Final Liga Sumatera di Muara Bulian, 1 Desember 2013

Siapa pemain terbaik dalam Liga Sumatera 2013, baik pada kelas murai batu, kacer, lovebird, kapas tembakm dan cucak hijau? Siapa pula tim terbaik dalam gelaran akbar di Sumatera? Hasilnya baru bisa diketahui pada seri terakhir (7) Liga Sumatera di Lapangan PGSD Muara Bulian, Kabupaten Batanghari, Provinsi Jambi, Minggu, 1 Desember 2013.

Even bertajuk Final Liga BnR Sumatera ini sekaligus digelar dalam rangka Hari Jadi Ke-65 Kabupaten Batanghari, serta mendapat dukungan dari Kapolres Batanghari AKBP Robert Antoni Sormin SIK. Ikuti pula analisis peta kekuatan tim dan perorangan pada seri pamungkas nanti.

Kapolres Batanghari
Kapolres Batanghari
AKBP Robert Antoni Sormin SIK

Kapolres Batanghari bahkan ditunjuk langsung sebagai ketua panitia, dibantu dua ketua pelaksana: Aak Bulian dan Zoel Bakung.

“Malam hari setelah lomba akan digelar champions finish party. Selain diisi penyerahan hadiah dan trofi juara umum perorangan dan tim, acara ini sekaligus sebagai ajang silaturahmi antar-kicaumania seluruh Indonesia,” kata Aak Bulian dan Zoel Bakung.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Seperti diketahui, dalam Liga Sumatera, penghitungan poin hanya diberlakukan untuk jenis burung murai batu, kacer, lovebird, cucak hijau, dan kapas tembak, pada kategori Liga Sumatera A dan B. Poin dihitung sejak Seri 1 di Medan, 24 Maret lalu.

Namun, berbeda dari Liga Ronggolawe Jabar maupun Liga Ronggolawe Jabodetabek, poin dihitung atas nama pemilik burung yang terdaftar sejak awal, bukan atas nama burung itu sendiri, karena ada faktor kondisi burung (sakit, mabung, atau bahkan mati).

Setiap pemilik hanya boleh menurunkan 1 – 2 ekor burung di setiap kelas. Kalau keduanya mendapat poin, hanya burung dengan poin tertinggi yang diperhitungkan untuk sang pemilik.

Juara umum murai batu berhak mendapatkan hadiah uang sebesar Rp 30 juta. Adapun juara umum kedua dan ketiga masing-masing memperoleh Rp 20 juta dan Rp 10 juta. Juara umum di kelas kacer menerima hadiah Rp 20 juta. Juara umum kedua dan ketiga masing-masing Rp 10 juta dan Rp 5 juta.

Untuk lovebird, kapas tembak, dan cucak hijau, penentuan juara umum dijadikan satu. Hanya juara pertama yang berhak mendapatkan hadiah uang sebesar Rp 10 juta.

Juara umum bird club (BC) atau tim akan memperoleh hadiah uang sebesar Rp 10 juta, sedangkan juara kedua Rp 5 juta.

Semua hadiah untuk juara umum ini tentu di luar kemenangan mereka dalam setiap kelas yang akan digelar dalam Seri 7. Jadi bagi juara umum 1-3 perorangan, maupun juara umum 1-2 tim, tetap akan memperoleh hadiah tersendiri setiap masuk 10 besar daftar juara pada masing-masing kelas yang diikutinya.

