Faktor-faktor penyebab perubahan performa burung

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Ada pertanyaan menarik yang disampaikan Om Soejadi Gokil pada “pesan masuk” di FaceBook.Com. Kira-kira seperti ini: Om saya punya kacer poci. Dulu waktu di Jawa sering juara. Setelah saya bawa ke Kalimantan 3 bulan lalu, kalau dilombakan dia cuma loncat-lobcat saja seperti kurang fight padahal setelan pakan tidak saya ubah.Mengapa bisa begitu?

Ragam video dan suara asli burung sulingan / tledekan
Banyak faktor yang berpengaruh pada performa burung

Secara ringkas saya mengatakan bahwa banyak sekali faktornya.

Pertama, perawatan selama persiapan apakah sudah benar (seperti ketika di Jawa). Sebab, burung yang biasa dikerodong selama 3 hari sebelum lomba, akan beda performanya ketika cara itu tidak diterapkan. Juga, ada burung tertentu yang “haram” dibawa ke arena lomba sebelum jam tanding dimulai. Artinya, didatangkan ke lokasi lomba, ya ketika jam tanding. Banyak burung yang sudah loyo ketika digantang karena sudah terforsir bunyi di lokasi lomba selama menunggu jam tanding tiba.

Ada juga burung yang terbiasa harus disemprot air sedikit sebelum dilombakan. Kalau hal ini kelupaan, ya tentunya performanya tidak akan bagus. Dan masih banyak lagi kebiasaan lain yang harus diperhatikan dan diterapkan.

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS
Burung blackbird yang sedang mandi di malam hari
Burung blackbird yang sedang mandi di malam hari

Kedua, apakah burung itu dipastikan tidak kena doping sebelumnya, sehingga dia tetap tampil konsisten selama tidak masuk masa mabung? Untuk masalah doping, bisa dibaca di sini.

Ketiga, itu bisa berkaitan dengan situasi rumah di Jawa dan di Kalimantan. Misalnya, apakah dipastikan bahwa di tempat baru tidak ada burung fighter lain yang membuat performa harian kacer poci itu memburuk tanpa kita ketahui/sadari.

Keempat, kondisi fisik dan mental (bisa jadi burung sudah memasuki masa mau mabung, dan atau kondisi tidak fit lainnya).

Arti dari semua itu adalah, meski kita memberi pakan dan pola rawatan mandi jemur sama dengan perawatan ketika di Jawa, perilaku burung bisa berubah jika ada satu saja variable lain yang berubah.

Ciblek bunyi semaunya
Perubahan satu variabel bisa menyebabkan perubahan drastis

Oleh karena itu, untuk membandingkan performa burung dulu dan sekarang, harus dilihat pada banyak factor atau variable. Bukan hanya masalah pakan dan sebagainya secara sepotong-sepotong. Demikianlah.

Semoga postingan ini bermanfaat.

Salam Om Kicau

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.