Meluruskan paruh burung yang bengkok

Paruh bengkok (parrot) memang merupakan nama sebuah famili (keluarga) burung, seperti lovebird, macaw, nuri, kakatua, parkit, dan serindit. Ciri utamanya antara lain memiliki paruh membengkok. Bagaimana jika burung non-parrot memiliki paruh bengkok, bahkan paruh atasnya tumbuh ke bawah dan paruh bawah malah tumbuh ke atas? Ini namanya anomali, alias kelainan. Burung dengan paruh membengkok jelas mengalami kesulitan saat mengambil pakan dan minum, dan menjadi salah satu penyebab dada nyilet. Apakah kelainan ini bisa diperbaiki?

Selain mengalami kesulitan saat mengambil pakan dan minum, burung dengan kelainan pada bagian paruhnya ini juga tak bisa berdandan: menyisir bulubulu, yang menjadi aktivitas rutin dan naluriah bagi setiap burung.

Om Kicau berharap, tak ada seekor burung milik sobat kicaumania yang mengalami gangguan seperti ini. Tapi, kalau ada yang mengalaminya saat ini atau di masa datang, semoga artikel ini bisa membantu.

Beberapa penyebab paruh membengkok

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Perlu diketahui, ada beberapa faktor penyebab mengapa burung kicauan mempunyai kelainan berupa paruh yang bengkok, antara lain  :

  • Cacat sejak menetas. Itu sebabnya, dalam seleksi burung untuk dipelihara maupun untuk ditangkarkan, Om Kicau selalu menyarankan untuk tidak memilih burung yang memiliki cacat fisik: apapun bentuknya.
  • Burung kekurangan mineral kalsium (Ca) dan fosfor (P) sejak anakan, sehingga paruhnya lembek dan mudah bengkok ketika membentur benda keras.
  • Burung masih liar (tangkapan alam), dengan kondisi paruh terlalu panjang, dan sering menabrak jeruji sangkar atau media lain di dalam sangkar (tenggeran, wadah pakan, dan wadah minum).
  • Burung terlepas dari sangkar, kemudian menabrak tembok atau kaca di sekitar rumah.
  • Infeksi paruh akibat bakteri atau gangguan penyakit lainnya.

Keluhan paling nyata bagi pemilik burung dengan cacat di bagian paruh adalah bagaimana memberi makan dan minum kepada burung. Sebab, kalau dibiarkan makan dan minum sendiri, burung mengalami kesulitan, dan pada akhirnya kelaparan, kehausan, kurus, dehidrasi, dan mati.

Coba lihatlah gambar di bawah ini, kemudian bayangkan bagaimana cara burung mengambil pakan dan air minum. He.. he.. he… apa nggak trenyuh

Paruh burung yang bengkok sehingga seperti gunting
Paruh burung yang membengkok hingga seperti menggunting.

Memperbaiki paruh burung yang bengkok

Memperbaiki paruh burung yang bengkok memang tidak semudah meratakan paruh burung yang panjang. Di sini diperlukan beberapa perlakuan khusus, dengan peralatan khusus pula, agar paruh burung bisa lurus atau kembali normal.

Kalau di sekitar tempat tinggal Anda ada dokter hewan, dan isi dompet memadai, sebaiknya bawa saja burung kesayangan Anda ke sana, untuk dilakukan pemeriksaan dan pengobatan.

Tetapi, kalau mau belajar mandiri, apalagi isi dompet terbatas, boleh juga mencoba memperbaikinya sendiri. Dalam hal ini, diperlukan beberapa bahan seperti kawat dan karet. Cara kerjanya mirip seperti dokter gigi saat memasang behel untuk merapikan gigi Anda.

Bentuk kawat yang digunakan untuk membetulkan posisi paruh burung
Bentuk kawat untuk membetulkan posisi paruh

Kawat logam anti-karat dibentuk sesuai dengan ukuran kepala burung (lihat gambar di atas). Selanjutnya, kawat dipasangkan pada bagian kepala burung seperti kita mengenakan headphone. Bagian paruh yang bengkok ditarik dengan karet, yang diikatkan pada kawat.

Terapi ini dilakukan selama beberapa minggu, sampai paruh burung bisa kembali ke bentuk aslinya (normal). Ketika burung masih mengenakan alat bantu ini, dia tetap bisa makan dan minum seperti biasa, karena kita menggunakan karet yang lebih fleksibel.

Bentuk paruh yang sedang dicoba dikembalikan posisinya menggunakan karet dan kawat
Bentuk paruh yang sedang diperbaiki posisinya menggunakan karet dan kawat

Untuk kasus di mana paruh membengkok ke atas, jika ujung lekukan berada di ujung paruh (bukan di tengah paruh), maka bisa dilakukan pemotongan paruh. Namun, jika bagian tengah paruh mengarah ke atas, tak ada cara lain kecuali membawanya ke dokter hewan terdekat.

Apabila paruhnya mengangkat ke atas, sebaiknya tenggeran diganti dengan tenggeran yang dilengkapi dengan hampelas (butiran pasir). Ini dimaksudkan agar burung bisa mengasah paruhnya secara rutin. Ingat, di alam liar, burung pun rutin mengasah paruh dengan cara menggesek-gesekkan ke batang pohon atau permukaan batu.

Untuk mencegah kemungkinan burung mengalami kelainan seperti itu, terutama akibat menabrak jeruji dan kondisi paruhnya terlalu panjang, disarankan secara berkala (setahun sekali) memotong sedikit ujung paruh burung kesayangan Anda. Bagaimana cara memotong paruh secara benar, silakan buka kembali arsipnya di sini. Sedangkan untuk mengatasi paruh yang patah / retak, silakan buka panduannya di sini.

Selain itu, mengingat salah satu penyebab utama paruh membengkok adalah kekurangan mineral, terutama kalsium (Ca) dan fosfor (P), seminggu sekali burung perlu diberi multimineral seperti BirdMineral. Lebik baik mencegah daripada mengatasi, karena kita tidak pernah tahu apa yang bakal terjadi di kemudian hari.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.