Cara melatih burung agar tidak demam panggung

Burung demam panggung, pernah saya sampaikan di blog ini. Artikel ini merupakan kelanjutan dari artikel tersebut. Oleh karena itu, sebelum membaca artikel “cara melatih burung agar tidak demam panggung” ini, ada baiknya Anda membaca artikel “Demam panggung burung lomba dan beta-blocker, apa itu?” terlebih dahulu.

Oke, sebagaimana saya sebutkan dalam artikel demam panggung tersebut, cara untuk menghilangkannya secara benar tidak ada lain kecuali dilatih dan dilatih. Masalahnya, bagaimana melatih burung agar tidak demam panggung atau kalau masih sering demam panggung, bagaimana membuat dia sedikit demi sedikit bisa tampil percaya diri di arena lomba?

Berikut ini tips dari saya berdasar pengalaman selama ini, baik pengalaman pribadi maupun pengalaman teman-teman penghobi burung lain.

1. Dimulai sejak awal

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Untuk melatih burung agar tidak demam panggung, Anda harus melatihnya sejak awal.

Jika itu  burung tangkapan hutan, Anda harus benar-benar sudah menjinakkannya terlebih dahulu. Jinak di sini artinya adalah tidak takut dengan manusia dan bukan berarti cuma diam atau mendekat ketika tangan kita masuk ke sangkar. Sebab, banyak burung yang sudah tidak takut manusia sejak lahir (seperti kebanyakan burung hasil tangkaran) tetapi tetap tidak jinak dalam arti mudah ditangkap ketika di dalam sangkar.

Sebelum burung Anda bebas dari rasa takut kepada manusia, jangan berharap burung mau berkicau apalagi gacor. Jadi untuk burung tangkapan hutan, Anda tidak perlu pusing-pusing dengan masalah ekor yang rusak atau paruh yang luka dan sebagainya. Yang penting dijinakkan dulu.

Kalau Anda berpikir “jinaknya nanti saja yang penting bunyi dulu”, maka Anda akan cenderung menyimpan burung bakalan hutan di tempat sepi dengan harapan dia mau bunyi. Oke, burung mungkin bisa segera bunyi, tetapi akan segera membisu ketika orang datang. Lama-lama memang akan tetap bunyi ketika orang datang, tetapi pasti akan tetap gerabakan ketika sangkar diturunkan atau burung digantang di halaman rumah yang banyak orang berlalu lalang.

Untuk itu, biasakan burung “selalu berada di keramaian” atau tempat orang berlalu-lalang.

Kalau Anda khawatir burung “babak bundhas” penuh luka karena menabrak-nabrak jeruji sangkar, gampang saja caranya untuk mencegah hal itu. Bagaimana? Cari kain dari kaos yang transparan dan dibikin sebagai kerodong dengan ukuran yang span (tepat/pas) melingkari seluruh bagian sangkar mulai dari tengah (tangkringan) sampai ke sisi atas dan juga bagian atas sangkar.

Dengan kerodong model seperti itu, meski burung gerabakan, maka dia tidak akan terluka pada bagian pangkal paruhnya. Sedangkan kerusakan bulu juga bisa diminimalisasi.

Saya dulu malah lebih ekstrem, yakni dengan cara membalut semua bagian sangkar atas dengan plastik mika tipis dengan cara saya jahit bagian-bagian tertentu agar menempel tepat di sangkar.

Dengan balutan plastik mika yang ketat ke sangkar ini, disertai cara-cara menjinakkan burung yang saya sebutkan di artikel Cara menjinakkan burung, maka hanya dalam waktu 2 pekan burung anis merah atau anis kembang tangkapan hutan biasanya sudah tidak gerabakan ketika didekati orang. Hanya dalam waktu sebulan, burung yang semula giras, sudah mau angkat bunyi. Coba saja terapkan dengan konsisten, Anda akan melihat sendiri hasilnya.

2. Jaga konsistensi (konsisten ditempatkan di area lalu lalang orang)

Burung yang awalnya jinak atau tidak takut orang, jika terlalu lama disimpan di tempat sepi atau hanya sesekali ditempatkan di keramaian, akan menjadi liar kembali. Hal ini banyak terjadi pada burung anis merah.

