Z-Food jaga stamina dan performa burung pleci Zipper

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Artikel sudah dialihkan dan diperluas. Cek kategori burung pleci dengan mengklik gambar di bawah ini:

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

224 Comments

    • jika memang sudah gacor dan tidak canggung dengan tempat-tempat baru serta tidak takut keramaian, maka burung siap untuk dicoba kelatber.

  1. saya pesan z-food nya 2 bungkus ke alamat jl Ciledug no 101A Garut (PT bank UOB Indonesia cab garut) no tlp saya 085222627780 / 085322731830 an:tinna agustine… saya kirim uang nya ke mana om? di tunggu secepat nya ya… trims

    • dirawat seperti harian biasa saja, cuma stop mandi dan jemur, serta kalo malam dikrodong, jangan tambahkan multivitamin salah satunya birdvit supaya mabungnya lancar.

  2. ini video burung pleci w ketika habis ganti kandang gan http://www.youtube.com/watch?v=IH1xicvwRqw,semakin moncer aja kan, tapi sayang video kualitas agak kurang bagus hbs gede banget dgn format video aslinya, terpaksa w convert, tapi kalau ada yg memang minat pantau aja gan ke rmh, ini kontak w 085710003333….maklum burung pleci baru naik daun jadi soal pasaran msh bingung hargainnya….hehehehe

  3. gan w punya pleci, katanya sih pleci w bagus dan bisa juara coba pantau di http://www.youtube.com/watch?v=TM5isb5wRGI&context=C47b0599ADvjVQa1PpcFPo0oATctWeNFISNRkxREsMnIx5lN2A0ak= , karena katanya bagus ,itu pleci sekarang w sdh ganti kandang ukir jepara (beli second 350.000 barunya katanya bisa lebih dari 600.000) ntar w ulpoud di youtube dah dgn kandang barunya….main semakin moncer (kayak tau aja kandang bagus….kira2 klu dijual bisa ngk ya kayak punya bos ivan…hehehehe NGAREP.COM….tapi sih klu yg nawar seribu atau lebih sih sdh beberapa orang

  4. om aq mau pesen pakannya z-food boleh kirimk alamat ir,rais gang 1 no 7 malang ,,,masalah biaya d transfer atau gmana,,,,hub aq yafril 03414401234

  5. Salam kenal Om Duto dan rekan semua..
    Setelah membaca si Zipper jadi pengen pelihara pleci, selanjutnya ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan :
    1) Apakah ada efeknya jika pleci disangkarkan di sangkar bulat besi (lovebird)?
    2) Bagaimana dengan bentuk dan jumlah tangkringan, pernah liat ada yg pake tangkringan bentuk T ada yg dua sejajar dan menyilang, apa pengaruhnya, dan sebaiknya yg bagaimana?
    3) Bagaimana cara mendapatkan produk Z-Food, kebetulan saya sudah memelihara ciblek dada putih, tp masih belum bisa gacor, hanya sekali2 bunyi.
    Terimakasih sebelumnya, salam kicau mania

  6. thank om atas ulasanya bisa menamambah ilmu buat saya yg pemul, mau nanya om aku punya pleci lumayan ngerol keras isian bnyk. tapi kalau coba aku gantanp kok cuman loncat2. apakah ob (over birahi). gimana cara nurunin birahi.? udh tak coba turunin ef dan mandi 2x tapi tetap aja jempalikan..mohon saran om..maturnuwun

  7. om,mau tanya aku punya pleci warnanya gelap dan burung nya kecil. klo kayak gtu itu laki apa perempuan om?????terus pleci itu kalo dengan pleci laen dideketin ato dijauhin cuma denger suara aja om????trims…….

  8. burung pleci zipeer emang pas.tetapi sebagus”nya burung plei gacor tetap saja burung yang gk kan bisa berpikir untuk apa aku di lombakan ,knapa,mengapa,…..tanpa burung dunia akan sepi…..#333.manok iku puuenting keerr.swon infone om….

  9. mantep om ulasan tentang pleci nya bikin aq ngiler. sbagai pemula aq jd smangat lg merawat pleci q siapa tau bisa kaya zipper (ngarep)

  10. Mohon maaf Om semua, untuk pengundian belum bisa dilakukan tanggal 15 November lalu karena ada masalah teknis web (kesulitan masuk/melacak alamat email).
    Saat ini sudah klar dan undian akan dilakukan Jumat 25 November 2011. Dan begitu diundi, sehari kemudian kita umumkan.
    Terima kasih.

  11. wah saya tdk menyangka kalau ada pleci yg sedasyat itu, apalagi bisa melantunkan cililin pasti lbh dasyat lagi.
    Selama bertahun2 saya memelihara pleci tdk pernah bisa mengeluarkan isiannya dg suara keras.
    Ini membuat saya terpacu dan lbh bersemangat utk menjadikan pleci drumah saya spt zipper, hehe ya kalau bisa lebih.. Hehehe

  12. Saya t’tarik pd burung Pleci krn bdan’y mungil, selain itu suara’y itu….. Wuiiihh…. Pool…… Dn yg p’nah saya baca dh blog’y om kicau, Pleci mrupakan burung endemik asli Sulawesi yg hmpir punah, bhkan di vietnam…. Pleci mrupakan burung istimewa mngalahkan burung2 kicau lain’y. Untk itu, saya t’trik sama burung pleci ini. Mungil namun dahsyat… Tks. Herdy. Bandung.

  13. Sebenarnya mau saya pake rawatan bang Irvan buat calon gacoan saya yg lagunya full burung penghisap madu. Tapi sayang pas sdh deal harganya yg cuma 1.250K (lomba 3 x juara 1 3x), si burung mati gara2 kepanasan ditinggal main layang2 sama si empunya (si ZIP ga jadi dapat lawan)….sedih.com dech.

  14. saya punya pleci 2 ekor, saat ini lgi pemasteran, nnti kalo sudah gacor abis saya akan tantang si zipper itu,…..salam pleci mania

  15. PC Zipper dari segi manapun gak ada yang celanya, body, dan suaranya tidak ada duanya, itu mungkin karena majikannya master smart, pemasteran memang ahlinya, didukung dengan pakan yang diformulasi sendiri setelah melalui riset, sehingga hasilnya benar-benar oke, bravo Om Ivan juga Om Duto
    Walaupun saya sempat punya PC sampai 5 ekor, sampai sekarang tinggal seekor suaranya belum nyampai untuk mencapai Zipper, meskipun demikian anakku sayang banget sama PC yang tinggal satu, sudah hampir 4 tahun si PC aku pelihara. salam PC ……………………

  16. wah,,mantap nih burung..saya punya pleci di rumah, tapi suaranya pelan bgt..kapan ya bisa sehebat burung pleci yang dikontes di jawa.?
    🙂

  17. Pleci tuh burung kecil tp klu udah gacor wiiiih….bisa buat narik burung lain ikut2x’an angkat swara……apalagi klu rawatannya MAXI mulai dari kebersihan kandang ampe pakannya sesuai selera n kebutuhan tuh burung…..eeeeh ternyata om kicau launcing produk pakan untuk burung pleci,CUOCOK…nich OM DUTO klu pleci Q-ta happy so pasti yg ngrawat ikutan happy (soalnya nggak perlu ragu lagi klu mau kasih pakan pleci kesayangan kita)BETUUUL….?!!!

