Tips pasang ring anakan LB umur 1-2 minggu

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Banyak penangkar pemula yang menanyakan kepada Om Kicau tentang cara pemasangan ring pada anakan lovebird (LB), termasuk umur ideal untuk pemasangannya. Untuk menjawab pertanyaan ini, Om Kicau minta bantuan langsung dari ahlinya, yaitu Om Dwi Wahyudi, pemilik DT Bird Farm di Griya Taman Asri, Sleman. Berikut ini artikel penangkaran dari Om Dwi, dengan editing seperlunya dari redaksi omkicau.com.

Om Dwi Wahyudi
Om Dwi Wahyudi
DT Bird Farm Sleman

Idealnya, pemasangan ring untuk anakan LB dilakukan pada umur 1 – 2 minggu. Kalau saya disuruh memilih, yang paling enak ya umur 1 minggu.

Kalau pemasangan ring dilakukan pada anakan LB yang umurnya belum 1 minggu, biasanya ring masih sering copot.

Sebaliknya, kalau dilakukan pada umur lebih dari 2 minggu, praktiknya lebih sulit terutama untuk pemula. Sebab jari-jemari anakan lovebird sudah mulai panjang.

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS

Di mana ring sebaiknya dipasangkan? Pada kaki kiri atau kanan? Tidak ada ketentuan yang mengikat, jadi Anda bebas mau memasangnya di kaki kiri atau kanan.

Pemasangan ring bisa dilakukan melalui dua cara, yaitu :

Pertama, cara paling umum, memasukkan ring dari arah depan, melalui tiga jari depan. Sedangkan satu jari lainnya (paling kecil dan menghadap belakang) dimasukkan belakangan. Ikuti panduannya dalam gambar di bawah ini.

pasang ring anakan lovebird

Kedua, ring dimasukkan dari depan melalui dua jari depan. Sedangkan dua jari lainnya (termasuk jari belakang) diarahkan ke belakang. Tetapi jika belum mahir, sebaiknya pakai cara yang pertama.

Kedua cara pemasangan ring di atas harus memperhatikan umur anakan LB dan besar kecilnya pergelangan kaki. Sebab, meski umur sama, terkadang pertumbuhannya berbeda (ada yang bongsor). Kalau cara pertama sulit dilakukan (pergelangan kaki sudah besar, dan ring tidak dapat masuk), maka sebaiknya cara kedua yang dilakukan.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum melakukan pemasangan ring, antara lain:

  • Benar-benar memperhatikan kondisi anakan LB dengan seksama. Jika masih terlalu kecil, selain ring akan sering lepas, juga dapat mengakibat cacat terutama pada jari yang paling kecil. Pengalaman saya, ada anakan LB yang cacat karena jari terkecil yang mestinya mengarah ke belakang justru menghadap ke depan.
  • Saat dipegang untuk dipasangi ring, anakan LB biasanya meronta-ronta dulu. Nah, silakan buat posisi burung senyaman mungkin. Tunggu sampai anakan LB benar-benar tenang, setelah itu baru dipasangi ring.
  • Untuk membuat anakan lovebird makin nyaman, sebaiknya pijat dengan lembut dan pelan-pelan di bagian pergelangan kaki dan jari-jari yang mau dipasangi ring. Hal ini bertujuan untuk melemaskan otot-otot kaki dan jari-jemari, sehingga pemasangan ring bisa berjalan lebih mudah dan cepat.
  • Pada saat memasukkan ring, apabila mengalami kesulitan, jangan terlalu dipaksakan karena dapat mengakibatkan kaki anakan LB patah. Usahakan kaki anakan burung dalam posisi diam (tidak bergerak). Jadi yang bergerak adalah tangan atau jari kita.

Sebagai tambahan, saya akan memberikan tips mengenai pemasangan ring pada anakan lovebird yang sudah agak besar. Dalam hal ini, kita menggunakan cara kedua, dimana ring dimasukkan lewat dua jari depan terlebih dulu. Setelah itu, baru dimasukkan melalui dua jari lainnya.

Anda perlu menyiapkan pinset, sebagai alat bantu jika sewaktu-waktu menjumpai jari yang terjepit pada ring. Pinset inilah yang akan digunakan untuk mengeluarkan jari yang terjepit tersebut.

Sediakan pula BirdCream, salah satu produk Om Kicau, yang selalu saya siapkan untuk pemasangan ring pada anakan lovebird. Biasanya pemasangan ring pada anakan lovebird yang sudah berumur 3 minggu atau lebih agak sulit, sebab sering terjadi gesekan antara ring dan pergelangan kaki. Gesekan ini berpotensi menyebabkan memar dan / atau pembengkakan pada pergelangan kaki anakan lovebird.

Nah, jika pemasangan ring sudah selesai, oleskan BirdCream ke bagian pergelangan kaki anakan LB, sehingga tidak terjadi memar / pembengkakan. Kalaupun terjadi pembengkakan, terapi BirdCream bisa dengan cepat mengempisnya. Saya sudah berkali-kali membuktikannya.

Selain pinset, Anda juga bisa menggunakan alat bantu lain seperti tusuk gigi maupun batang korek api untuk mengeluarkan jari kaki burung yang terjepit pada ring.

pasang ring anakan lovebird
Cara mengeluarkan jari kaki yang terjepit ring.

Demikian tips singkat dari saya.

Untuk informasi lebih lanjut, mohon kontak langsung Om Dwi Wahyudi dengan alamat sebagai berikut:

DT BirdFarm / Nutrilove

Griya Taman Asri Sleman Blok D 301 Sleman

Contact person 0857 2940 6875

On Dwi pesan: Sebelum telpun atau SMS silakan perkenalkan diri dulu, dengan memberitahu nama dan alamat, karena banyak telepun dengan nomer tidak dikenal yang masuk dan akhirnya tidak direspons.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

12 Comments

    • He.. he… kalau ada yang jual, kenapa harus bikin sendiri? Nanti penangkarannya malah keteteran. Silakan cari di kicaumania.or.id (KM), di sana banyak tersedia ring berkualitas.

  1. Om…kl LB yg d loloh induknya kita ambil anakannya mau kita pasang ring setelah d pasang ring kita balikin lg, indukannya masih mau ngeloloh anakanya lg g om??

  2. Min, maaf sebelumnya , , , ,
    Ada ngk membahas tentang kutu pada LB atau burung , , , ,
    Trus bagaimana penanggulanggannya ???
    Thanks ya min , , , ,
    ^_^

Komentar ditutup.