Green Crown, kenari jawara lintas EO

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Seperti disebutkan dalam artikel sebelumnya, Helmy Asalvo dikenal sebagai pengobit kenari jawara, meski ia juga mengoleksi burung jawara lainnya seperti cucak hijau Anak Haram. Salah satu kenari yang mengangkat nama Helmy ke tingkat nasional adalah Green Crown (GC). Burung hasil breeding sendiri ini bisa dikatakan jawara lintas event organizer (EO), bahkan lintas blok pula. Belum lama ini, Om Kicau mampir ke rumahnya, dan sempat merekam aksi GC dalam bentuk video dan audio.

Kenari Green Crown
Kenari Green Crown saat disyuting Om Kicau.

Seperti gaco kenari lainnya, Om Helmy menggunakan kandang semi umbaran untuk pemeliharaan GC. Ukurannya 70 x 35 cm2, dengan tinggi 75 cm.

Green Crown memiliki keunggulan pada lagu dan tonjolan berupa tembakan yang bisa dimunculkan secara berkala. Apakah kenari yang memiliki tambahan lagu tembakan menjadi lebih baik?

“Belum tentu juga. Sebab di lapangan, selera juri hingga kini masih terbelah. Saya pernah menanyakan hal ini kepada beberapa juri, tetapi jawaban mereka berbeda-beda,” kata Om Helmy.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Sebagian juri menganggap tonjolan tembakan pada kenari merupakan nilai plus. Tetapi, sebagian juri lainnya berpandangan bahwa lagu kenari yang bagus cukup mengandalkan lagu cengkok dari burung master saja.

Menyadari pemahaman yang berbeda-beda dari beberapa juri yang biasa menilai kinerja kenari, Om Helmy tak mau ambil pusing. Toh tugasnya hanya merawat dan memaster kenari sejak masih bahan (biasanya umur 21 hari), mengkondisikan burung agar siap tampil di lapangan, dan mempertahankan kestabilan prestasinya.

Soal bagaimana juri memberikan penilaian, setiap pemain tentu tidak bisa berbuat apa-apa, kecuali menunggu hasil akhirnya. Dalam kondisi penjurian seperti ini pun, faktanya Green Crown lebih sering berprestasi daripada pulang tanpa trofi.

Kandang kenari semi umbaran
Helmy (kanan) biasa memakai kandang semi umbaran.

PRESTASI GREEN CROWN

Berikut ini beberapa catatan mengenai prestasi Green Crown, berdasarkan recording yang dilakukan sendiri oleh Om Helmy.

17 Juni 2012PBBK Krajan, Godean, SlemanNyeri juara 1
22 Juli 2012Kerehore SalatigaJuara 2
12 Agustus 2012Gebyar Ramadhan BanyumasJuara 2
2 September 2012Diplomat Cup, Jatipurno, WonogiriJuara 1
16 September 2012KMB Cup PBI SemarangJuara 2
7 Oktober 2012Wali Kota Cup SalatigaJuara 3
21 Oktober 2012HUT Ungaran BCNyeri juara 1
11 November 2012Pakde Karwo Cup SurabayaJuara 3
9 Desember 2012Kapolres Cup SalatigaJuara 4
23 Desember 2012Purbalingga Bersatu CupJuara 1
20 Januari 2013Kukilo Aji, Pageraji PurwokertoNyeri juara 1
17 Februari 2013Valentine PBI JogjaJuara 1 dan juara 2
9 Juni 2013Piala Raja JogjaJuara 1 dan juara 6

Saat mampir ke rumahnya, Om Kicau sempat melakukan syuting terhadap aksi Green Crown. Tetapi, mohon maaf, durasinya tidak terlalu panjang. Pasalnya, GC biasanya baru benar-benar fight apabila di sekitarnya dikelilingi banyak musuh. Adapun saat syuting dilakukan, burung dalam kondisi sorangan wae.

“Kalau di rumah tanpa musuh, lagunya memang cenderung pendek-pendek. Apalagi Green Crown baru saja selesai mabung. Kondisi bulunya juga belum kering betul. Tapi kalau saat bertarung di lapangan, durasi lagunya bisa mencapai 30 hingga 50 detik, nyaris tanpa spasi,” kata Om Helmy,

Video kenari Green Crown  l  Download

Audio kenari Green Crown  l   Download

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

8 Comments

        • Sejauh ini, sepengetahuan saya, kelas kenari lokal baru digelar rutin oleh Papburi Solo dan Papburi Klaten, namanya kelas kenari kalitan. Selain kalitan, mereka juga buka kelas kenari regular, yang bisa diikuti semua jenis kenari.
          EO lain biasanya buka kelas kenari standar dan semi-isian, yang juga boleh diikuti semua jenis kenari.
          Di Papburi Solo dan Klaten, kenari kecil beberapa kali menang di kelas regular, mengalahkan kenari bongsor.

          • makasih infonya om,.. soalnya sy punya kenari lokal udah gacor blackthoatan’nya full, mau sy cb diluar mlg, tp skrg br umur 8 bulan…

Komentar ditutup.