  18. Saya Punya pleci tapi selalu gagal “terbit”, lama2 nyerah juga berkali kali memaster si ‘mungil’ ini karena dirumah jg banyak burung ocehan yang lain.. tapi setelah lihat zipper, wah jadi terpacu lg pengin kembali merawat si mungil.
    Ohya Om, dmana saya bisa mendapatkan Z-Food nya? di surabaya kok saya ga pernah menemukannya?.
    Salam buat kicau mania seluruh Nusantara.

  19. kyaknya ziipper pleci kuning, tp yng umurnya 2thn lebih ,byasanya klo kuning byasa dadanya yang 2thn lbi jd agk luntur putih, master yang bagus klo pake yang rekaman aja, hasilnya gmana Om kicau ??

  20. mlm om.
    mantap tu om plecinya. dulu sy prnh punya 2.dah ngerol.trus sy jual mang lumayan sih.400rb 2ekr. tp tp sy nyesel.am ku jd macet bunyi. pengin sih nyari lagi,tpi sayang hrgnya lmyn mahal skrg.

  21. yudi, tri_wahyudi8@yahoo.co.id.
    Wah mantap si zipper ditawar sampe 20 juta. Semoga dengan perawatan yang “biasa saja” ada yang nawar “tidak biasa”. Seperti yang pernah di tulis oleh om kicau beberapa waktu lalu di malaysia (kalau ridak salah) burung pleci/ kaca mata pernah ditawar lebih dari 50 juta. semoga penawaran tersebut bukan semata karena materil, tapi merupakan penghargaan dari prestasi yang pernah ditorehkan zipper. salam kicau.

  22. Mantab Plecinya (Zipper) manuke chilik regone selangit. pantesan aja ngk dilepas meskipun ditawar 20jt. kalo udah cinta dan sehati tetap aja jadi pujaan hati.
    Hidup Pleci Mania!!!

  23. Ora gumun……… dengan pakan Zed-Fut yang sarat vitamin,protein,dan mineral yang super kumplit…. Zipper bisa ditawar 20jeti-an… Walopun belum pernah nyoba Zed-Fut, tapi pasti” worth the money” (enek rupo, enek rego).
    Kapan-kapan pesen Zed-Fut nya ya om………. kali aja Pleci saya bisa jadi sehebat Zipper *ngarep-arep……..
    Sukses buat Zed-Fut & Smart Mastering

  24. wah….ga nyangka banget klo brung pleci bsa berprestasi…..
    pdhal di’kampung halaman saya yg tercinta,,,,burung ini tak di’pedulikn (dianggap burung anak2) krena biasanya yg pling sering mmbli burung ini hanya anak2 SD,SMP,,bahkan anak TK yg merengek mnta di”blikan burung oleh ortu’nya…alsan ortu mmbli brung pleci utk anaknya krena murah disamping itu pakanan”nya jg gampang….
    slamat dech bwt om sadewa atas prestasinya,,,,,,smga dapat merubah paradigma buruk pda burung pleci,,,,dan dapat menaikkan harga pasaran burung ini….smula burung ini biasa saja agar mjadi luar biasa..””””
    sukses slalu,,,

  25. ne Bono ….numpang tanya nggih….Kalo bedain cewek-cowoknya bagaimana caranya Om, apa kalo boleh meluncur ke padepokan langsung? maturnuwun

  26. wah pantesan harganya ampe 20jt..toh dah belasan x juara cara merawatnya aj mantap bener..sapa jg yg sanggup jual klw dah sering juara.walaupun 20jt,syang donk om..mantap tuh pakan dari z-food kandunganya lengkap..kpn tuh z-food masuk ke sumatera bos..ane jg pengen pakan kayak z-food..mantap dah..oh yah om kicau,ane penasaran neh,emg buah segar apa yg sering om ivan kasih ama zipper nya om??

  27. dalam gerombolan burung pleci katanya ada yang disebut pleci raja..mungkin Zipper adalah salah satunya, lebih-lebih dengan pakan yang mumpuni..jadi tak tertandingi..

  28. sbenarnya bukan hanya karakteristik dasar dari burung itu sendiri yang menentukan bagus / tidaknya burung berkicau masalah pakan pun juga dapat mempengaruhi kicauan burung seprtrti post diatas belum tentu pakan buatan pabrik itu cocok dengan metaabolisme tubuh burung dan menurut saya z-food sangat baik untuk burung pleci karana mengandung unsur unsur yang dibutuhkan burung pleci antara lain adalah protein, karbohidrat, lemak, vitamin A, D3, E, B1, B2, B3 (Nicotimanide) B6, B12, C dan K3. Selain itu, perlu pula mengandung zat esensial seperti D-L Methionine, I-Lisin HCl, Folic Acid (salah satu bentuk dari vitamin B),
    dan saya punya saran untuk pakan z-food :
    1. untuk pakan sebaiknya diproduksi dengan kandungan yang berbeda beda
    2. di kemasanya di kasih link / url untuk perawatan harian burung pleci
    3. harganya mbok agak di turunin dikit biar terjangkau bagi orang biasa seperti saya ini heheheh
    sukses slalu om kicau !!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  29. mo tanya om. Pleci apa perlu di kerodong, trus gmana supaya pleci ga makan melulu biarpun kecil tpi makanya bnyak juga. Mo nyoba makanannya dbatasi tkut macet atau mati.

  30. Burung juara sepertinya tergantung tangan2 yg merawatnya. Slama ini saya ikuti saran2 omkicau + beli smartmastering, tpi ttp aja blum pernah juara juga. Smoga kali ini dpt burung trah juara. Hehehe…

  31. wah..mantap artikelnya..walaupun di daerah kami belum banyak yang pelihara pleci tapi ilmunya harus di serap dulu biar mengendap jadi wawasan , tapi ngomong2 jenis pakan z-food akan di coba keburung tledekan di rumah mudahan dia suka..trimsss..terus berinovasi tiada henti

  32. Wahh sipp artikelnya, ada hadiahnya pula.. Trims ya om sadewa, jadi penasaran nih sama Z-foodnya.. Kalau boleh nawar, turunin dikit dong harganya, sekalian juga produk smartmasteringnya.. Hehe…

  33. Salam pleci mania. Z-food apa gak kemahalan om. Misal pelihara satu pleci d rumah.lum abis pakan dah keburu jamuran tuch. Knp gak 1 ons aja om.. Biar cpet abis dan beli lg yg fress..

  34. wah bisa dicoa nih Z-foodny..
    Tp omong2 bisa dikasih bocoran ndak om kandungan yg ad dalam Z-food it sendiri?
    Apakah cukup hnya dengan polesan Z-food aj om?
    Knp setiap Zipper maen slalu pas dalam kondisi TOP perfom?
    Sukses aj bwt Om kicau & padepokan gunung sempunya..
    Ditunggu artikel pleci yg laen om..

