Tips membedakan jantan – betina burung branjangan ala Om Yogi Prayogi

Burung branjangan
Burung branjangan yang semakin popular, sehingga upaya menjaga kelestarian dengan menangkarkannya harus dilakukan

Membedakan jenis kelamin burung branjangan (Mirafra javanica) memang hal yang relatif sulit. Jantan dan betina dari burung yang termasuk keluarga Alaudidae dari genus Mirafra memiliki penampilan yang hampir mirip, tidak seperti kerabatnya dari genus Melanocorypha yang bisa di-sexing berdasar penampilan fisik luar. Namun hal tersebut tentu bukan masalah besar bagi orang yang sudah faham dan berpengalaman menangani branjangan seperti Om Yogi Prayogi yang mau berbagi tips bagaimana membedakan burung branjangan jantan dan betina.

Kiprah lama Om Yogi di dunia branjangan memang tidak perlu diragukan. Sudah bertahun-tahun dia menjadi penggemar burung branjangan, yang karenanya dia pun berinisiatif untuk mulai melestarikan burung yang kini mulai sulit ditemukan di habitat aslinya itu melalui usaha penangkaran.

Kini, tidak sedikit penggemar burung branjangan yang mulai merintis penangkartan burung yang suka hoovering ketika berkicau ini. Kebangkitan branjangan juga tampak dari semakin maraknya lomba-lomba khusus kelas branjangan.

Lomba branjangan
Lomba branjangan

Membedakan jenis kelamin (jantan-betina) branjangan

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Burung jantan dan betina dari genus mirafra ini sama-sama memiliki kemampuan berkicau meskipun suara kicauan burung jantan lebih bervariasi. Ini berbeda dengan genus melanocorypha seperti burung pailing (Melanocorypha mongolica), karena hanya burung jantan dari genus ini yang bisa berkicau.

Seperti disebutkan Om Yogi melalui grup Himpunan Pelestari Branjangan Indonesia, membedakan jenis kelamin burung branjangan bisa dilakukan dengan memperhatikan beberapa kondisi sebagai berikut :

  • Melihat penampilan anakan
  • Melihat bentuk kepala
  • Melihat ukuran tubuh
  • Mendengar suaranya
  • Melihat warna bulu dada
  • Melihat bentuk ekor

1. Melihat penampilan anakan

Branjangan anakan
Branjangan anakan
Bentuk kepala burung anakan betina cenderung lebih kecil dari bentuk kepala burung jantan, selain itu anakan burung jantan memiliki warna bulu yang lebih tajam dan tegas dibanding anakan burung betina, bahkan dari suaranya terdapat perbedaan.

2. Melihat bagian kepala

Kepala branjangan
Bentuk kepala burung branjangan jantan | Foto koleksi Yogi. P


Burung jantan memiliki mata dengan pandangan yang cukup tajam dan jika diperhatikan lebih seksama ada bulu halus berwarna hitam yang terdapat pada bagian depan mata dekat dengan paruh bagian atas. Selain itu jika dicermati pada bagian paruh dan bawah kupingnya, maka akan terlihat bulu yang berwarna putih yang tampak berdiri (mekar).

3. Melihat ukuran tubuh

Beda jantan betina burung branjangan
Membedakan jenis kelamin berdasarkan ukuran tubuhnya
Secara umum, burung jantan memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dari burung betina. Namun hal ini tentu akan berbeda tergantung asal daerahnya, misalnya burung branjangan betina yang berasal dari Jawa tentu akan memiliki tubuh yang lebih besar dari burung yang berasal dari NTB atau daerah lainnya.

4. Melihat warna bulu dada 

Branjangan
bulu dada yang halus dan tegas pada burung jantan | Foto koleksi om TM

Umumnya juga burung jantan memiliki bulu-bulu yang halus dan tegas pada bagian dadanya. Bentuk bulu ini mulai terlihat sejak burung masih berusia trotolan.

5. Mendengar suaranya

Burung branjangan jantan dan betina
Membedakan jenis kelamin dari suaranya
Pada burung yang masih berusia muda, burung betina cenderung jarang atau malas berbunyi dibandingkan burung jantan muda yang lebih sering ngeriwik. Ketika burung sudah berusia dewasa, burung betina akan memiliki kemampuan bersuara lebih keras namun kurang variasi dengan suara kicauannya yang monoton (diulang-ulang), sedangkan burung jantan akan memiliki suara yang cukup lantang dengan suara kicauan yang cukup bervariasi.

6. Melihat bentuk ekor

Burung branjangan jantan dan betina
Branjangan Jantan (kiri) dengan ekor yang selalu terbuka dan burung betina dengan ekornya yang sering menutup | Foto koleksi om TM

Bagian ekor adalah bagian yang bisa menjadi salah satu yang jadi perhatian ketika memilih burung branjangan yang berjenis kelamin jantan. Burung branjangan jantan biasanya memiliki bentuk ekor yang tampak selalu terbuka / mengembang, sedangkan bentuk ekor burung betina cenderung memiliki ekor yang tipis dan sering menutup.

Setelah anda mendapatkan burung sesuai dengan kondisi di atas, maka perawatan selanjutnya pun cenderung akan lebih mudah. Karena bagaimanapun burung jantan pasti akan berkicau, dan cepat atau lambatnya proses kicauan burung tersebut tentu tergantung dari bagaimana bentuk perawatan yang telah anda terapkan selama ini.

Semoga bermanfaat
Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.