Audio dan video burung kapasan kemiri

Kapasan kemiri / pied triller (Lalage nigra) merupakan salah satu jenis burung dari keluarga Campephagidae, dari genus Lalage. Kurang popular, memang. Terbukti tidak banyak kicaumania yang memeliharanya. Suara kicauan aslinya didominasi tembakan dengan speed sedang. Belum diketahui bagaimana suara burung ini jika dimaster, sebab memang belum ada referensi yang memadai. Belum lama ini, Om Ega mengirim foto burung kapasan kemiri ke email redaksi omkicau.com, semoga bisa menjadi referensi bersama.

Burung kapasan kemiri
Burung kapasan kemiri. Foto kiriman Om Ega.

Burung kapasan sebenarnya memiliki wilayah persebaran cukup luas. Khusus kapasan kemiri (Lalage nigra), wilayah persebarannya mulai dari Thailand, Semenanjung Malaysia, Singapura, Sumatera, Kepulauan Bangka – Belitung, Kalimantan, wilayah barat dan tengah Jawa (termasuk Karimunjawa, Jepara), hingga Filipina.

Sekilas, penampilannya mirip dengan burung kapasan sayap-putih / white-shouldered triller (Lalage sueurii) yang wilayah persebarannya meliputi Jawa, Bali, Nusa Tenggara, dan Sulawesi. Tetapi postur tubuh kapasan kemiri (panjang 16 cm) sedikit lebih kecil daripada kapasan sayap-putih (17 cm).

Kapasan kemiri
Kapasan kemiri

Warna bulu-bulunya didominasi hitam dan putih. Pada burung jantan, tubuh bagian atas berwarna hitam. Kedua sayapnya juga hitam, tetapi memiliki garis sayap putih, dengan pinggiran putih sampai menutup sayap dan bulu ekor terluar.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Alisnya juga berwarna putih, agak lebar, dengan setrip mata berwarna hitam. Adapun tubuh bagian bawah berwarna putih, dan tunggirnya abu-abu. Iris mata cokelat, dan paruh abu-abu dengan ujung hitam. Kedua kakinya juga hitam.

Burung betina mempunyai kemiripan dengan burung jantan. Namun sexing relatif mudah dilakukan, khususnya pada burung dewasa. Sebab, pada betina dewasa, bulu– bulunya lebih berwarna cokelat atau cokelat-kelabu daripada hitam.

Selain itu, seluruh bagian dada dari burung betina dewasa memiliki garis-garis hitam. Adapun burung muda, baik jantan maupun betina, memiliki penampilan mirip burung betina dewasa. Tetapi burung muda pun memiliki tengara tersendiri, yaitu tubuh bagian atasnya terdapat burik kuning, sedangkan tubuh bagian bawahnya putih burik abu-abu.

Sexing burung kapasan kemiri
Beda burung jantan dan betina

Tiga ras dan wilayah persebaran

Kapasan kemiri terdiri atas tiga subspesies (ras), dengan wilayah persebaran yang tegas, yaitu:

  • Lalage nigra davisoni (Kloss, 1926) – Kep. Andaman selatan, dan Kep. Nicobar (Camorta, Katchall, Trinkat).
  • Lalage nigra striga (Horsfield, 1821) – Thailand selatan, Semenanjung Malaysia, Singapura, Sumatera (termasuk Nias), Bangka, Belitung, dan wilayah barat dan tengah Jawa (termasuk Kepulauan Karimunjawa, Jepara).
Sexing burung kapasan kemiri ras striga
Burung kapasan kemiri ras striga jantan (kiri) dan betina.
  • Lalage nigra nigra (JR Forster, 1781) – Kalimantan dan pulau-pulau kecil di sekitarnya, serta Filipina.
Sexing burung kapasan kemiri ras nigra
Burung kapasan kemiri ras nigra jantan (kanan) dan betina.

Tempat hidup dan kebiasaan

Burung kapasan kemiri lebih sering mendiami kawasan terbuka, seperti lahan persawahan, kawasan perkebunan, baik di dataran rendah maupun dataran tinggi (maksimal 1.000 meter dari permukaan laut). Mereka juga sering menghuni kawasan hutan cemara kecil dan hutan mangrove / bakau.

Burung kapasan kemiri
Burung kapasan kemiri sering terbang dari pohon ke pohon.

Kapasan kemiri termasuk burung pemakan serangga, terutama ulat, laba-laba, larva kumbang, dan serangga lainnya. Mereka kerap terbang dari satu pohon ke pohon lain untuk mencari serangga pada dedaunan. Sesekali turun ke permukaan tanah, untuk mandi dan berjemur.

Burung kapasan kemiri
Kapasan kemiri di rumah warga.

Burung ini dikenal agak pemalu. Karena itu, kapasan kemiri lebih sering bersembunyi di antara daun-daun tanaman. Umumnya hidup sendiran, atau berpasangan, meski terkadang dijumpai pula dalam kelompok kecil (bapak-ibu-anak).

Induk betina hanya menghasilkan dua butir telur, berwarna kuning tua dengan bintik-bintik cokelat. Telur-telur ini biasanya diletakkan pada sarang berbentuk cawan yang dangkal, yang dibuatnya dari serat-serat akar, serta diletakkan pada dahan pohon yang tidak jauh dari permukaan tanah.

Suara burung kapasan kemiri

Seperti dijelaskan sebelumnya, suara kicauan burung kapasan kemiri di alam liar hanya didominasi tembakan dengan speed sedang. Meski demikian, kicauannya lebih merdu daripada kapasan sayap-putih.

  • Suara kicauan burung kapasan kemiri 1   l   Download
  • Suara kicauan burung kapasan kemiri 2   l   Download
  • Suara panggilan & kicauan kapasan kemiri   l   Download

Video burung kapasan kemiri

Berikut ini video burung kapasan kemiri di alam liar. Tidak ada kicauan yang terdengar, meski burung berjenis kelamin jantan (dada dan perut berwarna putih).

Note: Bagi kicaumania yang saat ini memiliki burung kapasan kemiri, apalagi rajin berkicau, silakan share pengalaman di sini.

dan bisa menambah wawasan kita mengenai khazanah burung di Tanah Air.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

3 Comments

  1. temen saya punya.., tapi saya juga ngurusin sih..
    dia punya dua ekor, masih kecil dapetnya pasmasih dalam keadaan bulu-bulu jarum, di daerah perbatasan bogor, tepatnya di bogor maribaya..
    kalo dari anakan sih suaranya nyaring hampir sama kaya suara anakan burung pentet..

Komentar ditutup.