Merawat branjangan dan membuat bubukan bata

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

mirafra-javanica1-wwwavicedaorgSelamat malam Om..saya ada pertanyaan lagi ttg branjangan.karna saya baru pertama kali ini pelihara burung branjangan(kira2 baru 2 minggu),minta tolong ya Om tips komplitnya ttg perawatan burung yg satu ini.saya punya 2 ekor.yg satu beli di pasar burung.msh liar Om.nabrak2 sangkar(tapi skrg dah ngga tlalu parah).yg satu lagi dibawain sama teman dari banjarnegara.katanya sih sudah bunyi.tapi sampai skrg saya belum dengar suaranya. apa karena waktu dibawa,burung ditaruh di dlm besek selama 18 jam,jadinya burung stress?tolong bantuannya Om.soalnya saya dah ketularan stress juga nih.trima kasih banyak sblm n sesudahnya.

Jawab
Perawatan standar untuk burung baru, ya dijinakkan dulu.
Untuk yang burung dari Banjarnegara, rawat saja spt biasa karena burung itu masih stress/takut lingkungan baru. Perawatan:
1. Selalu ganti bubukan bata di dasar sangkar dengan yang baru setelah sekitar 7-15 hari. Jangan sampai kebanyakan kotoran. Usahakan untuk batu batanya, cari yang lunak. Hancurkan, saring (kalau tidak disaring apalagi batu batanya keras, bisa merusak bulu/tubuh burung). Bisa jugta menggunakan debu (tanah yang bersih yang dikeringkan dan dihancurkan halus/disaring). Untuk bubukan bata ini, jangan lupa agar burung tercukupi mineralnya, gunakan bubukan bata yang dicampur BirdMineral (Referensinya baca di sini).
2. Semprot dg sprayer (semprot embun) di pagi hari tetapi tidak perlu jadi basah kuyup.
3. Tebar kroto sejumput di dasar sangkar.
4. Kompliti pakan (biji2an, bisa diberi pakan kenari yang terdiri dari berbagai macam biji2an itu) dan air.
5. Jemur sampai sekitar pukul 11.
6. Sore hari, beri dua ekor jangkrik kecil.
7. Letakkan di tempat terang di malam hari.
Okey?
Duto

Om, utk branjangan perlu dikrodong ga’? kalau malam hari di gantung dekat lampu yg terang gpp om?utk bubukan batanya sebaiknya ditebar di dasar kandang atau dikasih wadah khusus?(supaya gampang nggantinya).gpp kan Om sya kasih ulat hongkong stiap hari 4-4?selain biji2an utk kenari pakannya saya beri juga pur ayam.trims.

Jawab
Dikerodong nanti kalau sudah jinak/mapan. Jangan terlalu dekat lampu karena bisa menyebabkan silau untuk burungnya (dipercaya bisa menyebabkan katarak).

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS

Bubukan bata ditebar (tebal sekitar 2 cm merata) di dasar kandang.

Jangan terbiasa diberi ulat hongkong. Ganti saja dg jangkrik kecil 2/2 pagi siang/sore. Nggak perlu diberi voer, bikin gemuk. Kroto saja rutin meski hanya setengah sendok teh sehari di pagi/siang hari.

Duto

TULISAN TERKAIT:

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

26 Comments

  1. om, Bagaimana untuk branjangan yang sakit nafas bagaimana cara menyembuhkannya, dan berapa umurnya unuk branjagan, bagaimana secara rinci untuk bedakan BR Jantan Lokal ( Jawa ) dan Yang Non lokal. Juga Sekalian Bos Bagaimana Untuk mengatasi ANIS Merah Salto dan bagaimana Cara Membuyikan anis merah ( karena saya beli trotolan sudah hampir 1,5 tahun kok belum bau bunyi blas, padahal burung aku beli katanya Trotolan istimewa dengan harga 650 Rb ( kaki Hitam, mata belo, Cucuk Besar, Kepala mbenjol besar dan burung dari Batu, Wonogiri). AM yang biasa dengan harga 450 Rb didepok Solo. Bagaimana Booooos Stres dewe aku, tolong yaaaaa!!!!!!

  2. om duto ciblek saya bunyi cuma pas pagi aja.mungkin baru belajar bu nyi soalnya dia bunyinya udah nembak tapi masih kurang tegas kaya ciblek jadi.usianya masih muda saya pelihara dari kecil (piyik) apa mungkin dia memang lagi belajar bunyi ya om?

