Ramuan jamu sehat kenari ala Om Jauhar

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Masih berkaitan dengan masa pancaroba yang membutuhkan perhatian ekstra, artikel kali ini lebih ditujukan untuk penggemar dan penangkar burung kenari. Untuk menjaga kenari tetap dalam kondisi fit dan sehat selama perubahan musim tersebut, yang menurut BMKG Pusat berlangsung selama Maret – Mei 2013, Anda bisa membuat ramuan jamu sehat ala Om Jauhar yang sudah diterapkan di penangkaran kenarinya di Surabaya. Ok, silakan ambil pena dan secarik kertas untuk mencatat “bumbu dapur” yang dibutuhkan.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Bahan baku yang dibutuhkan :
2nrkk1g (1)

  1. 1 kg pakan kenari dalam bentuk biji-bijian.
  2. 1 ruas jahe berukuran besar.
  3. 3 ruas kunyit berukutan sedang.
  4. 2 butir telur ayam (hanya diambil kuning telurnya saja).
  5. 4 sendok teh madu asli
  6. 10 butir kapsul minyak ikan
  7. 3 butir multivitamin ( misalnya Natur-E )

Proses pembuatan :

  • Ambil jahe yang sudah disiapkan, kemudian kupas kulitnya dan diparut.
  • Lakukan pekerjaan yang sama untuk kunyit.

1 jahe

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

  • Hasil parutan jahe dan kunit ditampung dalam wadah.
  • Buka kapsul minyak ikan (10 butir), dan tampung seluruh isinya dalam dalam piring kecil.
  • Buka pula kapsul multivitamin (3 butir), dan tampung semua isinya dalam piring kecil.

minyak ikan-horz

  • Sekarang masukkan 4 sendok teh madu murni ke dalam kuning telur yang sudah disiapkan, lalu diaduk hingga merata.
  • Setelah semua bahan terkumpul, kini waktunya dicampurkan ke dalam satu wadah dengan menambahkan air matang sebanyak 1/3 gelas, kemudian diaduk hingga seluruh bahan tersebut bercampur merata.

bahan

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

  • Tuangkan pakan kenari ke dalam wadah, lalu dicuci dengan air bersih dan disaring, sehingga air yang keluar dari saringan tersebut berwarna jernih atau tidak kotor seperti pertama kali penyaringan.

314csk1-horz

  • Setelah biji-bijian tersebut dirasa sudah bersih, campurkan seluruh bahan-bahan jamu tadi ke dalam wadah yang berisi pakan bij-bijian, kemudian diaduk hingga merata.

nvwaro-horz

  • Keringkan racikan jamu yang bercampur dengan biji-bijian ini. Pengeringan bisa dilakukan dengan cara menjemur di bawah panas matahari atau hanya diangin-anginkan saja.
  • Setelah kering, hasil racikan bisa dimasukkan dalam wadah toples dan ditutup rapat-rapat toples.
  • Simpan toples ramuan ini dalam lemari, dan bisa disajikan sewaktu-waktu untuk kenari Anda.

Melalui ramuan ini, menurut Om Jauhar yang juga moderatior kenari di forum kicaumania.or.id, burung menjadi lebih tahan dari perubahan suhu dan cuaca yang tidak menentu seperti pada masa pancaroba sekarang ini.

Note: Ramuan ini bersifat memproteksi tubuh burung dari pengaruh perubahan cuaca dan suhu udara. Tetapi untuk mencegah serangan penyakit tetelo / ayan / ND, yang sering terjadi di masa pancaroba, lebih dianjurkan untuk tetap melakukan tindakan preventif / pencegahan melalui obat khusus seperti BirdPro.

Selamat mencoba, semoga berhasil.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

13 Comments

  1. assalamu’alaikum

    Pak, mau tanya. Sedikit keluat Topik. Tapi penting banget…
    Itu saringan ijo yang ada di gambar belinya di mana ya? Serius. Saya nyari di jogja gak ketemu…

    Kalau bisa saya nitip belikan, nanti ganti uang dan biaya kirimnya…

    Terimakasih sebelumnya

  2. perendamannya kira2 berapa lama om sebelum dijemur?untuk multivitamin misal diganti birdvit/birmineral bisa ga om, kalo bisa kira2 berapa takarannya?

      • jika sampai kering apa tidak mengurangi kandungan gizi dan mineral yg ada di biji-bijian tsb om ?
        mohon pencerahannya…

        • tujuan perendaman adalah agar ramuan terbasebut teresap kedalam biji-bijian karena disitulah manfaat sebenarnya dari ramuan ini om, sehingga tidak begitu saja menguap atau hilang begitu dijemur atau diangin-anginkan, untuk masalah penjemuran ada alternatif lain yaitu dengan cara disangrai dengan api yang sedang agar khasiatnya tidak hilang atau cepat menguap karena suhu yang panas. teapi tentu saja yang lebih baik adalah menjemur/dianginkan di bawah matahari karena kalau disangrai kemungkinan akan merubah rasa dari biji-bijian tersebut sehingga tidak alami juga membuat beberapa bijian yang lunak cepat gosong seperti biji sawi. untuk masalah akan berjamur atau tidaknya mungkin juga bisa teratasi jika kita menjemurnya tidak dibawah matahari yang terik ( jemur sebelum matahari muncul ) jadi sambil diangin-anginkan untuk melepas bakteri penyebab jamur.

        • tujuan perendaman adalah agar ramuan tersebut meresap kedalam biji nya yang ada didalamnya, karena burung memakan isinya bukan bagian luarnya. jadi tidak akan mengurangi khasiatnya om.

          • Mantabs infonya Om…
            Saya sudah buat ramuannya
            Tapi hasilnya kok selalu berminyak ya ? Pakan agak lengket. Mungkin efek dari minyak ikan. Saya sudah coba jemur lagi di bawah terik matahari. (Seharian) hasilnya tetap lengket om. Ato memang jadinya seperti itu ?

  3. Om sy mau tny seputar burung kenari holland yang sedang mabung, brp lama proses mabungnya ?, pakan apa yang pas buat kenari saya yang sedang mabung ?, apakah ada masalah kalau saya telat mengambil tindakan saat kenari itu sedang mabung (tidak cepat ditangani dan cukup lama) ?. menurut info yg sy terima kalau kita telat menangani kenari unuk jenis Holland yang sedang mabung akan terjadi burung tsb tidak akan bunyi alias gacor …

    Terima Kasih …

Komentar ditutup.