CURHAT/FAQ

Selamat datang kawan.

Untuk yang baru saja bergabung, mari gunakan halaman Curhat/FAQ  (Frequently Asked Questions – pertanyaan yang sering disampaikan dan jawabannya) ini sebagai sarana untuk Anda yang pengin curhat soal burung, perawatan burung, penangkaran burung dan  berbagai hal tentang burung. Silakan tulis pertanyaan atau tanggapan.

Sementara untuk yang sudah biasa main ke halaman ini, mohon maaf kalau Anda merasa wajah halaman jadi kurang seksi. Ya karena alasan maintenance web, sementara wajah halaman saya buat tidak seksi… hehehe, tetapi yang penting isi tidak berkurang tetapi akan terus bertambah. Untuk mengecek artikel terbaru, bisa dilihat di sidebar  ya.

Curhatkan problem burung Anda

Curhatkan problem burung Anda

Nah mangga, namanya cuhat,  jadi ya belum tentu bahwa apa yang disampaikan sebagai tanggapan atas pertanyaan yang masuk merupakan kebenaran. Jadi forum ini semata-mata memang sebagai ajang ngobrol bareng dan jangan dianggap sebagai sebuah solusi  final.

Berikut ini adalah pertanyaan-pertanyaan yang paling sering diajukan pengunjung OmKicau.com:

1. Bagaimana cara membuat burung menjadi gacor.

Jawaban:

Syarat utama burung gacor adalah sehat, baik fisik maupun mental. Sehat itu ada dua. Sehat mental dan sehat fisik. Burung yang mentalnya drop, pasti macet atau kalau bunyi sangat-sangat tidak memuaskan. Itu sama juga dengan burung yang tidak sehat secara fisik. Pasti bermasalah sebagai kicauan dan juga bermasalah di kandang penangkaran.

Agar burung Anda sehat mental, jauhkan dari hal-hal yang membuat dia tertekan. Misalnya perilaku kasar pemelihara, burung lain yang lebih superior, dan predator bagi burung di sekeliling rumah, misalnya kucing, anjing dan juga tikus. Agar burung Anda sehat fisik, hilangkan segala gangguan dan ancamannya. Untuk detail jawawan atas pertanyaan di atas, bisa dibaca pada tulisan di tautan ini (klik saja tautannya):

http://omkicau.com/rahasia-burung-jawara/

2. Bagaimana menangani BURUNG BAKALAN agar segera bunyi?

Murai batu bakalan

Murai batu bakalan

Jawaban:

Burung bunyi sebagaimana penjelasan pada pertanyaan nomer 1, adalah burung yang sehat. Untuk burung bakalan (baru saja didapat melalui penangkapan di hutan), maka burung tersebut adalah burung yang tidak sehat secara mental. Dia tertekan karena berada pada lingkungan baru. Agar burung menjadi terbiasa dengan lingkungan manusia, maka lakukan PROSES PENJINAKAN. Bagaimana cara menjinakkan bisa dibaca di tulisan pada tautan ini (klik saja):

http://omkicau.com/2008/10/cara-membuat-burung-jadi-jinak/

3. Mengapa burung saya tiba-tiba macet bunyi?

Jawaban:

Pertanyaan ini sesungguhnya sama dengan pertanyaan nomer 1. Hanya saja biasanya ini adalah pertanyaan berkaitan dengan burung yang semula gacor, kemudian pindah tempat dan sebagainya. Untuk jawaban atas pertanyaan ini, Anda bisa membaca pada tautan ini:

http://omkicau.com/2009/10/faktor-faktor-penyebab-perubahan-performa-burung/

4. Mengapa burung saya yang gacor sering turun tangkringan dan tidak mau bunyi lagi?

Cara cegah murai batu turun dari tangkringan

Burung suka turun tangkringan?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

http://omkicau.com/2009/05/kalau-burung-berhenti-bunyi-dan-turun-tangkringan/

5. Bagaimana menangani burung yang sedang mabung?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

1. http://omkicau.com/2009/02/a-q-molting-mabung-ngurak-nyulam-pada-burung/.