  35. artikel yg sangat inspiratif..

    menginspirasi saya untuk memelihara burung pleci. walaupun baru saja terkena musibah (pleciku dimakan tikus) tp tetep mau beli pleci lg.

    untuk pakan Z-food karena rmh saya jauh dr kota besar sehingga susah untuk mendapatkanya.semoga dg mengomentari artikel ini saya bisa mendapatkan gratis.

    terimakasih

  36. burung bagus memang perlu asupan pakan yang baik pula. Zipper dan Z Food telah menguatkan saya untuk menjadi Pleci mania. Namun, bila semakin banyak orang terus memburu burung pemakan serangga ini niscaya suatu saat kita akan kembali diserang wabah ulat bulu. Oleh karena itu alangkah bijak apabila dari kicau mania ada yang merintis usaha mengembiakan burung yang di Malaysia dikenal sebagai Mata Puteh. Bahkan di Negeri Jiran pengembangan burung ini sudah lama dilakukan (sudah ada dalam arsip Om Kicau). Marilah kita coba untuk menjaga keseimbangan alam. Maju terus Pleci Mania… Teruslah bernyanyi… Lestarilah alamku…

  37. harga burung pleci beranjak naik nihh setelah ada info harga yg sangat tinggi kalau kita pintar memilih dan sabar emang bener tuh burung suara nya bagus dan bayak lagunya bisa macam macam suara burung prenjak , ciblek, kenari ,kolibri , dll . rawatanya gampang makanya juga banyak heeeeheee .
    sekedar info aza perawatan pleci pagi air saya slalu diganti kandang di bersihkan . jemur sebentar , kasih pisang yg di olesin madu , tambah kroto 1 minggu 2 , 3 x, uh kasih dikit aja cukup 2 , 3 ekor, kalau dia ska jangkrik kasih jangkrik yg kecil karna . ada yg mau ada yg tidak .mari kita lestarikan burung pleci karna di pasar burung mereka di tempatkan satu sangkar yg berjubel satu kandang bisa 50ekor kasian byk yg matiii 6 ekor punyaan ku suaranya gak nahan merdunya brooooooooooooook mari kita lestarikan burung asli indonesia . maaf kalau ade kate yg salah pemula nihh

  38. wah ane blm pernah nemuin pakan burung trsbut diatas dikios” burung.
    ane seneng banget sama pleci tp dari dulu sampe skrng blm pernah liat pleci teler dan ngeroll panjang. kalo punya ane kebanyakan cuma nembak” n ngriwik aja neh om. yg apesnya lg plecinya sering mati dan terlepas padahal rajin bunyinya. tiap lepas atau mati pasti ane beli lg. he he he jd curhat!

  39. Keren juga suara plecinya :D, aku pernah punya sih, tapi cuma ngriwik aja, trus tak kasih ke orang jadinya, mendingan dengerin yang dideket rumah,, sering bunyi di pohon deket rumah suaranya standart tapi kadang ada suara tengkek sama tilang nya, hehe
    Btw, Koment buat voer nya nie om, kalo dilihat promosinya, bikin penasaran juga sih om, tapi kalo buat saya, harganya itu,, agak mahal, belom lagi ongkos kirimnya,, walopun mungkin sepadan dengan kualitasnya,, hehehe

  40. Dulu burung ini tidak banyak diburu dan selalu terdengar suaranya hampir tiap hari didepan rumah. Tetapi sekarang burung ini sudah mulai menghilang di alam dekat rumah saya. Ternyata sekarang ni burung udah berkeliaran di even lomba. Saya bangga dengan burung ini, karena saya anggap pleci adalah burung yang ada di alam liar indonesia. Semoga kelak burung pleci bisa menjadi burung berkelas seperti hal nya kenari yang banyak diminati para penggemar burung. Untuk Om Kicau, saya sangat bangga dengan anda yang telah membuat web yang sangat bermanfaat untuk para penggemar burung, dan semoga web anda dapat berguna untuk pelestarian burung. Saya sendiri sudah banyak mengambil ilmu dari omkicau.com untuk perawatan burung-burung kicau saya dirumah. Sukses selalu Om Kicau…!!!

  41. burung pleci memang mantaf, body boleh kecil tapi urusan suara bisa menyainggi burung yang ukurannya lebih besar. beruntungnya saya di sekitar rumah masih ada pleci2 liar yang saling sahut sahutan

  42. pleci burung kecil yang rrruuuuaaaarrrrr biasssaaa,walaupun kecil tetapi mantaaafffff suaranya dengan pakan yang tepat dari ramuan smartmastering n kasih syang saya yakin past menjadi hebat dan saya berharap dan mndoakan semoga PLECI bsa menjadi favorit kalangan kicaumania nusantara dan mendapat kelas yangi tertinggi di setiap gelaran lomba burung berkicau bravo PLECI

  43. wah burung model gaul dg kacamata puteh yg tak pernah d lepas itu sering mampir k phon jambu air depn rumah saya, law d tangkap bsa laku 20jt gx yah?? Tp lebih asik law d kasih ma om duto.. .wkwkwkwk

  44. om,
    mau tanya ni..
    Jantanya tuh ekornya bentuk V wktu buka ato pas rapet..
    Soalnya baru dapat ni 1 bakalan tapi anakan..
    Barang dari malang kata si penjual..

  45. mantaps.saya salut dengan suara zipper tapi kalo boleh ngasih saran saya usulkan untuk lagi menambahkan suara isian crecetan parkit kepada zipper&kepada semua plecimania,karena dirumah crecetan parkit klo dbawakan pleci suaranya dahsyat banget

  46. Salam kicaumania,
    Sebelumnya terima kasih kepada Om Kicau yang telah meng-upload artikel ini, menurut saya pribadi apapun jenis burungnya, apabila dalam hal perawatannya (selain faktor genetis burung itu sendiri) dilakukan secara maksimal, hasilnya juga akan maksimal juga, meskipun hasilnya nanti dapat berbeda antara satu dengan lainnya karena satu burung satu karakter.
    Namun sebagai seorang kicaumania sejati, dengan adanya fakta (artikel) tersebut diatas, janganlah menjadikan kita gelap mata, perburuan liar yang tidak bertanggung jawab, perawatan yang asal-asalan, dan lain sebagainya.
    Namun sebagai seorang kicaumania sejati seharusnya dapat menjadikan fakta tersebut sebagai pendorong dan penyemangat untuk lebih mencintai dunia kicauan secara lebih bertanggung jawab.
    Terima kasih dan mohon maaf.

  47. selamat untuk om irvan sadewa yang sudah berhasil mengolah zipper menjadi pleci jawara
    selamat juga untuk om irvan yang sudah berhasil membuat pakan berkualitas untuk pleci dan burung kecil
    terima kasih untuk om duto atas informasi yang bermanfaat…. kerennnnnn

  48. wajar kalau zipper bisa berharga lebih dari 20 K, mantaappppp…
    dengan perawatan yang baik, pemasteran yang efektif dan pemilihan nutrisi yang memiliki kandungan gizi tinggi tentu saja membuat zipper menjadi burung yang sangat potensial.
    semoga zipper semakin mantaapppp…. 🙂

  49. Woow..sangat menggiurkan, saat mendengar burung pleci Zipper om Irvan ingin dibeli dengan harga yang fantastiiss..20 jt. Namun tidak mengherankan lagi ternyata sang burung jawara diberbagai even lomba. Om Irvan sang maestro, dengan perawatan smart, sesuai dengan namanya padepokannya SmartMastering, mampu menciptakan burung-burung jawara termasuk Zipper. Tidak berlebihan bila saya katakan bahwa om Irvan termasuk dari sedikit orang yang berjiwa entrepreneur. Dimana om Irvan dengan kreatifitas dan inovatifnya, mampu menciptakan burung pleci menjadi burung-burung jawara dengan perawatan burung yang maksimal dan bahkan menciptakan makanan burung pleci yang sangat berkualitas dan berdaya jual tinggi. Bravo untuk om Irvan Sadewa dan padepokan SmartMasteringnya. Semoga tetap eksis dengan kreatifitas dan inovatifnya mampu melahirkan karya-karya terbaru dan burung-burung Jawara..
    Kalau seandainya saya diberi kesempatan untuk ikut merasakan merawat burung plecinya om Irvan,tentu membawa kebahagiaan tersendiri bagi saya. Hehehe.. Sekali lagi, bravo buat om Irvan Sadewa dan padepokan SmartMastering serta om Duto. Salam Plecimania..!!

