Menangkar burung pleci, perlu banyak kalsium dan protein

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Burung kacamata atau pleci atau zosteropsKetika saya diajak Om Irvan Sadewa Jogja untuk meramaikan dunia plecimania, saya maju-mundur ragu-ragu, khawatir hal itu mendorong perburuan yang tidak terkontrol atas burung pleci atau burung kacamata (Zosterops). Namun karena ternyata burung pleci bisa ditangkar, maka untuk kali pertama saya menulis di blog ini tentang burung pleci, ya cerita tentang usaha penangkaran burung inilah yang saya angkat.

Seorang teman di Sukoharjo bilang, dia merasa kesulitan menangkarkan burung pleci karena kebanyakan punya perilaku buruk. Suka mengobrak-abrik sarang, sulit jodoh dan mudah atau rentan sekali mati.

Saya pun penasaran untuk mencarikan jawab. Ketika saya browsing masalah penangkaran burung pleci, maka saya menemukan ada member Malaysia Bird Forum yang sudah berhasil — meski terbatas — dalam menangkarkan burung pleci yang di sana dikenal dengan sebutan mata puteh.

Ternyata member yang menggunakan username Softbillsaviary itu sudah melakukannya pada 5 tahun yang lalu. Untuk sukses menangkar burung pleci, dia memerlukan waktu satu tahun melalui trial and error.

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS

Kendala yang sering dihadapinya adalah hampir sama dengan kendala yang dialami Mas Harto, teman Sukoharjo itu. Burung pleci suka merusak sarang setelah diintip atau merasa sedikit saja terganggu.

Perilaku tersebut menurut dugaan Softbillsaviary, berkaitan dengan masalah asupan pakan. Dikatakannya, untuk penangkaran burung pleci, perlu disediakan protein dan kalsium dalam jumlah cukup. Ketika kedua jenis asupan itu diberikannya, maka perilaku burung pleci menjadi lebih baik dan akhirnya semua kendala bisa dilalui dengan baik.

Menurut saya, bisa jadi apa yang dikatakan Softbillsaviary benar, hanya saja hubungannya menurut saya tidak langsung seperti itu. Sebab, semua burung yang kekurangan protein dan kalsium akan bermasalah dengan perilakunya.

Soal burung yang merusak sarang karena diintip-intip misalnya, menurut saya hal itu karena burung belum terbiasa saja. Banyak penangkar burung lovebird misalnya, yang pada awalnya mengeluhkan burung suka tidak mau meneruskan pengeraman jika terganggu. Namun menurut pengalaman saya dalam menangkar burung lovebird, kalau burung terbiasa dipegang-pegang sejak dia dijodohkan, maka dia tidak akan ada masalah dengan gangguan manusia yang mendekat ke kandangnya atau bahkan mengusik dan memegang-megang telur di sarang (lihat artikel ini: Q-A Penangkaran LB (1), Sangkar dan Gangguan).

Poin yang menarik dari apa yang ditulis Softbillsaviary adalah dia berhasil menangkar burung pleci.
Kalau dia bisa mengapa kita tidak? Jadilah Anda orang pertama yang berhasil menangkarkan burung pleci.

Jenis-jenis kacamata dan opior

Oke sebelum menutup artikel singkat ini, perlu kiranya sobat ketahui jenis-jenis burung pleci atau kacamata dan opior dan juga gambarnya. (LEBIH LENGKAPNYA BISA JUGA DILIHAT DI ARTIKEL INI)

1. Zosterops palpebrosus
(a) Ras Z. p. melanura (bagian terbesar jawa): perut kuning seluruhnya.
(b) Ras Z. p. buxtoni dan auriventer (jawa ujung barat, Kalimantan, Sumatera): pita kuning sempit pada perut tengah bawah.
2. Kacamata Enggano Zosterops salvadorii: Seperti Kacamata biasa (b), tetapi perut berwarna putih krem.
3. Kacamata topi-hitam Zosterops atricapilla: Kening dan mahkota kehitaman.
4. Kacamata belukar Zosterops everetti: Seperti Kacamata biasa (b), tetapi pita pada dada bawah tengah kuning lebih lebar; mahkota depan kekuningan.
5. Kacamata gunung Zosterops montanus: Iris pucat; tidak ada warna kuning pada perut; sisi tubuh kecoklatan.
6. Kacamata jawa Zosterops flavus: Lebih kecil dan lebih kuning dari Kacamata laut; tidak ada hitam pada kekangnya.
7. Kacamata laut Zosterops chloris: Berukuran lebih besar dan pucat daripada Kacamata jawa; bintik di sekitar kekang hitam.
8. Opior Jawa Lophozosterops javanicus: Tenggorokan abu-abu, lingkar mata tidak lengkap, kekang kuning. Opiro jawa ada dua, yakni (a) L. j. javanica (jawa tengah). (b) L. j. firontalis (jawa barat).
9. Opior Kalimantan Oculocincta squamifrons: Berukuran sangat kecil; lingkar mata putih sempit; mahkota depan berbintik-bintik.
10. Opior mata-hitam Chlorocharis emiliae: Berukuran besar; paruh panjang kemerahan; lingkar mata dan kekang hitam.

