Russian canary yang bersuara unik dan nyeleneh

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Setelah mendengar kicauan burung russian canary atau kenari rusia di sini, saya sangat tertarik untuk mengetahui lebih banyak mengenai burung tersebut. Meski tubuhnya terlihat kecil dan kurus, jangan sepelekan jenis kenari yang satu ini. Sebab, begitu mendengar kicauannya, Anda akan terpukau oleh kekuatan suara dan irama lagunya. Berikut ini informasi singkat mengenai kenari rusia, yang bisa menambah referensi kita mengenai dunia perkenarian.

Kenari  rusia pertama kali diperkenalkan oleh imigran Rusia yang membawa burung ini ke negara tujuannya, khususnya negara-negara di Amerika Utara seperti AS dan Kanada. Di Rusia, kenari ini telah dikembangbiakan selama ratusan tahun melalui seleksi indukan yang sangat cermat.

Lalu, apa yang menyebabkan burung ini begitu istimewa sehingga mampu menarik perhatian para peternak kenari di Amerika Utara dan sejumlah negara Eropa? Berikut ini beberapa kelebihan yang dimiliki kenari rusia :

  • Memiliki kemampuan mengagumkan dalam menghafal sebuah lagu (memorinya kuat).
  • Memiliki larynx yang terlatih, dengan kemampuan yang sangat bagus, yang diwariskan dari generasi ke generasi. Larynx adalah kotak suara yang terletak pada persambungan rongga mulut dan trachea. Kotak suara inilah yang memungkinkan burung berkicau atau bersuara. Larynx terdiri atas rangka tulang rawan dan pita-pita suara. Otot-otot di dalam larynx akan menyesuaikan posisi, bentuk, dan tegangan dari pita-pita suara. Peralatan khusus inilah yang memberikan kemampuan khusus pada kenari rusia untuk meniru lagu panjang dan suara-suara bervariasi.
  • Memiliki komposisi lagu yang baik dan terdiri atas gabungan beberapa irama seperti halnya gabungan burung liar yang berbeda habitat misalnya di hutan, lapangan, dan sungai-sungai. Itu sebabnya, suara kicauan kenari rusia terdengar alami, tidak seperti kenari german roller ataupun waterslager yang harus dilatih dulu dengan suara buatan seperti suara gemuruh dari air yang mengalir dan suara alami lainnya.
  • Suara nyanyian kenari rusia terdiri atas 10 – 15 nada tinggi, dan bisa dilagukan selama 45 – 60 detik.
MEMILIKI KARAKTER SUARA YANG UNIK DAN LAIN DARI YANG LAIN
Kenari rusia memiliki karakter suara yang unik.

Sayangnya, kenari yang memiliki lagu-lagu unik ini tidak begitu banyak dikenal di dunia. Perkembangannya dimulai sekitar 300 tahun lalu, ketika para peternak kenari di Tyrol, Jerman, membawa kenari ini ke Rusia. Pada awalnya, suara kenari ini sangat keras sehingga banyak penangkar kenari di Rusia mulai melatihnya dengan teknik tertentu agar suaranya bisa terdengar lebih lembut.

<---maaf menyela sebentar--->

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

-----------------------------------

Mereka melatihnya dengan memperdengarkan suara organ, seruling, alat musik pipa, dan lonceng, lalu dikembangbiakkan  agar diperoleh keturunan yang memiliki karakter suara baru. Upaya ini ternyata berhasil, di mana suara kicauan kenari rusia ini bisa dibilang sangat mirip dengan alunan suara seruling, dentingan piano, dan sebagainya.

Sejak itu, makin banyak penangkar di Rusia yang memasukkan lagu-lagu baru pada kenari jenis ini, dan memasternya dengan burung-burung pilihan,  sehingga makin menambah variasi kicauannya.

Kenari rusia merupakan burung dimorfik, sehingga burung jantan bisa dibedakan dari burung betina sejak masih muda, melalui perbedaan warnanya. Burung jantan muda memiliki wajah yang lebih oranye daripada burung betina yang rata-rata pucat.

Burung betina dengan warna yang lebih pucat (kiri) dan burung jantan dengan warna muka yang lebih oranye (kanan)
Burung betina terlihat lebih pucat (kiri), sedangkan burung jantan memiliki warna muka yang lebih oranye.

Berikut ini suara kenari rusia yang bisa Anda dengar dan download untuk menambah koleksi kicauan di rumah :


  • Video Russian Canary

Semoga bemanfaat.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

3 Comments

Komentar ditutup.