  50. wah…wah…wah….MANTAP
    semakin hari, makin banyak saja prestasi n kelebihan yang muncul dari sekitar kita dari hal-hal yang mungkin kurang kita perhatikan.
    semua tidak terlepas dari ketekunan n kreatifitas.
    semoga kita semakin menyadari kekayaan alam sekitar kita dan berusaha untuk menjaga dan melestarikannya…

  51. sebelum nya saya mau mengucapkan salam Pleci mania dari Medan-Sumatera Utara.

    menurut saya, faktor utama zipper mampu beraksi sedemikian hebatnya adalah karena faktor bawaan zipper itu sendiri, namun tidak menutup kemungkinan jika pleci lainnya dapat di treat menjadi hebat seperti si pleci seharga 20 juta tersebut. faktor kesabaran adalah hal utama dalam perawatan pleci. saya sendiri merasakan kesabaran adalah kunci utama, karena setiap pleci walaupun kita membelinya dari kandang ombyokan yang sama, dihari yang sama dengan harga yang sama pula namun setiap pleci memiliki karakter yang berbeda antara satu dan lainnya.

    namun demikian kembali lagi saya tekan kan kesabaran adalah kunci utama, faktor makanan memegang peranan yang tak kalah pentingnya,dengan memberikan gizi yang sempurna kepada pleci kesayangan kita pastinya dia akan memberikan kicau terbaiknya untuk kita dengarkan. tapi walau bagaimanapun kesabaran adalah EF utama dalam pemeliharaan Pleci.
    demikian yang dapat saya komentari, sekali lagi saya sampaikan salam Pleci Mania buat seluruh Pleci Mania dari Medan-Sumatera Utara.

  52. Saya yakin pada dasarnya semua burung berkicau entah yg selama ini sudah ada kelasnya (dilombakan) atau pun yang tidak/belum ada kelas kontesnya, kalau dipelihara/diurus dengan serius, sungguh-sungguh dan pakem yang konsisten seperti halnya Smartmastering pasti akan dapat tampil Luar Biasa (betul-betul d luar umumnya burung sejenis). Apalagi dengan penemuan Z-Food ala Om Irvan saya yakin akan banyak burung-burung tak berkelas lainnya naik daun dan jadi lebih diperhitungakan. Bravo Smart Mastering dan Z-Food nya…
    I will try to my Tledekan laut, hahaha….

  53. mau tanya om. Tu pleci dari hasil penangkaran pa bukan ea.??
    Waduh sampe ditawar 20 juta…!!
    Sayang aq ndak punya burung pleci. Punyanya ciblek kepala merah ,masih muda aq nemuin di utan, semuanya 3. Kira2 ciblek bisa ngerol juga ndak ya om..?

  54. wah… burung yang membanggakan dan mengherankan..
    membanggakan karena bs menyabet segudang prestasi dan tentu saja membanggakan buat sipapun pemiliknya.
    tapi sekaligus mengherankan, karena luar biasa om irvan bisa memoles burung jadi begitu bagus.
    nah.. pertanyaan saya nich buat om irvan, apa bener cuma itu pola perawatan nya.. ? bongkar habis donk hehehe..
    buat omkicau.. bantu bongkar ya om.

  55. Sebelumnya saya ucapkan banyak terimakasih ke Om Kicau yang bersedia membahas burung jawara punya Om Irvan ini semoga saya bisa mengikuti jejak Om Irvan he… 🙂

    Hem .. Om irvan memang sangat mantaf karena bisa mengetahui karakter burung yang di peliharanya
    memang benar paling pertama saat kita memelihara momongan kita agar sesuai dengan keinginan kita, kita harus tau dulu karakter burungnya.
    kalau sudah tau kita akan enak memeliharanya misal hal kecil yang sering kita abaikan soal pangkringan
    Diameter dan model pangkringan juga ngaruh terhadap momongan.
    Dan paling utama adalah makan dan EFnya seperti artikel Om kicau ini membahas makanan yang di berikan ke burung Om Irvan.

    Oh iya saya hampir lupa soal Z-Food. apakah Z-Food sudah mulai di pasarkan ? kebetulan saya juga orang bantul siapa tau kalau sudah di pasarkan.

  56. Nama : lostmyname
    blog :
    email : terlantar31@gmail.com

    ” pakan yang anda buat dari bahan organik, atau dari bahan kimia ” , supaya saya bisa tahu bahan ini , dan apakah pakan yang di buat ini bisa untuk burung lain, semangat maju terus 😀

  57. zipper…si kacamata mungil dg harga selangit.wah jd pengen melihara nee burung sapa tau bisa kaya om irvan yg sukses dg padepokan plecinya.

  58. Pertama2 selamat buat om irvan atas karyanya.dengan harga ini (20 jeti) otomatis akan mendongkrak harga2 PC,,baik ombyokan maupun yg sudah ditangan hobies,nah ini akan meningkatkan rupiah pada semua sektor didalamnya,akan tetapi berbanding terbalik di habitatnya. Sukses juga buat om duto sc atas gawenya ,terima kasih.

  59. zipper::20 juta, angka yg fantastis untuk seekor PC, didunia hobi semuanya tanpa batas.seekor burung berbakat ditangan seorang yg tepat akan muncul burung2 yg handal.semoga artikel2 tentang penangkaran PC semakin bertambah,agar dialam pleci juga ber-taji,tidak hanya diarena lomba saja.sukses buat zipper(om irvan sadewa) dan juga om Duto sc.

  60. wah…burung mungil nyampe 20 jt….gila tuh..kmrn pernah dpt hsl memulut,cm suaranya cuma cuit cuit trus.. Ada jg mirip pleci n besarny sama,tp suarany mantap,ngerol panjang… Jadi tertarik lagi pengen melihara pleci.. Sukses plecinya om..

  61. kunci awal dalam memiliki burung pleci berprestasi adalah kembali kepada pemilihan bibit awal yg benar dan kalo sudah benar berikut nya adalah perawatan dan stelan yang kontiyu . yang jadi masalah adalah di awal pemilihan bibit yang benar di sini di butuhkan pengalaman yang benar-benar matang

  62. Sekedar masukan aja gan Irvan utk Z-food perlu ditambahkan madu tapi yg sdh dibuat kering,,,karena saya pleci saya paling suka akan madu,,,apalagi madu yg asli dr peternak lebah.
    Hasilnya Pleci lebih gacor dan ada kekebalan tubuhnya menjadi lebih baik setelah diberi madu lebah.
    Demikian sekedar masukan aja gan,,,,

  63. Dari hasil pantauan saya langsung di lapangan:
    Zipper memang burung Pleci yang fenomenal. Lagunya panjang-panjang dengan tembakan variatif tembus, istimewa dan sempurna. Yang makin bikin Zipper tambah unik adalah volume suaranya hampir 3x lipat dari volume suara burung Pleci umumnya.

  64. Secara fisik pleci sepertinya biasa saja om. Tapi kalo yang punyanya dari smartmastering ini pasti lain soal. Siapa yang tidak kenal smart mastering. Kalangan Kicau mania pasti tahu. Saya rasa wajar pleci yang mungil harganya ruarrrrrrrr…….. biasa. Ueeedan tenan rek. Mantab om Irvan , sukses, maju terus. Jangan lupa sharing ilmunya lebih banyak biar Pleci mania / kicau mania tambah meriah / ” REGENG SUARANYA”

  65. salam kenal om Irvan Sadewa
    sangat kebetulan kami pleman garut memeiliki beberapa pleci yg karakter suara dan tembakan sama persis pleci zipper, bahakan lebih rapat.. satu kehormatan bagi pleman garut jawa barat jika suatu saat pleci2 jagoan kami bertemu dengn zipper… salam pleci mania.

