Gelatik belong, indah dilihat indah dikonservasikan dan punya saya pun mulai beranak pinak

Gelatik belong atau Padda oryzivora adalah salah satu burung indah yang hidup di Indonesia, khususnya di Jawa, Sumatra dan sebagian Kalimantan. Keindahan bulu gelatik belong inilah yang menjadi salah satu daya tarik bagi tamu yang berkunjung ke Hotel Melia Purosani Jogja. Hotel ini sudah lama dikenal sebagai satu hotel yang peduli dengan lingkungan burung. Bekerja sama dengan BKSDA DIY dan Yayasan Kutilang, manajemen hotel selalu aktif mengenalkan kehidupan burung, khususnya yang ada di sekitar hotel kepada para siswa sekolah.

Sosialisasi terhadap kehidupan burung gelatik Jawa atau Padda oryzivora itu misalnya dilakukan pada Rabu 23 Oktober 2012.

Burung gelatik jawa

Birdwatching di Hotel Melia Purosani Jogja
Birdwatching di Hotel Melia Purosani Jogja

Burung berukuran kecil ini memiliki persebaran di Pulau Sumatera, Jawa, dan Sulawesi. Di Jogja, burung dengan populasi kecil dan terfragmentasi (tersebar) ini bisa ditemukan di desa, kebun, areal pertanian, bahkan di perkotaan.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Pada tahun 2004, burung gelatik jawa kali pertama ditemukan menempati sela-sela bangunan hotel Melia Purosani. Kala itu jumlahnya sekitar 45 ekor. Pada 2012, jumlahnya menyusut, tinggal 23 ekor karena predator dan kalah dari burung gereja yang mengambil jatah makan serta sarang burung gelatik jawa.

”Makanya upaya konservasi kami lakukan bekerjasama dengan BKSDA dan Yayasan Kutilang,” ujar General Manager Melia Purosani Gilberto Mayen.

Konservasi yang dilakukan sejauh ini adalah dengan memberikan biji-bijian sebagai pakan. Serta membiarkan pohon cemara di sekitar hotel sebagai tempat bersarang.

Menurut Gilberto, keberadaan Gelatik Jawa menjadi satu daya tarik tersendiri. Apalagi, terkadang burung ini turun ke area pool side maupun parkiran, sehingga bisa dilihat tamu. ”Bangga juga, karena burung ini memilih hotel kami untuk bersarang. Kami berupaya ikut menyelematkan dengan mempertahankan populasi,” tuturnya.

Aktivis Yayasan Kutilang Sunaring Kurniandaru menjelaskan, gelatik jawa masuk sebagai satwa yang rentan punah pada 1998. Karena habitatnya rusak, sehingga perkembangan populasi terhambat. Alih fungsi lahan menjadi pemukiman, sehingga tak ada pohon untuk bersarang dan bertelur. Jumlah makanan yang terbatas serta adanya predator yang memangsa burung ini.

”Predator seperti elang dan ular. Selain itu adanya perburuan terhadap gelatik jawa juga menjadi penyebab. Warna burung ini sangat unik, badan berwarna hitam dan ada sedikit warna kuning di leher membuat gelatik jawa dijadikan kelangenan,” tuturnya.

Upaya penyelamatan dilakukan dengan menjaga populasi. Misalnya, pantauan perkembangan di Melia Purosani serta dibantu kebutuhan makannya. Juga menjaga lingkungan sekitar untuk bersarang dan bertelur.

Pengenalan kepada khalayak juga perlu dilakukan agar lebih peduli dan menghindari perburuan. ”Salah satunya dengan edukasi dan pengenalan satwa ke para siswa,” katanya sebagaimana dikutip radarjogja.co.id.

Upaya penangkaran gelatik belong

Upaya penangkaran burung gelatik belong sudah banyak dilakukan. Saya misalnya, sangat tertarik menangkarkannya dan saat ini ada belasan pasang di rumah yang beberapa di antaranya mulai beranak pinak.

belasan pasang burung gelatik jawa di penangkaran om kicau
Belasan pasang burung gelatik jawa di penangkaran Om Kicau

Indukan burung tersebut saya kumpulkan dari pembelian satu dua ekor dan kemudian saya masukkan ke kandang koloni.

Menurut pengalaman selama ini, burung yang mudah berkembang biak adalah burung gelatik hasil penangkaran. Sementara burung tangkapan hutan, yang kini banyak dijumpai di pasaran, sulit ditangkarkan karena harus melalui proses domestikisasi yang lama, berbulan-bulan bahkan ada yang lebih dari dua tahun.