Dalam seri pamungkas, panitia membuka enam kelas, yaitu :

  • Kelas Bupati Batanghari: Tiket Rp 500.000, hadiah juara 1 Rp 15 juta, melombakan murai batu dan kacer Liga Sumatera A.
  • Kelas Kapolres Batanghari: Tiket Rp 400.000, hadiah juara 1 Rp 10 juta, melombakan murai batu dan kacer Liga Sumatera B, serta lovebird Liga Sumatera A.
  • Kelas DPRD Batanghari: Tiket Rp 300.000, hadiah juara 1 Rp 5 juta, melombakan lovebird Liga Sumatera B, serta cucak hijau dan kapas tembak Liga Sumatera A.
  • Kelas Dandim Batanghari: Tiket Rp 200.000, hadiah juara 1 Rp 2,5 juta, melombakan cucak hijau dan kapas tembak Liga Sumatera B, murai batu, kacer, lovebird, kenari standar, kenari semi isian, ciblek, dan serindit.
  • Kelas Batanghari Center Team: Tiket Rp 100.000, hadiah juara 1 Rp 1,2 juta, melombakan murai batu, kacer, lovebird, kenari standar, kapas tembak, cucak hijau, cililin, ciblek, dan serindit.
  • Kelas Khusus: Tiket Rp 50.000, hadiah juara 1 Rp 2 juta, melombakan murai batu, kacer, dan kenari standar.

Brosur Lomba Burung Berkicau Final Liga Sumatera, Muara Bulian, 1 Desember 2013

—-

Brosur bisa diunduh di halaman Brosur Lomba Burung. Klik saja link halaman tersebut, kemudian cari tulisan berjudul “Lomba Burung Berkicau Final Liga Sumatera, Muara Bulian, 1 Desember 2013”. Jika sudah ketemu, klik judul tulisan tersebut sampai muncul gambar brosur ukuran besar. Nah, simpan dalam komputer Anda.

Pertarungan Lampung Team dan Jambi Team

Lampung Team
Lampung Team kini memimpin klasemen sementara Liga Sumatera.

—-

Untuk juara umum tim, peluang hanya dimiliki dua tim saja, yaitu Lampung Team dan Jambi Team. Sejak seri pertama hingga ketiga, Jambi Team terus memimpin. Tetapi memasuki seri keempat hingga keenam, gantian Lampung Team yang terus mendulang kemenangan, sehingga menggeser posisi Jambi Team di puncak klasemen sementara.

Hingga Seri 6, Lampung Team  mengoleksi 33 gelar juara 1, 22 gelar juara 2, dan 18 kali juara 3. Hasil ini hanya terpaut tipis dari Jambi Team yang mendulang 30 gelar juara 1, 17 juara 2, dan 8 juara 3.

Jambi Team
Bermain di kandang sendiri, Jambi Team juga berpeluang jadi juara umum.

—-

Bermain di kandang sendiri, dengan selisih poin yang tipis, Jambi Team masih berpeluang merebut gelar juara umum. Yang penting, lomba harus tetap dikawal agar selalu berjalan fair.

Peta kekuatan murai batu dan kacer

Untuk perorangan, Yandri dari Lampung Team nampaknya bakal menjadi juara umum di kelas murai batu. Selisih poinnya terlalu jauh dari peringkat kedua klasemen sementara, yaitu M Ramadhan dari Aceh Team, yang juga adik kandung Ketua BnR Wilayah Sumatera M Khadafi SH MHum.

Yandri sendiri membawa salah satu murai batu andalan milik Khadafi, yaitu Racun, yang beberapa kali menjuarai even nasional di Jakarta. Poin yang dikumpulkannya saat ini 244, jauh mengungguli Ramadahan (94 poin).

Juara umum kedua dan ketiga bakal ramai, karena ada tiga pemain yang masih berpeluang. Selain Ramadhan, dua pemain lainnya berasal dari Jambi Team, yaitu Aheng / Dedi Jaya (murai batu Sniper) dan Akia yang mengandalkan Happy Birthday (HB) dan Tanaka.

Belum diketahui apakah Akia akan membawa HB, karena burung ini sempat bermasalah dengan bulu sayapnya. Akia kini berada di urutan keempat (72 poin), hanya terpaut tipis dari rekannya, Aheng / Dedy Jaya, yang mengoleksi 77 poin dan berada di urutan ketiga.