  66. nama : cj pio garut
    alamat email : cjenggot@yahoo.com

    salam kenal om irvan, mungkin kebetulan, pleman garut memiliki beberapa pleci yg suaranya sma persis zipper, bahkan ada yg lebih rapat tembakan kenari gereja tarung glatik wingko,, ingin sekali pleci pleman garut bertemu dilapang bersama zipper, satu kehormatan bagi kami pleman garut… salam pleci mania

  67. Sepertinya terlihat gampang membuat seekor pleci bisa gacor seperti yg diharapkan, tetapi pada kenyataannya semua tidaklah mudah, hanya mereka yg benar2 mengerti akan arti sebuah kasih sayang terhadap sesama mahluk hidup ia pasti akan menemukan indahnya surga dalam mencintai hobby memilihara burung. sukses Utk om Irvan. inspirations man..!!!

  68. Nah..terasa lega artikel om Duto mengenai “PLECI DASYAT” keluar juga..
    Setelah saya baca ulasan om duto diatas ternyata memang mempunyai RAHASIA tersendiri dalam perawatan & Pemberian EF PC tersebut . Dengan rahasia penambahan ” Z-Food” khusus Burung kecil maka Pleci om Irvan bisa Tembus angka 20jt…ck..ck..ck..ckk yang jadi penasaran saya sampai saat ini Z-food didominasi Ramuan apa om Duto..?? Apa faktor PROTEIN yg dominankah..?? atau KALORInya yg lebih dominan..??

    Zipper tergolong jenis PLECI daerah mana om..?? dari pict.nya kok lebih besar dari Pleci yg pada umumnya ada dipasaran..?? Yang saya tau PLECI di Jawa Barat mayorita kecil2 dan susah nyari yg besar.

    Z-food apa bisa dikonsumsi oleh burung AM, MB om duto..?? Menurut artikel om Duto diatas hanya untuk burung kecil saja…( apa ada produk Z-food lain yg khusus burung Besar..?? )

    • Pleci lokalan Om. Sama kok dengan pleci jawa pada umumnya.

      Soal Z-Food, sebenarnya bisa Om, hanya saja bentuk yang kita sediakan lebih banyak lembutnya. Banyak burung besar (MB dll) kurang suka dengan bentuk pakan yang demikian; tidak familiar. Kalau burung Om terbiasa mengonsumsi voer lembut, ya OK-OK saja Om diberikan Z-Food.

  69. Burung Pleci/Kacamata/Zosterops/Mata puteh yang lebih dulu dikenal dinegeri tetangga bukan berarti bahwa burung pleci asal Indonesia tidak ada yng bagus terbukti dengan Zipper punya om Irvan Sadewa. Zipper bisa mewakili puluhan jenis pleci yang ada di Indonesia, bahwa pleci asal Indonesia pantas diterhitungkan dikancah asia/dunia…
    berkat rawatan maksimal dan tangan dingin om Irvan, Zipper bisa menjadi burung kualitas dengan banyak prestasi. Kejelian om Irvan dalam mempelajari karakter burung serta dalam meramu pakan yang akhirnya terlabel dengan nama Z-Food untuk plecinya2 sudah terbukti hasilnya, semoga dengan diproduksinya Z-Food bisa muncul “Zipper Zipper” baru di Indonesia dan tentunya bisa meng-inspirasi sekaligus memotivasi penghobi burung khususnya pleci.

  70. Zipper pasti ok bgt nih. Dasar burung bagus, nutrisi makanannya terpenuhi trus dirawat oleh pakar mastering yang mumpuni. Salutttt…!!!!

  71. ckckkckckck…mantaf sebuah maha karya yg sudah terbukti nyata gacor owor-owor menjadi sang juara zipper uedan & z-food mantaf sukses trus om irvan dan terima kasih banyak sudah berbagi perawatan tentang zosterops.

  72. Udah beberapa kali piara pleci, tp feeling msh biasa2 aja, ga istimewa2 amat ni burung, masih lebih manteb colibri ninja, lebih mudah kemaster & suaranya lebih lantang. Ga tau jg ky gimana pleci zipper om irvan. apa karena perawatan sy asal2an ya..hehe
    Mg2 aja menang undian, biar dapet Pleci manteb pilihan om Irvan..xixi

  73. zipper mampu menginspirasi om Irvan meracik ramuan istimewa yakni Z-Food sebagai pakan pokoknya.. bukan sejak dia mendapat gelar juara untuk pertama kalinya tetapi sebagai bukti kombinasi perasaan, hobi, dan pastinya bakat om Irvan di dunia perburungan khususnya pleci.. dan semoga berkat om duto Z-Food dapat segera dikenal masyarakat luas bahkan diekspor ke mancanegara.. Amin
    Bravo zipper.. bravo om Irvan..

  74. nama: sugeng riyadi
    email: suge_onthelholic@yahoo.co.id

    burung pleci semakin menunjukkan taji dan patut disejajarkan dengan burung kicau lain. kicauannya yang keras dan melengking dengan selingan isian-isian menjadi daya tarik tersendiri bagi penikmat/penghobby burung berkicau. harga ombyokan yang sampai saat ini masih murah (walau semakin merangkak naik) juga menjadi faktor semakin meluasnya penyebaran ‘virus’ pleci.

    untuk membentuk burung pleci menjadi jagoan layaknya Zipper saya rasa harus senantiasa bersabar dalam pemeliharaan dan perawatan. nyatanya saat ini usia Zipper sudah tiga tahun; berarti selama itu pula pemeliharaan dan perawatan intensif yang dilakukan oleh Om Irvan.

    saya sebagai pemula/ombyoker dalam dunia per-Plecian berharap kelak memiliki ‘momongan’ yang bagus walau tak sehebat Zipper. dengan membaca artikel-artikel tentang burung pleci disertai praktik di lapangan; saya yakin mampu mewujudkan impian memiliki burung Pleci bagus walau bermula dari ombyokan. 🙂

    maju terus Plecimania Indonesia !!

  75. Tujuan bukan utama, yang utama adalah prosesnya…
    Terima kasih om Duto, om Irvan artikel ini sungguh2 bermanfaat dan secara tdk lgsng akan semakin meningkatkan pamor dari burung ini dan tentunya tdk sekedar utk mencari keuntungan ataupun materi saja dibalik itu. sy yakin ulasan mengenai rawatan, pemilihan, serta racikan Z-Food burung Pleci ini sdh melalui penelitian, trial and error yg tdk hanya sekali atau dua kali sehingga hasilannya pun tdk setengah2 dan ini sungguh luar biasa sekali. Selamat buat om irvan and om duto. Salam Plecimania Juga.

  76. nama zipper bagi pecinta2 Pleci dalam forum Pleci Mania sudah tidak asing lagi,memang top deh zipper..sekali lagi selamat om irvan…dan makasih info yang berharga ini….pelajaran yg berharga banget buat kicauers-kicauers sejati…..

