Sawo untuk burung pemakan buah / nektar

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat burung kicauan makin rajin bunyi atau gacor. Untuk burung pemakan buah dan / atau nektar, beberapa sobat kicaumania biasanya mengutak-atik setelan buah, misalnya kombinasi pisang dan apel pada cucak hijau. Artikel kali ini tentang manfaat buah sawo untuk burung kicauan, khususnya pemakan buah dan / atau nektar seperti pleci, burung-madu (“kolibri”), kapas tembak, cucak jenggot, cucak ranting, cucak hijau, dan sejenisnya.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Kacer dan buah
Kacer dan buah

Mengapa harus sawo ? Buah sawo (Achras sapota L) dikenal karena memiliki kandungan gula yang tinggi, dan beberapa mineral penting.

Dalam setiap 100 gram daging buah sawo terkandung kalsium (21 mg), magnesium (12 mg), fosfor (12 mg), selenium (0,6 mg), seng (0,1 mg), dan tembaga (0,09 mg).

Selain itu, buah ini juga memiliki memiliki kadar natrium 12 mg, asam folat 14 mkg, dan vitamin C 14,7 mg.

Buah sawo baik untuk burung dengan takaran tertentu
Buah sawo baik untuk burung dengan takaran tertentu

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Kandungan gulanya yang tinggi membuat buah sawo cocok untuk diberikan kepada burung pemakan buah-buahan dan nektar seperti pleci, burung-madu, cucak hijau, dan sebagainya. Selain itu, dalam daging buah sawo juga terkandung riboflavin, niasin, lemak, protein, vitamin A, B, B6, dan C, dan mineral penting seperti dijelaskan sebelumnya.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Semua nutrisi tersebut sangat dibutuhkan oleh burung-burung bakalan / muda hutan untuk merangsang mereka lebih rajin berbunyi. Tentu juga sangat bermanfaat untuk burung dewasa, termasuk burung-burung dalam penangkaran.

Pemberian buah sawo ini pun sebaiknya tidak diberikan setiap hari atatu terlalu sering karena kandungan getah didalamnya yang sangat banyak sehingga dikhawatirkan bisa mengganggu proses pencernaan burung khususnya burung-burung muda atau trotolan.

Jika ingin mencoba memberikan sawo, sebaiknya tetap harus dikombinasi dengan pakan sebelumnya. Artinya, sawo hanya dijadikan selingan 1-2 kali seminggu, atau dijadikan kombinasi (selang-seling) dengan buah lain.

Porsi yang paling direkomendasikan adalah cukup 1/4 buah sawo. Buah dalam kondisi sudah sangat matang / genjur, namun tidak atau belum busuk.

Sawo yang sudah matang
Sawo yang sudah matang

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

3 Comments

Komentar ditutup.