Selain itu, Anda perlu juga membaca tulisan ini (klik saja):

http://omkicau.com/2009/12/15/mengapa-metionin-dan-sistin-perlu-diberikan-selama-burung-molting/

6. Kapan burung saya bisa dan siap bunyi lagi atau dilombakan atau juga ditangkar?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

http://omkicau.com/2009/02/grafik-performa-burung-penangkaran-dan-lomba/

7. Bagaimana menangani kenari yang kegemukan?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

http://omkicau.com/2009/01/kenari-jatuh-treatmen-mentimun-dan-pakan/

8. Bagaimana menangani kacer mbagong atau nguda laut?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

http://omkicau.com/2009/02/lagi-lagi-kacer-mbagong/

9. Burung saya jantan atau betina?

Jawaban:

-Untuk burung secara umum lihat tulisan ini (klik saja):

http://omkicau.com/2009/01/lagi-soal-perbedaan-burung-jantan-dan-betina/

-Untuk lovebird, bisa dilihat tulisan ini (klik saja):

http://omkicau.com/2009/12/membedakan-jenis-kelamin-lovebird/

- Berkaitan dengan masalah ini, perlu juga dibaca bagaimana cara meraba supit urang untuk menentukan jenis kelamin burung. Klik saja di sini:

http://omkicau.com/2010/01/di-mana-tempat-supit-urang-penanda-jenis-kelamin-burung-berada/

10. Bagaimana melatih burung makan voer dan  makan buah.

Jawaban: = Untuk melatih makan voer, jika burung pemakan buah, maka buah (pepaya atau pisang) dikupas dan dimasukkan ke wadah pakan. Penyet-penyetkan sedikit voer ke atas buah dan tabur secukupnya di atasnya. Burung akan makan buah dan sesekali terkena voer. Sekitar seminggu kemudian burung suidah hafal bau voer dan ketika kita coba tidak diberi buah, biasanya sudah mau makan voer-nya.

= Untuk melatih burung makan buah, lakukan hal yang sama di atas dan ketika nanti voernya diambil, burung sudah mau makan buah.

= Untuk pemakan serangga agar mau makan voer, maka campurkan voer dan kroto. Semakin lama jatah kroto dikurangi dan selama pelatihan jangan diberikan makanan tambahan lain (seperti jangkrik dsb), maka nantinya burung akan segera mau makan voer.

Anda bisa juga mencari artikel tertentu dengan melihat daftar seluruh artikel omkicau.com di sini:

http://omkicau.com/isi-omkicau-com/

Jika Anda mengalami masalah dalam merawat burung, sebaiknya Anda sudah membaca artikel-artikel di kategori referensi, dengan tautan di sini:

http://omkicau.com/category/burung/tips-dan-referensi/

Salam sukses untuk Anda.


Ada pertanyaan atau pesan, sobat? Mohon sampaikan di sini (klik saja). Navigasi Utama:

18.120 pemikiran pada “CURHAT/FAQ

  1. Malam om.saya mau tanya kalau piyik murai baru menetas bagusnya indukan di beri makan apa untuk lolohan.apa jangkrik kecil saja cukup.dan untuk pengangkatan piyik pada hari berapa.dan cara angkatnya 1 per 1 atau gimana.soalnya kan beda hari waktu menetas. Contoh nya kalau angkat piyik tertua pada hari ke 7, dan 1 lagi umur nya masih 5 hari gimana.apa sekalian di cabut juga.thanks atas pencerahan nya.