Penangkaran burung gelatik relatif mudah dibandingkan penangkaran burung kenari atau lovebird misalnya. Kesulitan utama adalah menentukan jenis kelamin burung ini karena termasuk burung monomorfik. Untuk referensi tentang jenis kelamin burung gelatik batu, silakan cek artikel Sulitnya sexing gelatik.

Jadi sementara ini yang saya lakukan dalam penangkaran adalah memasukkan setiap burung gelatik yang saya beli dan akhirnya mereka mencari pasangan sendiri-sendiri. Celaknya, saya sendiri tidak bisa menentukan berapa jumlah jantan dan betina yang ada di kandang penangkaran. Tahunya, jumlah keseluruhan ada lebih dari 20 ekor burung dan beberapa di antaranya sudah mulai menghasilkan anakan….

Anda tertarik? (*)
Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

19 Comments

  1. UNTUK DAERAH JOGJAKARTA DIMANA SAYA BISA MENDAPATKAN INDUKAN GEKATIK BELONG INI. ATAU KEPADA SIAPA SAYA BISA BERHUBUNGAN? TRIMAKASIH.(ADI y)

  2. Kalo afa informasi yang salah mestinya segera di koreksi demi akurasi info yang sudah kadung beredar?

    Catatan Om Kicau:
    Sudah diluruskan. Terima kasih.

  3. OM,lo mo tangkap liarnya g ush bingung2. ngapain beli,lhawong di tmpat Q buanyak….
    pe diusir ma warga tani krna ngrusak padi. bat sapa aj yg pngen nangkap liarny buruan datang,mo cari puluhan pe ratusan. Binuang Kalsel

  4. . maaf om tapi yang di foto itu gelatik pelong atau gelatik jawa , java finch…
    kalau gelatik batu itu yang buat kicau.an om bunyi.nya wuci wucit wucit pemakan serangga.
    kalau gelatik pelong lbih diminati buat hias karna lbih bgus warna.nya untuk suara cuma monoton makanan.nya biji2.an…
    mohon di koreksi… agar tidak terjadi salah paham antara gelatik batu dengan gelatik pelong , walau sama2 gelatik tapi dari segi suara , makanan , dan bentuk badan sudah berbeda….

    #suwun

  5. Sedikit meluruskan: Gelatik batu sama dengan Gelatik Wingko (Lereng Merapi)… kalau Gelatik Jawa sama dengan Gelatik belong (Klaten dan Sleman)

  6. Memang penamaan seringkali membuat bingung…karenanya Perhimpunan Ornitholog Indonesia mencoba membuat pembakuan nama dalam bahasa Indonesia agar mudah dalam membangun kesepakatan. Meski nama lokal dan nama daerah masing-masing juga perlu utnuk terus dijaga.

    Artikel ini sebenarnya mengungkap Jenis Gelatik Jawa (Padda oryzivora) atau yang oleh umumnya orang di Klaten dan Jogja disebut Gelatik belong:

    sementara Gelatik batu (Parus major) atau yang biasa di lereng Merapi disebut dengan nama Gelatik wingko adalah :

  7. om kok ane bingung negh… yang ane tahu gelatik batu or wingko paruhnya hitam dan bulu di warnai atas warna hitam dan putih… nah kalo yang kayak di gambar kalo disini di bilang gelatik sawah om.. maaf kalo salah,…. ane aslinya pengen tahu yang benernya om… biar kagak salah ane nye hehehe

    • terkadang nama burung di tiap kota atau daerah berbeda om, bahkan di surabaya gelatik batu kerap disebut gelatik holland.

  8. om Duto pict di atas itu dari jenis gelatik batu,gelatik wingko atau gelatik jawa..,maaf sblmnya om sy blm bgtu paham jenis2 gelatik yg ada. mksh om.

  9. om saya punya 4 gelatik batu tetapi tidak mau kawin,pas dulu beli udah dipasangin,dan saya udah baca sulitnya sexing glatik,jadi yg benar yg mana? bentuk paruh/warna paruh,saya juga tidak tahu yg mana jantan dan betina,harga glatik batu di malang mahal 1pasang 100-lebih mangkannya saya mau tanya jodohin gelatik. MOHON SOLUSINYA OM SAYA TRIMS OM

    • sexing gelatik batu tidak semudah melihat bentuk dan warna paruh, sementara ini metode sistem ternak koloni seperti artikel diatas.

Komentar ditutup.