Mengenal raja perling sulawesi dan kerabatnya di kawasan timur Indonesia

Burung raja perling umumnya dijumpai di kawasan timur Indonesia, khususnya Sulawesi dan Maluku serta pulau-pulau kecil di sekitarnya. Peta persebarannya bahkan sampai ke utara, tepatnya di Filipina. Meski jarang ditemukan di pasar burung, banyak orang yang memeliharanya untuk dijadikan kelangenan, terutama raja perling  sulawesi / jalak sulawesi (Basilornis celebensis). Ini  burung endemik Sulawesi, khususnya Subkawasan Sulawesi yang meliputi Sulawesi, Lembeh, Muna, dan Butung. Suaranya mirip perling kumbang atau camperling, hanya saja volumenya lebih keras dan lebih tajam.

Burung-burung yang termasuk dalam genus Basilornis merupakan anggota keluarga jalak-jalakan (Sturnidae). Selain raja perling sulawesi, beberapa spesies yang termasuk dalam genus Basilornis antara lain :

  • Raja perling seram /  long-crested myna (Basilornis corythaix)
    Penyebaran di Pulau Seram, Maluku Selatan. Tubuh agak besar (26 cm), berwarna hitam dengan bercak putih pada bagian sisi kepala dan dadanya. Kulit di sekeliling mata terlihat seperti kacamata pucat, dengan jambul tegak dan khas. Burung ini sangat mirip dengan raja perling sula, dan perbedaannya terletak pada bentuk jambulnya saja.
  • Raja perling sula / helmeted myna (Basilornis galeatus)
    Penyebaran di Pulau Banggai (Peleng dan Banggai) dan Pulau Sula (Taliabu, Seho, Mangole) di Sulawesi. Tubuhnya juga agak besar (26,5 cm), berwarna hitam  dengan bercak putih pada bagian sisi kepala dan dadanya. Memiliki kemiripan dengan raja perling sulawesi, namun ukuran tubuh dan jambulnya lebih panjang.
  • Raja perling filipina / Apo myna (Basilornis mirandus) : burung endemik di Filipina.
RAJA PERLING SULAWESI - RAJA PERLING SULA - RAJA PERLING SERAM
Dari kiri : Raja perling sulawesi, raja perling sula, dan raja perling seram.

Berdasarkan IUCN Red List, raja perling sulawesi berada dalam status Least Concern / LC (Risiko Rendah) atau tidak mengkhawatirkan. Seperti halnya burung jalak lainnya, raja perling termasuk burung pemakan apa saja. Bukan hanya buah dan serangga yang disukainya. Kalau Anda berikan nasi dan roti pun, burung ini mau menyantapnya juga. Perawatan harian tidak jauh berbeda dari burung jalak lain seperti jalak nias dan jalak kerbau.

JALAK SULAWESI ( SULAWESI MYNA )
Burung jalak sulawwsi / raja perling sulawesi.

Kalau untuk masteran, burung ini rasanya kurang cocok. Sebab lagunya terlalu ramai dan tanpa irama. Tetapi raja perling bisa digunakan untuk memancing burung lain agar rajin berbunyi. Jika penasaran, silakan lihat video milik Om Masykur Ananda yang diunggah di youtube.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Video raja perling

Jika ingin mendengarkan suaranya saja, klik tombol Play atau Download kalau ingin mengunduhnya dalam bentuk mp3.

Suara raja perling | Download

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

1 Comment

Komentar ditutup.