Burung kacer: Peluang penangkaran burung saat ini dan masa mendatang (3)

penangkaran kacerBurung kacer saat ini termasuk salah satu burung favorit di arena lomba. Dari sisi suara dan gaya tarung, burung kacer memiliki tipikal yang hampir sama dengan burung murai batu. Karena mudah dimaster dan memberikan sajian gaya tarian yang indah, menjadikan burung kacer memiliki tempat tersendiri di hati para penghobi burung.

Begitu sobat, itulah pengantar artikel saya untuk mengawali perbincangan kita tentang prospek penangkaran burung kacer. Ini adalah artikel ketiga dari serial artikel tentang prospek penangkaran burung masa kini dan masa mendatang. Untuk artikel serial sebelumnya, Anda bisa menyimak prospek penangkaran burung murai batu dan prospek penangkaran burung jalak suren.

Jika berbicara mengenai burung kacer maka kita perlu membedakan antara burung kacer hitam dan kacer dada putih yang sering disebut kacer poci, kacer skoci, kacer koci dan beberapa sebutan berbeda lainnya.

Kacer hitam vs kacer poci

PENGIN TANYA OM KICAU? BISA DM...

IKUTI OM KICAU DI INSTAGRAM

Kacer hitam, saat ini sudah relatif langka di pasaran. Hal ini disebabkan karena pasokan dari alam sudah menipis dan pada saat yang sama para penangkar burung kurang berninat menangkarnya karena “secara ekonomis” kurang memberikan keuntungan sebagaimana menangkarkan burung murai batu misalnya.

Minat yang kurang besar terhadap kacer hitam ini disebabkan oleh pendapat umum yang mengatakan bahwa volume suara kacer hitam kalah dibandingkan volume kacer poci. Dan secara umum pula burung-burung yang moncer di arena lomba di kelas kacer banyak direbut oleh kacer poci.

Pendapat tersebut secara umum tidak benar. Hanya saja, secara umum burung kacer poci memang memiliki suara yang lebih kristal dibanding suara kacer hitam. Suara kristal burung kacer poci akan lebih menonjol jika diberi isian yang tepat. Dengan semakin berkembangnya “ilmu pemasteran” burung, mau tidak mau burung kacer poci akhirnya lebih favorit di arena lomba dibanding kacer hitam.

Pada saat yang sama, karena pasokan di pasaran sedikit dan relatif lebih mahal, burung kacer hitam tidak atau kurang diburu dibandingkan kacer poci. Akhirnya, jumlah kacer poci secara umum mendominasi kelas kacer. Dan tidak mengherankan bahwa peluang jenis ini menang di lomba lebih tinggi dibanding kacer hitam. Maka pendapat yang menyebutkan kacer poci lebih banyak sukses menuai gelar jawara ketimbang kacer hitam mendapatkan “pembenaran”.

Segeralah dimulai

Bagaimana peluang dan prospek ekonomi menangkarkan burung kacer ini?

Secara umum, prospek penangkaran burung kacer hitam ataupun kacer poci saat ini belum menjanjikan. Alasannya sederhana, pasok di pasar untuk burung kacer poci (yang lebih diburu ketimbang kacer hitam) masih melimpah dengan burung-burung hasil tangkapan hutan. Sementara untuk menangkarkan burung kacer hitam saat ini, peluang pasarnya tidak luas karena orang lebih banyak memilih kacer poci.

Namun demikian, perlu diingat, bahwa pasok burung kacer poci dari hutan akan segera menipis dengan semakin banyaknya penangkapan. Tidak sampai satu atau dua tahun ke depan, burung kacer poci tangkapan hutan akan habis di pasaran. Artinya, pada masa-masa mendatang, penangkaran kacer akan “mengalami era keemasan” juga.

Apakah Anda akan menunggu datangnya masa itu untuk menangkarkan burung kacer? Sebaiknya mulailah dari saat ini.
Mumpung harga calon indukan masih relatif terjangkau, berburulah kacer poci yang berkualitas atau malah yang sudah jawara di arena lomba untuk ditangkarkan. Jika sudah beranak-pinak, berilah pelatihan dan pemasteran yang bagus untuk anakan-anakannya. Buktikan bahwa kacer poci hasil penangkaran lebih mudah “didandani” untuk dijadikan burung jawara. Maka, tidak akan lama lagi Anda akan muncul sebagai salah satu penangkar handal burung kacer.
Mengapa tidak? (Bersambung)
Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:


BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

39 Comments

  1. siang om…. apa benar kalo kacer poci itu susah untuk ditangkarkan??? soalnya kebanyakan/hampir semua teman saya gagal…

    • ciri-cirinya bila indukan sudah jodoh dan gak berkelahi serta umur yang mapan. burung yang siap dijodohkan biasanya akan mengeluarkan bunyi rayuan ketika melihat calon pasangannya.

  2. maaf om…aq ahwadi dr cirebon mo tanya ,,,,,, bisakan kacer poci jantan di jodohin dengan kacer kitam betina ? terima kasih aq tunggu jawabannya.

  3. bang saya mau tanya nih saya kmrn nyoba nagkarin kacer sudah bertelur tp kok telurnya dimakan sendiri itu kira” knpa ya …

  4. sy lagi coba nangkarin kacer,yg jd masalah ko betina ama jantannya cuek,kira2 bisa nelur ngga yah dari agus tegal No.Hp 081548167879

  5. Salam kenal om duto, sy pemula om yg coba menangkarkan kacer alhasil 10 hari stelah penjodohan sibetina udah bertelur dan dierami, pertanyaan saya ;selama masa pengeraman dari pada sipejantan nganggur kalo sya masukkan betina 1 lgi dlm 1 kandang penangkaran kira2 mengganggu g ya om??? Matur thanks u

  6. terinspirasi mas duto. sekarang dah siap kandang penangkaran, indukan betina lenjeh, tinggal nyari jantan suara volume besar. ntar kalo berhasil, kalo mas duto mau nyari anakan poci, datang ke delanggu.

  7. haha ketemu lagi disini om
    biasa mau nanya.
    Kira2 bisa ndak ya menangkar kacer didaerah yg dingin/pegunungan,? aq di lereng sumbing wonosobo. kata orang2 si dulu didarehku ini ada burung kacer tapi karna sering dipikat/diburu ,ahirny punah om
    hehe aq asli wong ndeso om, tapi tertarik juga nih untuk nangkar kacer, soalnya aq punya kacer poci dari kalteng 2 jantan 1 betina. Mohon jawabanya om makasih…

  8. secara ekonomi katanya kurung visibel …..
    tapi .. kalau didasari dengan hobiii ,,, yang penting ayem, seneng no ati
    wassalam
    salam konservasi
    amin…….

  9. Jalak Bali mahal karena langka.. maka kacer hitam jika sudah langka mestinya juga mahal..karena kita menyukai burung bukan karena suara saja..tapi juga melindunginya dari kepunahan…

  10. ide cemerlang prospek kedepan juga cerah
    kenapa kita ragu yg jelas aku dah mencoba
    sepasang satu betina dari tetangga satu jantan dari temen dan keduanya dah tak campur tiap hari tak kasih pakan pisang pelet lele,Br,voor kemasan rumput laut, jangkrik, cacing,ulat pisang pemandian spa kipuan pasir pokoknya tak manja biar gak kalah sama anggota dewan.gmana komentar om kicau

Komentar ditutup.