  3. om duto, ciblek yang dulu saya pernah ragu jantan/betina itu ternyata udah bunyi om cuman pas pagi sekitar jam 6.00-6.30 udah mau nembak2.tapi cuma bunyi pas pagi aja.apa itu tandanya dia betina ya om? atau jantan tapi masih muda?
    gimana ya om supaya bunyi terus? mohon pencerahan,

  4. sore om mau nanya nih saya punya branjangan mentalnya kurang bagus jambulnya sih dah tinggi
    dan udah jinak kalau dijejerin dengan burung branjangan lain kok kaya orong-rong keinjek alias diam aja padahal kalau gak ada temen wah bunyinya keras minta ampun,mohon petunjuk bagaimana mengatasi burung agar berani tampil pede kalau ada temennya om?makasih jawabannya….

  5. Om, apa benar bubuk bata itu juga dimakan sama branjanga?? dan juga kotorannya tidak harus dibersihkan???,klo misalnya saya pake pasir putih laut halus kira2 bisa ga? Soalnya saya mulai memelihara branjangan om.Mohon di bantu.Thx OM

    • Yang dimakan sejumlah mineral yang dibutuhkan burung. Bisa juga dengan pasir laut. Untuk kebersihan, tetap harus dijaga, ganti secara rutin bubukan bata dan/atau pasir lautnya.

  6. salam kicau bos,
    aku baru beli anakan branjangan dari jawa (postur gede, bulu batik) kata penjualnya sih jantan. tapi aku masih ragu2, apa bener kalo betina bulu dibawah paruhnya nggak putih. soalnya burungku warnanya nggak terlalu putih.. rada kecoklat2an gitu.. selain bulu dibawah paruh ada ciri2 lain nggak bos, soalnya semua branjangan saya lihat bulu dibawha paruhnya putih. trus kira2 umur berapa branjangan sdh bisa mulai ngriwik…?
    matur suwun om… salam kenal

    • om… aku punya cucak ijo kalo kecil trus di bawah paruhnya ada warna ungunya, kalo pas kicau warna ungunbirunya jadi cerah banget. . termasuk cucak ijo apa om… sekalian dijawab ama branjangan y aom..? makasih…

    • Kalau sudah dewasa, jantan memang berwarna putih di bagian bawah paruh. Kalau masih muda, masih ssma2 samar antara jantan dan betina.
      BR mulai ngriwik ya mulai dari lepas trotol/setelah tidak takut dengan kondisi lingkungan manusia.
      Kalau masih takut lingkungan manusia, usia dewasa juga masih takut ngriwik.

  7. Saya baru beli Branjangan ga tahu itu betina atau jantan padahal saya beli dalam keadaan burung umbrukan (dicampur) ternyata setelah 5 hari eh ternyata mungkin jadi hoki saya dah bunyi tuh sekarang…..

  8. Salam kenal om. Menarik diskusix. Tp kykx sy telat buka situsx. Sy liat yg ikut diskusi bnyak bgt.
    Kl boleh ikut om, tp d rumah cuma ada burung kecil, d Lombok Namax KECIAL, perawatanx sama juga ga? Bagi tips nggih. Ma kasi

    • Kecial itu kalo di daerah Solo biasanya beterbangan antara pohon2 halaman rumah antara lain talok.
      Perawatan biasa Om kalau sudah mau makan voer (lembut) dikasih voer saja dan juga serangga kecil utamanya kroto.

  9. om duto…. saya punya branjangan berdasarkan informasi yang saya baca di agroburung om ini sih kayaknya branjangan saya berkelamin jantan karena bulu di bawah paruhnya berwarna putih terang. beranjangan ini saya beli di cirebon, kalau sedang tidak ada orang saya sempat intip dia bersuara tetapi suaranya kecil, apakah memang seperti itu suara branjangan?
    thks

    Jawab:
    Branjangan kalau sudah gacor suaranya keras Om. Bahkan yang suara ngristal, bisa kedengaran dari jarak 100 meteran atau lebih. Punya Om berarti memang belum gacor saja, masih takut2. Rawat sajan dengan tips2 yang sudah saya berikan.

Komentar ditutup.