Berbagai model tangkringan dan fungsinya

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Tangkringan dan sangkar burung memiliki beragam bentuk. Semua itu dibuat sesuai tujuan dan jenis burungnya.

Berikut ini beberapa gambar sangkar dan tangkringan di dalamnya, serta apa manfaatnya:

sangkar11

Gambar A adalah sangkar bulat dengan diameter beragam, mulai 40 sampai dengan 60 cm atau lebih. Tangkringan model itu digunakan untuk burung berekor panjang (murai batu misalnya), dengan tujuan agar ekor MB tidak rusak ketika MB tidur. MB tidur biasanya mencari tangkringan tertinggi dan mepet di ujung tangkringan. Dengan tangkringan model itu, maka ekor burung tidak menempel sangkar.

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS

Sama fungsinya dengan Gambar A adalah sangkar Gambar C. Hanya saja ini menggunakan tangkringan model “T”. Kalau Gambar A, tangkringan bagian atas dihubungkan ke sangkar/kerangka sangkar dengan kawat (biasanya kuningan agar tidak mudah berkarat).

Sedangkan sangkar Gambar B menggunakan tangkringan model susun silang. Tangkringan ini berisiko merusakkan ekor burung ketika tidur. Tangkringan model ini biasanya digunakan untuk MB yang kalau sedang tarung bergaya geser kanan-kiri tubuh. Kalau MB model tarung seperti itu diberi tangkringan model T, dia akan banyak naik turun dari tangkringan kepala “T” ke tangkringan panjang (tempat dudukan tangkringan “T”).

sangkar2

Sangkar Gambar D digunakan untuk sangkar harian burung2 kcil seperti kenari ciblek dan lain-lain. Tetapi tangkringan model ini tidak disarankan karena ekor burung mudah rusak.

Sangkar Gambar E biasanya untuk kenari, kacer dan sebagainya. Tangkringan model ini ditujukan untuk burung yang berdasar gayanya sering bermain naik-turun dari satu tangkringan bawah ke tangkringan atas dan sebaliknya.

sangkar3

Gambar sangkar F dan G juga mempunyai fungsi yang hampir sama dengan sangkar Gambar E.

sangkar4

Sedangkan sangkar Gambar H mempunyai fungsi yang sama dengan sangkar Gambar A yakni agar ekor burung tidak rusak karena menempel jeruji sangkar. Ini biasanya digunakan untuk tangkringan Anis Merah atau Anis Kembang. Sedangkan sangkar Gambar I biasanya untuk pentet, kenari, atau sulingan yang suka nangkring di tempat sempit. Tetapi tangkringan model ini tidak dianjurkan untuk digunakan.

Masih banyak lagi model sangkar dan tangkringannya, tetapi sementara saya sampaikan itu dulu yakni model tangkringan yang umumnya dipakai para penghobi burung.

Tentu ini lain dengan model tangkringan burung paruh bengkok/LB yang biasanya juga diberi main-mainan dll. (Om Kicau)

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

Ada 11 Komentar/Pertanyaan Baru

  1. Selamat siang om..
    kalo saya punya MB yg hobinya turun dari tangkringan ke dasar kandang, untuk mengatasinya pake yg model bgmn ya om..?

  2. Selamat ketemu lagi Om Dutp
    Walah…saya sudah terlanjur pakai yang model I untuk kenari dan Cendet saya, pengaruhnya apa om? Kalau sudah terlanjur dan kemudian diganti (seperti model F misalnya) apakah ada pengaruhnya?
    Trims banyak, dan trims juga untuk websitenya barunya.

    Jawab:
    Kalau kerjanya sudah bagus nggak usah ganti2. Ganti nanti kalau pas mabung saja Om…

  3. nambah lagi om di sini…hehehehe..
    kira-kira model tangkringan yang bagus untuk kenari biar saat bunyi bisa anteng di tangkringan hanya jalan kekanan/kekiri tanpa nempel sangkar pakai yang mana ya om ?.. kalo kenari saat bunyi gaya seperti branjangan bagus ga om nempel di tangkringan dan hanya miring ke kanan kiri tanpa loncat-loncat / terbang ?..
    Thanks
    Galih.

    Jawab:
    Tangkringan nggak berpengaruh ke gaya jalan kanan-kiri, buka sayap, atau cuma geleng kanan-kiri untuk kenari Om. Yang berpengaruh itu diamternya. Harus pas untuk jari2 kenari, nggak kebesaran.
    Untuk kenari gaya begituan ya bagus Om, nggak pakai terbang segala. Kalau soal branjangan, hehehe, malah yang bagus itu kalau bunyi sambil terbang di tempat (hovering, istlahnya). Tetetapi bukan terbang2 karena takut orang dan mau lari2 loh.

    • ok om, jadi model tidak berpengaruh ya om untuk kenari hanya yang penting diameter nya pas, tidak kebesaran maupun kekecilan ya om… kira-kira diameter berapa om yang pass untuk kenari? dan juga sangkar / kandang yang pas untuk kenari ukuran berapa om ( PxLxT ) ?.. thanks om..
      Galih

      Jawab:
      Pengaruhnya kondisional. Misalnya, untuk kenari yang suka nabrak2 sangkar, saya pernah menggunakan sangkar dengan 8 tangkringan yang saya susun sedemikian rupa sehingga tidak kelihatan semrawut tetapi tujuan tercapai. Bisa dilihat di sini.

  4. Kalau Untuk Anis Kembang, Tangkringannya sebaiknya pakai kayu apa dan gimana jika hanya lurus saja?

    Jawab:
    Untuk AK lurus saja nggak apa-apa. Kayu yang biasa digunakan adalah ranting asem Om. Keras dan tahan lama.

  5. Pagi om…
    Maaf ni om, untuk gambar A bentuk tangkringannya saya rubah seperti gambar H nggak apa-apa kan? karena menurut saya jika seperti gambar A itu malah terlihat kurang bagus karena ada kawat/kuningan/tembaga yang terpasang sehingga terlihat kurang rapi, tetapi jika saya ganti dengan bentuk tangkringan seperti Gambar H ya sedikit bisa di bilang rapi lah… karena untuk gambar H bentuk tangkringan tersebut juga berfungsi untuk mengurangi kerusakan pada bulu burung saat tidur jadi menurut saya sama fungsinya dengan Gambar A. atau mungkin ada kegunaan lain untuk bentuk tangkringan A sebelah atas om?

    Thanks
    Galih

    Jawab:
    Kalau model A biasanya untuk MB (kurrungan besar), kalau H biasanya kurungan diamter 30-an untuk AM, AK dsb…..

    Sama

  6. Selamat Pagi Om duto…
    Terima kasih sekali atas peluncuran artikel tentang beberapa model tangkringan burung dan fungsinya.. ini sangat bermanfaat sekali untuk saya khususnya dan umumnya bagi semua penggemar burung karena memang banyak sekali orang yang salah dalam penerapan model tangkringan dengan karakter burung yang ada didalamnya tersebut contohnya saya sendiri..hehehe. tapi setelah membaca artikel tersebut saya jadi mengetahui beberapa fungsi dan manfaat dari model tangkringan yang di gunakan.. dengan cepat bagaikan kilat saya langsung terapkan model yang cucok untuk burung saya… Sekali lagi saya ucapkan terima kasih sekali untuk om duto, dan semoga tambah sukses selalu dalam segala hal… Amin….
    regard
    galih

    Jawab:
    Hehehe, sama-sama…
    Amien….

Komentar ditutup.