KBLJ: Forum jual-beli, diskusi breeding dan mutasi lovebird, serta aksi sosial

Melambungnya popularitas lovebird dibarengi dengan pertumbuhan komunitas baru, baik offline maupun online. Kita mengenal Komunitas Lovebird Indonesia (KLI) yang pernah mengadakan Kontes Kecantikan Lovebird, atau Indonesia Lovebird Association (ILA) yang baru saja menggelar Lovebird Singing & Beauty Contest. Ada lagi Komunitas Burung Lovebird Jabodetabek (KBLJ) pimpinan Hendra Rusmana yang dibentuk setahun lalu. Banyak hal menarik dari eksistensi KBLJ, terutama untuk perkembangan breeding lovebird di masa datang.

Hendra Rusmana - KBLJ
Hendra Rusmana

Om Hendra dulu merupakan penangkar kenari. Karena berbagai pertimbangan, dia beralih menjadi penangkar lovebird. Untuk mendukung usahanya, dia membuat forum jual-beli lovebird di wilayah Jabodetabek, melalui media facebook dengan nama Komunitas Burung Lovebird Jabodetabek (KBLJ).

“Forum ini diharapkan bisa memudahkan teman-teman penggemar lovebird dalam mencari burung yang diinginkannya di wilayah Jabodetabek. Forum ini sekaligus berusaha meminimalisasi berbagai praktik penipuan jual-beli burung secara online,” kata Om Hendra.

Dia lalu mengumpulkan beberapa temannya yang juga penggemar lovebird untuk bergabung dalam grup facebook KBLJ. Dari hari ke hari, jumlahnya terus bertambah. Para anggota komunitas ini lantas bersepakat untuk mengembangkan KBLJ sehingga tidak hanya menjadi ajang jual-beli saja.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Bersama beberapa teman lainnya, seperti Endi Sarmawan, Narik Pinks Lagi, dan Angkasa LB, mereka bersepakat mengembangkan KBLJ sebagai wadah silaturahmi antara penggemar, penangkar maupun pelaku usaha lain yang terkait dengan lovebird, seperti perajin kerodong, sangkar, dan aksesoris LB lainnya.

“Kita sering berbagi pengalaman dalam penangkaran lovebird, menentukan jenis kelamin, penyakit, silsilah atau keturunan, mutasi dari sembilan jenis lovebird, dan sebagainya. KBLJ juga meramaikan lomba-lomba lovebird, membuat sistem pencatatan ring bagi anggota, agar silsilah lovebird hasil penangkaran terdata dengan baik,” kata Om Hendra.

kopdar KBLJ
Kopi darat (kopdar) pengurus dan anggota KBLJ.

—-

Visi, misi, dan rencana aksi KBLJ

Sesuai dengan kesepakatan antar-anggota, KBLJ memiliki visi yaitu “Menjadi komunitas tempat bernaungnya penghobi burung lovebird di wilayah Jabodetabek untuk bersilaturahmi, berdiskusi, berkreativitas, berprestasi, berderma dengan berdasarkan atas rasa kebersamaan dan menjunjung tinggi persahabatan”.

Visi itu kemudian dijabarkan dalam beberapa misi berikut ini:

  1. Menjadikan KBLJ sebagai wadah para penghobi burung lovebird di wilayah Jabodetabek.
  2. Menjadikan KBLJ sebagai tempat yang aman dan nyaman untuk bertransaksi lovebird secara online.
  3. Menjadikan KBLJ sebagai sarana bertukar pengalaman penanganan burung lovebird.
  4. Menjadikan KBLJ sebagai sarana berkreativitas yang berkaitan dengan burung lovebird.
  5. Menjadikan KBLJ sebagai komunitas yang berprestasi dalam berbagai ajang di wilayah regional (Jabodetabek), nasional, dan internasional.
  6. Menjadikan KBLJ sebagai komunitas yang peduli dengan sesama.

