Asupan serat, sukses menyehatkan anakan-anakan burung lovebird DT Birdfarm….

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Dua anakan burung lovebird Samber Gledek DT BirdfarmSejak menjelang Lebaran 2011, baru pada Sabtu (24/9) lalu saya sempat main lagi ke rumah Om Dwi Wahyudi, majikan DT BirdFarm di Perumahan Griya Taman Asri, Sleman, DIY. Kalau beberapa waktu lalu yang saya dengar adalah cerita tentang banyak anakan dan indukan burung lovebird yang mati, maka pada kesempatan Sabtu itu, saya lihat banyak anakan lovebird yang lucu-lucu. Sehat dan mulai ngekek-ngekek menirukan masteran yang diberikan sang majikan.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Ya, indukan-indukan burung jawara yang ditangkar Om Dwi mulai memberikan suplai anakan lagi. Pasangan baru dengan salah satu indukannya adalah Samber Gledek, juga memberikan anakan 3 ekor meski yang hidup sehat tinggal 2 ekor. Bahkan ada pasangan lovebird yang sudah ditangkar selama 4 tahun, baru sekali ini sukses memberikan anakan.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Semua anakan lovebird di DT BirdFarm sekarang dibesarkan dengan cara hand-feeding, atau diloloh langsung oleh tangan manusia sejak umur lima, enam atau tujuh harinan. “Awal-awalnya banyak anakan yang mati ketika diloloh indukannya karena mungkin indukannya sendiri masih belum sehat akibat bertebarannya debu erupsi Gunung Merapi. Sekarang setelah saya loloh sendiri, ya itu terlihat sehat-sehat dan cepet bongsor,” kata Om Dwi.

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...

Kalau selama ini banyak penangkar lovebird yang memberi pakan anakan secara hand-feeing dengan bubur bayi melulu, maka Om Dwi punya resep khusus. Memang dia tidak mau mengungkapkan secara terus terang apa asupan pakan yang diberikan ke burung anakan. Om Dwi hanya mengatakan, “Yang penting asupan yang mengandung serat jangan dilupakan,” katanya sambil memberi contoh beberapa jenis sayuran yang sering disertakan sebagai salah satu menu burung-burung lovebird anakan, seperti wortel dan kacang hijau.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Bahkan Om Dwi saat ini sudah mempunyai daftar menu harian mulai Senin sampai Minggu untuk burung-burung lovebird anakan. “Dengan pemberian pakan yang penuh gizi, vitamin dan mineral, perkembangan burung sangat berbeda ketika hanya kita beri bubur bayi,” kata Mbak Titis, isteri Om Dwi yang selama ini juga “bertugas” memberi pakan anakan burung.

Masih banyak cerita baru yang saya dengar dari penangkaran DT, inisial dari Dwi-Titis. Tetapi untuk kali ini, saya cukupkan sekian dulu.

Bravo untuk DT BirdFarm, salam untuk sobat kicaumania.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

34 Comments

  1. OM, ni saya anton mau tanya, kenapa ya om anakan lovebird saya yang di loloh induk nya sering mati. padahal pakannya tidak pernah telat,

    • biasanya mati bukan karena asupan pakan yang kurang,biasanya yang mati karena terinjak2 ama yg lebih besar karena rebutan makan….maka dr itu lebih efektip kalo anaknya banyak, diambil separo apa semuanya tuk hand feeding.seperti punya saya yang selalu netes 5-6 ekor paling yang hidup cuma 3 ekor kalo diloloh ama induknya.

  2. ma’af om mau ikutan gabung pengen nambah info barangkali ada yng tahu
    Apa makanan yng bagus buat anakan lovebird yng ndak bikin masuk angin ya om? Soalnya aku sering kena anakan yng aku lolohin masuk angin ahirnya koid
    Untuk infonya saya ucapin terimakasih buanyak ya

    • Masuk angin bisa jadi bukan semata2 karena ketidakcocokan pakan. Bisa juga karena kondisi ruangan yang dingin, atau burung kedinginan karena sisa pakan di sangkar atau di tubuh burung yang tidak segera dibersihkan, dll.
      Coba berikan bubur bayi dicampur parutan jagung manis, sayur direbus dan dilumatkan dsb. Hindari pemberian pakan yang dicampur susu karena banyak pencernaan burung tidak bisa mencerna susu dengan baik.

  3. Anakan LB hasil HF mulai menunjukkan prestasi, sore ini turun perdana langsung juara 1 latber di Cilacap. Paling tidak hasil ini bisa jadi catatan tersendiri, dengan MENU yang tepat walaupun dengan cara HF anakan LB belum genap 4 bulan sudah bisa berprestasi . . . .

    Salam ngekek …………………………………………………………………………………………………………………………………….

  4. om duto, titip pesen saya ke om Dwi ya…….LB anakan ditunggu kehadirannya di kota Lumpur…. 🙂 jgn sampe nunggu Merapi marah lagi…….

Komentar ditutup.