Burung anis merah trotol yang sudah tidak gerabakan ketika tangan kita masuk ke sangkar, atau karena memang dipelihara sejak burung masih diloloh/disuapi manusia, akan menjadi liar atau mudah takut orang jika sering ditempatkan di tempat sepi. Oleh karena itu, Anda harus konsisten meletakkan sangkar burung di lingkungan yang banyak lalu lalang orang.

Jika rumah Anda pada dasarnya sepi, maka Anda perlu menyempatkan diri secara rutin membawa burung itu ke keramaian. Bisa diajak ke rumah tetangga atau ke rumah teman ketika Anda berkunjung untuk sekadar bersilaturahmi. Yang penting, burung terbiasa juga untuk dibawa kemana-mana.

Bisa juga ketika Anda melombakan burung atau nonton lomba burung, burung Anda yang “belum jadi” atau sedang dalam “masa pelatihan” dibawa serta ke lingkungan lomba, untuk sekadar di gantang di lingkungan lomba yang tentu saja ramai orang.

Intinya, dilatih secara konsisten bagaimanapun caranya dan Anda (atau minta bantuan teman) perlu menyempatkan diri.

3. Ikutkan latihan secara berkala dan terukur

Kalau burung Anda sudah jinak dan gacor tetapi selalu saja membisu ketika berada di arena lomba, maka Anda harus terus melatihnya dengan mengikutkan pada latihan rutin di tempat Anda.

Hanya saja perlu saya tekankan, jangan pernah mengikutkan burung dalam latihan dengan banyak lawan dan penonton kalau kondisi fisik burung tidak benar-benar siap. Bukannya bebas demam panggung yang didapat burung tetapi burung drop mental yang kita dulang. Untuk menjaga kondisi fit, tentu saja lakukan perawatan yang baik dan konsisten, serta jaga vitalitasnya dengan produk yang teruji, hehehe.

Jika burung tidak dalam kondisi fit, cukup Anda bawa saja ke sana untuk digantang di luar arena. Yang panting dia terbiasa dengan keramaian orang.

Ya, tidak ada makan siang gratis. Burung bagus tidak akan kita dapat secara untung-untungan. Burung bagus ada harganya. Harga dalam bentuk uang, tenaga, waktu dan pikiran. Percayalah.

Salam…


Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

39 Comments

  1. Om, numpang tnya, sy pake TestoBirdBooster,, tp tiap kali sy campurkan baik lewat minum atau pakan ,,, si burung ga mau menjamah sama sekali om, mhon sarannya om,, nuwun slm kicau

  2. Om… Aku pnya pleci sdh ngriwik tapi belum buka paruh juga. gimana tu caranya biar cepat bka paruh. dan dimana bsa membeli biji fumayin soalnya di kios pakan brng didaerahku blm ada yg jual biji fumayin. Trims.

  3. 1. om, burung kacer saya, kalo di trek gak mau ngeluarin isian, padahal kalo ngeriwik isiannya banyak,..
    2. kenapa burung kacer saya, kalo di trek slalu ingin minta mandi terus, padahal abis mandi.
    mohon petunjuknya om kicau,…..

  4. Slmt Sore Om Duto Saya Mau Tanya-Drmh Sy Pnya,2-Mb.Yg 1Mb.Lampung Super,Yg 1,Mb.Nias-Yg Mb.Lampung Umur Sdh 3x Mabung,Sdh Sring Sy Coba Trek Dg Mb.Yg Lain-Brg Mau Ngeplay-Sdgkan Yg Mb.Nias,Bru Mkn Vor Total-Sy Coba Tempel Sbntr Tp Mb.Lampung Sy Yg Diam,Sdgkan Yg Nias Mau Bunyi Plong-Trs Sy Coba Lg,Dg Mb.Medan Tmn Sy Punya,Trnyta Mb.Lampung Sy-Mau Bunyi Ngeplong,Om Apakah Mb.Lampung Sy Bisa Dikatakan Kalah Mental Dg Mb.Nias-Drmh Sy,Solusinya Bgmna Ya-Om,Mohon Pencerahanya Ya-Om Duto.

  5. om duto mau tanya…. gimana cara menghilangkan serak pada mb pada saat kondisi mb sedang mabung… karna kalo di gurah takut jadi macet mabung….. trims.

