Memunculkan dan merawat warna merah pada kenari (2)

Kenari merah dewasa harus selalu diberi makanan yang mengandung pakan yang bisa memacu dan menjaga warna tersebut (campuran canthaxanthin dan beta-carotene). Jika tidak, lama kelamaan warna merahnya bakal pudar. Utamanya jika dia sedang moltin/mabung. Jika tidak, maka warna merahnya bisa hilang sama sekali dan tinggal warna kuning.

Kenari merah mabung
Ketika burung molting/mabung, maka kondisi fisik sangat menurun dan biasanya burung stress serta berkurang nafsu makannya.
Namun demikian hal ini bisa diatasi dengan cara memberikan ramuan makanan buatan sehingga nafsu makan meraka tetap terjaga. Misalnya dengan memberikan pakan buatan yang merupakan campuran telur, daging atau ikan laut, biji-bijian dan kacang-kacangan yang semuanya dimasak dan dicampur-ratakan dengan baik. Pakan ini akan memberikan protein yang baik untuk burung. Penambahan protein tertentu sangat dianjurkan untuk menguatkan dan mencerahkan bulu burung.

Cara menumbuhkan dan merawat warna merah ala Sunhaji Malang:
Suatu saat saya ke Malang dan bertemu dengan Pak Sunhaji Malang. Dia bercerita mengenai pengalamannya menumbuhkan dan merawat warna merah pada kenari dengan menggunakan cabe merah besar/kopong.
Ketika kenari memasuki masa mabung, dia menyarankan untuk diberi cabe merah besar (bukan cabe merah keriting) yang dibelah menjadi dua dan digantungkan di sangkar burung untuk dimakan burung.
Saya bertanya mengenai kemungkinan burung kepedasan dan sakit, dia mengatakan tegas: “Tidak. Saya pernah mencoba. Itu lebih alami ketimbang menggunakan zat kimia yang juga dijual di pasaran….”
Bagaimana hasil dari warna merah pada kenari yang diberi konsumsi cabe tersebut, dia menjawab yakin pula: “Kalau asalnya merah, ya tetap merah. Kalau semula tidak merah (bisa kuning. isabel dsb) akan muncul warna merah.”

Photobucket
Cabe merah besar
cabe keriting
Cabe keriting

Saya tegaskan lagi pertanyaan, “semerah apa?”. Dia menjawab, ”Ya merah sebagaimana merahnya warna kenari merah yang diberi konsumsi obat kimiawi pemerah bulu…”
Karena saya belum pernah mencoba sendiri, sementara ini saya percaya saja kepada Pak Sunhaji karena dia memang sudah bergelut lama dalam perkenarian; baik sebagai importir, pedagang grosiran maupun eceran, juga menangkar sendiri kenari-kenari eks impor ataupun lokalan.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Semoga bermanfaat

Sumber gambar www.hmexoticbirds.com

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

13 Comments

  1. om Duto salam kenal, saya punya kenari lg ngurak trus ada juga tanda2 tumbuh bulu merahnya ( warna asli kuning ), rencana mau saya test treatment pake cabe merah, tapi saya bingung untuk setelan hariannya yang pas biar jadi lebih jreng, selama ini utk harian saya kasih mknn kenari sm sayur plus telur puyuh seperti yg ada di ulasannya oM, mhn petunjuknya …
    matur nuwun dari Balikpapan

  2. ingin coba ah para kenari ku ta kasih cabe merah….
    tp itu biji nya gmn???
    di kasih 1 glondong cabe merah apa kulitnya cabe merahnya ajah??(bijinya di buang)

  3. mas duto kalau jantan orange dan betina sunkist keluar anakan warnanya apa?,saya punya murai batu paruh atasnya yg ujung patah apa bisa tumbuh lagi.terima kasih………………………

  4. Hari ini saya mulai coba bewrikan ke pasangan indukan yang lagi bikin sarang, Om. Saya pingin lihat hasilnya, apa bisa berefek pada anak-anaknya. Menurut Om Duta, kaalau kelak telur menetas, mulai umur berapa cabe bisa saya kasih ke induk yang lagi nyuapin anak-anaknya?

  5. hari ini saya coba berikan pada indukan (jantan dan betina) yang baru bikin sarang, mudah-mudahan berpengaruh pada sel-sel telurnya. Kira-kira kalau saya berikan pada indukan yang meloloh apakah akan berdampak pada anak-anakannya?

  6. apakah kenari yg tdk memiliki gen warna merah dapat dipacu warnanya (menjadi merah), semisal sebelumnya kuning sunkist setelah diberikan makanan yg memicu warna merah tsb akan dapat berubah warna?
    trm ksh.

  7. Keren bro, sayang kenari saya yg merah barusan hilang dicuri orang. Tapi mau saya coba sama saudaranya, walaupun orange lebih dominan tapi ada merahnya samar2.

    Thanx Om Duto

Komentar ditutup.