Hilangkan kebiasaan salto pada cendet ala Aryo Gresik

burung-cendet-thumnailSalah satu kebiasaan buruk yang diperlihatkan burung cendet adalah salto. Karakter ini jelas akan mengurangi nilai dalam penjurian ketika berada di lapangan yakni nilai jelek pada performa burung.

Sebagus apapun kualitas suara cendet, jika diiringi dengan salto, maka hal itu tidak ada guna dan manfaatnya. Peluang untuk menang akan sangat tipis. Lantas apa yang harus dilakukan agar cendet yang sudah memiliki kualitas suara bagus namun diperburuk oleh karakter tersebut.

Aryo, mania cendet asal Menganti Gresik memiliki resep yang bisa digunakan dan mungkin diterapkan oleh mania cendet lain menghadapi masalah yang sama.

“Salto pada cendet memang tidak bisa dihilangkan, sebab itu sudah menjadi karakter yang hamper dimiliki oleh setiap burung cendet. Namun setidaknya kita bisa memiriimalisir salto tersebut sehingga burung bisa lebih tenang dan memiliki kebiasaan yang sedikit bisa terkontrol,” papar Aryo.
Dirinya mengukur tingkat kebiasaan burung dalam hitungan menit. Jika ada cendet yang terbiasa salto sebanyak 10 kali lebih dalam hitungan lima menit, maka dengan resep ini jumlah salto bisa dikurangi menjadi satu sampai dua kali saja dalam hitungan waktu yang sama.
Full kerodong
Kunci dalam mengurangi kebiasaan salto adalah kerodong. Setiap hari diupayakan cendet harus dalam kondisi kerodong. Fungsi kerodong sebenarnya agar burung bisa lebih tenang. Semakin sering rentang waktu burung tenang karena dikerodong, maka tingkat saltonya akan bisa dikurangi.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Jika memang tidak mendesak, usahakan agar kerodong tetap menempel pada sangkar burung. Karena jika sering dibuka, maka kondisi burung akan semakin parah kebiasaan saltonya. Apabila itu terjadi maka proses pemulihan akan membutuhkan waktu lebih lama lagi. Itu artinya bahwa burung tidak bisa lagi diturunkan di arena.

Pada saat dijemurpun kerodong harus tetap berada pada posisi semula, tidak boleh dibuka dengan alasan apapun. Namun berikan ruang sirkulasi udara dengan membuka bagian resleting. Penjemuran cukup dilakukan selama lebih kurang tiga jam.

Sebelum burung dijemur harus dimandikan seperti biasanya. Nah hanya pada saat inilah kerodong dilepas dari sangkar, selanjutkan dipasang kembali.

Tingkat birahi tinggi

Salto, menurut Aryo adalah imbas dan sifat cendet yang terbilang sebagai burung fighter. Sehingga di manapun dan kapanpun cendet akan selalu melakukan gerak fighternya. Terlebih jika tingkat birahi dan cendet itu sendiri begitu tinggi, maka salto akan menjadi dampak yang kurang menguntungkan.
Pemberian menu makan seperti jangkrik, juga harus dikurangi sebanyak separuh jumlahnya. Jika sebelumnya jangkrik diberikan sebanyak sepuluh ekor, maka dikurangi merijadi lima ekor.

Tambahkan ulat bumbung atau krodo sebagai menu extra. Jika rutinitas seperti ini bisa dilakukan dengan normal, maka dalam hitungan kurang lebih satu bulan, burung akan bisa kembali diturunkan di arena dengan performa yang lebih bagus.

Namun perlu diingat juga bahwa kerodong harus tetap diterapkan sepanjang perjalanan karier sang cendet.

Catatan Om Kicau:
Artikel di atas bersumber dari Majalah BnR. Dalam hal penjemuran dalam kondisi dikerodong, perlu dilakukan ekstra hati-hati (dibatasi) dengan minuman penuh di wadah minuman. Apalagi jika panas matahari sedang menyengat, ada baiknya dipertimbangkan lagi tips yang ditulis di atas.

Salam sukses untuk cendet mania!!

Pembahasan masalah burung salto, bisa juga Anda ikuti pada artikel ini:

Cegah atau obati burung salto, mungkinkah?
Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

39 Comments

  1. om saya ada cendet yang sangat gacor. setiap kali melihat orang mendekat langsung ngoceh terus sambil nabrak2 sangkar mau nyerang.abis gitu diiringi salto sambil terus ngoceh sehingga buntutnya gmpang rusak.padahal sudah sebulan tak pernah kasih EF tk ada perubahan. akhirnya kasian tk ksih 1 ekor/hari. ini kenapa om ? apa ada solusi buat cendet yang seperti ini

  2. om saya mau bertanya bagaimana cara menghilangkan kebiasaan cendet ketek’an?tolong sara nya om
    karena saya baru tau beli di teman kalau cendet ketek’an..gak di ketek i gak bunyi
    terima kasih om
    mohon bantuan nya

  3. Miisssii mau tnya pentet saya biez mabung tp,bloem tuntas truz keadaannya pentet saya bulu mengkorok dan mbagong….
    Cara mengatasinya bgmna ya om….???