    Suka

  2. om mau tanya nih…bagaimana perawatan lovebird yang sedang mabung…cara biar bulunya cepat ambrol dan bulunya tumbuh dengan sempurna…mohon infonya om…

    Suka

  3. Maaf numpang. Om, saya udah baca artikel omkicau. Tp saya masih bingung perbedaan antara ciblek kebun, gunung, kristal, dan semi. Mohon dijelaskan om. Trus ciblek dengan nama “monster” itu jenis yang mana om? Makasih

    Suka

  4. Selamat sore omkicau saya punya Ci Mh tapi ada benjolan kecil di dekat hidungnya??.ada yang bilang burung saya itu bisa mati..kalo di kasi BirdCream produk omkicau apakah bisa sembuh om?? Mohon bantuanmya

    Suka

  5. Serius nih Om..mslahnya ini murai MH sya,baru sya plihara 6hari drumah..
    Tp emang nih burung anteng,dan pas hari ke 4 dia smpet ngeriwik/bunyi..makannya pun lahap,skrg aja sya buka tnpa krodong dan sya gantung + mkanan kesukaanny kroto,tuh MB MH nya anteng aja..tapi klo didekatin aja dia grabak grubuk..
    Sya takut slah perawatan or emang mental burungny cpet beradaptasi..
    Tapi diartikel Om blm jatuh tempo 1minggu full krodong,apa bs scepat it kah murai MH sya bs dlakukan tahap penjinakkan..td sih smpet sya mandiin dkramba biar MB MHnya mndi sndiri,masuk sih masuk tp blm mau mandi..
    Mohon saran dan bimbingannya Om..sya sdkit takut klo murai MH sya mati lg..
    Makasih atas jawabannya,jika sdh mnjawab..

    Suka

  6. om mau curhat saya punya spasang burung parkit yang saya wing clip dan udah lumayan jinak , pertanyaan saya apakah parkit yang sudah sering berinteraksi dengan manusia seprti itu masih bisa berproduksi / bertelur ? saya niat ingin coba berternak bururng parkit , bururng parkit yang seperti apa yang mudah untutk di tangkarkan ?

    Suka

  7. pagi om, mo nanya… burung saya kacer poci setelah mabung bulu ekor yang putih cma tumbuh 1 ekor putih… bagaimana caranya untuk menumbuhkan kembali ekor putih itu agar lengkap… mohon pencerahannya…. by agung solo…

    Suka

  8. Om gmana ya cara menjodohkan burung serindit apa perlu didekatkan dlu dengan sangkar terpisah seperti penjodohan kenari atw lngsng dcmpur jdi satu kandang om,dan apa ciri2 serindit udah siap ditangkarkan om terimakasih

    Suka

  9. Om sya mau tanya nih..!
    Kan sya sdh baca artikel om tentang tepat cegah sekarat murai bakalan/MH..
    Nah di dlm artikel it djlaskan,full krodong hingga burung MH ngeriwik..
    Lalu dijinakkan dan dibuka krodong scara brthap,tp kan it btuh wktu 2 smpai 3minggu hingga burung ngeriwik,bahkan lebih dr jangka wktu it..
    Yg jd pertanyaan!!bagaimana jika burung murai MH yg baru dpelihara 4hari drumah + full krodong dan hanya dberi kroto,tapi sudah ngeriwik/bunyi..
    Apa it sdh diblg bebas dr skarat dan bs dblg lsg masuk ketahap penjinakkan + melatih makan voer..
    Mohon bimbingannya Om..abis sya bingung kok bs sih Murai MH sya baru diplihara 4hari lsg ngeriwik/bunyi gitu..
    Ditunggu ya jwban dan solusinya..sya mengucapkan makasih banyak jika Om sdh menjawab curhat sya..
    Salam sukses Omkicau..

    Suka

  10. mau tanya om,

    klo burung tiap hari di mandiin pake freshaves gpp om ?
    dan freshaves yg sdh di campur air aman ga di gunakan lg di hari berikutnya dan seterusnya sampe abis

    terima kasih

    Suka

    • Freshaves cukup digunakan 1-2x/bulan, kecuali jika burung dalam kondisi kutu yang cukup parah bisa diberikan selama 2-3 hari berturut-turut namun perlu diketahui selama musim hujan dikurangi dulu dan bisa dilanjut saat kondisi cuaca cerah. Larutan freshaves sifatnya sekali pakai jadi sisanya bisa untuk cuci sangkar, dan perlengkapannya.

