Kenari Mr Green ditransfer Rp. 30 juta, tembus rekor Papburi Solo

Nuansa Batik: Papburi Solo 10 Oktober 2010

Hampir bersamaan waktunya kabar itu datang. Om Puguh Laropstar, Ketua Papburi Solo,  mengirimi saya email hasil lomba kenari Papburi Q-Maxs 10 Oktober 2010 dengan bonus “info hangat” adanya transaksi kenari jawara Papburi Solo. Sekitar 10 menit sebelumnya, sang pemilik burung yang  mentransfer kenarinya menelepun saya. “Sedang apa ini Om? Ini Wenas…,” kata orang di seberang sana.

Ya, itu telepun dari Om Wenas, salah satu “suhu” pemasteran kenari di kawasan Soloraya. Setelah mengobrol soal HP-nya yang hilang sampai cerita “gegap gempitanya” lomba burung Owen Award, Om Wenas  mengabarkan bahwa salah satu kenarinya, Mr Green sudah ditransfer pemain kenari Kediri, Om Ferry.

“Ya kisaran Rp 30 juta Om untuk Mr Green dan blacktroath Panjul,” kata Om Wenas sambil menambahkan bahwa untuk harga Rp 30 juta itu, Om Wenas memberi bonus salah satu blacktroath andalannya selama ini yang diberi nama Panjul.

Sayangnya, karena setelah itu Om Wenas minta agar saya segera mengirim produk untuk stamina burung, saya malah lupa minta traktir untuk keberhasilan transfer Mr Green dan Panjul hehehe…. Nilai transfer itu, menurut Om Wenas merupakan rekor tertinggi burung Papburi Solo hingga saat ini. “Ya, sementara ini adalah rekor Papburi Om,” katanya.

Konfirmasi mengenai transfer Mr Green dan Panjul datang dari Om Puguh Laropstar. ” Berita lapangan tetapi  perlu konfirmasi dulu…. Kenari Pak Wenas diboyong ke Kediri oleh Ferry. Saya dengar nilainya sampai 30 juta tetapi rinciannya belum ada. Jagoan campuran impor, Panjul, kelihatannya juga diboyong Ferry,” kata Om Puguh via email.

Huaduh-huaduh… melayang lagi nih jagoan Solo ke kota lain. Siapa Mr Green? Siapa  Panjul atau siapa Om Wenas? Ya sekilas lihat bisa disimak lagi artikel saya yang satu ini (klik saja).

Om Puguh (kedua dari kiri) sepertinya habis "menikahkan" Om Wenas (jaket coklat) dengan Om Ferry (kaos putih) diamini oleh Om Wimpie (baju katok-katok eh.... kotak-kotak)

Membludak

Lomba Pabburi Solo, Minggu 10 Oktober 2010, di Ndalem Ngabean Baluwarti sendiri sudah bisa ditebak, sukses tiada halangan sesuatu apapun dan malah selalu menunjukkan peningkatan peserta. Untuk lomba semua kelas Q-Maxs misalnya, peserta membludak dan bahkan untuk anis merah terpaksa menolak peserta karena mengingat waktu.

Karena penonton juga membludak, sampai-sampai panitia harus menggelar tikar cadangan. Ya harap dimaklumi, bahwa lomba Papburi adalah lomba burung gaya lesehan dan menurut saya memang inilah lomba nyaman senyaman-nyamannya lomba burung. “Range sistem penjurian Papburi ditempel dan dibagikan pada pengunjung. Sejumlah teman yang bertugas juga menerangkan penerapan sistem penjurian dan semua peserta bisa menerimanya,” kata Om Puguh.

Lomba kali ini juga tergolong istimewa karena penuh nuansa batik selaras dengan pencanangan salah satu identitas baru Solo sebagai Kota Batik.

Paguyuban Penggemar Burung Kenari (Papburi) Solo dan Q-Maxs sukses menggelar lomba burung bertajuk Olimpiade Kenari di Ndalem Ngabeyan Kalitan Solo, Minggu 10 Oktober 2010.

Full tetapi tetap nyaman....

Kenari Olimpiade

Dalam lomba kali ini, juga diterapkan penggabungan kelas pada kenari. Yakni penggabungan kelas kenari Kalitan dan Reguler menjadi Olimpiade Kenari. Sistem ini dimaksudkan sebagai penyatuan kelas kenari di lomba Papburi Solo yang sebelumnya ada pembedaan antara kenari besar dan kenari kecil.

“Ini merupakan proses evaluasi… berbagai pendapat sebelumnya memang sudah mengarah ke tujuan itu. Pertimbangan  lainnya  adalah sebagai reaksi akan asumsi sebagian penggemar yang menilai besarnya postur kenari mempengaruhi kualitas suara secara keseluruhan, pada kenyataannya tidaklah demikian. Hal ini dibuktikan dengan maraknya berbagai persilangan kenari yang ternyata banyak juga kenari kenari kecil dan tanggung yang berprestasi,” kata Om Puguh.

Secara sepintas, lanjutnya, postur jenis besar memang lebih gagah dan mantab. Tetapi kenyataan di penggemar sebenarnya postur tanggunglah yang sering terlihat diminati karena dianggap sebagai standard ideal. “Pernyataan ini sebenarnya bisa diterima logika mengingat kenari besar kalah dalam kuantitas sedangkan kenari kecil kadang tidak begitu diperhatikan terkait dengan nilai jual.”