Adapun rencana aksi yang sudah disusun antara lain:

  • Meminalisasi tindak kriminal transaksi burung lovebird online di grup KBLJ dan memudahkan penghobi untuk mendapatkan burung lovebird dan segala pernak-perniknya di wilayah Jabodetabek.
  • Membuat penangkaran lovebird yang dikelola oleh anggota KBLJ.
  • Melakukan penggalangan dana untuk berderma, seperti panti asuhan, yayasan tuna netra, dan sebagainya, dari hasil penjualan pernak-pernik KBLJ dan penangkaran yang dikelola para anggota KBLJ. (Silakan cek di sini)
  • Menstandarkan harga lovebird.
  • Membuat strain baru atau warna- warna mutasi yg belum ada di pasaran.
  • Membuat lovebird bukan hanya sebagai burung kicauan, melainkan dapat dijadikan bahan kolektor yang diburu untuk mengkoleksi warna-warna mutasi.
  • Meramaikan lomba-lomba di kelas lovebird.
  • Mencatat hasil silsilah atau keturunan agar tidak rancu.
diskusi bersama KBLJ
Diskusi bersama anggota KBLJ membahas perkembangan lovebird.

—-

Saat ini, realisasi rencana aksi yang sedang dilakukan adalah mengumpulkan dana untuk berderma dengan menjual hasil kreativitas anggota KBLJ. Misalnya pembuatan kerodong, ring, pakan, sarang, gelodok, tebok lovebird, tempat pakan, inkubator untuk anakan lovebird, dan sebagainya.

“Kami sadar dan yakin, hobi pun dapat dikembangkan untuk membantu orang-orang yang sangat membutuhkan. Dan, KBLJ mengumpulkan dana bukan dari kantong pribadi atau harus mengeluarkan uang untuk beramal, melainkan dengan cara berkreativitas. Hasil kreativitas para anggota itulah yang kita gunakan untuk beramal,” tambah Om Hendra.

KBLJ juga mempunyai penangkaran lovebird, yang modalnya berasal dari sumbangan para anggota, dan dikelola bersama oleh para anggotanya. Sebagian hasil penjualan lovebird ini juga dikumpulan untuk disumbangkan kepada saudara-saudara kita yang membutuhkan seperti yayasan tuna netra, yatim piatu, cacat fisik (difable), dan sebagainya.

KBLJ juga sedang memulai pencatatan ring hasil breeding anggota, untuk memudahkan anggota atau pembeli dalam mencari ring yang terdaftar dan menggunakan nama KBLJ.

Contoh ring KBLJ: KBLJ 90356/ TNG 001. Dengan memasukan lima digit serial number yang terdapat dalam ring, dengan kode-kode tertentu, akan mucul nama pemilik ring tersebut.

contoh kode ring KBLJ
Contoh kode ring penangkaran lovebird bagi anggota KBLJ.

—-

Bagi rekan-rekan yang berminat bergabung dengan KBLJ, silakan menghubungi Hendra Rusmana (ID Facebook Saung Kenari) atau whatsapp 083899024645, untuk dimasukkan ke dalam facebook grup Komunitas Burung Lovebird Jabodetabek. Silakan meluncur pula Blog KBLJ, atau ke FB Group KBLJ.

—-

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

4 Comments

  1. om saya mau tanya nih om, mohon bantuanya om ya.. saya memiliki lovebird lutino mata merah dengan pastel kuning. tetapi saya masih ragu jenis kelamin lovebird tersebut, entah jantan vs betina atau jantan vs jantan atau betina vs betina. saya kurang faham tuk menentukan jenis kelamin lovebird, maklum om masih pemula. hehehee… adapun ciri-ciri burung tersebut ialah sebagai berikut:

    lutino mm:
    – bodi kecil dan tidak terlalu memanjang
    – kepala kecil
    – paruh agak pipih
    – ekor meruncing
    – jidat kepala tidak nonong

    pastel kuning:
    – bodi agak besar juga tidak terlalu panjang
    – parung besar dan melebar
    – ekor juga meruncing
    – jidat kepala nonong

    yg ingin saya tanyakan dari 2 ciri-ciri burung tersebut yg jantan yg mana om ya, lalu misalkan 2 lovebird itu berkelamin jantan dan betina kalau di tangkarkan anakanya kemungkinan muncul warna apa ya om.?
    sekian dari saya om mohon bantuanya dan balasanya. trimakasih…..

    SALAM KM..

Komentar ditutup.