      Suka

  11. Om saya mau curhat nih :(
    baru seminggu saya beli F1 ys (1,4k) body besar kaki jingkring, burung sehat…tadi sore saya jemput istri ke bandara, pulangnya berniat mau masukin burung ke dalem..didapat F1 saya sayapnya patah berdarah( saya ga tega liatnya) saya masih bingung apa penyebab nya…posisi burung saya gantung , kucing ga mungkin karena ga kejangkau…kalo ada orang yg iseng tembak juga ga mungkin karena ada orang dirumah , saya cari2 penyebabnya ngga ketemu…..kalo nyangkut di gantungan sayur ga ada jejak darah …atau mungkin takut binatang lain seperti cecak, menyebabkan burung jadi giras terus sayapnya nyangkut disela sela sangkar…!!!!!!cari cari obatnya buat luka seperti itu belum nemu…om kicau ada solusi ?
    tp saya coba obatin pake klorofil mudah2an besok pagi masih bernafas…
    minta Doa nya ya rekan rekan….:(

    Suka

    • Apabila proses sulam bulu lancar bisa berlangsung selama 2-3 bulan, namun jika proses sulam bulu tidak lancar bisa lama. Jadi pastikan kondisi burung selalu sehat dan dalam kondisi birahi normalnya.

      Suka

  12. Mohon di bantu n kasih solusinya om??? Saya ada LB tiap saya mandikan kok langsung nyabut bulu leher sama bulu paha ya tapi kalau ga mandi dia ga nyabut bulu,kira2 knp itu ya karna kutu,birahi,ato stres ya makasih seblmnya di tunggu balasannya

    Suka

  13. Omkicau mau tanya, ane ada kacer udah berumur dan tidak tkt dng manusia, tp hanya mau gacor pagi hari saja, sisanya cma ngriwik, kira2 knp y kc ane, kurang birahi kah

    Suka

    • Kemungkinan memang kurang birahi, bisa tambahkan EF jangkriknya secara bertahap dan tambahkan kroto 2-3/pekan secukupnya saja, namun tetap diimbangi pola rawatan lain termasuk penjemuran dan mandi.

      Suka

  14. om mau tanya beberpa hari yang lalu ada burung nyasar kena kandang pikatan punya saya gambarnya seperti ini _https://www.facebook.com/yopi.melodic/media_set?set=a.10203971887751648.1073741829.1056323844&type=3&uploaded=3 jenis burung apakah ini? suaranya seperti apa? apakah bagus untuk di pelihara? , untuk para kicau mania minta infonya juga trimakasih

    Suka

  15. Om saya masi super pemula dan baru belajar banget. Beberapa waktu lalu saya beli kacer dan tips untuk kacer bakalan sendang dalam proses, burung sudah hidup 2 minggu 5 hari, 5 hari belakang sudah saya ajarin nge voor dan puji tuhan skrng udh ngevoor, skrng lg penjinakan dengan lidi. nah yg mau saya tanyakan, ini burung kalau di embunkan ngeplong keluar isian pendek2 tp kalo udh aga siangan g bunyi sama sekali paling kalo abis di istirahatin (kerondong) siang lalu sore buka krondong bunyi “ciiiuuww” doang juga meski g ada orang, knapa ya om g ngeluarin isian sore2 cuma saat pagi aja? Trus om tahapan nya saya kebalik ngevoor dulu baru di jinakin apa ngaruh om?dan sekarang saya lg masterin sama beberapa burung master boleh dikasi pinjem sama temen ayah saya kbetulan pemain juga + masteran mp3 yg saya ubah jadi flac biar suaranya lebih real untuk burung yg ga ada di rumah, itu bermasalah g om soalnya di tulisan yg saya baca harus jinak dulu? Oia,Dan suara master saya setel sekenceng suara burung asli + diedit pake adobe auditon biar lebih mirip suara asli trus saya repeat 1 jam sekali 1mt + space 1mt + master lagi 1mt dan seterusnya sampe 17 menit lalu stop lgi 1 jam (pagi) kalo malem 1jam skali pake urutan sama tp tp suara master cuma 7 menit ga selama yg siang Mohon jawabannya om, dikit rapopo soalnya saya udh baca semua ling tp g begitu paham banyak yg keliatannya rancu..

