Merbah lekir: Kicauannya mirip kutilang jambul

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Bagi sebagian kicaumania di Malaysia dan Thailand, memelihara burung dari keluarga  merbah / kutilang justru menjadi kebanggaan tersendiri. Spesies merbah yang paling disukai adalah kutilang jambul (Pycnonotus jocosus). Di kedua negara tersebut, popularitas kutilang jambul sejajar dengan murai batu dan kacer. Rupanya burung ini mempunyai “kembaran”, yaitu merbah lekir atau sering juga disebut merbah kunyit / merbah lilin. Nama ilmiahnya Pycnonotus finlaysoni, atau dalam bahasa Inggris disebut stripe-throated bulbul.

Stripe-throated bulbul
Stripe-throated bulbul

Burung-burung dari keluarga merbah / kutilang memang banyak dijumpai di kawasan Asia Tenggara. Namun, sebagian tak dijumpai di Indonesia. Kutilang jambul dan merbah lekir juga tak dijumpai di negeri kita.

Meski demikian, beberapa sobat kicaumania di Sumatera memiliki kutilang jambul, mungkin dikirimi kolega / kerabatnya di Malaysia. Dalam beberapa lomba burung di sana, peserta di kelas kutilang jambul seringkali melebihi murai dan kacer.   

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS

Adapun merbah kapur, atau di Indonesia disebut trucukan, sering disilangkan dengan kutilang jambul untuk menghasilkan kutilang hibrida.

Burung merbah lekir disebut “kembaran” kutilang jambul, lantaran kicauannya sangat mirip, terutama kalau dirawat sejak anakan. Disebut merbah lekir, karena bulubulu pada bagian tenggorokannya memiliki garis-garis atau setrip berwarna kuning, kontras dengan bagian dada hingga perbatasan dengan tenggorokan yang berwarna abu-abu.

Merbah lekir hanya ditemukan di Kamboja, China, Laos, Malaysia, Myanmar, Thailand, dan Vietnam. Meski demikian, banyak pula kicaumania di Malaysia dan Singapura yang mengoleksinya. Di alam liar, merbah lekir sering terlihat berpasangan.

Jika dicermati, suara kicauannya terdengar seperti kombinasi antara suara trucukan dan cucak wilis atau cucak rengganis (Pycnonotus bimaculatus)  yang cukup popular di Indonesia.

Merbah lekir yang sudah dirawat cukup lama bahkan bisa berkicau seperti kutilang jambul. Karena  itu, pula burung ini menjadi popular. Apalagi beberapa kicauannya, terutama suara besetannya, juga terdengar mirip dengan cucak jenggot.

Kutilang leher bergaris ( Stripe-throated bulbul ) dalam bahasa melayu disebut dengan merbah lekir/lekiaq/lilin
Merbah lekir: Kicauan mirip kutilang jambul, besetannya mirip cucak jenggot.

Salah satu kendala dalam memelihara burung ini adalah membedakan jenis kelamin. Apalagi burung jantan dan burung betina sama-sama bisa berkicau secara bervariasi dan lantang.

Tetapi soal pakan hampir sama dengan cucakrowo, trucukan, atau keluarga kutilang lainnya. Sebab, semua burung dari keluarga Pycnonotidae merupaka pemakan buah. Karena itu, menu pisang dan pepaya wajib disediakan (bisa berselang-seling), agar burung makin rajin berkicau. Demikian pula extra fooding (EF) seperti jangkrik atau serangga lain, perlu diberikan untuk meningkatkan staminanya.

Memiliki suara kicauan yang cukup menarik
Merbah lekir memiliki suara kicauan cukup menarik.

Video dan audio burung merbah lekir

Agar tidak penasaran, silakan lihat beberapa video dan audio merbah lekir berikut ini, yang bisa juga diunduh untuk menambah koleksi suara burung Anda.

  • Video suara kicauan merbah lekir

—-

Audio | Download

  • Video burung merbah lekir bersuara ngeroll

—-

  • Video burung merbah lekir 

—-

Audio | Download

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.