Mengapa induk kenari bertelur di tempat pakan?

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Kenari merupakan burung yang cukup popular bagi semua kicaumania di Indonesia. Burung kecil dengan beragam varietas ini digemari selama bertahun-tahun, bahkan tidak sedikit pula yang mencoba menangkarkannya, baik untuk tujuan pribadi maupun sebagai bisnis. Nah, beberapa penangkar pemula sering kaget, lalu mengeluh, mengapa induk betina kenari tidak bertelur dalam tempat bersarang yang telah disediakan, melainkan di dalam wadah pakannya. Kok bisa begitu ya? Mau tahu jawabannya?

Ilustrasi
Ilustrasi

Karena belum pernah mengalami, sebagian penangkar pemula pun tidak tahu bagaimana cara mengatasi kejadian ini. Ada yang mencoba memindahkan telur ke dalam sarangnya, atau bahkan membiarkannya bertelur di tempat pakan.

Jika hal tersebut dilakukan secara hati-hari, maka yang terjadi berikutnya adalah indukan tak akan mau mengerami telur-telurnya, atau bahkan membuang telur-telurnya ke dasar kandang / sangkar. Karena itu, bagi yang belum tahu, Om Kicau akan menjelaskan dulu beberapa penyebab induk betina kenari bertelur dalam wadah pakan.

Dengan mengetahui penyebabnya, Anda bisa memprediksi kekeliruan (sengaja / tidak sengaja), untuk kemudian mengambil tindakan sesuai dengan faktor pemicunya. Sedikitnya ada empat penyebab induk kenari bertelur di wadah pakan, yaitu :

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS
  • Tempat bersarang yang tidak nyaman. Misalnya terlalu dekat dengan bagian atas sangkar, atau bisa juga terlalu mepet ke dinding sangkar.
  • Tempat bersarang menggunakan bahan penyusun sarang yang tidak sesuai.
  • Bahan sarang terkontaminasi oleh bau-bauan, misalnya kamper, atau zat lain yang digunakan untuk mengawetkan bahan sarang tersebut.
  • Tempat bersarang terlalu banyak kutu dan tungau.

Jika Anda pernah memiliki induk kenari yang bertelur dalam wadah pakan, maka kemungkinan besar disebabkan salah satu dari empat faktor pemicu di atas. Induk betina memilih wadah pakan, karena itulah satu-satunya tempat di luar sarang yang memungkinkan burung bertelur.

Ketika Anda membiarkan induk betina bertelur di wadah pakan, dengan harapan bisa mengerami telurnya sampai menetas, sebenarnya ini tindakan spekulasi yang menghabiskan waktu. Umumnya, telur akan rusak, pecah, atau retak, karena berdesak-desakan di wadah yang sempit. Induk pun mengalami kesulitan saat harus mengatur posisi untuk menghangatkan seluruh telurnya secara merata. Akibatnya, tak sedikit telur yang pecah terinjak kaki indukan.

Bagaimana solusinya? 

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, sehingga indukan tetap mau mengerami telur-telurnya di tempat yang sudah disediakan (tempat bersarang), perlu dilakukan upaya kompromi.Jika tidak, maka gagallah harapan Anda untuk mendapatkan anakan. Tindakan ini bisa diterapkan untuk semua faktor pemicu, kecuali akibat tempat sarang yang banyak kutu atau tungau.

Dalam kompromi ini, biarkan induk bertelur dalam wadah pakan, sampai telur terakhir dikeluarkan. Induk kenari rata-rata bertelur sebanyak 3-4 butir.

Setelah telur terakhir keluar, segera pindahkan tempat pakan dan telur-telurnya ke k edalam tempat bersarang yang sudah tersedia. Jika induk betina terlihat sudah mau mengerami telur-telurnya, proses selanjutnya adalah memindahkan telur dari wadah pakan ke sarangnya. Berikutnya, indukan sudah mau mengerami telur-telur yang ada di dalam tempat bersarang tersebut.

Untuk menghindari indukan kenari bertelur kembali dalam wadah pakan, sebaiknya menggunakantempat pakan berukuran kecil. Media yang digunakan sebagai tempat bersarangnya pun harus dipastikan nyaman dengan menggunakan bahan yang sesuai.

Beberapa jenis tempat sarang yang digunakan
Beberapa jenis tempat sarang yang digunakan dalam penangkaran kenari.