Penentuan juara umum kacer juga tidak kalah menarik, karena selisih poin antara peringkat pertama dan kedua saat ini sangat tipis. M Iqbal (Lampung Team) memimpin klasemen sementara dengan raihan 200 poin, dan disusul Andre “Obelix” Sutanto di urutan kedua (165 poin) yang mengandalkan kacer Senpi.

Dengan sistem pembagian poin, di mana juara 1 memperoleh 25 poin, dan ada dua kategori (Liga Sumatera A dan B), Andre masih mungkin mengejar Iqbal.

Namun Iqbal yang membawa gaco andal milik M Khadafi, Rincong Aceh, juga tak mudah dikalahkan. Apalagi prestasi Rincong Aceh selepas mabung benar-benar ngedan, bahkan kerap meraih hattrick, quattrick, hingga pentatrick di berbagai even nasional, baik di Jawa maupun Sumatera. Ini menarik sekali ditunggu.

—-

KLASEMEN SEMENTARA LIGA SUMATERA 2013 (PERORANGAN)

—-

KELAS MURAI BATUASAL / TIM

POIN

1.   YANDRILAMPUNG TEAM

244

2.   M. RAMADHANACEH TEAM

94

3.   DEDI/AHENGJAMBI TEAM

77

4.   AKIAJAMBI TEAM

72

5.   H. RICOLAMPUNG TEAM

43

KELAS KACER
1.   M. IQBALLAMPUNG TEAM

200

2.   ANDREJAMBI TEAM

165

3.   H. RICOLAMPUNG TEAM

129

4.   JAYALUBUK LINGGAU

95

5.   AAN PENARIKBENGKULU TEAM

62

KELAS LOVEBIRD
1.   APHINGJAMBI TEAM

197

2.   JOHAN BANGUNBnR SUMUT

132

3.   MR. SAID BHJAMBI TEAM

75

4.   H. RICOLAMPUNG TEAM

67

5.   VERY SEKAYUMUBA TEAM

43

KELAS KAPAS TEMBAK
1.   M. RAMADHANACEH TEAM

131

2.   SUPRANLAMPUNG TEAM

77

3.   AAN/ARDIANBENGKULU

52

4.   H. RICOLAMPUNG TEAM

50

5.   CHANDRA 9 NAGAHANKAM TEAM

44

KELAS CUCAK HIJAU
1.   JOHAN BANGUNBnR SUMUT

114

2.   MR. SLAMETBENGKULU TEAM

51

3.   FREDIDUTA BC

50

4.   CHANDRA 9 NAGAHANKAM TEAM

36

5.   MR. SAID BHJAMBI TEAM

36

—-

KLASEMEN SEMENTARA LIGA SUMATERA 2013 (TIM)

—-

NAMA TEAMDAERAH

Juara 1

Juara 2

Juara 3

1.   LAMPUNG TEAMLAMPUNG

33

22

18

2.   JAMBI TEAMJAMBI

30

17

8

3.   BENGKULU TEAMBENGKULU

15

12

12

4.   HANKAM TEAMJAKARTA

13

7

6

5.   BABEL TEAMBANGKA

6

7

4

6.   ACEH TEAMACEH

3

6

6

7.   PENDEKAR MINANGSUMBAR

3

3

3

8.   LINGGAU BCLUBUK LINGGAU

2

5

3

9.   AMRIZALMEDAN

2

1

0

10. MUBA TEAMSUMSEL

2

1

0

11. SOPHIE BCBANGKA

2

0

0

12. PALEMBANG TEAMPALEMBANG

1

2

1

13. JUNED PLNBATAM

1

1

0

14. SOLOK BCSOLOK

1

2

0

15. PEKANBARUPEKANBARU

1

1

1

16. IWAN BUSERMEDAN

1

0

0

17. AKIETRANTAU PRAPAT

1

0

0

—-

Selamat berlomba, jaga sportivitas dan fair play.

—-

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.