Om Decky juga berhasil menangkar pleci

Inilah indahnya berbagi, apalagi berbagi ilmu. Ilmu penangkaran burung pleci yang diajarkan oleh Om Sugeng Wahyudi, dan diberitakan omkicau.com beberapa waktu lalu (cek di sini), telah mengilhami banyak plecimania untuk melakukan hal serupa. Salah seorang di antaranya adalah Om Decky Yoga Prasetya, yang juga menuai keberhasilan dalam breeding pleci. Proses breeding memang belum selesai sepenuhnya. Namun keberhasilan penjodohan pleci jantan dan betina, hingga membuahkan dua butir telur yang kini sedang dierami induknya, sudah menjadi tanda awal keberhasilan penangkaran.

Ihwal penangkaran pleci yang dilakukan Om Decky terungkap ketika dia menulis komentasnya dalam artikel Salut untuk Om Sugeng yang sukses menangkar pleci: Anda pun bisa !  Dalam komentarnya, yang ditulis tadi pagi, Om Decky mengatakan:

“Terima kasih kepada Om Sugeng Wahyudi dengan ilmunya, sehingga saya bisa menangkar pleci. Doakan 10 hari lagi (28 Agustus 2013 – Red) bisa jadi netas dan lancar. Metode penangkaran yang saya pakai hampir sama dengan apa yang dilakukan Om Sugeng. Saya masih pemula”.

Proses breeding yang dilakukan Om Decky sudah diceritakannya dalam sebuah forum Burung Pleci Mania Indonesia (Zosterops) di facebook. Bukan sekadar menjelaskan prosesnya, tetapi Om Decky juga memasang beberapa foto yang bisa dijadikan referensi bersama, khususnya bagi plecimania di Indonesia.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Mengapa Om Kicau begitu antusias mendengar kabar dari Om Decky? Sebab selama ini jarang ada orang yang mau bersusah-payah menangkar burung pleci. Yang menangkap di alam, atau menggunakan pleci tangkapan alam, sih banyak.

Jika kondisi ini dibiarkan terus-menerus, maka kepunahan pleci di alam liar tinggal menghitung waktu. Gejala tersebut sudah mulai dirasakan akhir-akhir ini, karena kini makin sulit menemukan burung imut ini di alam liar.

Proses penjodohan 2 minggu

Beberapa waktu lalu, Om Decky membeli pleci jantan dan pleci betina, keduanya jenis dada kuning. Burung jantan agak giras, tetapi yang betina semi-jinak. Sebab, menurut penjualnya, pleci betina ini dirawat sejak trotolan.

Pleci jantan ditempatkan dalam sangkar biasa, sedangkan yang betina dimasukkan dalam kandang yang biasa digunakan untuk kenari (60 x 30 cm2). Posisi sangkar digantung, bukan ditempel pada tembok, dengan ketinggian sekitar 1,5 – 2,0 meter dari lantai.

Sangkar penjodohan pleci
Sangkar pleci jantan (kiri) didempetkan dengan sangkar pleci betina.
(Foto: Decky Yoga Presetya)

Om Decky bahkan sering memindahkan sangkar dari lokasi yang satu ke lokasi lain. “Kedua sangkar itu berada di dapur. Pagi sampai siang hari, posisi sangkar di bawah fiber plastik, supaya burung bisa berjemur. Sedangkan sore hingga malam hari dipindah ke tempat yang teduh,” jelas dia.

Proses penjodohan tak berbeda dari yang biasa dilakukan terhadap burung kicauan lainnya. Sangkar jantan didempetkan dengan sangkar betina. Hal ini berlangsung selama 2 minggu. Jika merasa cocok, burung jantan akan terlihat sering merayu burung betina, dengan ngleper-ngleper sambil ngeriwik. “Jika pleci jantan sudah mau dempat dengan pleci betina, berarti keduanya sudah jodoh,” kata Om Decky, yang mengaku masih pemula.

Apabila tanda-tanda berjodoh tersebut sudah terlihat, pleci jantan dipindahkan dari sangkarnya ke sangkar betina.

Penjodohan burung pleci
Induk jantan dan betina disatukan dalam kandang.

Menu harian untuk pasangan indukan adalah pisang. Sedangkan extra fooding (EF) terdiri atas kroto, ulat hongkong, dan telur puyuh rebus. Kroto hanya diberikan pada pagi hari, adapun ulat hongkong disediakan pada pagi dan sore hari. Telur puyuh rebus diberikan sesekali saja, dengan porsi separo.

