala om rusdy,klo CI yg sring nyulam hrs sering diturunin ke latberan..tp klo sya tdk bs ikut ke latberan,apa bs CI sya ini diadu dgn CI yg laen..agar nyulamny bs cpt ambrol smua bulunya,tp cuma da 2 CI doang om..
    mohon saran dan jawabannya Om.
    makasih & maav klo da salah” kata.

    Suka

    • memang tidak semua CI yang nyulam bisa diturunkan latber, kecuali jika kondisi CI tersebut masih stabil waktu nyulam. Rawat saja seperti hariannya namun kurangi porsi mandi dan jemurnya.

      Suka

  4. yorkshire itu dibiakkan disini atau impor?
    yg masih bahan brp harganya?

    Suka

    • Saat ini sudah ada YS Import yang berhasil diternak di Indonesia, untuk harga rata-rata mulai 6 jtan. Silakan cek Cara Cak Udin (Depok) mencetak yorkshire lokal dan Cara mencetak yorkshire lokal

      Suka

  5. Pagi om…mau nanya nih,sy punya kacer sepasang.2hari belakangan ini kacer yg jantan sering d dalam kotak sarang.itu tandanya yg betina udh mau nelor apa gmna om?mohon pencerahannya,sebelumnya sy ucapkan bnyak trmksih

    Suka

    • Kemungkinan memang akan bertelur om, jantan memastikan dulu kondisi tempat sarang apa sudah cukup aman dan nyaman untuk betina atau belum.

      Suka

  6. Om slm kenal,sy mau nanya niy..anis merah sy dirmh OB.yg berlebihan pdhl dah 2bln sy stop efnya,Skr keadaan mabungpun msh tetep OB,Pdhl mandipun hampir rutin tiap hari.gmn caranya buat ngilangin OB tersebut om?trimakasih

    Suka

    • Mengenali perilaku over birahi pada burung anis merah dan penyebabnya

      Suka

  7. Halo om … saya sdikit ingin memberi saran/ masukkan..
    om bisa ga BIRD twiter dan BiRd power nya di buat tidak berbau menyengat terutama BIRD TWITER nya sehingga burung menyukai nya,.
    soal nya tercium oleh saya sendiri terlalu bau nya menyengat seperti bau cuka
    Beberapa kali saya coba dengan mencampur kan ke kroto dan buah2han tdk di makan oleh burung.. sehingga berbau asem, yg saya hawtir kan malah berdampak buruk pada kondisi brg tertentu mohon tanggapan nya
    Makasih sebelum nya….

    Suka

    • Kalau obat pasti bau om, karena mengandung antibiotil serta resep lain yang disesuaikan untuk burung, jika tidak bau justru patut dicurigai apakah benar ada antibiotiknya atau cuma sekedar air biasa hehehe. Burung yang belum terbiasa mengonsumsi bisa diberikan dulu 1 tetes, setelah burung mau mengonsumsi bisa diberikan sesuai dosis aturan pakai dan jika kondisi burung sudah membaik pemakaian dihentikan.

      Suka

  8. ma’F om mau tanya curhat lagi, om kalo perawatan mabung jalak suren sm dg perawatan burung2 lain saat mabung gx,mohon petunjuk nya om,,,,

    Suka

    • Kurang lebih hampir sama om, kurangi mandi dan penjemuran, sangkar dibersihkan 3 hari sekali, serta berikan EF dengan jumlah 2x lebih banyak dari biasanya.

      Suka

  9. pagi om,,,,,sy dr karawang,,,,
    untuk penangkaran MB yg bagus d jawabarat di daerah mana ya om,,,???

    Suka

    • Bisa mampir ke SKL BF

      Suka

  10. Om mampir lagi nih… saya mau buat kandang liar dan punya lahan dipinggir teras (tempat nyantai pulang kerja) uk. lebar 1.5 mter. panjang ada 6 meter,kira kira ukuran yg ideal berapa x berapa OM. saya punya kenari ada 15 ekor termasuk jantan(jenis macem2 ada lokal ada F1,F2. AM
    5 ekor,Blackstrout 2 pasang, CC J. sepasang. kira2 burung apa menurut om yang pantas di kurung liarkan. syukur2 OM bisa tolong buatkan sketsa gambar kandangnya, terima kasih OM.. Oya Om kalau bisa Om keluarkan Member untuk penjualan Produk Om. masalahnya saya belanja seminggu sekali semua produk OM tapi di toko ga bisa kasih Discount,,, terima kasih.

    Suka

1 364 365 366

1 Trackbacks & Pingbacks

  1. anis merah « Indonesiaku menangis

Om dan Tante, tanya masalah burung? Gunakan Halaman Curhat. Mohon maaf karena keterbatasan waktu dan ilmu jika banyak pertanyaan yang tidak/belum terjawab. Terima kasih.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 157.847 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: