Saprol, kenari jawara yang semau gue kalau di rumah

Bagi kenarimania yang jarang ikut lomba, karena kurang pede lantaran momongannya jarang bunyi di rumah, cobalah sesekali menurunkannya dalam latber. Saprol, kenari jawara orbitan Starnova dari AB-K Jogja, sampai sekarang pun masih “semau gue” kalau di rumah. Ditrek dengan kenari lain, atau dipancing dengan kenari betina, juga belum tentu mau bunyi.

Tapi begitu tampil di lapangan, kenari Saprol langsung garang. Double winner dalam WMP Cup di Klaten (8/12) dan runner-up dalam Gebyar Livan Regency di Jepara, Minggu (19/1) lalu, adalah bukti keunikan Saprol, yang mungkin juga bisa terjadi pada kenari Anda.

Kenari Saprol
Kenari Saprol milik Starnova dari AB-K Jogja.

Starnova sebenarnya terdiri atas dua sosok kicaumania, yaitu Om Sutar dan Om Nova. Keduanya kini bergabung dalam AB-K Jogja, sebuah komunitas penggemar kenari yang makin eksis karena acapkali menjuara lomba di berbagai daerah.

Saprol, besutan Starnova, memang termasuk kenari unik. Sebab, ketika di rumah, hanya bunyi sesuai dengan kemauannya sendiri. Kalau pas nggak mau bunyi, dipancing dengan kenari betina atau ditrek dengan kenari lainnya tetap “membisu”.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Tetapi ketika sendirian dan ingin bunyi, Saprol akan menyanyikan lagu-lagu standarya, dengan durasi yang sangat panjang. Sayangnya karena perilaku ini, Starnova belum bisa mengirim videonya, karena burung belum tentu mau bunyi.

“Tetapi kalau sudah di lapangan, jangan ditanya, burung rajin berkicau dengan durasi panjang,” kata Om Nova yang diamini Om Sutar.

Duet ini sempat penasaran, seperti apa kenari Saprol kalau diturunkan bersama puluhan kenari lain, setidaknya di arena latber. Maka, uji coba pun dilakukan dalam even latber yang digelar Bolo Ocean Demangan (Bodem), Kampung Demangan (sebelah barat kampus UIN Sunan Kalijaga) Jogja, setiap Minggu.

Starnova AB-K Jogja
Sutar dan Nova, kompak membesut kenari Saprol.

Dalam even yang berlangsung tanggal 24 November 2013, Saprol berhasil menjadi juara 1 dan juara 3. Dari situlah terungkap keunikan Saprol. Artinya, kenari yang diam di rumah belum tentu tak gacor ketika diturunkan di lapangan.

Dua pekan setelah itu, Saprol dijajal pada even lebih besar lagi. Kali ini bukan sekadar latber, namun lomba regional bertajuk WMP Cup di Klaten, 8 Desember 2013. Hasilnya lebih mencengangkan lagi, karena Saprol sukses meraih double winner.

Padahal lawan-lawan yang dikalahkan adalah gaco yang lebih mapan, seperti Raja Melodi dan Liontin milik Solusindo (Klaten), Marijuana (Benz Wira – Godong Ijo SF Purworejo), Salwa (Taufiq Mayong – Jepara), Lexus (H Tara – Samarinda), Zombie (Supri – Klaten), dan sebagainya.

Kenari Saprol
Trofi kemenangan kenari Saprol dalam even WMP Cup.

Minggu (19/1) lalu, Starnova membawa Saprol ke Jepara, mengikuti kontes Gebyar Livan Refency. Meski hanya menjadi runner-up, Starnova sudah cukup puas. “Suasana lomba kurang mendukung, karena hujan turun sepanjang lomba,” ujar Om Nova.

