Sepasang nuri itu semakin ceriwis dan mesra saja

Mampir ke Pasar Depok Solo sehabis gelaran lomba burung Solo Kota Budaya beberapa waktu lalu, saya ketemu sepasang nuri kepala hitam. Pasangan burung – yang dilindungi – itu kini telah menjadi mempelai calon induk penangkaran. Dia kini meramaikan rumah saya bersama 3 ekor murai batu, 6 ekor gelatik belong, seekor betet, 2 ekor kenari, 5 ayam ketawa, 5 ekor tupai sugar glider plus seekor tupai besar.

Mengapa saya benari coba-coba menangkarkan burung paruh bengkok yang dilindungi ini? Ya, bukan mencoba-coba sih, tetapi pengin serius. Memang boleh? Ya boleh saja dengan syarat tertentu. Kalau belum ada kejelasan, silakan simak artikel ini: Menangkar burung paruh bengkok yang dilindungi? Bisa dapat ijin kok…

Nuri kepala hitam saya termasuk anak suku Loriinae. Ya sekadar sekilas info saja, ada yang berpendapat bahwa yang dimaksud kelompok nuri, selain nuri itu sendiri, juga termasuk burung kakatua dan betet. Ketiga jenis burung tersebut memang termasuk dalam satu suku, yaitu suku Psittacidae (burung paruh bengkok). Namun, di antara ketiga jenis burung paruh bengkok tersebut terdapat sedikit perbedaan sehingga kelompok tersebut dibagi lagi menjadi beberapa anak suku. Nuri termasuk anak suku Loriinae, sedangkan kakatua dan betet masing-masing adalah anggota anak suku Kakatoeinae dan Psittacidae.

Oke deh ini gambaran sepasang burung nuri saya yang sekarang cerewetnya minta ampun dan sudah mulai belajar menyuarakan kata-kata manusia meski memang belum jelas apa yang mau disuarakan hehehe… Kedua burung nuri jantan betina yang sudah jinak ini sudah suka saling mencumbu. Harapannya, begitu kandang penangkaran siap, bisa segera saya pindah dan mau beranak pinak.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Sepasang nuri kepala hitam ini suka saling bercumbu
Sepasang nuri kepala hitam ini suka saling bercumbu
Sepasang nuri kepala hitam suka berjoget juga
Sepasang nuri kepala hitam suka berjoget juga
Kedua nuri jinak ini sekarang cerewet banget
Kedua nuri jinak ini sekarang cerewet banget
Sepasang nuri kepala hitam menunggu jadinya kandang penangkaran
Sepasang nuri kepala hitam menunggu jadinya kandang penangkaran
Nuri kepala hitam betina inbi genit juga
Nuri kepala hitam betina inbi genit juga

Sepasang nuri kepala hitam siap tangkar
Sepasang nuri kepala hitam siap tangkar


Penginnya saya dengan sepasang nuri yang semakin ceriwis dan mesra saja itu sih menangkarkannya sebagaimana yang dilakukanb Om Naryo, sebagaimana bisa Anda baca pada artikel Om Naryo Sragen sukses menangkar burung nuri kepala hitam.

Meski tidak mudah untuk memulai penangkaran nuri, tetapi dengan belajar dari para penangkar burung yang sudah berpengalaman, hehe… bisa dan sukses – itulah yang kita harapkan.
Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

33 Comments

  1. om ada alamatnya om Naryo yang di seragen penangkar Nuri kepala hitam? bisa kirim kan ? say mau beli anak Nurinya ? kalau boleh

  2. mantaff bener artikelnya n mantaffnyaaa juga burung nurinya, salam kenal dan kepengen juga pelihara nuri buat diternakin, baru punya satu nuri mudah2an dapat pasangannya, terimakasih atas informasinya,

  3. om,saya di rumah punya nuri kepala hitam 4 ekor dan sudah jinak semua.tapi, saya masih belum bisa membedakan mana yg jantan dan mana yg betina soalnya mirip2 semua.dan ada kakatua jambul kuning semua asli papua.bisa bantu ? sy sangat tertarik buat dikembang biakan. telp. saya 081240058374 indra.ditunggu no.telpnya.thanks

  4. om duto,saya mau tanya.saya punya 2ekor gelatik belong.burung yg satu kepala bagian belakang botak.sering dipatok ama yg satunya.apa harus dipisah ya om?gimana cara menumbuhkan bulunya lagi?terimakasih

  5. om belinya nuri kepala hitam dimana? terus aman tha dari polisi… takutnya kita dah niat baik untuk menjaga kepunahan dengan menangkarkan ehh di tengah perjalanan di embat juga buungnya.

  6. wahh, kebetulan om duto sy lg mw belajar penangkaran parbeng jg, sy ada nuri talaud. endemik Talaud, dilindungi,apendix CITES I.
    loh kok bisa?? ko boleh??? soalnya ini penangkaran sekaligus penelitian kerjasama sama bksda sulut,
    mohon ilmunya om, maklum saya masih awam soal penangkaran, apalgi parbeng.
    matur nuwun^^

  7. Om..sy punya nuri kepala hitam, punya masalah bulu kakinya yang gundul..gmn cara cepet numbuhkanx..udah 4 bulan lebih..

Komentar ditutup.