    Oia om saran dikit nih webnya untuk FAQ nya di link taro di main page aja supaya orang yg mobile g pake PC ato laptop ga terlalu jauh nge scrol nya, tampilan yg skrng juga aga berat nih buat mobile hehehe,soalnya pasti orang lebih sering pake mobile, diringkas lagi om coding+cssnya supaya makin cespleng…semangat om, maap panjang yahhh…salam omkicau.com

    Suka

  16. Om!
    sya mau nanya nih..
    ngomong” brp ya harga scan/rongsen pada dokter hewan..sya jd parnoan nih om,smenjak baca” artikel Om tentang murai MH..
    di artikel Om tertulis klo burung hasil kail/pancingan tdk bs dbedakan,trs ada yg mati dlm jangka wktu.2 smpai 3hari baru mati,dan ada jg yg sudah gacor tiba” mati mndadak..
    dari situ sya jd panikkan,mslh dr smua artikel Om tentang murai MH,ada yg sama dr murai MH sya,yaitu nafsu makan yg awal” doyan..ntr lama klmaan nyerukuk,mski burung murai MH sya tdk nyerukuk,cuma nafsu makanya besar..
    makanya sya nanya Om,brp harga utk scan/rongsen burung pada dokter hewan..
    plis jawabannya dan terima kasih..

    Suka

  17. om malam ciri murai medan betina tu gmana? katanya bulunya yang hitam agak semu coklat,terus ekornya ada beberapa helai separo hitam dan putih
    lha klo punyaku itu udah semu coklat tapi yang ekornya itu cuman 2 helai yg separo hitam,kanan dan kiri

    Suka

    • MB betina warna dibawah leher atau dada berwarna hitam kusam dan motif corak ekor nyeter sama halnya dengan mb jantan, untuk memastikan coba temuka mb jantan yang sudah gacor lalu amati reaksinya jika ngleper pertanda betina kalau tarung berarti jantan.

      Suka

    • Belum tentu, karena burung muda hutan kita tidak mengetahui trah indukannya sedangkan burung tangkaran kita mengetahui trah indukannya, namun semua balik ke pola rawatannya.

      Suka

  18. om saya punya kacer poci, kacer saya saat ketemu kacer banyak jadi satu kenapa malah bukak paruh kayak kepanasan, padahal kalo jarak jauh mau ngobra dan dulu pernah juga ikut latberan tapi gak kayak gitu, baru 3 minggu ini mesti megap-megap kayak kepanasan walaupun di tempat sejuk..

    Suka

  19. Mlm om, mo nanya nih. Sy punya CI(2ekor tp saya pisah dgn sekat), KT, dan kacer. yg lain jd satu ruangan, kira2 masalah pa gak ya om? Dan satu lg, CI sy yg satu mulai aneh tingkahnya, pisangnya tiap hri di jtuhkan trus tiap hri, dan tmpr EF nya jg di jtuhkn dgn cara di cbut lidinya,. Kira2 kenapa ya om? Apa CI sy mulai OB? Mhon solusinya,.. makasih, by sofyan di kaltim.

    Suka

Om dan Tante, tanya masalah burung? Gunakan Halaman Curhat. Mohon maaf karena keterbatasan waktu dan ilmu jika banyak pertanyaan yang tidak/belum terjawab. Terima kasih.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s