Lalu bagaimana jika dihubungkan dengan lomba? Lomba memerlukan beberapa kriteria kepantasan yang semuanya bisa didapatkan pada semua jenis kenari. Hanya saja hal ini memang perlu sebuah analogi yang tidak terpengaruh pada pendapat kebanyakan. “Semua perlu diuji dan dicobakan, dan semua punya peluang yang sama untuk menang.”

Sebagai reaksi pendapat di atas, menurut  Om Puguh, perlu kiranya ada sharing pendapat yang bisa menjelaskan bahwa sebenarnya kenari yang baik tentu mempunyai modal dasar untuk bisa bersuara panjang. Sedangkan isi variasi lagu dan kemampuan memaksimalkan volume, tegas Ketua Papburi Solo, merupakan proses dari usaha pemilik untuk memberikan kesempurnaan pada kenarinya.

JUARA KONTES BURUNG, PAPBURI SOLO- Q-MAX, 10 OKTOBER 2010

KELAS KACER
JUARANAMA BURUNGPEMILIKALAMAT
1KETIPUNGPRIYO SNGUTER
2REM ANGINIRWANSAHACEH
3YAKUSAKOKOPAPBURI SUKOHARJO
4LEKA-LEKAKUKUHSOLO
5RONCEYUSWONOGIRI
6KERE HOREHENDRISOLO
7BANYU BIRUBUDI SUNGONILAN
8BERKATADIGROGOL
9HITAM MANISTHOMASSOLO
10METEORSARMINNGUTER
KELAS ANIS MERAH
JUARANAMA BURUNGPEMILIKALAMAT
1HERCULESHUSENSOLO
2BCLJAROTWONOSARI KLATEN
3GLADIATORFAJARPAPBURI SUKOHARJO
4AVATARDITASOLO
5JALULUKMANSOLO
6EENGKRISWANTOPALUR
7ONE DOLLARFERRYKEDIRI  JATIM
8DOLLARZAZASOLO
9SAKRALLOLIKBOYOLALI
10KANCILYOYONPALUR
KELAS COCAK HIJAU
JUARANAMA BURUNGPEMILIKALAMAT
1MAHA MERULUKMANSOLO
2GREEN TEADEDYSALATIGA
3KUNCENSETO UNSSOLO
4ALTERILUDIBOYOLALI
5RONGGO LAWEARIKARTOSURO
6ANDOIDANTONKLATEN
7TOP GRENNMASTER JANTOKARTOSURO
8SAFIRABUDI SUNGONILAN
9LOWO IJODR AGUSSOLO
10BUTO IJODR. AGUSSOLO
KELAS CAMP. IMPORT
JUARANAMA BURUNGPEMILIKALAMAT
1KALKULATORHANDI HOHOSOLO
2CAHAYAFERRYKEDIRI JATIM
3SUPERSTARSBAYUGN KIDUL
4MOTIFATORMR ANDISOLO BARU
5BERKATADIGROGOL
6BANGKITLEJENSOLO
7SPARTANMR ANDISOLO BARU
8GENDONADICOLOMADU
9GLADIATORYOTTOKARANGASEM SOLO
10GNTGENTURGN KIDUL
KELAS EBOD CANARY
JUARANAMA BURUNGPEMILIKALAMAT
1JABULANIREZAKLATEN
2FREND  2SUSILOKLATEN
3ANGEL  2ANDRISOLO
4BOM WAKTUBAYUGN KIDUL
5RODA MASTOTOK PJAJOGJA
6HELLBOYDUA DEWIKLATEN
7PANGERANTARIKLATEN
8GRACIA 2ANDRISOLO
9MR. GREENFERRYKEDIRI  JATIM
10MR. BONDWENASSOLO
KELAS  OLYMPIADE CANARY
JUARANAMA BURUNGPEMILIKALAMAT
1ANGEL  2ANDRISOLO
2MR. BONDWENASSOLO
3MR. GREENFERRYKEDIRI  JATIM
4PANGERANTARIKLATEN
5RAJA KAYANGANMENDEMKLATEN
6SILVER QUEENNEJINGJOGJA
7BOM WAKTUBAYUGN KIDUL
8CASANOVAANDIKAGN KIDUL
9RODA MAS VTOTOK PJAJOGJA
10PAJEROBIYANTOBOYOLALI

loading…


loading…





Aplikasi Android omkicau.com gratis

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS
SCAN SAJA ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE
BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Jika Anda kesulitan mencari artikel di blog ini, silakan dicari dengan memasukkan kata kunci artikel yang Anda cari, pada kolom kosong yang tertera pada halaman ini.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain. Agar tidak tertipu, pastikan Anda membaca artikel ini (klik saja).

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

6 Comments

  1. jadi rindu lomba yang seperti PABBURI yang tanpa teriak, cos kalo smua teriak jadine yang ngoceh pemilik burung kan burunge gk kdengeran ocehane….he……he……..he…………

  2. Salam kemesraan kepada semua teman2 pencinta burung.sya punya usul jika ada dikalangan teman2 semua yang mau berbisnis burung seperti kenari,c.h.dan yang lain nya di negeri saya.disini memang langka kedai burungnya sedangkan pencinta banyak sekali.biasanya sya memesan burung melalui teman sya dipontianak kalimantan indonesia.kepada om kicau hubungi sya +0168917115.terima kasih.

Komentar ditutup.