Burung yang paling dicari dan harganya di PB Pramuka Jakarta

Seiring maraknya lomba burung, geliat harga burung (khususnya burung bahan) di Pasar Pramuka Jakarta terus merangkak naik. Untuk jenis burung favorit berkategori lomba (non isian) seperti anis merah, murai batu, cucak hijau, kacer, kenari, lovebird, dan kenari kecenderungan naik sangat terasa setahun belakangan ini. Berbeda dengan jenis pentet, tledekan, branjangan masih tetap stabil.

Jenis anis merah misalnya, meskipun masih trotolan toh peminatnya sampai memasuki pertengahan tahun ini masih tinggi, anakannya banyak diburu. Beruntung, stok anakan masih banyak tersedia meskipun mu-sim produksi di habitatnya sudah hampir lewat.

Berbeda dengan trotolan anis merah yang sampai saat ini masih banyak tersedia di kios-kios, lain halnya dengan murai batu, terutama asal Lampung maupun Medan meskipun bahan (belum makan voer) jenis ini paling tinggi peminatnya.

Sayangnya, permintaan pasar yarig begitu tinggi, tidak diimbangi stok burung yang tersedia.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Simak saja penuturan Abu, pemilik kios di pasar tersebut, untuk murai terutama asal Sumatera peminatnya terus mengantri, kiriman 100 ekor dalam waktu 2-3 hari saja langsung ludes diserbu pembeli. “Sampai saat ini, selain anis merah trotolan, bahan murai batu medan masih tetap dicari,.barangnya langka,” tandas Abu.

Dari pemantauan Agrobur di Pramuka, jenis murai asal Medan ekor panjang memang nyaris tak banyak dijumpai. Kalaupun ada, paling banter hanya satu atau dua ekor di beberapa kios tertentu. Justru hanya jenis kenari lokal yang lebih mendominasi di berbagai kios di pasar tersebut.

Harganya pun beragam, saat ini harga paling murah dibanderol Rp 60.000 untuk seekor kenari lokal bahan. Di kios milik Sharbo misalnya, jenis kenari jokal paling banyak dipajang dan dipantau. “Mungkin karena harganya yang terjangkau jenis kenari masih tetap dicari penggemarnya,” jelas grosir kenari di pasar terbesar di Asia ini.

Yang jelas, menurut pria sepuh yang sudah puluhan tahuh membuka kios spesialis kenari ini harga kenari lokal semakin hari mulai bagus, meskipun kiriman dari penangkar seperti Jawa Tengah dan Malang terus membanjir. Ternakan lokal ini yang masih banyak diminati.

Begitu juga dengan jenis lovebird, terutama jenis kacamata. Burung ini yarig paling banyak dijual umumnya impor dari Belanda dan Taiwan. Impor banyak diminati karena rata-rata usia burung sudah berumur. Lain halnya lovebird ternakan lokal yang umumnya masih muda-muda 3-4 bulanan, haganya lebih murah.

“Untuk lovebird, harganya terus naik beberapa bulan belakangan ini, mereka bukan hanya untuk dilombakan, tapi juga beli untuk diternakkan,” ungkap Sharbo.

Hanya jenis pentet, tledekan dan branjangan yang harganya cenderung stabil masih di kisaran di bawah seratus ribu rupiah. Boleh dibilang harganya cenderung tertinggal oleh jenis burung master (isian) seperti cucak jercggot, srindit, pancawarna yang terus merangkak naik.

“Khusus jenis cucak jenggot bahan harganya juga naik terus, mungkin karena banyak digunakan sebagai masteran sekaligus buat lomba, karena kelasnya kan sudah mulai ramai,” timpal Mamas, pedagang lainnya di blok. berbeda.

Sedangkan burung-burung jenis lain yang masih tiriggi harganya seperti cucakrawa juga masih jadi primadona. Bahkan khusus cucakrawa ring, walaupun sekarang harganya sudah menembus di kisaran Rp 5 juta sepasang masih banyak diincar penggemarnya. Tingginya harga burung yang semakin tak terkendali, toh masih diserap pasar. Seperti halnya dengan jenis anis merah, murai batu dan sej’enisnya masih terus diburu penggemar fanatiknya. (Dari Agrobis Burung Minggu II Juni 2010)

Berikut ini daftar harga burung di Pasar Pramuka menurut pantauan Agrobis Burung.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

109 Comments

  1. Kalau ada yang mau Cucak Ijo Alas Purwo dari Banyuwangi, call or sms di 021-685 666 71 posisi di Jatiasih dekat pintu keluar tol jatiasih…ok

  2. Jual murai aceh kondisi buntut dorong . Harga 600 no antar net kandang + krodong . Burung dah ngepoer total. ngeriwis klw mau dengerin suarnya subuh pasti bunyi . Lokasi jakarta selatan pancoran . Duren tiga . Hub.083873439397

  3. duh mahal ya padahal masih bahan,saya mau menanyakan kalau anakan burung kacer jawa timur,lampung dan kacer jawa barat berapa ya harganya

    • om..kenari F1 wrn orange 700 udah mulai bunyi..dr kp.rambutan naik ojek aja..bilang ke psr burung pramuka..ongkos 25rb..saya br 2 mggu yg lalu ksana..smoga sukses berburunya..

