Q-A Penangkaran LB (10), Pindah Kandang

Cari Artikel Berdasar Kategori

Tanya:

Apakah LB mutlak diberi air dalam wadah besar? Bagaimana soal pemindahan dari satu kandang ke kandang lain?

Jawab:

Untuk LB, tetap saja dikasih air di wadah yang besar. Suatu ketika pengin mandi, sudah tersedia.

Pemindahan kandang (asal terbiasa) nggak jadi masalah. LB saya yang ada di kandang tunggal itu, pindah tempat 3 kali selama ngeram nggak masalah, netas-sehat. Cuma sebaiknya kalau pas ngeram nggak usah dipindah2 karena risiko telor pecah.

Begitu anak bisa makan sendiri dan diangkat, maka sekitar sepekan sampai 10 hari (indukan dalam kondisi normal), indukan itu sudah nelor lagi.

Tks sama2.

Salam. (Duto)

Tanya:

Mas Duto,kira2 umur berapa piyek LB baru bisa dipasang ring? Saya coba umur 2 minggu, bisa masuk tapi lepas terus akhirnya tidak kepasang tuh ring karena lepas dan tidak bisa dipasang lagi karena kakinya sudah besar kasihan kalau dipaksa.

Apa ukurannya yang salah ya, umumnya ukuran berapa Mas. (Fortuna)

Jawab:

Ya umur 2 mingguan itu Pak. Kalau pasang ring lepas terus, coba setelah ring dipasang, ikatkan kain lembut di kaki LB di bagian bawah ring dan kain itu diisolasi. Fungsinya sekadar sebagai penahan agar ring tidak lepas2 terus. Setelah kaki LB mengeras (usia di atas 21 hari) segera saja kain dilepas agar pertumbuhan kaki LB nggak terganggu.

Untuk ukurannya, saya tidak tahu pasti berapa milimeter ya. Yang jelas lebih besar ketimbang MB dan lebih kecil ketimbang JS.

Demikian Pak. Salam. (Duto)

Tanya:

Saya punya sepasang LB tapi kurang suka makan jagung, kangkung n toge…… apakah ini normal?

Sekarang sih mereka tidurnya didalam 1 gowok bersama-sama……. jadi gmn dong tuk ningkatin birahinya wong makanannya aja cuma biji2an? Apa perlu tak kasih kuku bima he he he.

Mohon pencerahannya ya om… Matur nuwun (Rayva).

Jawab:

Coba ditambah biji bunga matahari di pakannya mungkin mau dimakan,kalau tidak mau ya terpaksa kasih kuku bima ha ha

Salam (Fortuna)

Komentar:

Ok Om Fortuna…. tar saya coba deh…. kasih biji bunga matahari.

Oh iya, kemarin saya coba kasih 1/2 telur puyuh eh disikat tuh telur ampe ampir abis, ngaruh ngga’ om?

Apakah pemberian telur ini berbahaya maksudnya tar kalo LBnya nelor, eh tu telor di makan juga. (Rayva)

Jawab:

Hehehe, kuku bima? Ya boleh2 saja, terutama untuk yang melihara.

Biji bunga matahari juga bagus. Cuma perlu diperhatikan bagaimana posisi kandang, apakah benar2 bisa bebas semut karena semut suka sekali dengan biji bunga matahari.

Jagung atau sayuran nggak perlu dipaksakan kalau dari kecil memang nggak biasa.

Telur nggak bahaya, malahan bagus itu kalau LB suka telor, sebagai penambah protein terutama untuk LB tangkaran. Cuma jangan banyak2 ntar kegemukan dan sulit nelor.

LB nggak akan makan telor sendiri, apalagi kalau di sangkar nggak disiapin kompor dan air untuk ngrebus telor sendiri hehehehehehe.

Selamat menangkar… (Duto)

EH, PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

REKOMENDASI OM KICAU:

  1. Promosikan bisnis penangkaran burung, jual beli burung dan segala bisnis terkait hobi burung Anda secara PREMIUM di omkicau.com untuk menjangkau ribuan kicaumania di seluruh Indonesia. Cek caranya di halaman Promo Kicau. Untuk iklan jual beli burung GRATIS, tulis saja di halaman Iklan & Promo Gratis.
  2. Jika ingin bertanya masalah burung atau hal lain terkait hobi burung atau penggunaan produk Om Kicau, sampaikan melalui halaman Curhat/ Tanya Om Kicau & Tim.
  3. Selalu cek update daftar artikel berisi file MP3 audio untuk didownload di link ini (klik saja).




Aplikasi Android omkicau.com gratis

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS
SCAN SAJA ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE
BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain. Agar tidak tertipu, pastikan Anda membaca artikel ini (klik saja).

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

Ada 5 Komentar/Pertanyaan Baru

  1. Om Duto saya baru beli LB yg udah produksi ,ketika sy beli otomatis sya pindah ke kandang rmh sya…akan tetapi dirmh LB jodohan itu sering bentrok yg jantan tkut ma btnanya kayak LB yg gk jodohan padahal Lb trsbt udah sring produksi…kira2 solusinya apa agar LB trsbt bs kembali jdoh dan produksi…butuh wkt brp lama y om…makasih,..

  2. Om Duto saya baru beli LB yg udah produksi ,ketika sy beli otomatis sya pindah ke kandang rmh sya…akan tetapi dirmh LB jodohan itu sering bentrok yg jantan tkut ma btnanya kayak LB yg gk jodohan padahal Lb trsbt udah sring produksi…kira2 solusinya apa agar LB trsbt bs kembali jdoh dan produksi…butuh wkt brp lama y om…makasih

  3. Ada beberapa pertanyaan nih om:
    1.Data apa saja yg tertera pada Ring yg dipasang pd kaki burung?
    2.Pada 1 burung,pada kaki sebelah mana yg dipasangi ring?
    3.Apakah ring tersebut dijual bebas ataukah hanya boleh dikeluarkan/dipasang oleh peternakan resmi/besar/terdaftar sbg suatu perusahaan saja?
    4.Apakah manfaat dari ring tersebut?berpengaruh ke harga burung kah?
    Terimakasih om….

  4. om duto LBku dah dlm bok terus apa itu tandanya ngeram ya,kawin sih sering liat,he..he…cuman nelure ga tau.soale bikin boknya salah,ga ada lubang kontrol,jadi cuman pintu keluar masuk burung aja,pripun Om.

Komentar ditutup.