Kenari lizard: Video, suara, dan ragam silangan

Tahukah Anda, varietas kenari paling tua di dunia? Sebagian kenarimania sudah mengetahuinya, yaitu kenari lizard yang mulai dikenalkan di Eropa pada akhis dekade 1600-an. Kenari lizard memiliki ciri tersendiri pada warna bulunya yang membentuk seperti sisik-sisik kadal. Karena ciri bulunya yang bersisik itulah, kenari ini diberi nama “lizard‘ yang berarti kadal. Artikel kali ini akan menjelaskan ragam silangan kenari lizard, disertai video dan audionya.

Kenari lizard
Kenari lizard

Selain bentuk dan warna bulunya, tanda khas lainnya dari jenis kenari lizard adalah bagian kepalanya. Pada kepalanya muncul pigmen warna kuning yang membuat burung ini lebih mudah dikenali. Namun ada juga yang tidak memiliki warna kuning di bagian kepalanya.

Di beberapa negara Eropa, kenari lizard memiliki reputasi yang sama dengan kenari dari jenis london fancy, bahkan keduanya sering dianggap memiliki keterkaitan.

Pada akhir Perang Dunia II, keberadaan kenari lizard nyaris mengalami kepunahan. Populasinya tinggal beberapa ekor saja, dan dimiliki sekelompoj kecil peternak. Mereka lantas bersatu dan membentuk Lizard Canary Association, atau paguyuban peternak kenari lizard.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Berkat upaya keras yang mereka lakukan, pada akhirnya kenari lizard bisa terselamatkan dari ancaman  kepunahan. Organisasi ini kemudian menjadi besar dan sangat terkenal di Eropa dan Amerika.

Sekitar tahun 1950, Bob Yates yang saat itu menjabat sekretaris Canary Colour Breeder’s Association sukses menangkarkan sejumlah kenari lizard dengan warna berbeda, termasuk warna putih dan merah bata. Namun, ketika itu hasil penangkarannya dianggap belum mencapai kesempurnaan. Meski demikian, ini membuktikan pada dunia bahwa kenari lizard bisa dikembangbiakan dengan warna berbeda.

Pada tahun 1970, sejumlah peternak berhasil menggabungkan pigmen warna pada sisik kenari lizard dengan pigmen mutasi yang dikenal dengan pigmen satin (satinette). Hasilnya adalah warna mutiara atau pearl.

Kenari pearl lizard
Kenari lizard jenis pearl (mutiara)

Dan perkembangannya, kenari lizard mulai dibentuk menjadi kenari yang anggun, mewah, dan memiliki warna unik. melalui penggabungan pigmen maupun perkawinan silang (cross breeding / crossing).

Sampai sekarang.  lizard dianggap sebagai kenari yang memiliki prospek bagus untuk dikawinsilangkan dengan berbagai jenis kenari lain. Hal ini berpotensi menghasilkan aneka kenari warna yang unik, karena itu, kenari lizard tetap eksis hingga sekarang.

Kenari lizard memang cocok untuk dikembangbiakan, karena produktivitasnya tinggi dan dikenal juga sebagai indukan yang baik. Bagi kita penggemar burung di Indonesia, mencari kenari ini cukup mudah, karena sudah banyak yang menjualnya baik di pasar burung, forum, maupun situs jual beli lainnya.

Ragam kenari lizard dari hasil persilangan
Ragam kenari lizard dari hasil persilangan

Dari berbagai persilangan di atas, yang paling popular hingga saat ini kenari lizard dengan warna dasar putih, yang kemudian dikenal sebagai kenari lizard biru (blue lizard) .

Berikut ini video dan audio dari burung kenari lizard.

Video kenari lizard warna biru (blue lizard)

Suara kicauan kenari lizard   |   DOWNLOAD


Suara kicauan kenari lizard2   |   DOWNLOAD



Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.