Pelajaran dari Washington: Menganiaya burung diganjar 6 bulan

Beginilah kalau hukum sudah ditegakkan. Tak peduli siapakah yang jadi korbannya, selama itu makhluk hidup, maka risiko harus ditanggung sendiri. Hal ini dialami Richard J Atkinson, pria berusia 63 tahun, yang divonis bersalah oleh hakim di Washington karena terbukti menusuk burung nuri dengan garpu dan merusak rumah milik mantan pacarnya.

Tindak kekerasan itu dilakukan Richard pada tanggal 19 Agustus lalu, yang membuat burung nuri bernama Bailey sekarat dan akhirnya mati. Akibat perbuatannya, Richard dijatuhi hukuman penjara selama 6 bulan.

Harian The Dailly Herald melaporkan, selain kurungan penjara, hakim pengadilan di Washington juga memerintahkan pemeriksaan mental terdakwa Richard, dan mengharuskannya membayar ganti rugi atas kematian Bailey serta rumah mantan yang dirusaknya.

Lebih celaka lagi, terpidana juga tidak diperbolehkan memiliki binatang peliharaan. Barangkali dikhawatirkan perangai buruknya terhadap binatang akan terulang kembali. Burung nuri yang naas itu sudah 18 tahun menjadi burung piaraan mantan kekasih Richard.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Pengacara Richard mengatakan, kliennya tidak ingat apa yang dilakukannya, karena pengaruh wiski yang dicampur obat antidepresi sebelum peristiwa itu terjadi. Tapi hakim tak terpengaruh. “Semoga penjara dan perawatan yang harus dijalaninya dapat mencegah dia untuk menyakiti binatang lagi,” kata Hakim George Appel.

Bagaimana kalau hukum seperti itu juga diterapkan di Indonesia ya? Pasti mereka yang pernah membakar hidup-hidup ratusan jalak di Sumatera Utara, atau melakukan penyembelihan massal ayam ketawa yang tak dilengkapi dokumen di Kupang, akan diganjar lebih dari 6 bulan. Eh, tapi ini kan bukan di Washington?

Semoga bisa menjadi renungan bersama.

Salam sukses untuk Anda, salam sukses dari Om Kicau.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.