“Jangan lupa, setiap saat air minumnya harus diganti, terutama kalau habis atau kotor akibat dipakai burung untuk mandi. Saya menyediakan dua tempat minum, yang besar untuk mandi, dan yang kecil untuk air minum,” kata Om Decky.

Meski sudah berjodoh, Om Decky harus menunggu induk betina bertelur selama sekitar 1 bulan. Induk betina menghasilkan dua butir, seperti terlihat dalam gambar berikut ini:

Penangkaran pleci
Telur pertama

Penjodohan burung pleci
Telur pertama dan kedua

Induk jantan dipisahkan

Ketika induk betina sudah bertelur, Om Decky melihat induk jantan sering mengobrak-abrik sarang. Itu sebabnya, dia terpaksa memisahkan induk jantan dan memasukkannya kembali ke sangkarnya. Jadi, terpisah dari kandang induk betina.

Penangkaran pleci
Induk jantan dipisah karena sering mengobrak-abrik sarang telur.

Setelah induk jantan dipisah, ternyata induk betina menjadi lebih tenang dalam mengerami telurnya. Begitu dipisah, induk jantan akhirnya bisa kembali bersuara ngalas alami. Selama satu bulan berada di kandang burung betina, pleci jantan jarang lagi mengeluarkan suara ngalasnya.

Penangkaran pleci
Induk betina kini lebih tenang saat mengeram.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

22 Comments

  1. ni pleci saya dh jdoh om tp kliatanx lom birahi cuma dah 2hari sllu barengan maenya…. mga” ja bisa breding kyak yg laen…. amin…. referensi di om kicau jempol 5…. hahaha

  2. om pleci saya sudah kawin 4 kali …….trus si betinanya nakal om nyabutin bulu jantan terus sampe bondol pala sama badannya ga saya pantau …akhirnya jantan ga mau kawin lagi ..bagaimana ya om ?
    mohon jawabannya..trims

    • Ada beberapa kemungkinan. Pertama, pleci jantan belum mencapai umur dewasa kelamin, atau masa di mana dia mampu mengeluarkan sel sperma.

      Kedua, kalau pun si jantan sudah mencapai umur dewasa kelamin, selisih umurnya dengan betina terpaut jauh (misalnya berselisih 1 tahun lebih tua betina).

      Pleci, meski posturnya mungil, mencapai umur dewasa kelamin agak lama, yaitu umur 1 tahun.

      Kalau Om Anggit yakin pleci jantan sudah berumur 1 tahun, sangat dimungkinkan betina sudah berumur 2 tahun atau lebih.

      Kalau jantan belum berumur 1 tahun, sebaiknya dipisah dulu, jangan pernah saling melihat. Nanti 2-3 bulan lagi dipertemukan melalui proses penjodohan ulang.

      Kalau jantan sudah berumur 1 tahun, pisahkan sementara 1 minggu, jangan saling melihat, sambil mengatasi kebotakan. Untuk mengatasi kebotakan, Anda bisa menggunakan kombinasi BirdVit (3 kali semingg) dan BirdMineral (2 kali seminggu). Berikan pada hari yang berbeda (berselang-seling) agar lebih efektif.

      Silakan dipantau 1-2 bulan lagi. Kalau sudah tumbuh lagi bulu-bulunya, mulai dijodohkan ulang. Selalu cek apakah benar-benar berjodoh dengan acara mandi bareng. Kalau betina masih nakal, semprot pakai air secara lembut.

      Selamat mencoba.

    • Sebagian bahan sarang diletakkan dalam kotak / wadah sarang. Sebagian lagi disebar ke lantai kandang untuk merangsang burung betina unjal (angkut bahan sarang ke wadah sarang).
      Bahan sarang bervariasi. Kalau model Om Sugeng (lihat artikelnya di sini: menggunakan serat nanas, kapas, atau kapuk. Boleh juga menggunakan daun pinus / cemara.

  3. Om saya mau tanya, kalau pleci sdh jodoh apakah cepat bertelur?? Lalu apa ada makanan yang bisa buat ningkatkan birahi pd burung pleci dan bisa buat cpt bertelur??. 1 lagi om, kalau sudahjodoh dan siap kawin ada gk tanda2 pada fisik burung pleci?? Mohon penjelasannya om , makasih