Jenis-jenis burung kacamata atau pleci dan opior di Indonesia
Jenis-jenis burung kacamata atau pleci dan opior di Indonesia

Salam plecimania, salam dari Om Kicau.

Sumber gambar dan jenis-jenis burung kacamata dan opior: Burung-burung di Sumatera, Jawa, Bali dan Kalimantan, John MacKinnon dkk.

Burung kacamata atau pleci atau zosterops
Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

Ada 53 Komentar/Pertanyaan Baru

  1. om.saya pnya pleci dah gacor dan duduk tapi klo dikontesin suka locat loncat…bagaiman solusi supaya ngak loncat loncat sewaktu kontes dan gacor…( EF nya rutin tiap hari dengan jumlah sedikit..1/2 sendok kecil dan jangkrik 1 ekor/hari,,,ulet hongkong 1…..pisang kepok tiap hari diselingi pepaya. tksh…

  2. om duto slam kenal
    aku baru saja dapat 2 pleci anakan dari pasar satria denpasar.
    mau nanya:
    1. di kasih pisang aja apa di campur voer halus
    2. perlu di master gak? kalo di master yang bagus master apa?

    matur nuwun

  3. curhat dikit ni om.suamiq pleciholic bgt.udah berkali2 plihara pleci mati terus,tapi dia gk pernah nyerah,udah coba 10 x.tetep aj mati.kmren masih beli lgi.aq liatx aj uda capek.dia masih aj smgt.kasih saran dong om.cara perawatan yg baik.ato emang suamiq g cocok pelihara gituan kali z?

  4. minta foto sangkarnya pleci donk om,
    sekalian curhat. Saya punya sepasang pleci dirumah. menu hariannya pelet lele yang konon tinggi kadar proteinnya, tapi alhasil betinanya mengalami ngurak berkelanjutan (habis selesai ngurak selang sebulan ngurak lagi, semua bulu di badannya habis alias gundul, cuma menyisakan bulu di kepala dan sayap) sudah 3 ngurakan yang dialami pleci saya. selain pelet lele kadang saya berikan ulat kandang dan kroto dalam jumlah yang relatif sedikit, pisang juga tidak pernah ketinggalan ditambah asinan yg menggantung di kandang. Tetapi untuk yang jantan bulu–bulu nya terlihat bersih dan mengkilap. Sampai sekarang masih belum membuahkan hasil.

    Cat: kedua pleci saya sering bercumbu seperti lovebird, yang sering menggaruk-garukan kepala antar satu dengan yang lainnya.

  5. hai om…q mau tnya gmn biar pleci q cpt bnyi,alasan?q pny 2 pleci…klo yg 1 kadang2 udh bnyi alasn…apa prlu mkananya di full EF?

  6. om duto dan kawan” apakah pleci itu memakai sangkar yang berbentuk bolongan atau yang biasa bururng lain membuat sarang
    maksud darai bolongan itu sarang seperti parkit

  7. Mbahas pleci jadi ingat kejadian saat lebaran kemarin, keponakan saya nitip burung pleci karena mau ditinggal mudik. Eh, saya lupa ngurusnya, akhirnya burung itu mati :-(. Sampai sekarang nyari penggantinya belum dapat, mau diganti pakai uang tapi nggak tahu harga pasarannya 😀

  8. Pleci memang burung yg menggemaskan. bgmana tdk, posturnya yg kecil sintal dan seksi ditambah suaranya nan merdu tdk merusak gendang telinga apalagi kalo sdg bunyi sambil geleng2 kpla, wah….luar biasa memang. smga sj ada yg sukses jd penangkar jenis ini ya om.. amien

  9. Dirumah saya ada pleci so sudah gacor and kalo ngerol sambil tengak tengok, bahkan sudah sering dapet pleci lain yang masuk ke kandang sebelahnya ( pake kandang dobel pintu yang satu kebuka, 5 ekor burung yg sudah masuk sangkar) sudah dipiara hampir 2,5 tahunan, itu burung anak saya yang masih sekolah dasar beli di pasar seharga 3 ribu om, kalo ditangkar apa gak ngabisin waktu sama biaya om , makan pisangnya rakus, begitu juga nilai jualnya kurang komersiil, di alam bebas juga masih banyak ditemui

Komentar ditutup.