  77. ZIPPER memang mantappp,,,
    sy sengaja tidak memberikan voer untuk pleci saya untuk menjaga warna naturalnya,tp kok ya hanya ngriwik” saja ga mau ngeplong,,,ngalas,,,ngerol padahal sudah 4bln rawat 5 pleci.
    dgn adanya Z-FOOD mungkin akan memberi solusi pd PC sy.
    trimakasih om duto n om orvan atas inovasi” ciamiknya

  78. salut dah buat ZIPPER,penyandang the best pleci di seluruh nusantara untuk saat ini,,,
    share pengalaman sy dlm piara pleci,,,semenjak terular pleci dr om irvan dkk. sekitar 4 bln yg lalu,sy sudah piara 4 dada kuning n 1 montanus. tp kok ya cm ngriwik” kasar aja ga mau ngeplong…ngas…ngerolll. dlm perawatan sy hanya memberikan pakan alami (buah,kroto,uh n madu) sengaja voer tidak sy kasih untuk menjaga warna natural pleci n kecocokanya pd pleci,tp ya itu td,,,blm ada yg ngeplong. dgn adanya Z-FOOD mungkin akan memberi solusi atas problem sy.
    trimakasih om duto n om irvan,ditunggu inovasi” selanjutnya,,,

  79. Pleci sebenarnya adalah burung yang sudah lama diminati ole banyak orang (para kicau mania). Tetapi pleci mungkin sebagian besar hanya sebagai burung Klangenan (burung rumahan) atau mungkin hanya sebagai burung master saja. Semoga dengan diadakannya kelas pleci, nilai pleci tidak kalah dengan burung kicauan lainnya. karena pleci sebenarnya tidak kalah cerdasnya dengan burung berkicau lainnya. dari segi pemasteran, pleci juga lebih mudah (daya tangkapnya). Selain receh (mudah bunyi), pleci juga bagus kicauannya… “Dan yang menjadi misteri pada burung pleci adalah bagaimana agar pleci mau tampil di lapangan???” karena pleci adalah burung koloni.

    untuk Z-Food nya om Irvan Sadewa, menarik sekali om, bisa dipasarkan di Indonesia… Semoga dengan adanya Z-Food, keinginan awal om Irvan Sadewa (mengangkat pleci menjadi burung lomba) tercapai dan kelas pleci tetap ada selamanya…. Dengan banyak sekali masukan dari om Irvan, semoga Indonesia ter-inspirasi dan ter-motivasi untuk mengangkat yang tidak mungkin menjadi mungkin… Karena sebenarnya di dunia ini tak ada yang tak mungkin… Jaya terus om Irvan Sadewa, sukses selalu….

  80. pleci prtama dikash ka2k bz penasaran “burung kecil segitu hargany selangit&bunyiny kyk pa?”tp br 3hr dpt udah kabur pdhl br dengar ngeriwikny tp pelan.ni dpt lg&lumayan jd&suarany apik tenan, isiny byk. dan paling aq suka bs suara tledekan padahal dr dl pingin puny tledekn serta perawatanny mudah,irit d kantong,bs teler,memasterny mudah&bs ganti warna sgl.

  81. Saya ucapkan selamat sblmya untuk om Irvan yg sukses dengan burung plecinya, dan terima kasih untuk om Duto yg dah sharing artikel prwtan burung pleci.Saya terkesan dengan burung kecil yg mempunyai kcerdasan sperti burung pleci, stelah saya baca artikel ini saya jd tertarik ne bwt momong pleci si kecil cabe rawit, hehehe. Kmrn smpet leat di psar brung tmpt tinggal saya semarang burung pleci dijual ombyok’an dan mulae bnyk peminatnya. Sblmya ga nyangka brung kecil sperti pleci bs mempesona layaknya brung kicauan kelas atas.
    Untuk wilayah semarang sendiri msh blm ad latber atopun lomba untuk kelas pleci, saya harap dengan dipublikasikanya artikel dr om Duto bs diadakan latber dan lomba untuk kelas pleci di berbagai kota yg belum ada. Sukses selalu untuk Om Irvan dan Om Duto serta kicau mania dipelosok negri. Sayangilah burung kicauan anda layaknya anda menyayangi diri kita sndiri para kicau mania. Salam kicau mania..

  82. Yang pasti burung Pleci endemis Indonesia. Di beberapa negara tetangga sangat diminati, bahkan menjadi satu-satunya jenis burung yang dilombakan. Seperti di Singapura.

    Melihat begitu besar minat negara tetangga terhadap pleci, bukan tidak mungkin jika kelak keberadaan pleci semakin sulit ditemukan. Patut diacungi jempol penangkaran (juga riset) Pleci yang dilakukan Om Irvan. Sedia payung sebelum hujan.

  83. wahh…ada produk baru nih,khusus burung kecil lagi…saya penggemar burung-burung kecil,salah satunya burung pleci.tapi sekarang lagi gk punya pleci karena belum pernah dapet pleci yang sesuai keinginan.pengenya sih pengen punya yang seperti Zipper,tapi kapan ya?hehehe…terusterang aja,saya belum pernah berhasil bikin pleci mau ngerol dengan suara lantang,paling mentok cuman ngeplong.sampai saya putus asa melihara pleci.tapi abis baca artikel ini,saya jadi pengen lagi hunting pleci.apalagi sekarang ada Z-FOOD,bikin penasaran pengen nyoba.buat pleci mania,ayo kita ramaikan dunia perplecian,hehehe…
    salam pleci mania…

  84. pada dasarnya perawatan ziper ama si bawor (pleciku) sama saja, bedanya ziper diplilh sama masternya pleci om irvan sedangkan bawor ama saya yg baru mengeenal pleci, berarti saya harus lebih banyak belajar lagi sama kang irvan cara pemilihan bakalan burung pleci agar pleciku nantinya sebagus ziper om irvan, hidup “PLEMAN INDONESIA”…

  85. wah ada ya skrg pakan khusus pc…selama ini hanya menggunakan pur cendet ato pur lele yang baunya sangat amis itu..mungkin dengan hadirnya Z-FOOD ini bisa memperlengkap nutrisi yang dibutuhkan oleh pleci..sehingga semakin mudah buat para pecinta pleci untuk memberikan makanan makanan yang cocok buat pleci kesayangannya..
    dengan hadirnya Z-FOOD tidak tertutup kemungkinan akan berefek pada kemudahan untuk “menyetel” pleci buat turun ke lapangan,karena selama ini banyak para pecinta pleci yang merasa kesulitan untuk menampilkan pleci..karena secara tidak langsung Z-FOOD dapat mencukupi nutrisi pleci yang nanti akan berefek kepada kebirahian pleci itu sendiri..
    semoga dengan hadirnya Z-FOOD mampu memberikan efek positif pada dunia perplecian..
    bravo PLECIIIIIIIIIIIII….

  86. sudah tidak asing lagi nama zipper bagi pecinta2 Pleci dalam forum Pleci Mania,,,banyak temen temen yg sangat menyukai pleci..kecil, indah dan merdu suaranya..,untuk burung rumahan cocok dan untuk event lomba jg oke..banyak jg yg ingin mencetak seperti yg di punya’i sesepuh pleci mania ini hehe..om irvan…dengan ilmu-ilmu yg telah diberikan-nya (om irvan) dan makanan yg sudah di louncing….semoga Pleci bisa berjaya di negeri Asalnya— Indonesia.

  87. Sempat mendengarkan langsung nyanyian zipper di kediaman om Irvan,Memang istimewa….
    Sempat ga nyangka kalau burung pleci bisa dimaster dan membawakan lagu masteringnya dengan bagus…
    Intinya memang perawatan yang konsisiten dan kita harus tahu karakter momongan kita jika ingin dapat momongan yang di inginkan.
    Salam kicau….

