Ikan sungai, udang kecil dan telur ayam, alternatif extra food untuk burung

Banyak penghobi burung yang sering kebingungan memilih extra food (EF) atau makanan tambahan untuk burung di luar kroto, jangkrik, ulat hong kong, ulat kandang, cacing, kelabang dan lain-lain yang secara umum sudah digunakan sebagai makanan tambahan. Padahal ikan air tawar yang kecil-kecil sebangsa wader pari, cetol atau petul, udang sungai kecil dan bahkan telur ayam yang direbus dan diiris-iris bisa menjadi extra food.

ikan cetol dan udang kecil
Pakan tambahan alternatif

Untuk pemanfaatan ikan kecil-kecil itu sering saya lakukan untuk murai batu. Hal itu saya lakukan setelah melihat apa yang dipraktekkan Om Tony “Bajak Laut” Alamsyah majikan Black Bird Keeping (BBK) Cilacap untuk makanan indukan murai batu di penangkaran. Pemberian udang kecil dan telur ayam juga dipraktekkan Om Toni untuk burung-burung tangkarannya.

Untuk udang kecil, biasanya diberikan antara 4-6 ekor, begitu juga dengan porsi ikan cetol atau ikan petul. Diberikan pagi-sore, khususnya ketika kepada burung di kandang tidak dberi/tidak disediakan kroto.

Sedangkan untuk telur, maka perlu direbus dulu dengan cara dipecah dan isinya dituang ke dalam plastik kemudian di tim, atau direbus langsung masih di dalam plastik. Dengan demikian, telur putih dan kuningnya nanti sedikit bercampur tetapi bisa menggumpal lembut. Iris memanjang kecil-kecil telur (baik kuning telur maupun putih telurnya) dan berikan dengan takaran sekitar 1 sendok makan pagi/sore.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Demikian sobat, sedikit tips pemberian EF atau pakan ekstra kepada burung selain EF yang selama ini biasa kita berikan. Dengan EF berupa udang, ikan atau kuning telur, ternyata burung juga sehat-sehat dan berkembang dengan bagus, sementara beban Anda sendiri juga semakin enteng. Sebab, untuk telur ayam, secara umum mudah didapat.

Kalau ada yang mudah, mengapa cari yang susah-susah…. ya kan?
Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

15 Comments

  1. nyari pakan EF yang murah banyak di alam atau gampang diternak apa yah .. mhn info om om ..
    kroto sudah melejit harganya . UK dan UH rada susah di ternak.

  2. sejalan dengan thread di forum pakan kicaumania om. udang dan telur ayam mengandung protein dan kolesterol tinggi. bisa menggantikan kroto.

  3. numpang tuker pngalaman Om.
    Om klo pke ikan air tawar tu dh saya terapin sjak saya msih d bangku SMP utk Burung penthet kesayangan saya Om..
    hasily bagus buat burung saya.
    klo katak sawah buat burung tengkek Om.

Komentar ditutup.