Saat ini banyak tempat bersarang dan bahan sarang yang lembut dan berkualitas bagus. Dengan memilih media dan bahan sarang yang tepat, indukan kenari tidak akan lagi bertelur dalam tempat pakan maupun di dasar sangkar.

Solusi khusus sarang banyak kutu / tungau

Khusus untuk sarang kenari yang banyak kutu / tungau, biasanya sudah ada 1-2 telur di tempat bersarang. Karena merasa gatal dan tidak nyaman, induk betina keluar dari sarang dan meneruskan proses peneluran selanjutnya di wadah pakan, atau terkadang di dasar sangkar.

Selain itu, induk betina yang sarangnya banyak tungau / kutu juga terlihat sering mematuk-matuk bulunya akibat gatal, Solusi khusus faktor pemicu yang satu ini adalah mengambil tempat bersarang dan membongkar bahan sarang yang ada di dalamnya.

Tempat bersarang dicuci dan dijemur hingga kering. Kemudian masukkan bahan sarang yang baru. Untuk mencegah tungau dan kutu kembali masuk ke sarang, maka taburkan serbuk FreshAves di bawah bahan sarang.

Kemudian ambil 5 gram serbuk FreshAves, larutkan dalam 1 liter air, dan masukkan ke dalam sprayer. Semprot tubuh induk yang sedang mengeram di wadah pakan atau di dasar sangkar. Jangan takut jika larutan ini terkena mata, karena FreshAves sudah teruji aman bagi kesehatan burung dan manusia yang menyemprotnya.

Setelah induk tidak terlihat gatal-gatal lagi, maka lakukan cara yang sama seperti solusi sebelumnya. Bedanya, ketika wadah pakan beserta telur dipindahkan ke tempat bersarang yang baru, maka telur awal yang ada di sarang digabungkan dulu dengan telur-telur di dalam wadah pakan. Jika induk mau mengerami telur-telurnya, barulah wadah pakan disingkirkan sehingga semua telur berada di atas bahan sarang.

Tips tambahan untuk penangkaran kenari

  • Pada waktu mencoba menangkarkan kenari, indukan harus sering dijemur. Hal ini bisa dilakukan dengan menjemurnya berama sangkar yang digunakan untuk penangkaran. Setelah indukan mulai bertelur, sangkar bisa disimpan di tempat yang nyaman dan aman, serta tidak diganggu atau dipindah-pindah.
  • Untuk mempercepat proses kawin, sekaligus meningkatkan telur fertil dan daya tetas, induk perlu diberi suplemen khusus reproduksi seperti BirdMature.
  • Pakan yang diberikan selama masa bertelur dan masa pelolohan bisa ditambah dengan racikan khusus seperti eggfood. Anda bisa membuatnya sendiri, karena Om Kicau pernah menjelaskannya dalam artikel di halaman ini.
  • Anda bisa menggunakan tulang sotong untuk membantu indukan memperoleh kalsium dalam jumlah cukup. Tetapi jika Anda menggunakan BirdMature, penggunaan tulang sotong sebenarnya sudah tidak diperlukan lagi, karena produk ini sudah mengandung kalsium dalam jumlah cukup.
  • Untuk menambah birahi burung, pakan yang diberikan harus mengandung banyak bijian berwarna hitam seperti niger seed dan lain sejenisnya.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

3 Comments

  1. Om, mo nanya nichh..
    Apa bnr kerasnya suara kenari identik dengan besarnya ukuran tubuhnya?
    Terus kenari jenis apa yang terbaik mnrt om untuk segi suara?? Soalnya saya mo up grade indukan tapi mo fokus ke arah kenari penyanyi bukan ukuran tbh! Mhn pncrahannya om

  2. saya belum lama ini mengalami kira2 hal mirip seperti ini
    saya punya seekor babon kenari sudah produk 1x
    sebelumnya saat produk pertama, saya menggunakan batok untuk makan ayam
    karena terlalu kecil saya ganti dengan anyaman bambu untuk kedua kali
    si burung terlihat tidak suka menggunakan sarang berupa anyaman bambu
    alhasil dia seperti ingin bertelur di wadah pakan
    saya tidak mengganti wadah sarang ke batok lagi
    karena pengalaman sebelumnya 1 anaknya pasti ketindih karna sempit
    berharap induk bertelur di wadah sarang anyaman bambu
    ujung2nya malah telurnya miring ga bisa keluar dan matilah kenari saya T_T

Komentar ditutup.