    • Dalam kondisi normal, sekitar 1-7 hari. Tetapi terkadang ada faktor lain yang membuatnya tidak seperti itu, misalnya lingkungan kandang terlalu gaduh, pakan yang kurang berkualitas, juga sifat genetis dari setiap individu pleci betina.
      Penangkar biasanya akan memperoleh ilmu dari pengalamannya sendiri, plus referensi lain termasuk dari Om Kicau, he.. he…
      Makanan yang bagus untuk burung penangkaran ya egg food seperti pernah ditulis Om Aris Munandi (silakan cek artikelnya di sini: .
      Bisa juga diberi suplemen BirdMature, produk Om Kicau. Kalau induk betina sudah mengerami telur, BirdMature bisa dihentikan.
      Kalau sudah jodoh dan siap kawin, burung pleci akan selalu berdekatan terus. Seperti jawaban terdahulu, jika diternak dalam kandang koloni, akan ada beberapa pasangan yang selalu terlihat berduaan. Tapi sebaiknya dipelihara secara soliter saja, 1 kandang 1 pasangan, agar lebih mudah dalam mengenali karakter pasangan.
      Selain itu, burung betina akan sibuk mengangkut sarang.
      Yang lebih penting dari itu, Om Wahyu jangan pernah cepat menyerah, apalagi menangani barang bernyawa. Jalankan saja terus, sepanjang dana tersedia, kalau ada apa-apa, silakan kontak lagi Om Kicau.
      Sukses selalu.

    • Yang pasti unjal, atau induk betina dan jantan mulai mengangkut sarang. Karena itu, bahan sarang seperti daun cemara perlu disebar di lantai dasar.
      Umur indukan juga perlu diperhatikan. Kalau belum cukup umur, sulit untuk menciptakan kondisi siap breeding. Induk betina minimal 1 tahun, jantan 1,5 – 2 tahun, adalah sangat ideal.

      • Assalamualaikum. Om kalau pleci belum birahi gimana cara buat si burung cepat birahi?? Lalu apakah cara membuat pleci cepat jodoh? Karena pleci saya itu kalau di dekatkan betina dengan jantan pada malam hari tidak berdekatan padahal katanya orang orang kalau berdekatan sudah jodoh. Mohon penjelasannya om. Terima kasih

  4. Assalamualaikum..om Dudung om Decky saya Eko, mau tanya cara membedakan pleci jantan dan betina gmn ya ? Trus kalo beda jenis(warna) kira2 bisa gak dikawinkan ? Makasi sebelumnya.

    • Sebenarnya, semua burung tipe monomorfik seperti pleci, lovebird, atau kenari tetap susah dibedakan jenis kelaminnya, terutama oleh pemula. Hanya jam terbang yang berbicara, dan ini mesti dilatih. Nah, dalam latihan, perlu dideteksi beberapa hal, terutama untuk pleci.
      1) Membandingkan jantan dan betina pada pleci mestinya dalam konteks satu spesies.
      2) Sexing lebih mudah ketika burung sudah dewasa. Misalnya, suara panggilan “ciw” pada pleci jantan lebih panjang, dan bisa diulang-ulang hingga 2-3 kali “ciw”.
      3) Kepala pleci jantan cenderung membulat, dan agak menonjol di bagian mahkota. Kalau lagi birahi, dan ada burung betina, pleci jantan terkadang bisa njegrik bulu-bulu pada bagian atas kepalanya.
      4) Lingkar mata pleci jantan lebih tebal, tegas, jelas, dengan catatan umurnya sudah dewasa.
      5) Umumnya burung jantan memiliki warna lebih gelap daripada betina, untuk spesies yang sama. Jadi, pada betina sedikit lebih terang.
      5) Bagian kloaka (dubur) pada pleci jantan sedikit lancip, sedang betina cencerung bulat dan terbuka. Bulu-bulu halus di sekitar kloaka pada pleci jantan lebih panjang.
      Semua ini hanya bisa dilatih jika ada dua pembanding, pleci jantan dan pleci betina dengan spesies yang sama. Akurasi sexing pada burung monomorfik yang hampir 100% benar hanya bisa diperoleh melalui tes DNA. Di Barat, sudah ada jasa tes DNA, sedangkan di Indonesia sepengetahuan saya kok belum ada.
      Demikian Om Eko, semoga sukses penangkarannya.

      • Makasi om Dudung, penjelasannya selalu detail..tp saya mau penjelasan sedikit lg om, dari 3 toko burung yg berbeda jawabannya selalu sama waktu saya tanya soal sexing jantan n betina yaitu “kalo betina liat aja bunderan putihnya dimatanya, keliatan agak putus2 warna putihnya ketimbang jantan yg warna putihnya lebih tebel”…apa ini memang menjadi patokan yg kuat buat nge bedain jantan betinanya bagi orang awam kyk saya om ? Maaf kalo saya bertanya trs. Makasi sebelumnya

Komentar ditutup.