Macaw mampu nyetir mobil selama 20 menit !

Macaw merupakan salah satu jenis burung paruh bengkok / parbeng (parrot). Hampir semua burung dari kelompok parbeng memiliki tingkat kecerdasan tinggi, jauh di atas jenis burung lainnya. Bahkan dalam kondisi kelaparan pun, seekor macaw bernama Rio masih dapat menunjukkan kecerdasannya, dengan menyetir mobil selama 20 menit. Kabar tersebut disebarkan salah satu portal berita ternama di Inggris, Metro, Minggu (25/8) ini.

Menurut Metro, peristiwa ini terjadi di daerah Sufflok, Inggris. Ketika itu, dua orang petani bernama Mark Wells dan Andrew Barber sedang bekerja di perkebunan George E & Sons di daerah Burry, St Edmuns. Keduanya terkejut ketika melihat mobil milik perkebunan tiba-tiba bergerak. Makin terkejut lagi manakala melihat siapa di belakang kemudi, yang tak lain adalah seekor macaw.

Burung macaw
Seekor macaw mampu menyetir mobil selama 20 menit.

Melihat kejadian yang menurut mereka “gila”, Wells dan Barber langsung menghentikan pekerjaan di ladang, untuk mengejar dan mencoba menghentikan laju mobil. Upaya itu baru berhasil 20 menit kemudian. Artinya, macaw tersebut mampu mengemudikan mobil selama 1/3 jam !!!

“Sangat aneh menemukan burung macam ini di perkebunan Inggris. Tetapi melihat burung menyetir, itu sangat gila,” ungkap Wells, seperti dikutip Metro, Minggu (25/8) ini. Dia menduga burung macaw ini dalam keadaan haus dan lapar.
Wells dan Barber juga menambahkan, burung tersebut kemungkinan terlepas dari sebuah pet shop, dan dalam kondisi sudah sangat terlatih. Sebab, sehebat apapun burung parbeng, mereka hanya bisa melakukan sesuatu yang sudah pernah diajarkan majikannya. Jika tidak, burung tak mungkin mampu melakukannya, meski mereka termasuk burung parrot yang cerdas.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Di beberapa wilayah perkebunan, burung macaw juga sering dimanfaatkan untuk membantu tugas-tugas petani atau pekebun. Misalnya, memetik buah kelapa di atas pohon, seperti terlihat pada gambar di bawah ini :

Macaw jenis scarlet
Macaw jenis scarlet bisa dilatih memetik buah kelapa.

Wells dan Barber pun tak berniat mengembalikan burung kepada pemiliknya. Istri Wells yang takjub melihat kejadian ini kemudian memberi nama Rio untuk macaw cerdas tersebut.

Semoga menambah pengetahuan kita bersama.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.