  6. om cendet saya dulu gacor tapi tiba2 macet, dan ga mau beridiri kayak duduk aja gtu apa itu sakit. ef pagi3 saore 3 ekor jngkrik. kmrn tu masih gacor setelah tak ksh kroto mlh diem. dan waktu di adu cuma loncat2 aja om.. mohon pencerahan

  7. hai om Duto…aku penggemar burung jg ne..aku punya kacer dada putih jg ne, trus klo lg gacor kok sayapnya ga maen sech…apa penyebabnya tuch om…thanks..

    • Sayap main apa enggak tergantung:
      1. Kondisi fisik. Fisik prima menjadikan penampilan terbaik.
      2. Karakter
      3. Kondisi lingkungan saat itu (banyak sedikit musuh memperngaruhi mental burung dan berpengaruh pada penampilan).
      Cek lagi artikel ini dan ini.

  8. Om. Mohon bantuan, Cucak ijo saya kuku jari tengah sebelah kanan ilang/ copot mungkin karena giras/nabrakin kandang kalo lg ganti makanan/nurunin kandang.
    1. Apa kuku nya bisa numbuh lg. Atau ada obat penumbuh kuku nya.
    2. Padahal burung sudah saya taruh di tempat ramai tapi kenapa masih giras. Gimana cara yg paling handal biar ga giras.
    3. Bagai mana cara menghilangkan kutu pada burung.
    Soalnya saya punya pentet buntutnya setiap numbuh belum panjang udah rontok. Dan lg gacor sering garuk badannya.

    Saya sangan butuh penjelasannya.
    Mohon bantuan nya.
    Trimakasih

      • kacer mbedesi ketika ditrek ada dua kemungkinan pertama kelebihan salah satu jenis EF yang diberikan dan bisa juga kekurangan genjotan EF. Coba set ulang ketika menyiapkan kacer paling tidak H-3.

  9. om.saya mau nanyak om tangkringan burung kacer tu yang mantap pakai dahan apa ,om……
    soal nya saya suka iri dengan tangkringan burung milik tetangga yang mantap menurut saya om,,,,,
    beri solusi om….soal nya saya tinggal di PEKANBARU ….dahan pohon apa yang cocok om ………..>

    klo gak sms aja ke no hp saya ya ( 085265889745 )

    terima kasih
    “salam kicau mania ”

  10. Om, kapas tembak saya kalau diadu diarena lomba ekor nggak buka, soalnya kalau lomba di riau ama sumbar dinilai juri buka ekor waktu lomba, apa triknya om, atas inputnya aku ucapain trima kasih bnyak……….

  11. DIJUAL Muray Batu Lampung Ekor Panjang (dulu katanya Medan) sudah gacor, siap lomba,, 1950 (nego) isian banyak ada CR, LB, Jalak, CJ, siulan,, dll,, buruan pantau dlu di TKP,, transaksi blkgan,, yg penting mantapz dulu,,, lokasi Blkg PRJ Kemayoran, 0858 1322 3004,,, Ada jenis yg lain juga KC Jatim (sepasang), Jalak Nias, Anis Kembang (titipan neh) Lovebird,,,

  12. om,saya boleh gk ngopi artikelnya dan saya masukkan ke blog organisasi saya dengan menyebutkan sumber artikel tersebut,terimakasih

  13. Bru ak cba gantung di keramaian di jalan yang sering keluar masuk orang sama motor, mang klo ada mobil masih sdikit takut, harus lebih ekstrim lagi neh kayaknya, bagusnya kurungnya pake bulat apa kotak ya om buat menjinakan??

  14. Top banget Om Duto tipsnya, mlai saya coba dengan MB MHku. Klo MB di gantung dikeramaian udah ga nabrak2 tetapi klo di turunkan masih kelabakan sudah dikatakan jinak belum Om? (Burung sudah mulai ngriwik)

    • menurut sy masih kurang jinak om/metal masih kurang,,,menurut pengalaman rekan km di tempat saya melatih burung mb,1.pukul2 drum sekeras mungkin di bawah mb di gantung
      2.simpan mb di pinggir jalan yg paling rame
      3.gantung mb di bengkel kendaraan yg paling bising
      mudah2 bermaanfaat.maaf bukan menggurui,mohon koreksi bila ada kesalahan

Komentar ditutup.