  4. Om,aq mau tanya cendetku ekor awalx sdh mau panjang trus patah n hbs sama skali,trus g tumbuh lg slama 2 bulan ini. Knp ya om? Apa itu mabung? Tp bulu badannya g rontok tuh.. Mhn tipsnya om.

  5. telah ditemukan burung perkutut.yang kedua kakinya ada gelang bertuliskan nama ERASI ……..harap hubungi 03171044544.demikian danm terima kasih

  6. misi om mau nanya,saya baru aja beli pentet dipasar tp sampai dirumah stres dan g mau makan,gmn cara mengatasinya om??trimakasih sblmnya

    • berikan ef saja dulu seperti uler kandang, kroto, UH, jangkrik, gak usah keburu kasih voor. burung stress butuh asupan nutrisi lebih banyak untuk mengimbangkan metabolismenya.

  7. om bagaimana cara menghilangkan ketakutan pada burung cendet,kalau berkicau ada orang takut, gimana om cara menghilangkannya…………

  8. slm knal 0m…
    mau tanya ?
    sy punya cendet,s0al suara udh lumayan tebal dan tembakannya lumayan panjang.
    Dan yg ingin sy tanyakan,gmn cara menenangkan cendet biar tdk banyak bergerak kalau pas saya gandeng 0m ?
    makasih sebelumnya ya 0m….

    • ditempel masteran burung lain, dan jauhkan dari suara ayam atau kucing tapi hal ini tidak bisa menghilangkan tapi meminimalkan, dan juga suara-suara mati tersebut tidak akan dilagukan ketika cendet sedang digantang.

  9. thank om artikel ini sangat membantu saya, soal ea burung cendet di rumahku, suara ea dah bagus, kumplit tapi sayang kebiasaan salto ea semakin ksni semakin parah, mudah2an dengan membaca artikel ini saya bisa memperbaiki kebiasaan buruk ea itu.

  10. permisi maz,slm knal…belakangan ini saya suka dgn burung..
    terutama cendet(pentet) tp anehx burung ini klo saya ketek atau sy tunjukan tangan dia kok langsung mbagong(ndekem dgn bulu yg mengkorok..itu knp ya…trima kasih atas pencerahanx

    • mungkin pentetnya manja karena terbiasa dikasih jangkrik langsung dari tangan, sementara full krodong/sendirikan dan jangan biasakan untuk digoda tangan. untuk kasih pakan langsung ditaruh cepuk pakannya saja om.

  11. cendet mabung yg pertama umur 3-4 bulan tupun klo kondisinya sehat….kl kurang sehat bisa sampe umur 6 bulan….
    klo mabung yg kedua umur 12-13 bulan….

    • pada beberapa artikel mengatakan bahwa burung mabung cukup di beri voer aja. Tp pada artikel laen mengatakan bahwa burung mabung perlu di naikkan ef nya karna lebih banyak membutuhkan ..
      Baeknya ngikutin saran yg mana @ohm?
      Dan berapa minggu burung mabung harus di kerodong.

  12. menurut pengalaman saya itu semua bener tpi ada yang kurang sedikit..saat memandikanya..
    nah ni saran dari saya, kalo memandikan burung salto itu harus di semprot dari atas karna untuk membiasakan burung itu tdak melompat ke atas terus salto…..ni aja yg bisa aq sampekan pada kicau mania…..

  13. Om di habitatnya apakah cendet juga sering salto? apa karena si cendet di dalam sangkar jadi punya sifat salto? matur tengkyu om Duto

      • menurut sy cendet salto karena ruang gerak yg di batasi oleh sangkar sedangkan di alam liar mereka bebas…belum lagi tingkat emosi yg ga stabil…kalau ada cendet hasil penangkran kemungkinan untuk saltonya sangat kecil……mohon maaf klo salah….lanjut om…..

  14. salam sukses OM
    Om sy mau nanya,umur berapa burung cendet mabung? Apakah cendet asal majalengka (JAWA BARAT)tergolong bagus? Apa pernah cendet majalengka pernah jadh juara? mungkin itu saja dulu om
    makasih sebelumnya.
    SALAM SUKSES SLALU.. 😀

    • pentetku umur skitar dua bulanan @wa, , tadinya q blm yaqin,karna q juga maseh awam tntang burung, tp stlah beberapa hari kog bulunya makin rontok yg membuatku mengira burungku mulai mabung

Komentar ditutup.