2 Ml minyak goreng untuk mengatasi egg binding pada lovebird

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Egg binding adalah kondisi di mana telur tidak bisa keluar dari saluran reproduksi burung betina, baik karena lengket / melekat pada oviduct maupun akibat terjepit dalam saluran reproduksi. Burung pun mengalami kesakitan, karena telur tak mau juga keluar dari kloaka yang merupakan muara akhir dari saluran reproduksi burung. Jika penanganan egg binding di Barat cukup kompleks, pakar burung dari Fakultas Kedokteran Hewan UGM Dr drh Edi Boedi Santosa MP punya cara jitu untuk mengatasinya: cukup dengan 2 ml minyak goreng !!!

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Telur tak bisa keluar dari kloaka dan macet di oviduct.
Telur tak bisa keluar dari kloaka dan macet di oviduct.

Apa dan bagaimana gejala egg binding sudah pernah dikupas Om Kicau dalam artikel terdahulu (cek di sini), sehingga tak perlu dibahas lagi. Di sejumlah negara di Eropa, Amerika, dan Australia, penanganan egg binding biasa dilakukan oleh dokter hewan atau klinik hewan yang punya fasilitas lengkap.

Sebaliknya, di Indonesia, kesadaran penangkar untuk membawa burung ke dokter hewan atau klinik hewan masih sangat minim. Klinik hewan lebih didominasi anjing, kucing, atau binatang eksotik dari kelompok reptil maupun hamster.

Makanya ketika terjadi egg binding pada burung penangkaran mereka, terutama kenari dan lovebird, para breeder mulai kebingungan. Sebagian ada yang bisa diselamatkan dengan caranya sendiri, meski kemudian berdampak negatif terhadap proses reproduksi burung selanjutnya. Bahkan ada juga yang karena tidak tahu caranya, membiarkan burung sengsara, dan berakhir pada kematian.

Sebagai dokter hewan berpengalaman, Om Edi Boedi Santosa yang juga ketua Q’Maxs, pembina Paguyuban Penangkar Burung Indonesia (Papburi), dan pengasuh rubrik konsultasi di Tabloid Agrobur kerap melakukan eksperimen, baik untuk kepentingan ilmiah maupun kliennya.

Kalau beberapa waktu lalu Om Kicau pernah menurunkan artikel tentang cara memperbesar peluang anakan kenari berkelamin jantan, itu juga merupakan buah penelitian Om Edi yang membumi. Nah, kali ini Om Kicau kembali menularkan pengalaman beliau dalam menangani egg binding.

Perlu pelumasan untuk mengatasi telur yang lengket di oviduct.
Perlu pelumasan untuk mengatasi telur lengket di bagian akhir saluran reproduksi.

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Tips penanganan kasus egg binding

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Cara memegang burung yang mengalami egg binding.
Cara memegang burung yang mengalami egg binding.

Berikut ini detail penanganan egg binding yang sudah pernah dicoba Om Edi :

  • Burung (dalam hal ini induk betina yang mengalami egg binding) dipegang, kemudian masukkan 2 ml minyak goreng ke dalam kloaka burung.
  • Cara memasukkan minyak goreng menggunakan alat bantu spuit (spet) tanpa jarum. Spuit bisa dibeli di toko kimia maupun apotek terdekat.
  • Biarkan minyak goreng bereaksi di saluran reproduksi telur, karena pasti akan mengenai telur yang macet tersebut, dan akan melumasi bagian telur melekat pada oviduct.
  • Untuk mempercepat reaksi minyak goreng, burung langsung dijemur di tempat yang panas selama 30 menit. Jika cuaca mendung atau hujan, atau Anda tak ingin menjemurnya, sebagai penggantinya  Anda bisa memasukkan burung ke dalam sangkar yang diberi lampu bohlam 60 Watt, juga selama 30 menit.
  • Berdasarkan pengalaman Om Edi, sekitar 30 menit sejak dijemur / sejak dimasukkan dalam sangkar yang hangat, telur akan keluar dengan sendirinya.
  • Setelah telur sudah bisa keluar, induk betina bisa diberikan air minum yang sudah dicampur dengan multivitamin, plus pemberian sayuran (kangkung dan sawi putih / hijau).

Simpel dan praktis bukan?

Tips pencegahan egg binding

Satu hal yang mesti diperhatikan, induk betina yang pernah mengalami egg binding perlu mendapat perhatian ekstra, agar jangan sampai pada peneluran berikutnya mengalami hal serupa. Berikut ini tips pencegahan egg binding pada induk betina, yang bisa diterapkan untuk induk betina yang belum maupun pernah mengalami kasus serupa :

  • Egg binding biasa dialami burung betina muda yang baru pertama kali bertelur. Karena itu, meski burung betina sudah bisa bertelur pada umur 8 bulan, bahkan tanpa pejantan, jangan langsung dijodohkan dengan burung jantan. Umur ideal burung betina untuk dijodohkan atau dikawinkan minimal 1 tahun, sehingga organ reproduksinya benar-benar matang.
  • Selama proses penjodohan, induk betina (juga induk jantan) perlu diberi extra fooding (EF) kangkung, sawi hijau, sawi putih, dan jagung muda. Nutrisi dan manfaat kangkung untuk lovebird bisa dilihat kembali di sini.
  • Sejak masa penjodohan hingga induk betina mulai bertelur, kedua induk (jantan dan betina) perlu diberi suplemen khusus burung penangkaran, misalnya BirdMature, yang dapat meningkatkan fertilitas, daya tetas, kelancaran pengeluaran telur, serta menjamin kualitas anakan yang lebih baik

Perlu diketahui, egg binding bukan hanya bisa dialami lovebird dan kenari saja. Sebab, kasus ini juga dapat terjadi pada semua jenis unggas termasuk ayam, itik, puyuh, dan aneka burung kicauan. Jadi, ketika terjadi kasus seperti ini, praktikkan saja apa yang pernah dilakukan Om Edi.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

5 Comments

Komentar ditutup.