  88. Mantafff…, kasih tau infonya ke pleci kesayanganku ahhh. Pasti pleci dirumah ikut bangga, kawannya punya prestasi yang luar biasa berkat mengkonsumsi Z-Food dari om Irvan Sadewa. Pleci ku kapan ya, bisa mencicipi Z-Food nya…… 🙂

  89. Saya ucapkan selamat sblmya untuk om Irvan yg sukses dengan burung plecinya, dan terima kasih untuk om Duto yg dah sharing artikel prwtan burung pleci.Saya terkesan dengan burung kecil yg mempunyai kcerdasan sperti burung pleci, stelah saya baca artikel ini saya jd tertarik ne bwt momong pleci si kecil cabe rawit, hehehe. Kmrn smpet leat di psar brung tmpt tinggal saya semarang burung pleci dijual ombyok’an dan mulae bnyk peminatnya. Sblmya ga nyangka brung kecil sperti pleci bs mempesona layaknya brung kicauan kelas atas.
    Untuk wilayah semarang sendiri msh blm ad latber atopun lomba untuk kelas pleci, saya harap dengan dipublikasikanya artikel dr om Duto bs diadakan latber dan lomba untuk kelas pleci di berbagai kota yg belum ada. Sukses selalu untuk Om Irvan dan Om Duto serta kicau mania dipelosok negri. Sayangilah burung kicauan anda layaknya anda menyayangi diri kita sndiri para kicau mania. Salam kicau mania.

  90. wah memang mantabz si zipper ini, saya sdh setahun piara pleci, sampe sekarang sdh 7 ekor dari ombyokan semua, 5 yg dada kuning, 1 dada putih, 1 kecial lombok, ada yg sdh ngeroll 4 ekor, padahal kalo di rumah gantang bareng berani ngeroll, kalo di bawa latihan dengan pleci teman ga berani ngeroll, apa karena pleci saya masih muda ya, kalah wibawa dengan yg sdh bulu kelabu kayak zipper itu ?, sukses buat zipper dan om Irvan Sadewa…

  91. sebenarnya saya bingung apa yang menjadi daya tarik dari burung pleci itu ya ? apakah sama dengan boomingnya burung colibri ? hanya sekilas bertahan tidak sampai 2 Tahun, namun saya terkesima dengan talenta yang dimiliki om Irvan, sampai sampai ditangkar juga, namun apakah ada juga yang menangkar burung colibri ? ini yang menjadi topik bahasan yang belum diulas di forum. ya tapi yang namanya penghobi ada yang suka dan ada yang tidak, yang penting saya juga ikut memarakkan pleci mania di Indonesia hidup om Duto hidup Om irvan.

  92. saya dulu punya burung pleci tapi ndak tahu jenisnya, sekitar bulan Februari yang lalu dan terus terang saya juga masih awam tentang jenis kelaminnya juga kalu pagi cuman bunyi cing cing cing..ya akhirnya saya kasih temen aja, ehhhhh ternyata burung pleci sekarang ini lagi hot topik…pengen beli lagi yang kaya punya om Irvan, buat tambah momongan dan semoga juga bisa mengikuti jejak om Irvan menjadi master pleci mania

  93. jadi pengen miara lagi om, dulu pernah punya tapi keburu keok, dikampung ada yang nawarin 50 dah rajin, gak jd beli jadi nyesel, skrng demam pleci. Hidup pleci mania. Mudah2an muncul zipper2 baru di dunia per plecian biar makin rame. Makasih om duto atas infonya.

  94. Wuish kueruennn…. Dah diproduksi masal to om pakannya…. Kapan2 mampir ah ke padepokan gunung sempu…. Hehehe…. Semoga lancar dan sukses pakannya om irvan sadewa…. Salam PCMI ciw…ciw…ciw…. buat om duto thx’s & lam kenal…

  95. jadi semangat piara pleci lagi nih..walau di daerah sumatera lomba pleci ga ada, setelah dengar suara si ZIPPER jd kepengen bgt.. 🙂

  96. Hanya satu kata..”Luaaar biasaaa” bisa membuat burung pleci gacor dgn isian buanyak,padahal agak susah buat pleci bunyi apa lagi gacor soale kan burung liar smua.
    To om Irvan top markotop tuk inovasinya….lanjut terusss…

  97. Nama: pryandi
    E-mail: pryandi_888@yahoo.co.id

    Setelah mendengar suara burung pleci zipper, jadi heran sendiri kok bisa ya burung pleci meniru bnyk jenis burung, apalagi meniru jenis burung kenari. Padahal selama ini aku piara burung pleci suaranya gak pernah bisa jelas, alias pelan amat kedengarannya. Jadi semangat hunting pleci nih.. 🙂

  98. Semoga dengan adanya inovasi dalam hal makanan pleci ini bisa membawa kemajuan pada burung-burung pleci milik penggemar pleci sehingga mengurangi upaya eksploitasi masal hanya untuk mendapatkan pleci yang selama ini dinginkan oleh penggemar.

    Akan lebih indah lagi apabila para pakar kicaumania juga berani melakukan langkah konservasi dengan membudidayakan termasuk jenis burung pleci ini. Mindset saya bahwa pleci adalah burung yang kurang memiliki nilai ekonomis langsung hilang setelah tahu pinangan sebesar 20jt tidak cukup untuk membawa pulang Zipper dari rumah pemiliknya. Kali aja Om Irvan mau menangkar keturunan Zipper sang legenda pleci.

    Btw perlu dicoba neh produk barunya pada pleci ndeso saya.
    Sementara saya ambil video “before” aja dulu, kali aja suatu saat dapat Z-Food gratis kan tinggal ambil video “after” diberi Z-Food 🙂 hehehehe
    Monggo diberi masukannya untuk postingan berisi video pleci saya yang ndeso seperti kata Mr Tukul om hehehe.:

    [wpvideo K5DKpoEg w=500 h=320]

    Catatan Om Kicau: Maaf Om Deny, Video langsung saya pindah sini.

  99. Sekarang orang tidak bisa lagi memandang sebelah mata burung pleci…..sekarang sudah saatnya pleci disejajarkan dengan burung lain….buktinya Zipper dengan prestasi segudang dan harga selangit…..mudah”an pleci kelangenanku besok bisa seperti Zipper nya Om Irvan…..Thank’s buat Om Duto dan Om Irvan untuk artikelnya…..mudah”an besok ada lagi artikel tentang pleci……PLECI emang tiada matinya……….

  100. demam brg pleci mmg sdh menyebar dimna2..dulu wktu sy berumur 10 thn sy plg demen ni burung..tiap hri pleciku bunyi terus..sampai2 dirmh sy ada 20 pleci..dan stiap pagi sblm brgkt sklh plecinya sy lepas dan sore harinya balik sndri kekandang..namun syg..skrg sy trpksa pindah ke aceh..disini burung pleci tdk bs dijumpai..ingin rasanya melihara pleci lagi..berdasarkan pglmn sy ciri2 pleci yg bgs itu sprti garis putih dimata memanjang dan lebar,kpla bsr dan memanjang kebelakang,wrna cerah dan terang,berdiri tegap,dan ekornya pnjg..demikian pglmn sy memelihara pleci..salam plecimania

  101. abdul azis
    bravo om thx untuk ilmunya jaman dulu untuk cari ilmu memelihara burung sangat susah, sekarang dengan adanya web om kicau hanya tinggal klik dan rajin membaca semua ada dari perawatan sampai jenis penyakit burung ada, maju terus om.

  102. Wah jd pengen melihara…om tip milih pleci yg mantap..please….dilampung banyak…spa tau pleci lampung jd top kyak murainya..

