Lomba foto burung berhadiah Rp 120 Juta

Selingan dikit ya, masih ada hubungannya sama burung kok. Buat sobat kicaumania di Sumatera, apalagi di Sumatera Utara, dan kebetulan menyukai dunia fotografi, ini ada lomba foto burung berhadiah total Rp 120 juta. Kalau menang, bisa beli murai batu trah juara, he…he… Lomba ini diselenggarakan dalam rangka Milad Ke-74 H Anif, tokoh pengusaha di Medan, dan merupakan gelaran rutin setahun sekali.

Sebagai wujud kepedulian konservasi alam dan flora fauna, H Anif menggelar lomba foto dengan objek satwa burung di Kolam Perumahan Cemara Asri. Lomba dibagi dalam dua kategori, yaitu Umum dan Pelajar / Mahasiswa. Pemenang favorit juga akan mendapat hadiah tambahan berupa kamera senilai Rp 8 juta.

Seperti pada tahun lalu,  lomba ini konsisten mengusung muatan edukasi ekologis dalam bentuk lomba foto. Menurut Ketua Panitia Lomba Budi Rumngangun, lomba ini merupakan salah satu media untuk mengajak masyarakat Indonesia, khususnya Medan, untuk lebih mengenal kekayaan jenis burung Nusantara.

Di kolam Cemara Asri Medan terdapat 12 spesies burung yang bersifat penetap maupun migran. Keindahan burung yang bersarang di kolam Cemara Asri inilah yang akan diabadikan para fotografer dan dilombakan untuk mendapatkan Trofi H Anif.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Hadiah tahun ini jauh lebih besar daripada tahun lalu. Dulu juara 1 “hanya” Rp 10 juta, sekarang Rp 25 juta. Hal ini untuk merangsang para peserta agar memotret dengan kualitas terbaik. “Jumlah hadiah ini bisa disebut sebagai terbesar di lomba foto sejenis yang pernah diselenggarakan di Medan, dan Insya Allah kita akan mengundang MURI untuk mencatat beberapa hal menarik dari lomba ini”  kata Budi.

Setelah lomba, foto-foto yang dihasilkan dapat dikenalkan kepada masyarakat luas lewat pameran foto yang akan diselenggarakanselama 3 hari, yaitu 23 – 25 Maret di Cemara Asri. Tujuannya agar terbentuk kesadaran di masyarakat kita akan pentingnya menjaga kekayaan flora fauna.

Sebagai panduan, berikut ini omkicau.com lampirkan beberapa karya pemenang tahun lalu.

CONTOH LUKISAN PARA PEMENANG TAHUN 2012
CONTOH LUKISAN PARA PEMENANG TAHUN 2012

Kategori Peserta dan Hadiah 

  • Kategori A ( Umum ) 

Juara 1 :   uang tunai Rp 25 juta + Trofi Haji Anif

Juara 2 :   uang tunai Rp 20 juta + Trofi Haji Anif

Juara 3 :   uang tunai Rp 15 juta + Trofi Haji Anif

  • Kategori B ( Mahasiswa / Pelajar ) 

Juara 1 :   uang tunai Rp 20 juta + Trofi Haji Anif

Juara 2 :   uang tunai Rp 15 juta + Trofi Haji Anif

Juara 3 :   uang tunai Rp 10 juta + TrofiHaji Anif

Ketentuan Lomba

  • Terbuka untuk umum, warganegara Indonesia, dan berusia minimal 15 tahun dengan pembagian kategori : A) Umum dan B) Mahasiswa / Pelajar.
  • Mendaftar ke sekretariat lomba dengan menyerahkan fotokopi identitas diri (KTP/SIM) dan KTM/Kartu Pelajar/Ijazah terakhir untuk kategori mahasiswa/pelajar.
  • Setiap peserta akan diberikan T-shirt dan stiker Tanda Peserta Lomba untuk akses ke wilayah Kolam Burung Cemara Asri. Selama memotret dilarang menggangu ketentraman habitat kolam.
  • Menggunakan kamera digital dengan kualitas file LARGE/FINE dan sisi terpendek 3000 pixels dan dilarang menggunakan picture style selain “standard” dan filter kreatif lainnya.
  • Hasil foto merupakan karya asli peserta, dilarang memakai identitas orang lain. Para pemenang akan diuji keabsahan karyanya melalui ujicoba memotret oleh tim fotografer panitia.
  • Jumlah foto yang dilombakan maksimal 5 (lima) per peserta dan foto yang dilombakan merupakan hasil pemotretan dalam kurun waktu yang telah ditetapkan panitia.
  • Foto diserahkan dalam bentuk original size (save as quality maximum) ke dalam CD dengan penamaan file seperti contoh:

A_HANDOKO_MELAYANG_KOWAKMALAM.JPG
(kategori peserta_nama peserta_judul foto_nama burung)

  • Olah digital minor diperkenankan hanya cropping maksimal 10 % dan adjustment brightness / contrast. Dilarang keras mengubah warna/saturasi foto.
  • 3 (tiga) pemenang masing-masing kategori dan 5 (lima) foto “apresiasi khusus” akan ditentukan oleh Dewan Juri.
  • 100 foto akan diseleksi panitia dan akan diunggah ke grup facebook “Lomba Foto Kolam Burung Cemara Asri” dan ditentukan pemenangnya melalui vote komen “like”.
  • Setiap peserta dikenakan biaya pendaftaran Rp 70.000 (Kategori A) dan Rp 50.000 (kategori B).
  • Setiap foto yang dilombakan akan menjadi milik panitia dan dapat digunakan untuk keperluan dokumentasi / publikasi / promosi panitia

Rundown Acara 2013

2 – 22 Feb:Pendaftaran peserta
14 Feb- 8 Mar:Pengambilan foto
9 – 12 Mar:Pengumpulan karya foto peserta
14 – 19 Mar:Publikasi vote “Like” di Facebook
21-Mar:Penjurian foto
23-Mar:Pameran 100 foto terbaik
Pengumuman pemenang (penyerahan hadiah / trofi oleh H Anif)

Pendaftaran Lomba

    • Panitia Lomba Foto : Kantor Pemasaran Perumahan Cemara Asri – Cemara Asri Boulevard No 132 Medan Telp. (061) 45277725
    • PT Anugerah Langkat Makmur – Jl Sei Deli 14-16 (sebelah Kampus IBBI) Medan Telp (061) 4524579
    • Galeri Cinta – Jalan Abdullah Lubis Komplek Paragon C3 (sebelah Masjid Al Jihad) Medan 20154 Telp. (061) 4527511
Peta Lokasi Galeri Cinta
Peta Lokasi Galeri Cinta
  • Inhouse Printing – Komp Multatuli Indah Blok AA-7  Medan Telp (061) 4515866/4531650

Info lengkap tentang lomba ini bisa diakses melalui akun jejaring sosial facebook Lomba Foto Kolam Burung Cemara Asri dan twitter @lfkbca.

Semoga bermanfaat

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

4 Comments

  1. Salut sama Pak Haji yg perhatian ama dunia Fotografi dan lingkungan hidup. Sayang lokasi di Medan, jauh buat saya, maybe lain kali lokasi bisa di seluruh Nusantara…..

Komentar ditutup.