Setting kenari lomba ala Om Nova NF2IS

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Om Nova NF2IS Jakarta termasuk salah seorang pengorbit kenari jawara. Dari tangan dinginnya bermunculan jawara-jawara baru. Besutan paling gres adalah Ondel Ondel dan Gaza yang mendulang kemenangan dalam even Canary Fiesta di Depok, Kamis (29/5), masing-masing di kelas kenari kecil dan besar. Berikut ini setting kenari lomba ala Om Nova NF2IS Jakarta yang bisa menjadi salah satu referensi bagi para kenarimania.

Kenari Robot Gaza
Robot Gaza, juara Kelas Kenari Kecil B, dalam Canary Fiesta Depok, Kamis (29/5).

Menurut Om Nova, pada dasarnya standar perawatan burung kenari itu sama saja. Soal settingan, itu disesuaikan dengan karakter burung masing-masing.

Tapi untuk referensi para kenarimania, khususnya pemula, dia mencoba menjelaskan apa yang biasa dilakukannya sehari-hari terhadap kenari-kenarinya. Sebagian mungkin sama, dan sebagian lagi bisa saja berbeda.

Setiap pagi, sekitar pukul 08.00, burung-burung kenari dikeluarkan dan dibuka kerodong. Wadah pakan dan wadah air minum diangkat. Hanya cepuk berisi air bersih yang ada di dalam sangkar, sebagai sarana mandi.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Kenari kemudian dijemur bersama-sama, tetapi bagian samping sangkar diberi sekat agar tidak saling melihat. ”Penjemuran maksimal tiga jam, tetapi tergantung kondisi panas matahari juga,” jelasnya.

Selain pakan utama, burung diberi extra fooding (EF) berupa sawi hijau saja. Ini menu hariannya. Sebab menjelang lomba ada setting EF, tetapi antara kenari yang satu dan yang lainnya belum tentu sama.

Misalnya, ada yang menjalani perawatan lomba pada H-3, tetapi ada juga yang H-2. “Ya, memang tak bisa sama persis, sebab disesuaikan dengan karakter masing-masing kenari,” lanjut Nova.

Om Nova NF2IS
Om Nova terima trofi juara 1 dan 2 di Canary Fiesta.

EF menjelang lomba umumnya berupa apel dan telur puyuh. Tetapi ada juga yang diberi buah pear maupun ketimun pada saat lomba.

“Beberapa kenari terkadang birahinya susah didongkrak. Kalau seperti itu, biasanya saya pakai apel atau telur puyuh, ditambah 4-5 butir kroto segar,” bebernya.

Seperti itulah perawatan kenari lomba ala Om Nova, termasuk yang diterapkan pada kenari Ondel-ondel dan Robot Gaza.

Selain dua debutan baru tersebut, Om Nova masih memiliki sederet kenari yang sedang diorbitkan, antara lain Mr Yellow, Jelita, Coklat, dan Pelangi.

Tim NF2IS
Tim NF2IS sukses bersama Robot Gaza dan Ondel Ondel.

Ada juga beberapa kenari jawara yang lama tak terlihat di lapangan, karena sudah masuk ke kandang ternak.

”Saya sudah pasangkan dengan indukan betina hasil seleksi pilihan, juga dari trah juara. Semoga segera menghasilkan anakan berkualitas,” tandas Om Nova. (d’one)

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

3 Comments

  1. Diberi sekat agar burung tidak bisa melihat burung/kenari lainnya itu tujuannya apa ya mas? Kl msh bisa melihat kenari lain saat dijemur pengaruhnya apa?

      • Pengaruhnya tentu kenari akan terpancing untuk bersuara terus-menerus, dan emosinya meningkat, sehingga menguras energi / stamina. Ini jelas kurang baik untuk mempertahankan kondisi fisik agar tetap fit, apalagi untuk burung lomba.
        Dengan diberi penyekat, kenari tetap membalas kicauan kenari di sebelahnya, tetapi frekuensinya tidak sesering jika tak diberi penyekat. Itupun hanya selama burung dijemur.

Komentar ditutup.