Penguin kaisar mampu menyelam pada kedalaman 500 meter selama 27 menit

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Para ahli burung (ornithologist) telah menetapkan penguin sebagai salah satu spesies burung. Tetapi, inilah salah satu burung yang tak pandai terbang, tetapi jago berenang bahkan menyelam. Penelitian terbaru yang dilakukan ilmuwan University of California menyebutkan, penguin kaisar (Aptenodytes forsteri) mampu bertahan di dalam air pada kedalaman 500 meter selama 27 menit. Catatan ini jauh lebih dalam dan lebih lama daripada jenis burung lainnya.

Burung penguin kaisar
Koloni burung penguin kaisar (Aptenodytes forsteri).

Hasil penelitian terbaru ini diungkapkan Alexandra Wright dan Paul Ponganis, peneliti dari University of California, dalam Konferensi Internasional Penguin (IPC) yang berlangsung di Bristol, Senin (2/9/) kemarin.

Alexandra dan Paul meneliti detak jantung dari sejumlah penguin kaisar saat mencari makan di Cape Washington Colony, Antartika. Keduanya mengukur detak jantung penguin ini menggunakan peranti yang disebut electrocardiogram (ECG). Adapun perilaku berenang burung penguin diamati dengan peranti time depth recorder (TDR).

Burung penguin kaisar
Potret keluarga penguin kaisar (bapak, ibu, dan anak).

Bagaimana hasilnya? Sebagaimana dilansir phys.org, terungkap bahwa detak jantung penguin ketika menyelam berkurang drastis dari 70 kali per menit normalnya menjadi 10 kali per menit saja.

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS

Dengan berkurangnya detak jantung, tentu konsumsi oksigen menjadi berkurang. Dengan demikian, penguin bisa bertahan lebih lama di dalam air. Apalagi penguin kasar mempunyai kemampuan untuk mengurangi metabolisme tubuhnya, bahkan “mematikan” kerja beberapa organ tubuh yang kurang esensial agar bisa bertahan hidup.

Penguin kaisar juga memiliki struktur hemoglobin yang tak biasa, sehingga bisa tetap berfungsi saat kadar oksigen dalam kondisi sangat rendah rendah. Satu daya dukung dari kemampuan berenang dan menyelam pada penguin adalah tulang-tulangnya yang sangat solid.

“Penguin punya tulang yang solid. Hal ini dapat mengurangi risiko barotrauma, atau kerusakan jaringan tubuh akibat perbedaan tekanan,” kata Alexandra.

Pada akhirnya, kedua peneliti ini menyimpulkan, adaptasi penguin kaisar justru lebih sesuai dengan mamalia laut (misalnya ikan paus) daripada sesama burung.

Burung penguin kaisar
Siklus hidup penguin kaisar sepanjang tahun.

Semoga bisa menambah pengetahuan kita bersama.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.