Punglor kembang Penggoda jawara di Samawa

Kontes Burung Berkicau Samawa 2013 di Lapangan Pahlawan, Sumbawa Besar, Minggu (6/10) sore tadi, seakan menjadi oase bagi para penggemar burung di Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Tak heran jika sejumlah kicaumania dari berbagai daerah berdatangan, mulai dari ujung barat Pulau Sumbawa (Taliwang) hingga ujung timur pulau (Bima). Hal ini bisa dimaklumi, karena selama ini nyaris tak pernah dijumpai kontes burung di wilayah tersebut.

Kontes Burung Samawa 2013
Para kicaumania antre di depan meja pendaftaran. Mereka rindu kontes burung.

—-

Menurut Om Eric Wirawan, salah seorang panitia, sebagian besar peserta datang membawa punglor kembang, anis merah, dan kacer. Ketiga jenis burung ini memang menjadi favorit para kicaumania di Sumbawa. Apalagi Pulau Sumbawa merupakan salah satu sentra burung punglor kembang atau anis kembang.

Punglor kembang Penggoda benar-benar menggoda para juri dan penonton, melalui penampilannya yang memukau. Sejak awal digantang hingga akhir lomba, burung kesayangan Rendhot Jelek (Bima) ini tampil cantik, meninggalkan para pesaingnya.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Tidak heran jika juri menetapkannya sebagai juara 1 di Kelas Utama. Juara 2 dimenangi Bromo milik Bondet (Sumbawa). Adapun juara 3 menjadi milik Galau, gaco lain milik Om Rendhot. Penggoda juga tampil maksimal di Kelas Favorit, dan kembali meraih juara 1, sehingga meraih double winner dalam Samawa 2013.

Rendhot dan anis kembang Penggoda
Om Rendhot puas dengan penampilan AK Penggoda.

—-

Punglor kembang Penggoda
Punglor kembang Penggoda meraih double winner dalam Samawa 2013.

—-

Di kelas anis merah, persaingan ketat terjadi antara Kongsi milik Alamsyah dari Bima dan Bang Napi milik Mul, juga dari Bima. Pertarungan akhirnya dimenangi Kongsi, dan memaksa Bang Napi di posisi kedua. Juara ketiga ditempati Temon, anis merah milik Very Mario, juga dari Bima.

Kacer Den Bagus milik Arief Hunter (Taliwang) dan Ipin Ipin milik M Johar (Sumbawa) juga bertarung ketat di Kelas Utama. Secara umum, kualitas keduanya berimbang. Namun Den Bagus lebih unggul dalam volume, sehingga dinobatkan sebagai juara 1. Ipin Ipin harus puas menjadi runner-up. Juara 3 dan juara 4 di kelas ini masing-masing ditempati Pulsar milik Kristian dan Pelor Mas milik WD Muriy, keduanya dari Sumbawa.

Kontes Burung Samawa 2013
Suasana lomba dalam Kontes Burung Samawa 2013, Minggu (6/10).

—-

Di Kelas Favorit, murai batu Anda milik Supai dan Dinara milik Om Dinara juga bersaing ketat. Namun persaingan ini akhirnya dimenangi Anda, yang memiliki materi isian lengkap dan stamina prima. Ini menjadi kunci kemenangannya atas Dinara, yang sebenarnya juga tampil menawan.

Burung lain yang menjadi juara di Kelas Favorit antara lain kenari Monster milik Robby, cucak hijau Anda milik Supai, serta kecial kombo Guntur milik GNI.

Panitia Samawa 2013 memang cerdik dalam menjaring peserta. Hadiah bukan sekadar uang, tetapi juga ada hadiah tambahan seperti VCD Player, jam dinding, dan aneka barang lainnya. Hadiah tambahan ini diberikan kepada juara pertama.

Kontes Burung Samawa 2013
Hadiah tambahan seperti VCD player dan jam dinding bagi juara 1.

—-

Kontes Burung Samawa 2013
Lihat, betapa kicaumania Sumbawa merindukan lomba burung.

—-

Kontes Burung Samawa 2013
Piagam Samawa 2013 siap dibagikan kepada para juara.

—-

Para peserta berharap ada gelaran serupa di masa mendatang, dan kalau bisa dijadwal secara rutin. Kesuksesan Kicau Mania Samawa (KMS) dalam menggarap kontes Samawa 2013 sekaligus membuka mata, betapa para kicaumania Sumbawa sangat haus akan even-even seperti ini.

Panitia memang bekerja keras dalam mempromosikan even ini ke berbagai daerah, dengan menjalin komunikasi dengan sejumlah kicaumania di Kota Bima, Dompu, Taliwang, dan tentu saja kicaumania di Sumbawa Besar selaku tuan rumah. “Dukungan Om Kicau juga sangat membantu panitia, sehingga even ini bisa dihadiri para kicaumania dari berbagai daerah,” kata Om Erick.

—-

Berikut ini hasil lomba Samawa 2013, khususnya untuk Kelas Utama:

—-

PUNGLOR KEMBANG UTAMA
1. PenggodaRendhot JelekBima
2. BromoBondetSumbawa
3. GalauRendhot JelekBima
ANIS MERAH UTAMA
1. KongsiAlamsyahBima
2. Bang NapiMulBima
3. TemonVery MarioBima
KACER UTAMA
1. Den BagusArief HunterTaliwang
2. Ipin IpinM JoharSumbawa
3. PulsarKristian PSumbawa
4. Pelor EmasWD MuriyGriya Idola, SBW
KECIAL KOMBO FAVORIT
1. GunturGNIBrg. Bara
2. HanterFirmanBrg. Biji
3. Gajah MadaSihabudinKr. Dima

—-

Selamat kepada para pemenang, tetap semangat untuk peserta lainnya.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

1 Comment

  1. om kicau yg terhormat, salam kicau. om, mu tanya boleh ya….. gini om sy murai batu asli medan ekor nya patah, ama sy d cabut. msalahnya apa bs tumbuh lg ga???? sampai skrg udah 2 bln tp blm tumbuh2….tlg sy minta resep nya agar cepet tumbuh lg….trima kasih sy tunggu saran nya.

    ________________________________

Komentar ditutup.