Pesona rangkong asli indonesia: kenali, cintai, dan hindari sanksi

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Masih ingat dengan peristiwa yang dialami Sunarto, penghobi burung yang ditangkap karena membeli rangkong? Kalau pengakuannya benar, maka dia adalah korban ketidaktahuan terhadap spesies langka yang dilindungi UU. Untuk mencegah kejadian serupa menimpa kita semua, para kicaumania Indonesia, saya ingin membawa Anda pada pengenalan terhadap beberapa spesies rangkong asli Indonesia. Intinya, yuk kita mengenali dan mencintai rangkong agar tak musnah dari Bumi Indonesia.

Rangkong memiliki beberapa nama alias, antara lain burung julang, enggang, dan kangkareng. Orang bule menyebutnya hornbill, karena paruhnya besat dan kuat seperti tanduk.Di seluruh dunia terdapat 14 spesies rangkong, yang tersebar di Asia dan Afrika.

Semua spesies rangkong berada dalam ordo Bucerotidae, dan semuanya termasuk dalam daftar burung yang dilindungi di Indonesia (silakan pencet link tersebut, kemudian lihat nomor 10). Bucerotidae (kosakata Latin) juga berarti tanduk sapi.

Dari 14 spesies yang ada, tiga diantaranya merupakan burung endemik Indonesia, artinya hanya dijumpai di negara kita saja, yaitu :

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS
  • Rangkong sulawesi, atau julang sulawesi ekor hitam (Rhyticeros cassidix). Sesuai dengan namanya, spesies ini merupakan fauna asli Pulau Sulawesi, bahkan dijadikan identitas Provinsi Sulawesi Selatan. Sebagian masyarakat setempat menyebutnya dengan nama rangkong buton, burung taonn, atau burung alo.
  • Julang sulawesi ekor putih atau kangkareng sulawesi (Penelpoides exarhatus) yang juga burung endemik Sulawesi.
  • Julang sumba (Rhyticeros averitti), atau disebut juga rangkong sumba, atau nggokgokka, yang termasuk burung endemik di Sumba, Nusa Tenggara Barat.

hb-001-horz

Selain ketiga spesies endemik tersebut, ada juga jenis rangkong lainnya yang tersebar di Kalimantan, Sumatera, dan Papua, yaitu:

  • Kangkareng perut-putih atau burung Kelingking (Anthracoceros albirostris).
  • Kangkareng hitam atau enggang gatal birah atau burung kekek (Anthracoceros malayanus).
  • Enggang cula atau rangkong badak atau burung tahun-tahun (Buceros rhinoceros).
  • Enggang papan atau rangkong papan (Buceros bicornis).
  • Enggang gading atau rangkong gading atau enggang terbang mentua (Rhinoplax vigil).
  • Enggang klihingan atau enggang konde, julang jambul abu-abu, burung arau, atau burung belukar (Anorrhinus galeritus).
  • Enggang jambul atau enggang jambul putih (Berenicornis comatus).
  • Julang jambul hitam atau enggang berkedut (Aceros corrugatus).
  • Julang emas atau julang mas, enggang musim, atau enggang gunung (Rhyticeros undulatus).
  • Rangkong dompet (Rhyticeros subruficollis).

Enggang gading merupakan satwa yang dijadikan maskot (fauna identitas) Kalimantan Barat. Sedangkan rangkong papan merupakan jenis rangkong yang terbesar yang memiliki panjang tubuh mencapai 160 cm.

Yuk, mengintip sarang rangkong

Seperti halnya enggang kalimantan yang diabadikan sebagai simbol kasih sayang, enggang di belahan dunia lain pun memiliki sebutan yang sama. Misalnya crowned hornbill (Tockus alboterminatus) yang ada di Afrika Selatan. Setelah masa perkawinan, burung betina masuk ke lubang pohon dan bertelur di sana.

Selama bertelur hingga merawat anak-anaknya, lubang tersebut “disegel” atau ditutupi dengan campuran lumut dan lumpur oleh burung jantan, dengan menyisakan lubang kecil agar pejantan bisa memberi makan pasangannya dan anak-anaknya yang berada di dalam.

Gambar berikut diperoleh dari birdinfo.co.za dalam sebuah infographic karya Hugh Chittenden (November 2007), yang menunjukan betapa unik kehidupan pasangan ini saat merawat anak-anaknya.

betina akan berdiam dalam sarangnya untuk bertelur dan merawat anak anaknya
INDUK BETINA BERADA DI SARANG PADA LUBANG POHON UNTUK BERTELUR, MENGERAMI TELUR, DAN MERAWAT ANAK-ANAKNYA. (FOTO : HUGH CHITTENDEN)

Induk rangkong betina akan berada terus didalam sarang yang disegel burung jantan selama hampir dua bulan. Selama itu pula, suplai makanan dipasok pejantan. Setelah bertelur, burung betina akan mengalami masa mabung, dimulai dengan rontoknya bulu sayap dan bulu ekor. Mungkin karena hal inilah burung jantan menutup pintu sarang, karena khawatir atas keselamatan pasangannya yang sedang mabung.

Burung jantan akan melindungi sarang tersebut dan memberi makan untuk betina dan anak-anaknya
RANGKONG JANTAN MELINDUNGI SARANG DAN MEMBERII MAKAN UNTUK BETINA MAUPUN ANAK-ANAKNYA SETELAH MENETAS. (FOTO : HUGH CHITTENDEN)

Setelah masa mabung selesai, burung betina akan keluar sarang setelah merusak pintu masuk yang dibuat pasangannya. Uniknya, saat induk betina keluar dari sarang, anak-anaknya yang masih bertahan di dalam sarang akan membetulkan kembali pintu masuk yang dijebol induknya.

Dengan cara demikian, anak-anak rangkong selamat dari ancaman predator. Kali ini, suplai makanan untuk mereka dipasok bersama antara induk jantan dan betina. Kedua induk akan memberikan makanan dari luar, sampai anak-anaknya sudah siap meninggalkan sarang.

anak-anaknya akan merenovasi sarang yg sebelumnya telah dirusak induknya agar bisa keluar. Photo: Hugh Chittenden
ANAK-ANAK RANGKONG AKAN MERENOVASI SARANG YANG DIJEBOL INDUK BETINA SEELAH MENYELESAIKAN MASA MABUNGNYA. (FOTO : HUGH CHITTENDEN)

Sungguh, sebuah desain kehidupan yang menarik yang telah dititahkan Tuhan untuk rangkong. Anda belum pernah mendengar suara burung rangkong? Nah, kalau penasaran, silakan dengarkan suaranya di sini.

makin memperkaya khazanah perburungan, sekaligus makin mengenal dan mencintai rangkong.

PESAN OM KICAU

Yuk, kita berjanji untuk tidak menangkap burung rangkong, apalagi memanfaatkan sebagian atau seluruh bagian tubuhnya untuk kepentingan apapun.

Hanya kita, warga Indonesia, yang bisa menyelamatkan plasma nutfah burung asli Indonesia tersebut, apapun spesies atau jenisnya.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.