Perawatan kenari Saprol

Perawatan Saprol, kenari yorkshire (YS) lokal, sebenarnya relatif sederhana. Berikut ini ringkasannya:

  • Hari Senin – Kamis, burung dimasukkan ke kandang umbaran dengan panjang 120 cm.
  • Untuk pakan harian, selain biji-bijian, juga diberi extra fooding (EF) berupa telur puyuh rebus dan sawi. EF ini diberikan secara bergantian / selang-seling.
  • Rawatan lomba baru dimulai Jumat (H-2), di mana kenari dipindahkan ke sangkar harian dan full kerodong. Hal ini untuk menyimpan energi, sehingga power dan stamina burung tetap terjaga saat lomba.
  • Rawatan hari Sabtu sama seperti Jumat.
  • Hari Minggu, sebelum digantang, Saprol diberi 10 butir kroto.
  • Burung digantang, dan langsung bekerja hingga akhir lomba.
Kenari Saprol
Saprol: Senin – Kamis masuk kandang umbaran.

Itulah sedikit cerita mengenai kenari Saprol milik Starnova, semoga bisa menyemangati kenarimania yang kebetulan punya momongan dengan perilaku yang hampir sama.

Menanggapi prestasi kenari Saprol, Om Ipung Bangun Christiadi (pengelola Latber / Latpres Bodem) merasa ikut senang. “Sebenarnya bukan karena faktor Bodem, melainkan kualitas burung itu sendiri memang bagus. Tugas kami hanya menggelar latihan dan lomba, serta memberi penilaian seobjektif mungkin,” tuturnya.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

11 Comments

  1. Nanya sekalian dong. Kenari saya betina kok ngos2an ya (body nya goyang waktu bernapas). Hidung dan mata tidak berair. Makan masih mau, terlihat fit meski bulu kadang kusam. Kotoran kering agak hitam dan sedikit. Kira2 knp ya? Baru ambil di temen katanya suruh mengistirahatkan dulu 2mgg soalnya baru disapih. Thx

    • Kotoran kering, sedikit, dan agak gelap itu merupakan pertanda burung terlalu banyak mengkonsumsi pakan kering (bijian), dan sangat minim sayuran dan / atau buah.
      Ngos-ngosan, yang tidak disertai lendir pada kelopak mata dan lubang hidung (nares), bisa terkait dengan kondisi burung yang kesulitan BAB karena konsumsi pakan yang tidak seimbang tersebut, bisa juga karena gangguan ringan pada saluran pernafasannya. Misalnya lendir di dalam trakhea / batang tenggorok kering.
      Coba ikuti saran pemilik lama, diistirahatkan dulu selama 2 minggu, tetapi kenari perlu diperbanyak buah dan sayuran, terutama pepaya dan mentimun.
      Kalau ngos-ngosan nanti berkembang menjadi serak (semoga tidak), bisa diatasi dengan BirdFresh. Kalau serak dan diikuti dengan lendir, bisa diatasi dengan BirdTwitter.
      Semoga membantu.

  2. Mat siang om dan slm kicau mania,mungkin pertanyaan sya agak melenceng dr topik tp msih ada hbungan dkit dgan si saprol hehehe gini om aku td pg ngeliat kenari sya kok kyak sembelit ngeden2 trus tp kotorannya susah keluar sampai2 smua bulunya berdiri,penanganannya gimana itu om,mhon pencerahan om.mksih

    • Sembelit pada unggas, termasuk burung, disebabkan kekurangan serat kasar dan cairan tubuh. Ada beberapa cara penanganan:
      1. Berikan pepaya matang, dipotong-potong kecil, karena selain kaya serat kasar, juga banyak mengandung air.
      2. Sayuran bisa ditambah porsinya daripada biasanya. Mentimun juga bisa membantu BAB pada burung.
      3. Tambahkan grit yang bisa dibeli di poultry shop, dan berikan dalam cepuk sendiri. Tapi kalau sudah ada tulang sotong, tidak perlu diberi grit lagi.
      4. Untuk pengobatan dalam waktu dekat, bisa diberi dulcolax atau vegeta, seperti yang biasa diberikan pada ayam. Selama ini belum ada laporan mengenai efek samping kedua obat ini pada ayam.
      5. Bisa juga menggunakan produk Om Kicau, namanya BirdBlown, obat untuk mengatasi gangguan pencernaan pada burung.
      Semoga membantu.

Komentar ditutup.