  4. om, saya baru beli burung pentet…
    umur sedang, dan sekarang baru tumbuh ekornya sehabis mabung.

    sampai sekarang koq masih blm bisa bunyi ya?? cuma teetttt,,….tet…….aja

    padahal klo dilihat bodi bagus, kepala juga yg model kepala hitam….
    ada saran ga biar bisa bunyi…
    terima kasih

  5. maaf om saya baru suka nih sm burung,,
    saya mau tanya dalam istilah istilah burung seperti trotolan,ngeriwik,ngeplong,gacer, arinya apa yah,,klw veor apa om,,
    tolomg jelasin yah om,mungkin ada istilah istilah lain nya juga,,???

    • kira2 klo rutin ngerawatnya bs smpai 1 bln,,,,itu mnurut pengalaman saya dan di saat mabung paling bagus burungnya dimaster sma suara burung lain,,,,karena disaat mabung burung lbh bnyak diam dan mendengarkan bunyi suara di sekitarnya jd paling tepat untuk d master,,,,,jgn lp di kerodong trus mas

  6. salam kenal om….
    nama kios di PB pramuka yg bersahabat untuk pemula apa ya ????
    coz nyari dilampung udah lumayan harganya…
    maturthankQ

  7. om mau nanya neh, untuk burung yang sejenis sebetulnya harus diletakkan berjauhan atau yang penting tidak keliatan satu sama lain ?????
    maturthankQ

  8. slam knal sya penggemar burung kicau pemula,om kicau saya mau tanya….saya punya anis merah/bata msh piyikan tp matanya cacat(buram penglihatan) dari lahir,gmna akan merubah keadaan suara ga,mksh………..

  9. sya penggemar burung caker, tp masternya blm ada . sy mau tanya harga pasaran burung lagbat untuk masteran ke 2 ekor burung sy, kalau ada yg mau jual murah sy beli.terima kasih.

  10. om kicau maaf agak memotong pembicraan anda harga kenari bukan Rp 60.000 sampai 70.000 tapi dari 100.000 ampe 200.000 ribu om tolong di update lagi ya om

  11. saya penjual pakan burung rencana mau ngambil sangkar dan pakan burung serta asesorisnya langsung dari grosir pasar pramuka tapi saya belum memiliki nama toko alamat, serta no telp yang bisa di hubungi bisa kasih info tersebut?

  12. Halo om..kicau….!!! saya penggemar pemula nihh,,,mau cari burung,,,branjangan,,,!!! harganya bener Om,,,sama yang tertera,,diatas/brosur,,,? xlo bnar saya akan mencoba,,,liat2..nanti..! tolong dong minta alamat lengkap PB pramukanya,,,! thanxxxxx…..!!!

  13. hapir semingusekali ke pb pramuka tu ,,,,,,,,,,,,,,,,,,,sorrr kometar ya bayak kae peliaranya ngerool tu,,,,,,,,,,,,,,,,,,,heheheheh

  14. beli burung dipasar pra muka sehari mati burung petet mak lum pemula………………….heheh tapi ngak nyerah meliara burung tu …masih pingin nam bah koleksi di pb pramuka tu/

  15. ah, tukang burung semuanya kaebegitu lebih baik burung mati dari pada di jual mau untung besar tapi ngak liat kondisi daya beli masarakat tu kecewa

  16. wah wah…… Jos bgt , mbiyen aku cilik akeh wong kampung gowo burung nang jakarta, mari saiki aku pgn ngingu manuk wae, pesen nang jakarta yok sedulur2 podo nangkar men putu2 mbesok iso podo ngerti manuk,,, hidup kicau mania hidup penangkaran….

  17. liat daftar harga burung diatas, muray lampung hutan kisaran 300K-400K, mgkin maksudnya harga itu dr pengepul MB dari lampung bukan berarti harga muray dr lampung,
    pengepul bs dr lampung tp burungnya dr skitarnya spt muray bengkulu, palembang,muaradua yg dsini harganya mmg sgtu… tp muray yg dr asal lampung dsni aja (lampung) harganya 1jt-an lebih…

  18. Kelas cendet di wilayah jawa timur menduduki piringkat 1 AM menduduki peringkat 2 smkin populer.dlam lomba kelas cendet sllu peserta pling bnyak dlam 2bln trkhir smpi gntangan g ckup,cendet mengusur AM di jwa tmur.hrga pun yg non bunyi hmpir 100 yg sdh bnyi tp stgah2 g gacor lgu isian cm 1 di bandrol 275 pa lg yg gacor hrga tak trbendung lg.

    • om kicau saya ingin membeli dan menjual lagi ke teman-teman burung murai batu medan yg tangkapan hutan atau trotolan juga ngkk apa-apa crnya gmn ya om trus kl pny informasi tolang d miskol ke no ku :081282148611/esia:02192602954 trm kasih

  19. Harga kenari Holland (Impor atau Lokal ?) harga Rp 100.000 – Rp 125.000 dikios mana tuh om? Wah saya pernah tanya harganya rp. 800.000 (jantan) rp.425.000 (cewe) di kios Hendra.

    Trimakasih
    Salam

  20. Matur suwun Mas,
    Meski dalam kenyataan tawar-menawar burung biasanya jauh lebih keras dan rata-rata diatas harga patokan ini.
    Salam. NV

  21. Salam om duto,terima kasih atas artikel dan daftar harga burung di PB pramuka,cukup untuk pemula yang ingin membeli burung di jabotabek Khususnya,jadi pnya gambaran harga sekaligus patokan untuk menawar harga burung tsb,Bravo untuk OM duto.

  22. artikel yang menarik om dut..
    kita bisa tahu rate burung yang dijual tapi dengan tidak melupakan kondisi burung sebenarnya ( apakah bahan ataupun burung jadi )
    harga yang ada bisa juga relatif…

    thanx om atas kondisi pasar burung yang ada saat ini 🙂
    salam

Komentar ditutup.