Waspadai kroto campur belatung

Setelah ramai kabar mengenai kroto berformalin, kini muncul kabar mengenai kroto campur belatung. Hal ini dialami teman saya usai membeli kroto di pasar untuk bakalan murai batunya. “Kondisi kroto sudah terbungkus kertas koran dan dilipat, jadi tidak sempat melihat isinya, karena langsung dimasukkan ke kantong plastik,” ujar Hendra (27), pengemar burung kicau di Bogor.

Kroto segar
PILIH KROTO YANG MASIH SEGAR DAN TAK BERAIR SAAT DIPEGANG

Hendra mengaku tak bisa berbuat apa-apa, karena kios langganannya di pasar burung sedang kehabisan stok kroto. Setiba di rumah, ia langsung membuka bungkusan. Betapa kaget dia saat melihat isinya kroto campur belatung. Ia pun langsung membuangnya, daripada muncul masalah di kemudian hari. Akhirnya, MB bakalan itu hanya sarapan dengan ulat hongkong saja.

Melihat kejadian tersebut, kita sebagai konsumen harus benar-benar jeli dan bisa memilih apa yang terbaik untuk peliharaan kita. Kroto, misalnya, meski hanya Rp 2.000 per bungkusnya, tetapi kalau yang dibeli sudah basi atau dicampur bahan pengawet formalin, apalagi bercampur belatung, tentu akan membahayakan burung peliharaan. Bisa jadi burung akan sakit perut atau kalau dikonsumsi terus-menerus bisa menyebabkan infeksi lambung atau penyakit lainnya.

Sebelum membeli kroto, pastikan kalau kondisinya masih segar. Hal ini bisa dilihat dari warna dan jumlah semut rangrang yang masih hidup. Pada kroto yang sudah tidak segar, kandungan airnya meningkat dan banyak semut yang sudah mati.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Jika ada penjual yang main bungkus saja, Anda sebagai pembeli jangan ragu-ragu untuk membuka kertas koran. Kalau memang masih segar, tentu penjual tak keberatan dibuka. Kalau dia bersikeras meminta kita jangan membukanya, nah… itu pertanda kalau dia main curang.

Semoga bermanfaat !

Salam dari Om Kicau.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

2 Comments

Komentar ditutup.