  103. Wah jd pengen melihara…om tip milih pleci yg mantap..please….dilampung banyak…spa tau pleci lampung jd top kyak mutainya…

  104. uhhh perawatan zipper neh emang super istimewa.. wajar deh kalo sampe bisa menuai keberhasilan hehehe
    ane mo coba nyari pleci yang sesuai kondisi seperti ciri diatas besok ah… setahu ane tadi sore di kengkong cicadas banyak pleci bahan masuk ehhehe moga aja ada yang sesuai …. dan bisa dapetin bahan yang wokeehh

    sekali lagi ini ulasan bener bener bermanfaat buat ane yang lom mengerti ama neh pleci heheheh

  105. Weleh weleh, burung segede jempol, harga bisa nyampe 20 juta lebih…satu kata bwat zipper…muaaaaastttabbbb…t. Saya juga punya om burng pleci, tapi di jabodetabek belom ada kelas nya untuk brng pleci…ya tak rawat aja, sekalian bwat masteran…!!

  106. Beberapakali miara pleci dan gelatik wingko nggak pernah bertahan lama.
    Khususnya pleci, kalo nggak terbang ya mati.
    Penasaran melihat Pleci tetangga, sudah jinak suaranya bagus pula.
    Rawatannya biasa saja, di kasih pisang, voer dan sesekali kroto.
    Pas Istri jalan-jalan ke warung pulang ngasih tahu, katanya ada pleci suarane bagus.
    Karena penasaran di datanginlah itu warung … weik … pleci kok ngocehe koyo ngene batinku.
    Nggak tahu isiannya apa saja, tapi lebih bagus dari punya tetangga.
    Waktu nanya di kasih pakan apa saja, ternyata nggak jauh beda.
    Yang beda tetanggaku beli jadi sekitar 150rbuan.
    Yang punya warung beli dari 15rbuan.
    Terus kok bedo … ?
    Ayo Om … sharing, ciri-ciri/katuranggan/jenis Pleci yang bagus.
    Siapa tahu kita juga ketiban pulung, dari harga belasan ribu jadi jutaan … hehehehe

    • Ciri pleci yang bagus dan bermental bagus menurut Om Irvan memang tidak kasat mata secara jelas. Hanya Om Irvan bilang, yang lincah, relatif tidak takut didekati tangan. Untuk pilihan katuranggan berhubungan dengan suara, pilih yang mulut paruh belakang lebar. Nah masalahnya selebar apa itu, kalau kita tidak membanding2kan antara satu pleci dengan lainnya. Iya kan?

  107. Saya pernah punya pleci dengan rawatan seadanya, tetapi memang sering dikasih uh yang ganti kulit. suaranya ngerol kenceng banget, apalagi pas ditaruh di toko yang pas lagi rame jadi gak berhenti bunyinya. paling seneng kalo disetelin suara blacktroat, tambah menggila. karena akan saya tinggal utk agak lama, maka saya kasihkan aja ke temen. sekarang ternyata demam pleci melanda. mungkin kalo masih ada, harganya bisa 19 juta. maklum isiannya sejagat, biasa aku taruh dikandang penangkaran parkit dan love bird, siangnya dijemur bareng kenari, js, kacer, ciblek, prenjak, gelatik wingko. eh, kemarin nyoba piara lagi baru sehari udah keok. tetep semangat akan nyoba lagi. sukses om irvan.

  108. tull slalu tuh emang pleci burung bagus dan cerdas bisa menirukan suara burung apa aja saking senengnya saya piara sampai 9 ekor bisa suara prenjak ciblek dllnya topp banget pleci apalagi kalau lagi telerrrr
    tapi kalau beli jagan salah pilih yaaaa… yg matanya putih di dalamnya yaaa sobat semua salam kicau maniak

    • Wah saya seharian memang menunggu cari momen yang pas untuk memvideokannya. Cuma, begitu HP kamera saya mendekat, si Zipper malah mendekat ke kamera dan berhanti ngerol. Nah ketika dapat pada sore hari, malah gambarnya guelap dan cuma dapat suaranya. Ya suara itulah yang saya upload di artikel tersebut.

  109. luar biasa….selamat om ma zippernya and Z-foodnya….ane udah lama naksir ma jenis burung yang satu ini….siap-siap aja om, tar lagi bakalan ada The New Zipper punya ane….hehehehe…sekali lagi selamat om…and makasih info yang berharga ini….pelajaran yg berharga banget buat kicauers-kicauers sejati…..

  110. untuk jenkel burung pleci jantan apa cukup ditandai ujung ekor berbentuk ‘V’ om?, kebayang kalo zipper melantukan bukaan tembakan cililin serta roll tajamnya blackstrout… serasa di kaki pegunungan yg masih dipenuhi tumbuhan2 tropis…

    • Soalnya itu yang paling mudah Om. Kalau kebetukan beli di ombyokan yang nggak ada ekor, ya tentu perbandingkan bodynya. Jantan cenderung langsing panjang, betina nyempluk (apa sih bahasa Indonesianya hahahaha).
      Yang tentu lebih akurat adalah suaranya. Cuma kalau sama-sama sedang ngriwik, betina juga ngeriwik variatif. Nah kalau pas ngeplong, betina cujma cing…cing…cing tunggal. Tidak berulang rapat seperti jantan.

  111. luar biasa..saya baru tau kalo pleci bisa menirukan suara burung lain seperti kenari,cililin,blackthroat dll. apalagi zipper punya majikan ahli perawatan burung pleci sudah tentu setiap even pasti nangkring sebagai juara. selamat om Irvan sukses terus dengan inovasi nya

  112. Mantap Zipernya…saya juga dari 2.5 tahun yang lalu ngadopsi pleci yg saya beli dg harga 10ribu dg maksud untuk masteran wat ngerapetin suara2 burung utama.Baru saya sadari 1 tahunan lebih dari skarang ternyata plecinya ngeluarin suara2 kacer,LB,MB,Cililin Om.Rawatan saya waktu pertama beli tiap hari selalu ada pisang kepok(sampe skarang),voor SKM,kroto sminggu skali sisa dari burung2 utama,tiap hari diberi UH yg putih 2-1 P/S.Skarang saya suka maenin tuh pleci pake tangan soalnya suka ngleper sambil bunyi

  113. 2 jempol untuk om irvan dan zipper-nya, artikel yang sangat berguna untuk pleci-pleci di rumah.
    sekalian tanya nih om apa pemberian madu bisa membuat pleci jadi rajin?

  114. Tq om duto n om irvan sadewa atas di sharing ny tentang burung pleci,.terutama tentang zipper…sy slh seorang yg menyukai burung pleci jg,.sy jd tambah bersemangat dlm merawat pleci sy,.setelah membaca artikel ini…tp sayang dijkt blm ada kls utk pleci,.hehehehehe…semoga ke depan ny burung pleci mendapatkan kelas ny…sekali lg tq om duto n om irvan atas sharing ny…maju trs plecimania n dunia kicau tanah air indonesia

  115. woi.. hebat banget kau zipper.. suara kau lantang.. suara kau menantang.. gak kebayang andai kau terbang ke kandang aku.. sukses slalu kau zipper,bahagiakan bosmu dengan suara kau..

  116. Nama : Hermanto
    Alamat E-mail : hermanto@ekn.co.id

    Wah..akhirnya keluar juga ulasan PC Idola ku ZIPPER…terima kasih buat Om Irvan yang mau berbagi sedikit tentang perawatan Zipper , semoga dapat menambah wawasan kita semua.

Komentar ditutup.