MB Sadewa Raja, kacer Dakota, dan CJ Djuminten nyeri di PB Bandongan Magelang

Mau pasang iklan di Omkicau.com, klik di sini

Grand Opening Latber Pasar Burung (PB) Bandongan Magelang berlangsung meriah dan lancar, Minggu (22/12) lalu. Tiga burung berhasil nyeri juara 1, masing-masing murai batu Sadewa Raja milik H Hakim (Magelang), kacer Dakota kepunyaan Idris Salim (Salatiga), dan cucak jenggot Djuminten milik Kiki dari Godong Ijo SF Purworejo. Setelah even ini, latber akan digelar rutin setiap Minggu Kliwon di tempat yang sama.

Latber PB Bandongan Magelang
Kelas murai batu cukup ramai di PB Bandongan, Magelang.

—-

Secara organisasi, aktivitas latber digawangi oleh dua tokoh kicaumania setempat, yaitu Om Mardi yang dipercaya mengurusi latber dan Om Sudaryono selaku ketua Paguyuban Kicaumania Pasar Bandongan.

“Penyelenggaraan latber ini diharapkan bisa membuat Pasar Bandongan makin ramai, sehingga dapat pula meningkatkan pendapatan para pedagang,” kata Om Sudaryono.

- Tanya Om Kicau, silakan di sini.

- Bingung cara mencari artikel di omkicau.com, cek artikel ini.

Dapatkan omkicau.com untuk Android dan IOS:

Aplikasi Android Omkicau.Com

Aplikasi IOS Omkicau.com

Sudaryono
Sudaryono

Mardi
Mardi

Mengingat latber hanya digelar setiap hari pasaran Minggu Kliwon, dia berharap semua event organizer (EO) yang ada di Magelang dapat menyesuaikan jadwa latber, latpres, dan lomba masing-masing, sesuai dengan kesepakatan bersama. Dengan demikian, setiap even di wilayah Magelang dan sekitarnya dapat selalu ramai, dan peserta pun tidak dibuat bingung.

Dalam Grand Opening PB Bandongan, Minggu lalu, peserta datang dari berbagai kota, mulai dari Jogja, Sleman, Salatiga, Semarang, Temanggung, Ungaran, Purworejo, Kudus, dan tentu saja kicaumania dari Kota dan Kabupaten Magelang.

Pertarungan berlangsung cukup seru. Sejumlah jagoan lama tampil apik, namun nama-nama baru juga bermunculan. Banyak pemula turun di sini. Wajar bila sejumlah nama baru berterbaran dalam data juara lomba.

Jagoan lawas yang tampil antara lain lovebird Blue Reg milik Budi Siliwangi (Temanggung), yang kembali meraih juara pertama. Blue Reg, yang videonya pernah diupload Om Kicau (silakan cek di sini), berhasil menjuarai Kelas Bintang. Satu sesi lainnya dimenangi lovebird Jerolin milik Willy dari Magelang.

Lovebird Blue Reg
Lovebird Blue Reg juara di Kelas Bintang.

—-

Sadewa Raja memborong dua gelar juara 1 di kelas murai batu. Hal yang sama diraih oleh cucak jenggot Djuminten milik Kiki dari Purworejo. Peraih doubel winner lainnya adalah kacer Dakota milik Idris Salim dari Salatiga.

Nama Dakota belakangan ini memang terus bersinar. Pada 1st Anniversary TKKM Jogja (17/11), Dakota juga berhasil nyeri. Begitu pula saat tampil dalam even Kere Hore Salatiga (24/11). Ketika berlaga dalam kontes WMP Cup (8/12), Dakota meraih posisi runner-up.

Idris Salim dan kacer Dakota
Idris Salim dan kacer Dakota saat nyeri di TKKM Jogja (17/11).

—-

Pada kelas cucak hijau, Nindya milik Sigit juga tampil memukau. Burung ini meraih juara 1 dan 2, berbagi dengan Phyton milik Putra Kutai (Kutoarjo) yang juga juara 1 dan juara 2.

Sigit dan cucak hijau Nindya
Sigit dan kru bersama cucak hijau Nindya.

Sebagian peserta berencana mengikuti kontes Gebyar Tutup Tahun IKPBS Solo di halaman Dinakkeswan Balekambang (29/12). Selanjutnya, ada yang bersiap menuju Bodem Fiesta (tiket terjangkau) di sebelah barat kampus UIN Sunan Kalijaga Jogja (5/1). (Waca)

—-

Hasil Lomba PB Bandongan Magelang (klik di sini)

—-

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.