Menjawab keraguan soal pemberian ulat hongkong untuk kenari dan finch

Tulisan ini tidak ingin membangun pro-kontra soal pemberian ulat hongkong (UH) untuk kenari dan jenis burung finch lainnya. Tetapi sekadar menjawab keraguan bagi yang kenari / finch mania yang selama ini menentang, berdasarkan pengalaman yang dilakukan sejumlah penggemar di dalam dan luar negeri. Pokoknya peace deh…

Memang, sampai saat ini masih banyak kalangan yang meragukan tentang pemberian UH untuk kenari dan finch. Mereka memutuskan untuk tidak menggunakannya, bahkan tidak memberikan pakan hidup dalam bentuk apapun, dan terbukti menuai sukses baik dalam perawatan maupun penangkaran.

Di sisi lain, kita juga tidak boleh menafikan banyak kicaumania senior yang memberikan pakan hidup seperti UH untuk kenari dan finch. Mereka umumnya berpendapat bahwa pemberian UH bisa memberi dampak positif terhadap perilaku dan perkembangan kenari, terutama induk yang  merawat anak-anaknya.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Kalau kita menyimak blog-blog dan beberapa forum manca yang menganjurkan pemberian UH, semangatnya bukan pada unjuk “kebenaran” mengenai boleh dan tidaknya pakan hidup untuk kenari / finch. Masalahnya sederhana saja, UH mempunyai kandungan protein tinggi. Jika Anda tak menggunakannya, maka harus menyediakan pakan berprotein tinggi sebagai gantinya dan biasanya harus merogoh kocek cukup dalam!

Kenari yang sejak anakan sudah diberi pakan biji-bijan, telur rebus, dan sayuran, mungkin sulit untuk diubah pola makannya dengan penambahan menu UH atau mealworm. Tetapi jika menu ini mulai dibiasakan sejak kecil, kenari / finch pada akhirnya mau juga.

Di luar negeri sudah banyak pabrikan yang memproduksi UH kering dalam kaleng untuk kenari, baik untuk burung piaraan maupun penangkaran. Dalam komposisinya kerap disebutkan kandungan protein kasarnya sekitar 48 – 50%, sehingga sangat penting untuk pertumbuhan burung muda.

SEKELOMPOK GOULDIAN FINCH (GOULD AMADINE) BERPESTA MENYANTAP UH KERING
( foto: ncgouldianfinches.com )

Pemberian pakan berprotein tinggi juga dibutuhkan selama masa berkembang biak, Bahkan penangkar kenari / finch di negara-negara Eropa dan Amerika kerap memberikan UH dan larva ngengat (wax worm) sebagai pakan hidup untuk piaraan mereka.

Dari beberapa referensi, ulat hongkong memiliki kandungan air sekitar 57%. Jika dikeringkan, sehingga menjadi UH kering, pakan ini mengandung protein kasar (49%), lemak kasar (40%), abu (3 %), dan kandungan ekstrak non-nitrogen 8%. Mealworm juga mengandung asam amino cukup tinggi, sehingga sangat penting diberikan pada burung semasa mabung / molting.

Melihat kandungan nutrisi tersebut, UH memang baik untuk kenari / finch. Hanya saja, porsinya tidak boleh disamakan dengan jenis burung pemakan serangga. Secukupnya saja, sambil kita perhatikan apakah kenari menikmatinya.

Pemberian UH dalam porsi terlalu banyak bisa membuat suhu tubuhnya meningkat. Selain itu, kadar lemak yang tinggi juga bisa membuat kenari / finch menjadi gemuk jika diberikan dalam porsi banyak.

Salam sukses untuk Anda, salam sukses dari Om Kicau.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.